Bank Dunia: Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Kritik Terhadap Bank Dunia

Walaupun nama Bank Dunia sudah sangat familiar di telinga kita, namun ternyata masih banyak yang belum memahami tentang Bank Dunia. pada dasarnya, Bank Dunia atau World Bank adalah suatu organisasi internasional yang di dalamnya memberikan dukungan dana, penasihat, dan juga penelitian untuk negara berkembang agar bisa memajukan perekonomiannya.

Organisasi World Bank dibuat dengan tujuan untuk mengentaskan kemiskinan pada berbagai negara dengan pendapatan yang rendah dan menengah. Di tahun 2018 lalu, negara yang menerima dana pinjaman paling banyak dari Bank Dunia adalah India dan juga  China.

Bank Dunia mampu menyediakan dukungan finansial yang secara teknis pada berbagai negara berkembang di seluruh dunia. World Bank akan memposisikan dirinya sebagai sahabat dari negara miskin dan berkembang agar bisa meningkatkan perekonomian negara tersebut.

Sejarah Bank Dunia

Sejarah pertama kali dibentuknya Bank Dunia ini diawali pada tanggal 1 April tahun 1944 yang saat itu diadakan suatu konferensi dadakan paling penting di Amerika Serikat, atau lebih tepatnya di Bretton Woods, New Hampshire.

Di dalam konferensi United Nations Monetary and Financial ini, maka dibentuklah suatu badan yang nantinya akan memiliki peran penting dalam perekonomian dunia secara global. Badan inilah yang nantinya disebut sebagai Bank Dunia atau World Bank.

Tugas utama dari World Bank adalah memberikan dana keuangan atau dana bantuan pada berbagai negara yang perekonomiannya sedang tidak sehat, agar bisa memberikan pengaruh kondisi ekonomi wilayah yang ada di sekitarnya.

Negara pertama kali yang memperoleh bantuan dari World Bank adalah negara Prancis. Disaat itu, menara Eiffel sedang memerlukan dana sekitar 250 juta dolar AS agar bisa membangun ulang infrastruktur negara mereka yang sudah hancur lebur setelah perang dunia ke-2.

Baca juga: Virtual Account Adalah Metode Pembayaran yang Praktis, Ini Penjelasannya!

Lima Lembaga Bank Dunia

Terdapat lima lembaga internasional yang dimiliki oleh World Bank Kelima lembaga World Bank tersebut adalah sebagai berikut.

  • Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan

International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) adalah suatu badan yang mampu memberikan pinjaman uang pada pihak pemerintah di dalam suatu negara yang memiliki pendapatan dalam kategori kelas menengah. Badan ini dibuat bersamaan dengan badan World Bank di tahun 1944 lalu.

  • Asosiasi Pembangunan Internasional

International Development Association (IDA) adalah suatu lembaga keuangan internasional yang mampu memberikan pinjaman dana pada pihak pemerintah negara dalam kategori negara berkembang dan miskin. Lembaga ini dibuat pada tahun 1960 agar bisa melengkapi lembaga IBRD, namun dengan sasaran yang berbeda, yakni negara-negara miskin saja.

  • International Finance Corporation (IFC)

IFC adalah suatu lembaga keuangan World Bank yang lebih fokus pada sektor privat, menyediakan investasi keuangan dan juga layanan konsultasi keuangan pada seluruh negara berkembang.

  • Badan Penjamin Investasi Multilateral

Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) adalah suatu lembaga yang bertugas dalam memberikan jaminan pada investor untuk melindungi investasi asing langsung dari resik politik dan juga dari non-komersial yang ada pada negara berkembang.

  • International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID)

ICSID adalah suatu lembaga yang melayani urusan arbitrase ataupun penyelesaian hukum dalam suatu sengketa investasi internasional.

Peranan Bank Dunia

World Bank memiliki peran lebih dari sekedar organisasi yang bertugas memberikan dana pinjaman pada berbagai negara di dunia. World Banka juga berperan dalam mencapai apa yang disebut dengan Millenium Development Goals (MDGs) yang kala itu dibuat oleh PBB.

Nah, beberapa peran penting dari World Bank adalah sebagai berikut:

  • Strategi Memerangi Kemiskinan

Untuk bisa memerangi kemiskinan pada berbagai negara miskin, maka World Bank berupaya dalam memberikan layanan bantuan dengan menggunakan analisis yang ekstensif pada kondisi keuangan dan juga ekonomi dalam suatu negara. Strategi yang digunakan pada suatu negara ini akan berbeda dengan negara lainnya.

Pada tanggal 15 Desember tahun 2007 lalu, Asosiasi Pembangunan Internasional (IDA) mengatakan bahwa pihak Bank Dunia akan memberikan kucuran dana pinjaman sebanyak USD 25,1 miliar pada delapan negara termiskin di dunia.

  • Kontribusi Pada Perubahan Iklim

Era industri saat ini mampu memberikan perubahan yang buruk pada kondisi bumi, yakni meningkatnya suhu bumi hingga 0,8 derajat celcius.

Bank Dunia dalam hal ini memberikan bantuan tertentu pada adaptasi pada perubahan iklim dan juga sekaligus mencegah terjadinya pemanasan global. Jumlah bantuan yang diberikan oleh Bank Dunia adalah GBP 1,47 miliar di tahun 2011 dan GBP 4,6 miliar di tahun 2012.

  • Peningkatan Kesehatan

Bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, Bank Dunia menciptakan International Health Partnership (IHP+), yakut sekumpulan pihak yang memiliki komitmen untuk meningkatkan kesehatan masyarakat pada berbagai negara berkembang.

Organisasi ini mampu berkoordinasi dengan baik dengan pemerintah negara, masyarakat sipil, dan juga pihak terkait agar bisa menciptakan suatu strategi kesehatan internasional.

  • Ketersediaan Pangan

Bank Dunia turut serta merilis beberapa program agar bisa menjamin adanya ketersediaan pangan pada berbagai negara miskin di dunia. di tahun 2010 lalu, World Bank dan  Bill and Melinda Gates Foundation, membuat Global Food Security Program yang sudah didonasikan sebesar USD 925 juta agar bisa menjamin ketersediaan pangan.

Sampai saat ini, program tersebut sudah membantu delapan negara miskin agar bisa memajukan sektor riset, pertanian dan juga perdagangan hasil pertaniannya.

  • Clean Air Initiative (CAI)

CAI adalah suatu inisiatif dari pihak Bank Dunia agar bisa meningkatkan inovasi untuk memperbaiki kualitas udara di berbagai kota di seluruh negara dunia. program ini dilakukan dengan adanya kerjasama melalui wilayah terpilih dengan membagikan pengalaman dan juga pengetahuan.

Salah satu program inisiatif dalam upaya untuk mencegah penyakit yang diakibatkan oleh polusi udara adalah kendaraan elektrik.

Fungsi Bank Dunia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Bank Dunia adalah suatu lembaga internasional yang bertugas membantu berbagai negara dengan pembiayaan dan juga nasihat keuangan.

Tujuannya adalah guna membantu negara berkembang tersebut dalam merancang pembangunan rencana untuk bisa membangun infrastruktur dan juga ekonomi agar bisa mengurangi tingkat kemiskinan pada taraf hidup warga negaranya.

Pada awalnya, World Bank ini dibuat hanya untuk membantu perekonomian di berbagai negara yang tengah hancur setelah perang dunia ke 2. Tapi seiring berjalannya waktu, maka mereka mulai memberikan dana bantuan untuk wilayah yang ekonominya mengalami penurunan ekonomi karena bencana alam, krisis moneter, dll.

Kritik Terhadap Bank Dunia

Bank Dunia sudah banyak dikritik oleh berbagai organisasi non-pemerintah. Salah satu kepala perekonomian dari Survival Internasional bernama Henry Hazlitt mengatakan bahwa World Bank bersama dengan sistem keuangan yang terdapat di dalamnya akan bisa menciptakan inflasi besar di seluruh dunia.

Kritik yang paling banyak dilontarkan pada Bank Dunia adalah terkait dengan susuan organisasi yang ada di dalamnya. Bank Dunia adalah suatu organisasi yang mampu mewakili 188 negara di dunia, tapi segala bentuk kegiatan di dalamnya hanya bisa dijalankan pada beberapa negara maju yang mempunyai kekuatan ekonomi besar saja.

Berbagai negara maju ini mampu mendominasi World Bank dengan berbagai kepentingan di dalamnya. Selain bisa menjadi sumber dana untuk sebagian besar program, mereka juga bisa menentukan pemimpin Bank Dunia dan jajaran manajemen senior di World Bank.

Hal tersebut menyebabkan adanya ketimpangan pada berbagai negara barat yang menguasai World Bank dengan negara dunia ketiga yang menjadi target mereka.

Dalam suatu laporan Komite Senat Negara Amerika di dalam Hubungan Internasional, World Bank dan juga lembaga keuangan internasional lainnya dikritik karena sudah terlalu fokus dalam memberikan pinjaman saja tanpa memerhatikan apakah negara tersebut mampu menunjukkan hasil pembangunan yang nyata dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: IMF Adalah: Pengertian, Kegiatan, dan Sejarah Terbentuknya IMF

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Bank Dunia. jadi, bisa kita simpulkan bahwa Bank Dunia adalah adalah suatu organisasi internasional yang di dalamnya memberikan dukungan dana, penasihat, dan juga penelitian untuk negara berkembang agar bisa memajukan perekonomiannya.

Organisasi Bank Dunia ini dibuat dengan tujuan untuk mengentaskan kemiskinan pada berbagai negara dengan pendapatan yang rendah dan menengah.

Meskipun begitu, organisasi ini turut mendapatkan kritik, yang sebagian besarnya adalah pada struktur organisasi di dalamnya yang lebih banyak dikuasai oleh beberapa negara dengan tingkat ekonomi yang kuat.

Namun, bila perusahaan Anda kesulitan untuk mengelola finansial perusahaan ataupun kegiatan akuntansi perusahaan, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online sudah dilengkapi dengan berbagai fitur layanan yang bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja. Selain itu, Accurate Online juga mampu menyediakan 200 lebih jenis laporan keuangan dengan tampilan dashboard yang sederhana dan mudah untuk dimengerti.

Seluruh manfaat dari Accurate Online ini bisa langsung Anda nikmati secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate fokus pengembangan

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia