Keunggulan Mutlak: Pengertian, Teori dan Cara Mencapainya

Kegiatan ekonomi tidak bisa dilepaskan dari produksi barang dan jasa agar bisa mencukupi pasokan demi memenuhi masyarakat yang sesuai atau bahkan mampu melebihi permintaan. Bila kita membicarakan tentang proses produksi, maka setiap perusahaan sehingga negara mempunyai keahlian dalam menghasilkan barang dan jasa nya sendiri, inilah yang disebut dengan keunggulan mutlak.

Lalu, apa itu keunggulan mutlak? Apa teori yang banyak digunakan? Bagaimana cara mencapai keunggulan mutlak? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang keunggulan mutlak di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Keunggulan Mutlak

Keunggulan absolut atau keunggulan mutlak adalah kemampuan perusahaan, individu, daerah, atau negara agar bisa memproduksi produk barang atau jasa dalam jumlah yang lebih banyak dengan pengeluaran biaya yang sama.

Sederhananya, keunggulan mutlak adalah kemampuan individu hingga negara untuk bisa memproduksi produk barang dan jasa dalam jumlah yang lebih banyak dengan input yang lebih sedikit daripada entitas lainnya yang membuat produk yang sama.

Suatu entitas yang mempunyai keunggulan mutlak lebih cenderung mampu menghasilkan produk dengan biaya yang lebih rendah per unitnya.

Intinya, entitas yang memiliki keunggulan mutlak bisa memproduksi barang atau jasa secara efisien, karena mereka mampu meminimalisir produksi untuk bisa menghasilkan volume produksi dengan jumlah yang sama atau bahkan bisa lebih banyak lagi daripada entitas lainnya.

Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Adam Smith dalam bukunya yang berjudul Wealth of Nations. Di dalamnya, Smith menjelaskan bahwa suatu negara bisa mendapatkan keuntungan dari adanya perdagangan internasional dengan lebih mengkhususkan pada produk ataupun barang yang lebih efisien daripada negara lainnya.

Mereka yang memiliki keunggulan mutlak bisa memutuskan untuk bisa membuat barang atau jasa tertentu yang tidak bisa dibuat oleh negara lain.

Dari adanya hasil perdagangan tersebut, maka suatu negara akan bisa membeli produk dari negara lain yang tidak mampu dibuat sendiri atau memakan produksi yang lebih besar bila membuatnya sendiri.

Baca juga: Apa Itu Defisit dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Negara

Teori Keunggulan Mutlak Adam Smith

Pada abad ke 16 sampai abad ke 18, teori ekonomi yang paling banyak diikuti adalah teori merkantilisme yang mana kebijakan ekonomi secara nasional dibuat agar bisa memaksimalkan perdagangan negara, cadangan emas, serta uang.

Seiring dengan adanya perkembangan zaman, muncul juga ide yang lebih kreatif yang mampu memicu perubahan teori ekonomi. Teori sebelumnya dianggap tidak lagi sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga memperoleh kritik dari para pakar ekonom pada kala itu.

Salah satunya adalah Adam Smith. Dirinya lalu membuat teori ekonomi untuk melawan teori merkantilisme. Adam Smith adalah pakar ekonom yang pertama kali memperkenalkan konsep keunggulan mutlak.

Dalam bukunya, Adam Smith menjelaskan bahwa dengan adanya biaya peluang, yang mana peraturan yang mendukung suatu industri mampu mengambil sumber daya dari industri lainnya yang lebih mungkin menguntungkan.

Selain itu, smith pun turut menjelaskan tentang biaya kesempatan. Di dalamnya, smith menjelaskannya dengan contoh bahwa pembuat sepatu tidak akan menggunakan sepatu buatannya sendiri, karena hal tersebut dinilai menghambur-hamburkan sumber daya produktif miliknya.

Sehingga, setiap entitas bisa melakukan spesialisasi dirinya untuk bisa memproduksi produk yang mempunyai banyak keunggulan.

Dalam ruang lingkup yang lebih luas, smith lantas memadukan prinsip biaya peluang dengan spesialisasi yang sama dengan kebijakan ekonomi internasional dan prinsip perdagangan internasional. Smith menjelaskan bahwa kebijakan impor yang dilakukan dari luar negeri lebih baik dan lebih efisien jika produksi dalam negeri untuk produk yang sama dinilai lebih mahal.

Kebijakan tersebut memungkinkan negara pengimpor untuk bisa menempatkan sumber dayanya dalam industri yang lebih produktif dan efisien lagi. Prinsip ini dipengaruhi akan adanya perkembangan teknologi yang terjadi di setiap negara, dimana perbedaan teknologi pada setiap negara akan menentukan arus perdagangan internasional.

Baca juga: LLG adalah Metode Transfer Uang Melalui Kliring

Keunggulan Mutlak dan Komparatif

Selain keunggulan mutlak, terdapat juga keunggulan komparatif. Walaupun disebut sebagai keunggulan, tapi keduanya sering sekali dibedakan, karena keduanya memang mempunyai perbedaan yang jelas.

Keunggulan mutlak lebih mengarah pada keunggulan yang lebih jelas dari perdagangan dan spesialisasi, yang mana setiap produsen mempunyai keunggulan absolut dalam hal memproduksi barang.

Sedangkan keunggulan komparatif lebih cenderung mengarah pada kemampuan setiap produsen untuk bisa menghasilkan suatu produk dengan biaya peluang yang lebih minim daripada produsen lainnya.

Bila suatu produsen tidak mempunyai keunggulan absolut, maka argumen dalam teori Adam Smith sudah tidak bisa lagi untuk diterapkan atau tidak berlaku lagi. Walaupun begitu, produsen dan mitra dagang bisa merealisasikan perolehan keuntungan dari kegiatan perdagangan jika mereka bisa lebih bersosialisasi berdasarkan setiap keunggulan komparatifnya.

Pemahaman terkait konsep keunggulan absolut dengan keunggulan komparatif cenderung kurang tepat. Itu artinya, banyak sekali orang yang salah paham mengenai kedua konsep ini.

Baca juga: Airdrop, Ini Pengertian dan Perannya Dalam Mata Uang Crypto

Penutup

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cara untuk bisa mencapai keunggulan mutlak adalah melakukan produksi dengan biaya yang rendah. Setiap entitas bisa mencapai keunggulan mutlak jika mampu membuat produk dengan biaya yang lebih rendah.

Dalam hal ini, maka setiap entitas memerlukan manajemen finansial yang baik. Untungnya, saat ini sudah ada aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online yang mampu membantu setiap entitas dalam melakukan manajemen finansial.

Dengan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dibekali dengan modul dan fitur luar biasa yang akan membuat operasional bisnis menjadi lebih efisien. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Tertarik menggunakan Accurate Online? silahkan klik banner di bawah ini untuk mencobanya secara gratis selama 30 hari.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia