Pengertian International Monetary Market dan 10 Faktor yang Memengaruhinya

oleh | Nov 23, 2023

source envato.

Pengertian International Monetary Market dan 10 Faktor yang Memengaruhinya

Dalam era globalisasi yang semakin berkembang pesat, pasar keuangan internasional telah menjadi suatu entitas yang tak terhindarkan dalam dinamika ekonomi dunia. Dikenal juga dengan sebutan “international monetary market,” pasar keuangan internasional merupakan pusat kegiatan finansial global yang memainkan peran utama dalam menentukan nilai tukar mata uang, suku bunga, dan alokasi modal di seluruh dunia.

Pasar keuangan internasional memiliki dampak signifikan pada stabilitas ekonomi suatu negara dan bahkan dapat mempengaruhi nasib perekonomian global secara keseluruhan.

Dalam konteks ini, pemahaman yang mendalam mengenai konsep, operasi, serta dinamika international monetary market menjadi suatu keharusan bagi pemerintah, institusi keuangan, dan pelaku bisnis di berbagai belahan dunia.

Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang pengertian international monetary market, peran yang yang dimainkannya dalam perekonomian global, serta faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi di pasar ini.

Selain itu, kita juga akan membahas mengenai dampaknya terhadap kebijakan ekonomi suatu negara dan strategi yang dapat diambil untuk mengelola risiko dalam pasar keuangan internasional yang begitu dinamis.

Pengertian International Monetary Market

Pengertian International Monetary Market

ilustrasi international monetary market. source envato

Berdasarkan laman Investopedia, pasar keuangan internasional (international monetary market) adalah sebuah pasar finansial yang berfokus pada instrumen-instrumen keuangan internasional seperti mata uang asing, obligasi internasional, saham perusahaan multinasional, dan instrumen keuangan lainnya yang diperdagangkan secara global.

Pasar ini merupakan tempat di mana pelaku ekonomi, termasuk bank, perusahaan, pemerintah, dan investor individu, dapat berpartisipasi dalam transaksi finansial yang melibatkan aset-aset keuangan dari berbagai negara.

Pasar Keuangan Internasional memungkinkan para pelaku pasar untuk membeli, menjual, dan berinvestasi dalam aset-aset yang berasal dari berbagai mata uang dan pasar keuangan nasional.

Hal ini akan menciptakan peluang untuk diversifikasi portofolio, perlindungan risiko, dan akses ke berbagai instrumen keuangan yang mungkin tidak tersedia di pasar domestik.

Salah satu contoh international monetary market yang terkenal adalah pasar valuta asing (forex), di mana mata uang asing diperdagangkan. Selain itu, pasar ini juga mencakup pasar obligasi internasional, pasar saham global, serta berbagai instrumen derivatif dan derivatif mata uang asing.

Pasar Keuangan Internasional berperan penting dalam menentukan nilai tukar mata uang, suku bunga, dan arus modal antar negara, yang secara keseluruhan memengaruhi dinamika ekonomi global.

Baca juga: Pengertian Future Market dan 8 Transformasinya

Peran Penting International Monetary Market

Peran Penting International Monetary Market

ilustrasi international monetary market. source envato

Pasar Keuangan Internasional memiliki peran yang sangat penting dalam ekonomi global. Beberapa peran penting dari pasar ini adalah:

1. Menentukan Nilai Tukar Mata Uang

Pasar Keuangan Internasional adalah tempat di mana mata uang asing diperdagangkan. Pergerakan nilai tukar mata uang di pasar ini memengaruhi daya saing ekspor dan impor suatu negara, serta dapat berdampak pada inflasi dan stabilitas ekonomi secara keseluruhan.

2. Alokasi Modal

Pasar ini memungkinkan perusahaan dan pemerintah untuk mengumpulkan dana dari investor di seluruh dunia. Ini memfasilitasi investasi dalam proyek-proyek besar, pengembangan infrastruktur, dan pertumbuhan ekonomi.

3. Diversifikasi Portofolio

Pelaku pasar dapat menginvestasikan dana mereka di berbagai instrumen keuangan internasional untuk mengurangi risiko. Diversifikasi portofolio memungkinkan mereka untuk meredakan dampak volatilitas pasar.

4. Mengelola Risiko Valuta Asing

Perusahaan multinasional menggunakan pasar ini untuk melindungi diri dari fluktuasi nilai tukar mata uang yang dapat mempengaruhi keuntungan mereka. Ini disebut sebagai lindung nilai (hedging) valuta asing.

5. Penentu Suku Bunga

Pasar Keuangan Internasional memengaruhi suku bunga global melalui harga obligasi internasional. Perubahan suku bunga dapat mempengaruhi kebijakan moneter nasional.

6. Menentukan Harga Komoditas

Harga komoditas, seperti minyak dan logam, sering kali ditentukan oleh perubahan dalam nilai tukar mata uang dan permintaan internasional. Pasar ini memainkan peran penting dalam menentukan harga komoditas.

7. Pembiayaan Proyek Internasional

Pasar ini menyediakan sumber pembiayaan bagi proyek-proyek internasional, termasuk infrastruktur, energi, dan pengembangan ekonomi lainnya.

