Merdeka! Ini Saatnya Mengelola Keuangan Tanpa Ribet

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mengetahui bahwa software akuntansi saat ini sudah menjadi kebutuhan yang penting. Sebagian besar pebisnis saat ini bahkan sudah banyak yang menyadari bahwa mengelola keuangan yang dilakukan secara manual tidak mampu membantu mereka dalam mencapai efisiensi.

Setiap manajemen keuangan perusahaan sudah seharusnya mampu membantu pihak perusahaan dalam mengelola keuangan secara efisien, bukan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kerugian.

Nah, bila saat ini Anda berpikir untuk melakukan otomatisasi pada pengelolaan keuangan di dalam usaha Anda, maka artikel ini adalah artikel yang tepat untuk Anda baca. Untuk itu, teruskan membaca artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Manajemen Keuangan?

Sebelum kita mempelajari fungsi sistem akuntansi dalam suatu bisnis, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang manajemen keuangan.

Manajemen keuangan pada dasarnya adalah perencanaan yang dilakukan secara strategis, pengarahan, pengelolaan dan juga pengendalian suatu proses keuangan dalam perusahaan.

Manajemen keuangan memiliki peran yang penting dalam setiap bisnis agar bisa memastikan arus kas yang stabil. Tugas utama dari manajer keuangan atau mereka yang bertanggung jawab dalam mengelola keuangan perusahaan adalah membuat perkiraan keperluan dana, menciptakan peluang di berbagai sektor investasi, menentukan struktur modal, dan masih banyak lagi.

Manajemen keuangan dilakukan agar bisa mengoptimalisasi keuangan perusahaan, memastikan kelangsungan bisnis, mempertahankan arus kas secara tepat, meminimalisir biaya modal, dan juga memaksimalkan pangsa pasar yang ada.

Tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, maka suatu bisnis akan kesulitan dalam hal mencapai tingkat objektivitasnya dan akan mengalami banyak kerugian yang akan berimbas pada kebangkrutan.

Baca juga: Internal Rate Of Return Adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya Untuk Investasi

Pengertian Software Akuntansi

Software akuntansi atau aplikasi keuangan adalah suatu perangkat lunak yang dibuat untuk siapa saja yang ingin mengelola akun dan menyederhanakan operasional keuangan di dalam suatu perusahaan.

Umumnya, sistem akuntansi yang sederhana berbentuk entri tunggal sederhana dan dimanfaatkan untuk menyimpan data individu. Sedangkan sistem akuntansi yang lebih canggih bisa digunakan untuk bisa mengelola utang-piutang, buku besar, faktur, gaji, dan juga aset perusahaan.

Dewasa ini, software akuntansi menjadi software yang sangat penting untuk berbagai bisnis. Software ini memungkinkan setiap pebisnis untuk melakukan pelacakan transaksi keuangan yang detail dan membuat laporan keuangan secara otomatis.

Sebelum adanya software akuntansi, setiap tugas keuangan harus dikerjakan secara manual dengan memanfaatkan jurnal transaksi besar. Proses pembuatan laporannya juga tidak bisa dilakukan secara praktis, karena setiap manajer akuntansi harus bisa mengonsolidasikan entri secara konvensional atau manual.

Nah, aplikasi akuntansi mampu mengotomatisasi berbagai tugas ini, mengurangi biaya akuntansi, dan juga memungkinkan penggunanya untuk mengambil keputusan finansial yang lebih baik dengan adanya laporan real-time.

Manfaat Software Akuntansi bagi Bisnis Anda

Para profesional dalam bidang akuntansi menganggap software akuntansi sebagai salah satu aset perusahaan yang mampu meningkatkan efisiensi dalam departemen keuangan secara signifikan. Namun diluar hal tersebut, terdapat beberapa manfaat penting lainnya yang mampu diberikan oleh software akuntansi, yaitu:

1. Memastikan Financial Control yang Baik

Software akuntansi mampu membantu pebisnis dalam mengontrol keuangannya secara otomatis, sekalipun pebisnis tersebut bukanlah orang yang ahli dalam bidang akuntansi.

