After Sales Service: Pengertian dan Pengaruhnya Dalam Suatu Hubungan Bisnis

Adanya persaingan bisnis yang ketat mampu memicu banyak pebisnis dalam melakukan berbagai macam cara untuk menghadapi persaingan tersebut, salah satu caranya adalah dengan menonjolkan after sales service.

Lantas, kenapa after sales service lebih sering dijadikan pilihan daripada cara yang lain? Padahal secara makna yang terkandung di dalamnya, cara ini tidak langsung menjaga hubungan yang baik dengan penjual dan pembeli. Tapi secara fungsi, cara ini memiliki peranan yang baik dalam membentuk keberlangsungan hubungan bisnis.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas terkait peran penting after sales service dalam perusahaan, dan tips dalam menggunakannya.

Pengertian After Sales Service 

Pada dasarnya, after sales service lebih mengacu pada berbagai upaya untuk memastikan pihak pembeli sudah merasa puas dengan layanan atau produk yang dijual oleh perusahaan. Cara ini dilakukan agar pihak pembeli merasa puas dan secara tidak langsung akan rela memberikan rekomendasi produk atau layanan perusahaan pada kerabatnya.

Walaupun memang tidak akan memengaruhi tingkat penjualan secara signifikan, tapi para penjual sudah seharusnya mampu memberikan rasa puas pada pembeli. Kenapa? Karena perasaan puas ini akan mampu menciptakan hubungan baik antara pihak penjual dan pihak pembeli.

Dilansir dari Management Study Guide, hubungan yang baik antara pihak penjual dan pihak pembeli tidak akan langsung membentuk terjadinya pembelian ulang atau hal serupa lainnya. Namun, kondisi tersebut akan membuat pembeli merekomendasikan produk atau jasa perusahaan pada kerabatnya secara sukarela.

Secara teknis, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan pada proses tersebut. Diantaranya adalah dengan meminta pendapat pada para pembeli terkait produk atau layanan yang sudah mereka dapatkan, hingga membantu para pelanggan jika mereka mengalami kesulitan dalam penggunaan barang.

Baca juga: Pengertian Komunikasi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Strateginya

Pengertian After Sales Service Menurut Para Ahli

  • Tjiptono

Tjiptono menjelaskan bahwa after sales service adalah suatu layanan yang disediakan oleh pihak produsen kepada para konsumen pasca konsumen membeli atau menggunakan produk dari tersebut.

  • Kotler dan Armstrong

Kotler dan Armstrong berpendapat bahwa after sales service adalah suatu layanan yang disediakan oleh pihak produsen untuk pihak konsumen pasca konsumen membeli produk dari perusahaan.

  • Hindle dan Thomas

Hindle dan Thomas menjelaskan bahwa after sales service adalah suatu layanan yang disediakan oleh pihak produsen setelah pihak konsumen membeli produk ataupun menggunakan jasa dari pihak produsen.

Jadi, berdasarkan para ahli diatas, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa after sales service adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pihak produsen setelah produk diserahkan kepada pihak konsumen atas pembeliannya selama konsumen memiliki ikatan ataupun layanan atau juga hubungan dalam suatu aktivitas.

Contoh Kegiatan After Sales Service 

Dilansir dari laman Keap, terdapat beberapa jenis kegiatan after sales service yang banyak dilakukan oleh pihak penjual, beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Pengemasan Barang

Pengiriman adalah hal yang paling banyak dilakukan dalam suatu kegiatan penjualan. Dalam hal ini, produsen harus mampu memberikan kesan yang baik pada proses pengirimannya. Salah satu caranya adalah mengubah kebiasaan dalam mengemas suatu barang.

Suatu kemasan yang memiliki kualitas baik dan menarik memiliki suatu nilai yang besar jumlahnya. Para pengguna akan lebih terkesan dengan kemasan yang menarik dan akan membuat mereka lebih senang daripada suatu produk yang dikemas hanya dengan bungkus karton saja.

