Ide Konten TikTok Menarik Untuk Promosi Produk Bisnis Anda Anda

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus melihat platform TikTok sebagai peluang emas untuk meningkatkan penjualan Anda. Terlebih lagi, dilansir dari laman Hootsuite, TikTok sudah merajai platform media sosial dan mampu menarik lebih dari 800 juta pengguna di seluruh negara. Tapi, Anda memerlukan ide konten yang menarik untuk bisa meningkatkan penjualan.

Lalu, apa saja ide konten TikTok yang menarik dan sesuai untuk dijadikan sebagai promosi bisnis? tenang saja, karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan berbagai ide konten TikTok yang menarik khusus untuk bisnis Anda.

7+ Ide Konten TikTok Untuk Promosi Produk

1. Product Launching

Untuk memperoleh kepercayaan para audiens, maka setiap brand harus memperkenalkan diri dan merasa dirinya terhubung. Terlebih lagi bila itu erat kaitannya dengan relasi bisnis. Produk Anda harus menjadi suatu barang yang sangat familiar, sehingga para audiens bisa mempercayainya.

Nah,  media untuk berkenalan tersebut bisa menggunakan ide konten TikTok. Buatlah para audiens Anda penasaran dengan konten video yang singkat terkait spoiler produk Anda. tampilkanlah performa produk Anda dalam kemasan yang menarik. Agar lebih berkesan lagi, Anda juga bisa menyisipkan alasan kenapa Anda membuat produk tersebut.

Baca juga: Cara Masuk FYP TikTok Untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

2. Catalog

Saat Anda sedang mengunjungi suatu toko, hal pertama apakah yang Anda cari di sana? Sebagian besar dari kita pasti akan mencari buku menu atau katalog.

Sebelumnya, Anda mungkin bisa dengan mudah menemukan kumpulan foto pada lembaran buku, poster atau yang terpampang dengan jelas di etalase Anda. Di sana, Anda harus membolak-balik setiap halaman atau mengelilingi toko tersebut. Hal ini tentunya akan membuat Anda kelelahan.

Namun, cara tersebut adalah cara lama dan kuno dalam memasarkan suatu produk. Saat ini, Anda bisa menghidupkan kembali katalog produk dengan ide konten TikTok yang menarik.

Bila Anda adalah seorang pebisnis fashion, tampilkanlah sedikit atraksi sulap, seperti mengganti baju dalam setiap gerakan model Anda. Terakhir, tambahkan juga teks agar setiap audiens mengetahui berbagai varian produk yang Anda jual.

3. Workspace Tour

Salah satu cara yang paling baik dalam mengakrabkan diri adalah dengan mengundang orang yang ingin Anda kenal agar datang langsung ke rumah Anda.

Ajaklah mereka juga berkeliling dan perlihatkan berbagi spot menarik Anda. Dalam waktu yang singkat, orang yang Anda undang tersebut pasti akan merasa seakan-akan Anda sudah mengenal setengah dari diri Anda.

Nah, bila Anda ingin setiap audiens mengenal produk Anda lebih mendalam dan lebih cepat, maka ide konten TikTok yang bisa Anda gunakan adalah dengan membuat konten yang menarik.

Tampilkanlah bagaimana Anda mengatur kantor atau ruang kerja Anda sesuai kebutuhan operasional bisnis Anda. tampilkanlah cara Anda dalam menyusun setiap stok persediaan, spot kerja yang baik, dan menyimpan produk yang sudah siap untuk dikirim ke pelanggan.

Saat Anda berhasil membuat video tersebut, maka persahabatan yang Anda jalin dengan audiens baru dimulai dengan baik.

4. Behind The Scene

Ide konten TikTok menarik yang selanjutnya adalah membuat video dibalik pembuatan produk atau video Behind The Scene.

Dewasa ini, kebanyakan orang sudah sangat peduli dengan proses pembuatan produk. Mereka sangat peduli dengan apa yang terjadi di balik produk yang nantinya akan mereka gunakan atau mereka konsumsi.

Untuk itu, bukalah pintu dapur produk Anda dan ajaklah audiens untuk masuk. Tampilkanlah bahwa Anda memang  benar-benar menggunakan berbagai bahan yang berkualitas baik dan prosesnya pun dilakukan dengan cara yang terbaik.

Ide konten TikTok yang menarik ini bisa Anda gunakan untuk berbagi bisnis, seperti souvenir, makanan, minuman, fotografi, dll.

5. Packaging dan Shipping

Saat sedang berbelanja online, pasti Anda akan bertanya-tanya, “Sudah sejauh apa pesanan saya di proses?”. Lalu ketika Anda membuka aplikasi media sosial TikTok, Anda menemukan online shop tersebut mengupload atau memposting suatu video yang menarik.

Penjual tersebut menampilkan proses packaging orderan dalam suatu kemasan yang menarik. Di belakangnya juga terlihat antrean paket yang sudah siap untuk dikirim.

Saat ini, pikiran Anda pun sudah mulai berfantasi, “kira-kira, pesanan saya sudah dikirim atau belum? Atau memang masih dalam proses packaging?”

Namun di luar dari fantasi Anda tadi, kami hanya ingin menunjukkan bahwa ide konten TikTok tentang packaging dan shipping adalah ide yang menarik.

Untuk pelanggan, terdapat rasa kepuasan tersendiri saat melihat bagaimana Anda memperlakukan pesanan mereka dengan baik. Untuk pebisnis, rasa kepercayaan para pelanggan pada bisnis akan semakin kuat terjamin. Nah, bukankan ide konten TikTok ini akan memberikan keuntungan pada kedua belah pihak?

