Ekonomi Rasional dan Irasional, Ini Perbedaannya!

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tindakan ekonomi adalah suatu tindakan manusia yang didukung oleh usaha untuk bisa memenuhi sebuah kebutuhan fisik demi bisa mencapai suatu kemakmuran hidup. Nah, tindakan ekonomi pun terbagi menjadi tindakan ekonomi rasional dan irasional.

Lantas, apa itu tindakan ekonomi rasional? Apa bedanya dengan tindakan ekonomi irasional? Penasaran? Ketahui jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai agar tidak salah paham.

Tindakan Ekonomi Rasional

Pada dasarnya, tindakan ekonomi rasional adalah suatu tindakan ekonomi yang berlandaskan atau berdasarkan pilihan yang baik dan menguntungkan, sehingga akan bisa meningkatkan kehidupan perekonomian. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata rasional ini memiliki arti pikiran ataupun pertimbangan yang masuk akal ataupun logis.

Tindakan yang rasional tersebut dibutuhkan oleh manusia, baik dalam suatu kehidupan sehari-hari, atau dalam melakukan suatu kegiatan bisnis. Pertimbangan yang rasional ini bisa dimulai dari mengerjakan suatu hal kecil sampai berbagai hal besar.

Contoh sederhana dari penerapan tindakan ekonomi rasional dalam perusahaan atau bisnis adalah dengan cara menentukan jenis produksi yang tepat agar seluruh hasil produksi bisa terjual secara maksimal, meminimalisir biaya produksi secara rasional dengan tanpa mengurangi kualitas produk.

Penerapan tindakan ekonomi rasional ini juga mampu sangat berguna untuk para tenaga kerja yang terampil, penggunaan bahan baku, dan juga penolong secara efisien, dengan menentukan sistem distribusi yang tepat sasaran dan melakukan berbagai strategi promosi yang tepat.

Baca juga: Indikator Pertumbuhan Ekonomi dan Contoh Perhitungannya

Tindakan Ekonomi Irasional

Tindakan ekonomi irasional adalah salah satu jenis tindakan ekonomi, yang mana seseorang ataupun perusahaan mempunyai suatu perkiraan yang menguntungkan tanpa harus menghitung faktor rasional, namun kenyataannya justru akan sangat merugikan.

Perusahaan ataupun individu yang bergerak secara irasional umumnya tidak memperhitungkan unsur waktu, biaya, dan juga tenaga besar yang harus mereka keluarkan.

Contoh sederhana dari penerapan tindakan ekonomi yang irasional dalam perusahaan adalah dengan menetapkan harga tinggi pada sebuah produk tanpa terlebih dahulu menghitung biaya produksi, kualitas barang, dan juga daya beli masyarakat atas produk tersebut, sehingga pada akhirnya produk tersebut malah mengalami kegagalan di pasar.

Nah, agar bisa terhindar dari tindakan ekonomi yang irasional tersebut, tentunya perusahaan atau individu harus mempunyai sistem pengelolaan keuangan yang baik, seperti dengan mengelola sektor atau unit pembiayaan.

Bila biaya produksi perusahaan cenderung kecil, maka harga jual dari suatu barang bisa diminimalisir secara lebih rendah daripada harga pesaingnya di pasar. Sehingga, barang tersebut akan bisa bersaing dalam hal penjualan serta mempunyai kemungkinan untuk bisa mendatangkan omset yang besar bagi perusahaan.

Baca juga: Permasalahan Ekonomi Negara Dunia Ketiga yang Jarang Maju

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang ekonomi rasional dan ekonomi irasional. Jadi, ekonomi rasional adalah suatu tindakan ekonomi yang berlandaskan atau berdasarkan pilihan yang baik dan menguntungkan.

Sedangkan ekonomi irasional adalah salah satu jenis tindakan ekonomi, yang mana seseorang ataupun perusahaan mempunyai suatu perkiraan yang menguntungkan tanpa harus menghitung faktor rasional, namun kenyataannya justru akan sangat merugikan.

Namun untuk bisa mendapatkan proses pengelolaan keuangan yang baik dan mendapatkan laporan keuangan yang tepat agar bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan analisis penjualan serta pengembangan usaha di masa depan, maka perusahaan harus mempunyai sebuah sistem akuntansi yang sangat handal.

Nah, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi yang dihadirkan oleh Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi yang dikembangkan oleh anak bangsa dengan menggunakan sistem cloud computing dan telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang sangat canggih. Tampilan dashboard dari aplikasi ini juga sudah didesain dengan sangat sederhana, sehingga siapa saja bisa menggunakan Accurate Online secara aman, nyaman dan juga mudah.

Selain itu, Accurate Online juga telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia. Bahkan sejak tahun 2016 lalu, Accurate Online telah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award untuk kategori software akuntansi.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan transaksi Anda akan tercatat secara otomatis. Anda pun bisa mendapatkan laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan modal, laporan neraca, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara akurat.

Aplikasi ini akan membantu Anda untuk menyelesaikan berbagai pengelolaan keuangan perusahaan dan membantu Anda untuk membuat keputusan ekonomi secara lebih rasional.

Lebih dari itu, aplikasi yang luar biasa ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan membantu Anda untuk melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, menyelesaikan administrasi perpajakan, mengelola persediaan barang digudang dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola bisnis dan mengembangkan bisnis melalui berbagai strategi pemasaran yang tepat.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yakni sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Bahkan, saat ini Anda bisa lebih dulu mencobanya selama 30 hari Gratis. Bagaimana caranya? Caranya, Anda cukup klik tautan gambar di bawah ini lalu isi dan daftarkan perusahaan Anda secara lengkap. Ayo, gunakan dan coba Accurate sekarang juga!

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia