4 Rekomendasi Social Listening Tools Agar Brand-mu Lebih Unggul dari Kompetitor

oleh | Mei 15, 2023

source envato.

4 Rekomendasi Social Listening Tools Agar Brand-mu Lebih Unggul dari Kompetitor

Dengan memahami tren yang sedang diperbincangkan, maka brand Anda akan terlihat lebih relevan dengan audiensnya. Untuk mempermudah hal tersebut, maka diperlukanlah social listening tools.

Pada dasarnya, social listening adalah suatu proses mendengar percakapan secara digital agar bisa memahami apa yang para pelanggan katakan terkait brand, industri online dan juga tren.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi social listening tools yang bisa Anda gunakan.

Rekomendasi Social Listening Tools

Terdapat beberapa social listening tools yang dapat Anda pertimbangkan untuk memantau dan menganalisis percakapan di media sosial. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi social listening tools untuk Anda:

1. Hootsuite

accurate.id gambar social listening tools-1

Dilansir dari website resminya sendiri, Hootsuite adalah sebuah platform social listening tools yang populer. Platform Ini memungkinkan Anda mengelola dan mengkoordinasikan aktivitas media sosial dari satu tempat.

Hootsuite memungkinkan Anda mengintegrasikan dan mengatur akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, YouTube, dan banyak lagi.

Dengan Hootsuite, Anda dapat mengirim dan menjadwalkan posting ke berbagai platform media sosial sekaligus. Anda juga dapat melacak dan memantau percakapan yang terkait dengan brand, keyword, atau topik tertentu.

Hootsuite menyediakan fitur social listening tools yang memungkinkan Anda memantau dan menganalisis sentimen, tren, dan respons pengguna terhadap konten atau brand Anda.

Selain itu, Hootsuite menyediakan alat analitik yang membantu Anda mengukur kinerja kampanye media sosial Anda. Anda dapat melihat statistik tentang pertumbuhan pengikut, tingkat keterlibatan, dan dampak konten Anda di berbagai platform media sosial.

Hootsuite juga mendukung kolaborasi tim, sehingga anggota tim Anda dapat bekerja bersama dalam mengelola dan mengoptimalkan kehadiran media sosial. Fitur lainnya termasuk pengaturan pemantauan secara real-time, kemampuan mengatur aliran konten (content streams), dan integrasi dengan berbagai alat pihak ketiga.

Secara keseluruhan, Hootsuite dirancang untuk membantu bisnis atau individu yang memiliki kehadiran media sosial yang luas untuk mengelola, memantau, dan menganalisis aktivitas media sosial mereka dengan lebih efisien.

Baca juga: Social Media Management: Pengertian dan Pentingnya dalam Bisnis

2. Brandwatch

accurate.id gambar social listening tools-2

Dilansir dari laman Wikipedia, Brandwatch adalah sebuah platform analitik media sosial yang memberikan solusi untuk social listening tools dan analisis data di media sosial. Platform ini memungkinkan pengguna untuk memantau dan menganalisis percakapan yang terjadi di berbagai platform media sosial, blog, forum, dan situs web lainnya.

Dengan Brandwatch, Anda dapat memantau keyword, brand, kompetitor, topik tertentu, atau kampanye tertentu yang berhubungan dengan bisnis Anda. Anda dapat mengumpulkan data dari jutaan sumber online dan memperoleh wawasan tentang tren, sentimen, pengaruh, serta perilaku pengguna.

Brandwatch menyediakan beragam fitur dan alat analitik yang memungkinkan Anda untuk melacak dan menganalisis data secara mendalam, seperti fitur social listening tools.

Anda dapat mengekstrak informasi penting dari percakapan online, mengidentifikasi insight bisnis, dan mengambil tindakan berdasarkan wawasan yang didapatkan..

3. Sprout Social

accurate.id gambar social listening tools-3

Dikutip dari laman resmi Sprout Social, aplikasi ini adalah platform manajemen media sosial yang dirancang untuk membantu bisnis atau individu mengelola, menganalisis, dan mengoptimalkan kehadiran mereka di berbagai platform media sosial. Platform ini menyediakan berbagai fitur dan alat yang memungkinkan Anda mengatur dan mengkoordinasikan aktivitas media sosial dari satu tempat.

Berikut ini adalah beberapa fitur utama dari Sprout Social:

