Cara Masuk FYP Tiktok Untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

Hashtag #ForYourPage atau yang lebih akrab dengan #FYP adalah suatu hashtag yang sangat terkenal dan bisa Anda lihat di dalam postingan video TikTok. Kedua hashtag ini memang sangat sering digunakan oleh para pemilik akun TikTok agar konten videonya  bisa masuk di FYP. Tapi bagaimana cara masuk FYP TikTok?

Untuk Anda yang penasaran dan ingin mengetahui cara masuk FYP TikTok, tenang saja. Karena, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips ampuh untuk bisa masuk FYP TikTok.

Apa Itu FYP TikTok?

For Your Page atau FYP adalah suatu halaman yang direkomendasikan oleh aplikasi TikTok ketika Anda login ke dalam akun TikTok anda. Umumnya, dalam FYP TikTok terdapat video yang sedang viral atau sedang trending.

Dalam halaman FYP ini, terdapat banyak sekali video yang direkomendasikan dan menarik untuk Anda tonton. Setiap pengguna akun TikTok memiliki rekomendasi video FYP TikToknya tersendiri, tergantung dari interest atau minat mereka.

Harus Anda garis bawahi bahwa halaman FYP itu berbeda dengan halaman following di dalam pertemanan Anda. di dalam halaman following ini, saat teman Anda sudah post videonya, maka Anda akan bisa melihat postingan teman Anda. Namun, postingan teman Anda belum tentu tampil di tampil FYP TikTok.

Nah, halaman FYP TikTok ini akan muncul setelah video trending dan video populer yang dilihat oleh banyak orang. Jadi bagaimana, tertarik untuk melihat video yang akan tampil di halaman TikTok?

Baca juga: TikTok Ads: Jenis, Pengertian dan Tips Efektif Memaksimalkannya

Cara Masuk FYP TikTok

1. Ikuti Trend dan Challenge

Setiap beberapa minggu sekali umumnya aplikasi TikTok mempunyai challenge dan juga trend terkini yang berbeda-beda. Agar bisa mengetahui trend yang sedang terjadi di dalam aplikasi TikTok, Anda bisa melihat berbagai video yang masuk di dalam FYP TikTok.

Dalam hal ini Anda bisa mengikuti trend dan juga challenge dengan membuat berbagai video yang lebih menarik menurut Anda sendiri. Dengan menggunakan cara ini, maka peluang atau kesempatan untuk masuk ke dalam FYP TikTok dan menambah jumlah follower akun TikTok akan semakin besar serta meningkat.

2. Perhatikan Kualitas Konten

Kualitas video yang Anda buat bisa menjadi salah satu cara masuk FYP TikTok. Hal ini bukan hanya masalah dari segi kamera yang Anda buat saja, namun juga tentang tingkat originalitas dari video yang Anda buat. Membuat konten yang asli dan original memang menjadi nilai lebih sendiri untuk para audiens.

Dari konten tersebut bisa menjadi salah satu ciri khas bagi akun media sosial TikTok Anda, sehingga para pengguna TikTok nantinya akan mengenali Anda dari ciri khas video yang Anda ciptakan.

3. Kolaborasi atau Duet

Anda bisa melakukan opsi atau pilihan untuk melakukan kolaborasi ataupun duet dengan para kreator akun TikTok lainnya agar akun TikTok Anda bisa semakin dikenal oleh para pengguna TikTok lainnya.

Hingga saat ini, cara tersebut masih terkenal ampuh untuk meningkatkan video Anda dari sisi jumlah views Anda. Anda hanya harus mengajak kreator TikTok yang lainnya agar mau diajak berkolaborasi. Jika Anda tidak bisa menemukannya, Anda bisa mencoba mention ke kreator lain yang mempunyai follower lebih banyak untuk memperoleh respon agar tingkat exposure Anda bisa meningkat.

4. Gunakan Suara atau  Lagu yang Lagi Populer

Saat Anda sedang membuat video TikTok, cobalah untuk menggunakan lagu atau suara yang sedang trending di TikTok. Hal seperti ini bisa menjadi salah satu cara masuk FYP TikTok.

Anda hanya harus mencarinya di beranda FYP TikTok Anda tentang lagu atau efek apa yang saat ini memang sedang viral. Namun, Anda harus memastikan sekali lagi bahwa video Anda berkualitas tinggi dan original.

5. Optimasi Penulisan Caption

Sama dengan media sosial lainnya, caption masih menjadi hal penting dan menjadi cara masuk FYP TikTok. Untuk itu, cobalah untuk membuat caption yang menarik dan isi didalamnya harus sesuai dengan video yang sedang Anda buat.

Dalam hal ini, Anda diperbolehkan untuk menggunakan teknik clickbait, namun isinya harus sesuai. Anda juga diperbolehkan untuk menggunakan berbagai kalimat yang mengundang Call to Action.

6. Gunakan Hashtag

Selain menggunakan caption, cara masuk FYP TikTok selanjutnya adalah dengan menggunakan hashtag agar video Anda bisa lebih ditemukan oleh pengguna lainnya.

Gunakanlah berbagai hashtag yang sesuai dengan konten video Anda. selain itu, tambahkan juga hashtag #FYP, #foryourpage, dan #foryou dalam setiap melakukan post. Ketiga hashtag ini diklaim bisa memudahkan video Anda untuk masuk ke halaman FYP

7. Saling Interaksi dengan Pengguna Lain

Cara masuk FYP TikTok selanjutnya adalah dengan melakukan interaksi dengan para pengguna lainnya. Caranya, Anda cukup memberikan komentar di dalam video yang masuk ke FYP TikTok Anda.

Berbagai video ini umumnya mempunyai tingkat viewers yang tinggi dan jumlah komentar yang sangat banyak. Dari hal tersebut, Anda bisa membuat interaksi dengan para kreator TikTok lainnya. Sehingga, Anda bisa saling melakukan follow dengan akun konten kreator TikTok lainnya.

8. Upload Saat Prime Time TikTok

Melakukan upload video TikTok saat waktu yang baik atau istilahnya prime time menjadi cara masuk FYP TikTok selanjutnya. Harus Anda ketahui bahwa setiap media sosial mempunyai karakteristik penggunanya tersendiri.

Khusus untuk TikTok, umumnya kebanyakan orang akan menggunakan aplikasi ini saat jam-jam berikut ini.

  • Hari Senin: 12.00-13.00
  • Hari Selasa: 15.00-16.00
  • Hari Rabu: 11.00 dan 21.00
  • Hari Kamis: 12.00-13.00, 15.00, dan 20.00-23.00
  • Hari Jumat: 11.00 dan 13.00, lalu 19.00-23.00
  • Hari Sabtu: 09.00 dan 12.00
  • Hari Minggu: 09.00 dan 12.00

9. Tentukan Tema dan Selalu Konsisten

Media sosial TikTok memiliki sistem penilaian atau grading system tersendiri yang bisa mereka gunakan untuk memberi penilaian suatu konten layak atau tidak untuk diviralkan.

Mereka nantinya akan menilai akun Anda dari jumlah interaksi yang terjadi dan juga konsistensi tema. Jadi, bila Anda hanya fokus membahas tentang game dan konsisten untuk membuatnya. Maka, TikTok akan menganggap Anda sebagai konten kreator terpercaya dan layak untuk dipertimbangkan untuk kategori gamers.

Dengan adanya penilaian ini, maka konten Anda akan masuk medium batch. Selain itu, konsistensi tema juga sangat penting untuk menarik followers baru dan juga mempertahankan berbagai followers yang sebelumnya sudah ada.

10. 5 Video Rules

Berdasarkan beberapa sumber terpercaya, mereka mengatakan bahwa para kreator video TikTok harus mengetahui 5 video rules. Jadi, 5 video yang Anda buat akan sangat penting untuk menentukan apakah Anda layak untuk menjadi seorang konten kreator yang diprioritaskan atau tidak di dalam halaman FYP TikTok.

Jika kelima video Anda memiliki tingkat tingkat views yang tinggi dan temanya pun konsisten, maka Anda akan diprioritaskan untuk masuk ke medium batch atau bahkan ke large batch. Jadi, ada baiknya untuk membuat strategi yang matang terlebih dahulu sebelum memulai karir di TikTok.

10. Perhatikan Teknik Editing

Cara untuk masuk video TikTok selanjutnya adalah membuat video TikTok yang keren. Caranya, Anda bisa menempatkan punchline berbentuk teks yang menarik di bagian depan video.

Nantinya, text over video akan membuat audiens Anda menunggu dan membuat mereka menjadi penasaran apa yang selanjutnya akan terjadi. Anda juga bisa membuat berbagai shot awal video yang agak aneh dan juga agak nyeleneh. Tujuannya adalah untuk memancing orang lain untuk menonton ulang video Anda karena mereka jadi penasaran tentang video yang Anda buat.

Selain itu, cara lainnya adalah dengan mengedit bagian awal video dengan teks yang berdurasi sangat cepat. Tujuannya adalah agar semua yang menonton video Anda mengulang dari awal untuk membaca teks tersebut.

Baca juga: Instagram Reels: Fitur Terkini dari Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

Penutup

Jadi, bagaimana, Apakah Anda sudah siap untuk masuk FYP TikTok? Jika siap, Anda bisa menggunakan beberapa cara masuk FYP TikTok di atas. Bila Anda gagal, cobalah untuk melakukan evaluasi terkait langkah apa saja yang dirasa kurang maksimal atau kurang tepat.

Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk bisnis Anda agar setiap produk Anda bisa masuk FYP TikTok dengan konten yang menarik. Sehingga, produk Anda bisa dikenal masyarakat dan meningkatkan tingkat penjualan Anda.

Tapi, jangan lupa untuk mencatat setiap penjualan dan pemasukan yang Anda peroleh pada laporan arus kas. Nantinya, laporan ini bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam menentukan keputusan bisnis dan mengetahui kondisi keuangan Anda.

Tapi, membuat laporan secara manual tentu akan memakan waktu banyak dan sangat rentan terjadi kesalahan. Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Dengan Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan di mana saja dan kapan saja secara otomatis, cepat, dan tepat.

Selain itu, di dalamnya juga Anda bisa menikmati berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur dan masih banyak lagi. Accurate Online pun sangat cocok digunakan untuk berbagai skala bisnis, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate 3 banner bawah

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.