Tips Menjawab Berbagai Pertanyaan Interview Kerja dari Tim HRD Perusahaan

Mendapatkan panggilan interview kerja adalah suatu hal yang amat sangat menyenangkan, terlebih lagi bila sudah menunggunya sejak jauh-jauh hari. Dalam prosesnya, Anda harus menjawab berbagai pertanyaan interview kerja yang diberikan oleh tim HRD perusahaan.

Proses ini harus diperhatikan dengan baik dan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan diri Anda agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Persiapan yang harus Anda lakukan bisa mereset berbagai pertanyaan interview kerja apa saja yang umumnya ditanyakan oleh tim HRD dan berlatih untuk menjawabnya agar nanti Anda tidak merasa gugup.

Biasanya, Anda akan diberikan berbagai pertanyaan yang hampir sama saat interview kerja, seperti misalnya informasi diri Anda secara lengkap, dan berbagai pengalaman kerja yang sebelumnya pernah Anda lakukan.

Jika Anda saat ini sedang bersiap untuk menjawab pertanyaan interview kerja dari tim HRD, maka artikel ini akan sangat membantu Anda. Untuk itu, baca tips menjawab interview kerja ini hingga selesai.

7 Tips Mudah Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

1. Menceritakan Diri Sendiri

Biasanya, pertanyaan ini akan menjadi pertanyaan interview kerja pembuka dari tim HRD sebelum melanjutkan beberapa pertanyaan lainnya. Tim HRD akan meminta pada Anda untuk menceritakan diri Anda secara lengkap.

Walaupun memang tim HRD sudah memegang CV atau Curriculum Vitae Anda, namun sebaiknya Anda tetap menginformasikan kembali tentang diri Anda pada HRD.

Nantinya, HRD akan memberikan penilaian dari bagaimana cara Anda dalam menyampaikan diri, karakter Anda, hingga pola pikir Anda. Untuk itu, mulailah dengan salam dan jelaskanlah diri Anda secara lengkap dan juga tegas. Selain itu, ceritakan juga pengalaman terbaik yang sudah pernah Anda lakukan hingga saat ini.

Jika sebelumnya Anda sudah pernah bekerja pada suatu perusahaan ataupun mengikuti organisasi tertentu, maka ceritakanlah deskripsi pekerjaan, tanggung jawab, dan prestasi apa saja yang sudah Anda capai agar bisa menjadi nilai tambah. Semakin jelas dan sesuai dengan pekerjaan ataupun perusahaan yang Anda lamar saat ini, maka akan semakin bagus.

Baca juga: Tips Wawancara Kerja Terampuh dan Trik Lulus Psikologinya dengan Mudah

2. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Salah satu persiapan penting lainnya yang harus Anda lakukan sebelum menghadiri wawancara kerja adalah melakukan riset. Riset ini berguna agar Anda mengantongi banyak informasi ketika HRD mengajukan pertanyaan interview kerja, seperti pertanyaan tentang perusahaan yang saat ini Anda lamar.

Untuk itu, carilah informasi terkait jenis industri perusahaan, produk ataupun jasa yang dijual, detail produk dan jasa yang dijual perusahaan, sejarah singkat perusahaan, dan informasi lainnya.

Jawablah berbagai pertanyaan yang diajukan oleh HRD secara natural tanpa adanya jeda waktu dan merasa kebingungan. Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui pengetahuan Anda tentang perusahaan yang saat ini Anda lamar, jadi kami menyarankan untuk tidak menghafal jawaban tersebut.

3. Apa Kelebihan yang Anda Punya?

Mungkin beberapa orang akan kebingungan saat HRD menanyakan kelebihan diri sendiri. Dalam hal ini, kami menyarankan untuk menjawab pertanyaan interview kerja tersebut dengan rendah hati. Jangan sampai HRD merasa ragu ataupun ilfeel karena Anda terlalu membanggakan diri Anda sendiri, terlebih lagi bila itu tidak berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar saat ini.

Dalam hal ini, Anda bisa membuat terlebih dahulu daftar tentang sifat maupun kebiasaan yang bisa menjadi kelebihan Anda di dalam secarik kertas.

Tuliskan secara lengkap seluruhnya, seperti mampu memimpin tim dengan baik, mampu mengerjakan berbagai tugas secara tepat waktu sebelum deadline tanpa lembur, mampu mengorganisir dan juga menentukan prioritas kerja, kreatif dalam membuat berbagai ide, bisa dengan mudah menjalin komunikasi dengan orang lain, dan berbagai kelebihan lainnya.

Jika sudah, Anda bisa mulai memilah daftar kelebihan apa saja yang menurut Anda berhubungan dengan pekerjaan yang saat ini Anda lamar.

4. Apa Kekurangan yang Anda Miliki?

Sama halnya seperti menjawab pertanyaan interview kerja tentang kelebihan diri sendiri, menjawab pertanyaan interview kerja tentang kekurangan diri sendiri pun banyak orang yang merasa kebingungan dan kesulitan.

Anda bisa saja memperoleh penilaian yang kurang baik bila Anda salah menjawabnya, karena HRD akan menilai Anda sebagai kandidat yang tidak kompeten.

Buatlah berbagai list kekurangan Anda yang terkadang mampu menghambat produktivitas dan pekerjaan Anda. Setelahnya, berikanlah solusi bila Anda mengalami kondisi tersebut agar nantinya bisa menjadi nilai lebih di mata HRD.

5. Kenapa Melamar ke Perusahaan Ini?

Pertanyaan ini juga menjadi pertanyaan interview kerja yang banyak ditanyakan oleh HRD. Kenapa? karena mereka ingin mengetahui motivasi dari Anda ketika melamar kerja dari perusahaan yang satu ke perusahaan yang lainnya.

Kami menyarankan untuk tidak menjawab tentang nominal gaji, kekurangan kantor yang ada sebelumnya, dan berbagai hal lainnya yang akan membuat HRD menilai Anda sebagai karyawan yang tidak loyal.

Jawablah secara profesional, seperti jenis bisnis perusahaan yang sebelumnya tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan juga pengalaman kerja Anda sebelumnya, serta berbagai jawaban lain yang sangat mendukung.

Contohnya Anda bisa menjawab seperti ini “Menurut pandangan saya, perusahaan Anda mempunyai reputasi yang sangat baik dan posisi ini juga menjadi karir impian saya. Sehingga, saya tertarik untuk bekerja di perusahaan Anda”.

6. Apa yang Menjadi Goals Anda Selama 5 Tahun ke Depan?

Untuk menjawab pertanyaan interview kerja yang satu ini, Anda harus bisa menjawabnya secara realistis dan jujur tentang rencana karir Anda di lima tahun ke depan.

Rencana untuk menikah dan juga mempunyai anak juga ada baiknya Anda ceritakan secara jelas dan langsung, karena terdapat beberapa perusahaan yang menjadikan hal ini sebagai bahan pertimbangan dalam menerima karyawan.

Kenapa bisa menjadi bahan pertimbangan? Karena beberapa posisi di dalam perusahaan ada yang mewajibkan karyawannya untuk tidak menikah dalam beberapa tahun ke depan ketika masih dalam proses pendidikan, seperti program Management Trainee atau MT.

Contohnya, Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut seperti ini “setelah lima tahun kedepan, saya ingin menjadi lebih profesional dalam bidang business development dan mampu memimpin tim saya yang ada di dalam divisi ini.

7. Berapa Ekspektasi Gaji Anda?

Untuk fresh graduate atau lulusan baru, bisa jadi pertanyaan interview kerja ini membingungkan Anda karena Anda memang sebelumnya tidak memiliki gaji.

Nah agar tidak salah dalam menyebutkan gaji yang terlalu tinggi atau rendah, maka Anda harus melakukan riset terlebih dahulu di berbagai website terkait gaji pada posisi yang Anda lamar saat ini, industri perusahaan, dan juga pengalaman kerja Anda.

JIka Anda memang mempunyai keterampilan lain yang bisa menjadi nilai tambah, maka sampaikanlah ke tim HRD tanpa ragu agar bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memperoleh nominal gaji yang lebih tinggi.

Selain skill, prestasi dan pengalaman yang sebelumnya pernah Anda capai juga bisa menjadi nilai tambah untuk memperoleh gaji yang lebih tinggi.

Contohnya, Anda bisa menjawab seperti ini “sebelumnya saya sudah melakukan riset di berbagai website, dan karena saya sudah mempunyai pengalaman selama dua tahun di perusahaan sebelumnya serta selalu mampu mencapai target penjualan, maka saya menentukan gaji di angka 7 juta rupiah”.

Baca Juga: Kontrak Kerja Karyawan: Pengertian dan Berbagai Jenisnya dalam Suatu Perusahaan

Kesimpulan

Demikianlah tujuh pertanyaan interview kerja yang banyak ditanyakan oleh tim HRD ketika berada dalam sesi interview kerja. Pertanyaan di atas bisa saja berkembang lagi sesuai dengan perusahaan yang saat ini sedang Anda lamar.

Jika Anda sudah berhasil melewati tahap interview dari tim HRD, selanjutnya Anda akan diberikan tes yang sesuai dengan posisi yang sedang Anda lamar, seperti programmer, akuntan ataupun digital marketer.

Jika sudah, maka nantinya tim HRD akan memberikan kontrak kerja karyawan kepada Anda untuk disepakati dan ditandatangani.

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu menyelenggarakan tahap perekrutan kerja secara baik dan sesuai dengan peraturan yang ada. Kenapa? karena hal tersebut nantinya akan menggambarkan manajemen perusahaan secara umum.

Namun, perusahaan tidak hanya boleh fokus pada manajemen perekrutan kerja saja. karena ada manajemen lain yang juga harus diperhatikan, yakni manajemen finansial perusahaan.

Nah, untuk memudahkan Anda, para pebisnis, dalam melakukan manajemen finansial maupun kegiatan akuntansi perusahaan, maka mulai saat ini gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? karena Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, tepat dan akurat, serta bisa diakses dari mana saja dan kapan saja di berbagai perangkat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis Anda.

Selain itu, Accurate Online juga akan membantu Anda dalam mengelola bisnis lewat berbagai fitur dan modul yang menarik di dalamnya, seperti fitur penjualan, persediaan, pembelian, perpajakan, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Tertarik? Silahkan klik banner di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!accurate1