  • Penjadwalan dan Penayangan Posting: Anda dapat membuat dan menjadwalkan posting untuk berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan Pinterest. Anda dapat mengatur waktu posting yang tepat dan melihat kalender editorial Anda secara keseluruhan.
  • Manajemen Akun dan Tim: Sprout Social memungkinkan Anda mengintegrasikan dan mengelola akun media sosial Anda dari satu dashboard. Anda dapat memberikan akses dan mengatur peran tim Anda, sehingga memungkinkan kolaborasi yang lebih efisien.
  • Social Listening Tools: Anda dapat memantau kata kunci, merek, pesaing, atau topik tertentu di media sosial dan memperoleh wawasan tentang percakapan yang terjadi. Sprout Social menyediakan alat analitik yang membantu Anda memahami sentimen, tren, dan partisipasi pengguna.
  • Analisis dan Pelaporan: Sprout Social menyediakan laporan dan analitik yang mendalam tentang kinerja media sosial Anda. Anda dapat melihat metrik seperti keterlibatan pengguna, pertumbuhan pengikut, respons pelanggan, dan banyak lagi. Laporan ini membantu Anda memahami dampak strategi media sosial Anda dan mengidentifikasi area untuk perbaikan.
  • Manajemen Pusat Pesan: Anda dapat mengelola dan merespons pesan atau komentar yang masuk dari berbagai platform media sosial secara terpusat. Ini memudahkan Anda dalam menjaga interaksi dan respons yang konsisten dengan pengguna.
  • Pengumpulan Ulasan: Sprout Social juga menyediakan alat untuk mengumpulkan ulasan dan umpan balik pelanggan dari berbagai platform seperti Google, TripAdvisor, dan Facebook. Anda dapat melacak ulasan, menjawabnya, dan memperoleh wawasan tentang pengalaman pelanggan.
  • Integrasi dan Kolaborasi: Sprout Social dapat diintegrasikan dengan berbagai alat pihak ketiga seperti Google Analytics, Bitly, Zendesk, dan lainnya. Ini memudahkan Anda untuk menggabungkan data dan mengelola pekerjaan Anda dalam satu platform.

Baca juga: Sosial Media Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Manfaatnya

4. Talkwalker

accurate.id gambar social listening tools-4

Dikutip dari laman resmi Talkwalker, social listening tools yang satu ini adalah platform analitik media sosial yang digunakan untuk memantau dan menganalisis percakapan di media sosial serta melacak kinerja kampanye dan merek di platform-platform tersebut. Platform ini menyediakan berbagai fitur dan alat untuk memahami sentimen, tren, dan pengaruh yang ada di media sosial.

Berikut ini beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh Talkwalker:

  • Social Listening Tools: Talkwalker memungkinkan Anda untuk memantau kata kunci, merek, topik tertentu, atau pesaing di berbagai platform media sosial, blog, forum, dan situs web lainnya. Anda dapat melacak percakapan di real-time dan mendapatkan wawasan tentang bagaimana merek atau topik tertentu dipersepsikan dan dibicarakan.
  • Analisis Sentimen: Platform ini dapat menganalisis sentimen yang terkait dengan percakapan di media sosial, sehingga Anda dapat memahami apakah pandangan pengguna terhadap merek atau topik tersebut positif, negatif, atau netral. Informasi ini dapat membantu Anda dalam mengevaluasi reputasi merek dan merespons dengan tepat.
  • Pemantauan dan Laporan: Anda dapat melacak kinerja kampanye media sosial Anda dengan fitur pemantauan dan laporan yang disediakan oleh Talkwalker. Platform ini menyediakan metrik dan statistik yang terkait dengan keterlibatan pengguna, pertumbuhan pengikut, dampak konten, dan interaksi pengguna lainnya. Anda dapat membuat laporan yang terperinci dan memahami efektivitas strategi media sosial Anda.
  • Identifikasi Influencer: Talkwalker membantu Anda mengidentifikasi dan melacak influencer di media sosial yang terkait dengan industri atau topik tertentu. Anda dapat melihat pengaruh mereka, interaksi dengan audiens, dan kolaborasi dengan mereka untuk meningkatkan jangkauan merek Anda.
  • Monitoring Krisis: Platform ini juga dapat membantu Anda dalam mengelola situasi krisis. Talkwalker dapat mendeteksi isu-isu negatif atau potensi krisis yang berkembang di media sosial, memberikan Anda kesempatan untuk merespons dengan cepat dan mengelola reputasi merek dengan lebih baik.
  • Analisis Pesaing: Talkwalker memungkinkan Anda untuk memonitor kegiatan pesaing di media sosial dan membandingkan kinerja merek Anda dengan mereka. Dengan memahami strategi dan tren yang dilakukan oleh pesaing, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk tetap bersaing dan memperoleh keunggulan kompetitif.

Talkwalker adalah alat yang bagus untuk memantau dan menganalisis percakapan di media sosial. Dengan fitur-fitur canggih dan analisis yang mendalam, Talkwalker membantu Anda dalam memahami audiens Anda, mengelola brand reputation, dan meningkatkan kinerja kampanye media sosial Anda.

Baca juga: Keunggulan Kompetitif: Pengertian, Fungsi, Strategi, Analisa dan Alat Ukurnya

Penutup

Demikianlah beberapa rekomendasi social listening tools yang bisa Anda coba gunakan. Namun, tentunya Anda pelru menyiapkan anggaran yang cukup untuk bisa berlanggan menggunakan beberapa social listening tools tersebut.

Nah, Accurate Online hadir sebagai software akuntansi dan bisnis yang akan membantu Anda dalam menyiapkan dan mengelola anggaran yang dibutuhkan dalam setiap pos bisnis Anda.

Selain itu, Accurate Online juga akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Jadi tunggu apa lagi? Gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

8 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait