Tips Melakukan Tiktok Marketing Secara Efektif

Apakah bisnis Anda sedang berencana menggunakan TikTok marketing? TikTok sendiri adalah sebuah aplikasi yang populer di kalangan anak muda dan terus berkembang menjadi fenomena global.

Bersumber dari laman Visualcapitalist, aplikasi ini sudah menjadi jejaring sosial terbesar kedelapan di dunia, namun era keemasannya baru saja dimulai. TikTok juga benar-benar telah mendisrupsi sektor pemasaran digital di mana Facebook, Instagram, dan Youtube memiliki monopoli sebelumnya.

Faktanya, orang menghabiskan lebih banyak waktu di TikTok daripada di Instagram saat ini. Dengan sejumlah besar fitur baru untuk meningkatkan brand engagement, TikTok dengan cepat menjadi saluran baru para pemilik bisnis untuk melakukan pemasaran.

Pertumbuhan platform yang meroket telah menarik banyak minat perusahaan untuk melakukan TikTok marketing. Selain itu, peluncuran “TikTok for Business” pada tahun 2020 memiliki dampak baik bagi pemilik bisnis yang ingin melakukan pemasaran di Tiktok.

Ingin tahu, bagaimana caranyaagar bisa sukses dalam melakukan TikTok marketing? Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa melakukan TikTok marketing secara maksimal untuk bisnis Anda

Apa itu TikTok Marketing?

Berdasarkan laman resmi Livemint, Pada tahun 2020, TikTok melampaui Facebook sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh dengan lebih dari 1 miliar pengguna.

Dengan demikian, peran TikTok sebagai pemimpin pasar telah mendorong banyak bisnis menggunakan TikTok untuk mengiklankan perusahaan, produk, atau layanan mereka. Hal tersebut dikenal sebagai TikTok marketing.

Mengingat banyaknya orang yang menggunakan TikTok, terbukti bahwa ini adalah pemasaran yang cocok.

Baca juga: Ide Konten Tiktok Menarik Untuk Promosi Produk Bisnis Anda Anda

Bagaimana Cara Menggunakan TikTok Marketing yang Efektif?

TikTok idealnya digunakan sebagai alat promosi bagi brand untuk terlibat dengan target audiens mereka.

Kampanye TikTok marketing yang sukses dapat memperkuat brand value melalui konten otentik berdurasi pendek yang disukai dan dibagikan pengguna.

Berikut ini adalah cara TikTok marketing yang sukses:

1. Siapkan akun TikTok bisnis Anda

Pertama, jika Anda ingin memanfaatkan platform dengan baik, Anda perlu menyiapkan akun bisnis Anda.

Instal TikTok di perangkat iOS atau Android Anda. Daftar ke aplikasi menggunakan alamat email, nomor telepon, atau platform pihak ketiga seperti akun Instagram, Facebook, atau Twitter Anda yang sudah ada. TikTok akan membuat profil untuk Anda bersama dengan nama pengguna.

Namun, akun TikTok biasa tidak akan maksimal jika dipakai untuk bisnis. Jadi, Anda perlu beralih ke akun bisnis. Akun bisnis dirancang untuk pemasar dan memiliki berbagai fitur untuk membantu Anda memaksimalkan upaya pemasaran TikTok Anda.

2. Buat Strategi Tiktok yang Baik

Jika Anda seorang ahli pemasaran Instagram atau Facebook, ingatlah bahwa TikTok adalah platform yang berbeda dan membutuhkan strategi unik dan tidak bisa Anda samakan dengan media sosial lainnya.

3. Pahami Algoritma Tiktok

TikTok mempertimbangkan empat tujuan utama untuk membuat pengguna tetap terlibat, yaitu user value, long-term user value, creator value, dan platform value.

Dengan demikian, algoritma nantinya akan menyesuaikan pilihan konten, secara otomatis melewatkan video yang tidak relevan atau tidak sesuai usia, dan menghilangkan video yang melakukan pelanggaran pedoman komunitas mereka.

Algoritme Tiktok mengkurasi halaman For You Page (FYP) berdasarkan preferensi dan riwayat aktivitas setiap pengguna. Karena berbagai faktor dan variabel, tidak ada dua FYP yang identik.

Pengaturan Perangkat dan Akun mencakup preferensi bahasa, pengaturan negara, dan jenis perangkat. Faktor-faktor ini terutama dilacak untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi.

Selain itu, jumlah pengikut tidak memengaruhi peluang untuk muncul di FYP.

Meskipun mereka yang memiliki lebih banyak pengikut akan memiliki visibilitas keseluruhan lebih baik, algoritma tidak memperlakukan video mereka secara berbeda karena popularitasnya.

4. Identifikasi Target Audiens Anda

Anda harus memiliki jawaban tentang dengan siapa Anda ingin terlibat di TikTok. Anda perlu mempelajari tentang demografi TikTok dan menentukan individu yang mungkin tertarik dengan brand Anda. Setelah itu, Anda dapat membuat persona pelanggan atau pengguna ideal.

Misalnya, jika Anda adalah perusahaan kecantikan, persona pelanggan Anda bisa jadi wanita berusia antara 18 dan 34 tahun yang tinggal di Jakarta dan tertarik dengan kosmetik.

Ini akan membantu Anda untuk mengetahui siapa yang harus Anda tuju untuk menarik perhatian di TikTok dengan mengembangkan jenis konten organik dan bersponsor yang tepat.

Mengidentifikasi audiens target Anda dan memiliki kejelasan tentang hal itu akan menjamin bahwa kampanye Anda mampu menjangkau audiens yang tepat dan uang Anda dihabiskan dengan baik.

5. Tentukan Tujuan Anda

Setelah Anda mengetahui target audiens Anda, selanjutnya Anda perlu menentukan tujuan. Tanpa tujuan, Anda tidak akan tahu apakah kampanye Anda berhasil atau tidak, dan Anda tidak akan dapat membuat perubahan yang diperlukan.

Anda harus menentukan apakah Anda mencoba menjangkau audiens baru, meningkatkan citra brand, meningkatkan kesadaran produk, atau mengembangkan hubungan pelanggan melalui interaksi. Ini dapat dilakukan menggunakan dasbor pengelola iklan di TikTok.

6. Optimalkan Profil Tiktok Anda

Anda perlu membuat kesan pertama yang sangat baik. Jadi, buatlah bio Anda secara singkat dan menarik. Juga, pilihlah URL Anda dengan hati-hati.

Anda perlu menentukan apakah itu harus mengarahkan ke situs toko online Anda, landing page tertentu, profil media sosial tambahan, atau posting blog terbaru berdasarkan tujuan strategis Anda.

7. Buat Konten yang Menghibur

Sekarang setelah Anda mengatur akun bisnis Anda dan memasuki dunia per-TikTok-an, lihat bagaimana Anda dapat membuat konten yang menarik, menghibur dan memasarkan secara efektif di platform.

8. Berkolaborasi Dengan Influencer

Bekerjasama dengan influencer adalah pendekatan pemasaran yang hebat, terutama dalam hal TikTok marketing.

63% pembeli percaya bahwa rekomendasi produk influencer “jauh lebih terpercaya” daripada apa yang dikatakan bisnis tentang diri mereka sendiri.

Ini karena influencer dapat mengubah pesan merek formal menjadi video yang menarik dan kreatif karena mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang platform dan tahu cara menggunakan alat, fitur, dan trennya.

Selain itu, TikTok juga memiliki TikTok Creator Marketplace, yang merupakan “platform resmi untuk kolaborasi brand dan kreator.”

Suatu brand dapat menemukan mitra pembuat konten berdasarkan statistik kinerja waktu nyata mereka, seperti demografi pemirsa, metrik keterlibatan, dan banyak lagi.

9. Kembangkan Hashtag Challenge

Pengguna TikTok sangat senang berpartisipasi dalam tantangan dan membuat serta memposting video sebagai tanggapan.

Hashtag challenge telah terbukti cukup berhasil bagi banyak perusahaan dan organisasi. Anda membuat brand hashtag, yang kemudian bisa Anda gunakan untuk mempromosikan tantangan di mana orang lain membuat video menggunakan tagar Anda.

Jenis konten buatan pengguna ini meningkatkan kredibilitas merek Anda dan membantu menarik pelanggan baru.

10. Menemukan Hashtag yang Tepat

Hashtag Anda harus berfokus pada produk. Ini akan membantu algoritma TikTok dalam menentukan sifat konten Anda dan siapa yang mungkin tertarik dengannya.

Jangan menambahkan tagar acak lainnya; Anda akan mendapatkan video dengan jumlah penayangan yang rendah. Juga, perhatikan baik-baik tagar pesaing Anda. Lihat tagar mana yang membuat mereka mendapatkan status populer dan mana yang tidak.

Jumlah hashtag yang ideal untuk digunakan adalah sekitar lima, di mana 1-2 dapat menjadi trending hashtags dan 2-3 hashtags di niche Anda.

Baca juga: Cara Masuk FYP Tiktok Untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan agar sukses melakukan Tiktok marketing pada bisnis Anda. Proses pemasaran melalui media sosial seperti Tiktok saat ini memang menjadi tren yang cukup menjanjikan, baik bagi pemasar maupun para pemilik bisnis.

Namun yang harus Anda ingat, tidak ada proses pemasaran yang benar-benar gratis dalam sebuah bisnis, termasuk Tiktok marketing. Untuk mengukur keberhasilan kampanye pemasaran yang Anda lakukan, Anda harus mencatat setiap biaya yang Anda keluarkan dalam proses pemasaran.

Jika Anda kesulitan dengan proses pencatatan manual yang memakan waktu dan tidak efisien, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang akan memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan seluruh biaya dan pembuatan laporan keuangan secara mudah dan praktis.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini.accurate fokus pengembangan