Dengan adanya sedikit pelatihan, maka pebisnis bisa mengelola seluruh operasional bisnis akuntansinya dengan menggunakan komputer ataupun perangkat seluler tanpa harus membayar pada pihak eksternal dalam mengontrol anggaran keuangannya.

2. Menghemat Biaya Perusahaan

Kehadiran software akuntansi mampu mengotomatiskan perhitungan pokok dan juga prosedur administrasi. Selain itu, software ini juga akan membantu Anda dalam mengatur seluruh susunan anggaran, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan outsourcing manajemen keuangan pada pihak eksternal.

Selain itu, software ini juga mampu meminimalisir biaya yang berhubungan dengan pencetakan dan juga pemberian dokumentasi. Kenapa? Karena seluruh data akan tersimpan secara digital di lokasi yang aman dan akan terpantau dengan baik.

3. Meningkatkan Akurasi Data

Para akuntan dan auditor menganggap software akuntansi mampu meminimalisir human error yang umumnya terjadi dalam proses penghitungan dan juga entri data. Adanya ketidakakuratan pada laporan keuangan bisa menimbulkan krisis yang berdampak pada keberlangsungan bisnis dan sistem akuntansi mampu mencegah hal tersebut.

4. Mempermudah Pengambilan Keputusan

Salah satu keunggulan yang paling utama dari sistem akuntansi adalah mampu mempermudah para pebisnis dalam mengambil keputusan. Sistem ini mampu memberikan pada Anda angka yang mampu membantu Anda memahami dimana Anda harus memangkas pengeluaran atau di mana Anda harus meningkatkan investasi Anda.

Dengan adanya gambaran yang jelas terkait kondisi keuangan Anda saat ini, maka Anda akan bisa lebih mudah dalam mengembangkan strategi yang tepat dan mengalokasikan sumberdaya dengan sebaik-baiknya.

5. Meningkatkan Keamanan Data Keuangan

Data keuangan merupakan informasi penting dari pihak perusahaan yang sifatnya konfidensial dan harus bisa dijaga dengan baik agar tidak jatuh ke tangan yang salah ataupun hilang.

Sistem akuntansi mampu memastikan data keuangan Anda tetap aman terjaga dengan menyimpannya di dalam suatu sistem yang sudah dilindungi dengan firewall. Hanya mereka yang diberikan hak akses lah yang bisa melihat ataupun mengedit data yang ada di dalamnya.

6. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Membuat laporan keuangan dan juga merapikan pembukuan merupakan pekerjaan yang membutuhkan waktu lama. Anda ataupun karyawan Anda harus rela mengorbankan pekerjaan penting lainnya agar bisa memproses pekerjaan ini secara manual.

Belum lagi bila mereka harus memperbaiki kesalahan yang sangat sering terjadi saat melakukan tugas akuntansi secara manual. Tapi dengan adanya software akuntansi, seluruh tugas keuangan bisa dikerjakan secara otomatis, sehingga karyawan Anda bisa melakukan pekerjaan penting lainnya untuk mengembangkan bisnis.

Fitur-Fitur Umum yang Terdapat di dalam Software Akuntansi

1. Financial Forecasting

Fitur financial forecasting menjadi fitur yang paling penting yang harus ada di dalam setiap software akuntansi. Tentunya setiap pebisnis ingin bisa melakukan estimasi biaya dan juga pendapatannya. Alat forecasting ini akan mampu mengontrol keuangan secara bijak, menekan biaya yang tidak perlu dikeluarkan, dan juga memaksimalkan keuntungan.

2. Manajemen Penagihan dan Faktur

Software akuntansi yang canggih mampu menyediakan fitur yang mampu mempermudah pebisnis dalam mengelola, membuat, dan juga mengirim berbagai jenis penagihan dan juga faktur.

E-faktur yang lengkap di dalamnya sudah dilengkapi dengan berbagai komponen yang bisa diubah sesuai dengan kebutuhan dan juga bisa dibuat dengan kurun waktu yang cepat.

3. Rekonsiliasi Akun dan Laporan Bank

Rekonsiliasi adalah langkah yang sangat penting agar bisa memastikan tingkat keakuratan dalam data keuangan. Bila dilakukan secara manual, tentunya akan memerlukan waktu yang lama dan human error bisa terjadi setiap saat.

Tapi dengan adanya software akuntansi, Anda bisa melakukan rekonsiliasi akun dan juga laporan bank hanya dalam hitungan detik saja.

4. Pembuatan Laporan Keuangan

Software akuntansi mampu membantu Anda dalam menyajikan berbagai jenis laporan keuangan secara digital, baik itu laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, laporan perubahan modal, dll.

5. Manajemen Pembelian dan Penjualan

Software akuntansi juga akan terintegrasi dengan pembelian dan penjualan Anda, sehingga akan memungkinkan Anda dalam mengelola seluruh jenis transaksi kapanpun Anda perlukan.

Anda bisa dengan mudah membuat berbagai dokumen, seperti pesanan penjualan dan pembelian, penawaran, resi, nota debit dan kredit, dll.

6. Manajemen Depresiasi Aset

Dengan kehadiran software akuntansi, Anda bisa menghitung nilai penyusutan aset secara otomatis dan juga akurat. Seluruh nilai depresiasi aset bisa dihitung dengan beragam metode sesuai dengan kebijakan perusahaan. Selain itu, perhitungan di dalamnya juga sudah sesuai dengan pajak dan standar akuntansi.

Baca juga: Uang Pesangon: Pengertian dan Cara Menghitung Uang Pesangon

Kesimpulan

Software akuntansi adalah suatu software yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola berbagai proses yang berhubungan dengan keuangan, menyelesaikan berbagai tugas finansial secara cepat dan tepat.

Sistem ini tidak akan menggantikan peran penting dari manajer akuntansi dalam mengelola keuangan perusahaan, namun justru akan mempermudah mereka, sehingga mereka akan bekerja secara lebih produktif.

Tanpa adanya bantuan software akuntansi, Anda akan menghabiskan waktu yang terlalu banyak dalam membuat laporan keuangan, membuat berbagai jenis dokumen atau melakukan rekonsiliasi akun dan juga laporan bank.

Software ini akan mampu membantu mereka dalam memperoleh visibilitas yang lengkap terkait laporan keuangan bisnis, sehingga mampu mengambil keputusan yang lebih bijak. Sehingga, dengan adanya software akuntansi, Anda bisa lebih merdeka dari mengelola keuangan tanpa ribet.

Salah satu software akuntansi yang harus Anda pertimbangkan adalah Accurate Online. Dengan Accurate Online, Anda bisa melakukan proses pembukuan secara otomatis dan cepat, mengurus stok dengan mudah, mengelola usaha dengan baik, mengembangkan usaha secara digital, dll.

Selain itu, Anda juga tidak perlu lagi bolak-balik mengejar pelanggan untuk menagih piutang, tidak perlu khawatir bisnis merugi, atau salah hitung dalam menginput data. Seluruh hal tersebut bisa dilakukan secara otomatis dengan Accurate Online.

Terlebih lagi, saat ini Accurate Online turut memeriahkan kemerdekaan Hut RI ke-76 dengan memberikan promo kemerdekaan. Salah satunya adalah dengan memberikan diskon sebesar 45% kepada seluruh pebisnis di Indonesia, termasuk Anda. Dengan adanya promo ini, maka Anda hanya harus mengeluarkan biaya investasi yang lebih rendah daripada harga normal.

Tertarik dengan promo ini? Anda bisa langsung mencari tahunya sendiri dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.