8. Pengaruh terhadap Kebijakan Ekonomi Nasional

Kondisi di international monetary market dapat memaksa pemerintah untuk mengubah kebijakan ekonomi mereka, termasuk kebijakan fiskal dan moneter, untuk menjaga stabilitas ekonomi dalam menghadapi tekanan eksternal.

Dengan berbagai peran pentingnya, Pasar Keuangan Internasional menjadi elemen utama dalam keterkaitan ekonomi global dan memengaruhi banyak aspek kehidupan ekonomi dan keuangan di seluruh dunia.

Baca juga: Pasar Valas dan 10 Faktor yang Memengaruhinya

Faktor yang Memengaruhi International Monetary Market

Faktor yang Memengaruhi International Monetary Market

ilustrasi international monetary market. source envato

Pasar Keuangan Internasional sangat dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang memengaruhi pergerakan harga dan arus modal di pasar tersebut. Beberapa faktor utama yang memengaruhi international monetary market meliputi:

1. Kondisi Ekonomi Makro

Faktor-faktor ekonomi makro seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, suku bunga, dan tingkat pengangguran dalam suatu negara dapat memengaruhi minat investor untuk berinvestasi di international monetary market.

2. Kebijakan Moneter

Keputusan bank sentral terkait dengan suku bunga dan kebijakan moneter lainnya dapat berdampak langsung pada nilai tukar mata uang dan suku bunga internasional. Perubahan dalam kebijakan moneter dapat memicu pergerakan besar dalam pasar.

3. Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal, termasuk perubahan dalam pajak, pengeluaran pemerintah, dan defisit anggaran, dapat mempengaruhi iklim investasi dan stabilitas ekonomi suatu negara.

4. Geopolitik

Konflik politik, ketegangan perdagangan internasional, dan perubahan rezim politik di negara-negara penting dapat memengaruhi stabilitas dan kepercayaan investor dalam pasar internasional.

5. Sentimen Pasar

Persepsi dan sentimen pasar memiliki dampak besar terhadap pergerakan harga. Berita, rumor, dan peristiwa global yang tidak terduga dapat memicu fluktuasi pasar yang signifikan.

6. Faktor Teknikal

Analisis teknikal pasar, seperti pola grafik dan indikator teknis, dapat memengaruhi keputusan perdagangan investor dan memicu gerakan besar dalam pasar.

7. Intervensi Pemerintah

Beberapa pemerintah melakukan intervensi dalam pasar valuta asing untuk memengaruhi nilai tukar mata uang mereka. Hal ini dapat menciptakan volatilitas dan memengaruhi arus modal.

8. Kondisi Ekonomi Global

Faktor-faktor ekonomi global, seperti harga minyak, harga komoditas, krisis ekonomi di beberapa negara, dan kebijakan perdagangan internasional, dapat berdampak pada international monetary market.

9. Risiko Peringkat Kredit

Penurunan peringkat kredit suatu negara atau perusahaan dapat mempengaruhi minat investor dan biaya peminjaman.

10. Kejadian Tidak Terduga

Bencana alam, serangan teroris, pandemi, atau peristiwa tak terduga lainnya dapat mengganggu pinternational monetary market.

Pasar Keuangan Internasional sangat kompleks, dan pergerakan harganya dipengaruhi oleh kombinasi berbagai faktor di atas. Karena itu, para investor dan pelaku pasar harus memantau dengan cermat perubahan dalam faktor-faktor ini untuk mengambil keputusan investasi yang bijak.

Baca juga: Keputusan Investasi: Pengertian, Dasar Pengambilan, dan Tahapan Melakukannya

Penutup

Dalam konteks international monetary market, pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi dinamika pasar menjadi kunci kesuksesan bagi para pelaku ekonomi, investor, dan pemerintah di seluruh dunia. Pergerakan harga mata uang asing, obligasi internasional, saham perusahaan multinasional, dan instrumen keuangan lainnya sangat dipengaruhi oleh dinamika ekonomi makro, kebijakan pemerintah, sentimen pasar, dan peristiwa global yang tak terduga.

Pasar Keuangan Internasional adalah sebuah arena yang penuh tantangan dan peluang. Sehingga, dalam menghadapinya, penting untuk memiliki pengetahuan yang kuat, rencana strategis yang matang, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan cepat dalam lingkungan global.

Dengan demikian, para pelaku pasar diharapkan dapat mengambil keputusan yang tepat, mengelola risiko dengan bijak, dan berpartisipasi dalam international monetary market dengan pemahaman yang mendalam untuk mencapai tujuan keuangan dan investasi mereka.

Namun, bila Anda belum siap untuk terjun ke pasar keuangan, Anda bisa berinvestasi pada kesuksesan bisnis Anda dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengelola bisnis dan keuangan secara mudah, seperti mencatat transaksi keuangan, membuat laporan keuangan, mengelola utang dan piutang, mengelola persediaan, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus pada pengembangan bisnis dan mencapai kesuksesan bisnis secara menyeluruh.

Jadi tunggu apa lagi? Klik tombol tautan di bawah ini untuk langsung mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

14 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Ibnu

Artikel Terkait