6. Tutorial

Bagaimana cara mempromosikan suatu produk yang fungsinya itu-itu saja dan memerlukan waktu lama dalam menghabiskan produk tersebut, seperti misalnya make up?

Dahulu, tentu kita tahu bahwa lipstik adalah produk pewarna bibir biasa. Kemungkinan, kenalan Anda akan selalu menolak lipstik yang baru dengan alasan “fungsinya kan masih itu-itu doang, di rumah juga masih ada tuh lipstik yang lama”

Namun saat ini, kondisi tersebut sudah berubah. Terdapat banyak sekali varian lipstik, seperti Korean Lips, Ombre Lips, dll. Untuk itu, jangan heran bila Anda menemukan wanita yang menyimpan banyak sekali lipstik dalam tas make up nya.

Tentunya ada banyak orang di luar sana yang penasaran ingin melakukan hal yang sama namun tidak tahu harus bagaimana. Pada akhirnya, mereka pun mulai mencari video tutorial di platform media sosial.

Dalam media sosial TikTok, Anda bisa menemukan 800 ribu lebih hasil tayangan untuk hashtag #ombrelip. Itu artinya, video tutorial adalah suatu ide konten TikTok yang baik untuk menampilkan produk Anda. Konten video tersebut akan memberikan inspirasi pada para audiens untuk memaksimalkan fungsi produk Anda.

Untuk itu, bagikanlah tips, life hacks, atau tutorial lainnya yang mampu membuat audiens takjub serta melakukan video tutorial Anda. Namun tentunya harus menggunakan produk yang sudah Anda sarankan.

7. Educational

Saat mendengar kata edukasi, kebanyakan orang pasti akan langsung ngantuk dan bosan. Tampilan video edukasi yang saat ini sudah kita kenal lebih banyak diisi oleh orang yang berbicara panjang lebar dengan topik yang sulit untuk kita dengar.

Namun bila Anda tidak ingin penonton video Anda merasa bosan dan ngantuk, maka sekaranglah saatnya untuk meninggalkan konten video edukasi yang garing.

Buatlah suatu video konten TikTok yang menarik dan seru, sehingga video edukasi Anda akan terlihat lebih menyenangkan dan bisa lebih mudah diterima oleh orang lain.

Maksimalkanlah berbagai fitur yang terdapat pada TikTok dalam membuat berbagai jenis video edukasi, seperti FAQ, cerita pendek, atau listicle video. Selain itu, sisipkan juga backsound yang mendukung dan menulis teks sebagai pembantu video Anda.

8. Hashtag Challenge

Pada dasarnya, hashtag challenge adalah suatu tantangan untuk mengajak orang lain dalam melakukan berbagai hal dengan tagar atau hashtag tertentu. Ide konten TikTok yang satu ini juga cukup digemari oleh berbagai perusahaan besar, seperti Tokopedia dan Indomie.

Kenapa? karena dengan hashtag challenge, perusahaan besar tersebut bisa dengan mudah memperoleh User Generated Content atau konten yang dibuat oleh para pengguna produk.

Itu artinya, promosi produk akan berjalan secara masif tanpa harus repot-repot membuat suatu konten dengan ide sendiri. Tentunya hal ini akan lebih praktis dan lebih mudah.

9. Company Profile

Berdasarkan laman resmi Thedrum, sebanyak 80% audiens di luar sana lebih senang mendengarkan cerita. Untuk itu, cobalah untuk memberikan cerita motivasi dan alasan kenapa Anda harus mendirikan perusahaan Anda saat ini.

Selain itu, tambahkanlah juga portofolio bisnis Anda. ajaklah setiap audiens untuk bisa terlibat langsung dengan bisnis Anda atau memberikan inspirasi pada audiens untuk mulai membangun bisnisnya sendiri.

10. Promotional

Ide konten TikTok yang terakhir adalah Promotional. Kemungkinan besar Anda pasti bingung, bukankah berbagai poin sebelumnya kita memang sedang membahas ide konten TikTok untuk melakukan promosi bisnis?

Namun, konten promotional dalam hal ini adalah menyorot langsung ke kegiatan konversi. Baik itu follow media sosial, melakukan pembelian produk, atau membuat mereka untuk mau menuju website Anda.

Untuk itu, bila penjualan produk Anda sedang menurun, cobalah untuk menggunakan ide konten TikTok ini untuk meningkatkan kembali penjualan Anda.

Baca juga: TikTok Ads: Jenis, Pengertian dan Tips Efektif Memaksimalkannya

Penutup

Saat ini, Anda pasti sudah memiliki banyak ide konten yang menarik untuk melakukan promosi produk atau bisnis Anda. Tapi, kemungkinan besar nantinya juga akan lahir berbagai ide lain seiring dengan perkembangan tren yang ada.

Untuk itu, Anda harus bisa terus beradaptasi dalam setiap perubahan yang ada dan terus berinovasi dalam membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sehingga, nantinya Anda bisa memperoleh omset keuntungan yang besar, sesuai dengan tujuan Anda.

Namun, jangan lupa untuk selalu mencatat laporan keuangan bisnis, karena laporan inilah yang nantinya bisa Anda gunakan untuk menentukan kebijakan bisnis di masa depan. Tapi, membuat laporan keuangan secara manual pasti akan menghabiskan banyak waktu dan rentan terjadi kesalahan.

Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan di mana saja secara otomatis, cepat dan akurat.

Didalamnya juga terdapat fitur persediaan, penjualan, pembelian, manufaktur, dan berbagai fitur lainnya yang akan sangat membantu Anda dalam mengelola bisnis.

Tertarik? Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk menikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.accurate fokus pengembangan