  • Kupon dan Voucher

Adanya pembelian barang ataupun layanan yang baru tidak akan membuat pembeli langsung puas atau senang. Perasaan tersebut akan muncul secara normal karena nalurinya saja. Nah, untuk bisa mengatasi hal tersebut, perusahaan bisa memberikan kupon ataupun voucher.

Strategi ini banyak digunakan pada pemesanan tiket pesawat online. Dalam setiap tahunnya, mereka biasanya memberikan suatu kupon ataupun voucher tertentu sebagai bentuk permintaan maaf atas adanya keterbatasan dalam kuantitas produk yang dijualnya.

Pengaruh Strategi After Sales Service

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, persaingan dalam dunia bisnis sangatlah ketat, terlebih lagi konsumen saat ini akan lebih melakukan riset yang dalam sebelum melakukan pembelian. Harapannya adalah para penjual mampu memenuhi keperluan mereka dan juga memberikan respon masalah secara lebih efektif.

Sehubungan dengan hal tersebut, bentuk pemenuhan kebutuhan dan juga korespondensi tidak hanya menjadi suatu hal penting yang ditawarkan di dalam after sales service. Terdapat beberapa pengaruh penting untuk perkembangan perusahaan dalam menerapkan after sales service yaitu:

  • After Sales Service Menciptakan Loyalitas

Pengaruh pertama yang akan dirasakan oleh perusahaan dalam menerapkan after sales service adalah loyalitas konsumen. Kenapa demikian? Karena persaingan bisnis di zaman digital seperti saat ini sangatlah keras dan juga sangat sulit untuk membuat konsumen menjadi lebih loyal pada suatu produk ataupun layanan.

  • After Sales Service Meningkatkan Penjualan

After sales service juga mempunyai peranan yang penting pada peningkatan jumlah penjualan. Hal tersebut bisa dilihat dari bagaimana tersebut mampu memengaruhi pembeli untuk rela memberikan rekomendasi produk atau layanan perusahaan pada kerabat ataupun orang terdekatnya.

  • After Sales Service Mendukung Perbaikan Produk

Dalam hal ini, perbaikan memiliki banyak sekali makna, baik itu dalam sisi kualitas produk, strategi penjualan, dll. dengan cara melakukan after sales service, maka penjual bisa meminta pembeli untuk bisa melakukan ulasan pembelian yang tentunya bisa menonjolkan kelebihan ataupun kekurangan pada suatu produk.

Pada akhirnya, hal tersebut bisa dijadikan dasar evaluasi untuk meningkatkan kualitas produk dan juga layanan kedepannya.

Diferensiasi Karena After Sales Service

Diferensiasi merupakan cara ampuh untuk bisa memenangkan suatu persaingan bisnis dan demi menjadi brand yang sangat kompetitif di pasar.

Saat pasar sudah diisi oleh produk yang sama, maka tidak ada cara yang lebih baik kecuali memperbaiki kekurangan yang dihasilkan oleh kompetitor. Dengan begitu, maka secara tidak langsung akan menjadikan penjual sebagai top of mind dan mengarahkan penjual untuk melakukan pembelian ulang.

Tips After Sales Service

After sales service tidaka akan bisa dilakukan secara maksimal jika tidak dilakukan dengan menerapkan suatu strategi ataupun teknik tertentu. Dilansir dari laman Adeo Marketing, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan after sales service yang lebih baik daripada kompetitor Anda, yaitu:

  • Berterima Kasih atas Pembelian

Melakukan terima kasih bisa menjadi awal bagi penjual setelah mereka sudah menyelesaikan transaksinya. Ucapan tersebut bisa dilakukan lewat berbagai macam media. Mulai dari email, kartu ucapan, atau lewat telepon.

  • Hubungi Pelanggan

Dalam kurun waktu satu ataupun dua minggu setelah pembelian selesai dilakukan, maka penjual setidaknya harus menghubungi pembeli untuk menanyakan layanan atau produk yang sudah didapatkannya.

Pertanyaan tersebut bisa berupa rasa kepuasaan, penerimaan layanan yang baik, atau menjawab pertanyaan dari penjual jika ada. Hal ini sebagai bentuk perhatian kepada pihak pelanggan atau pembeli saja, bukan demi penjualan yang lebih banyak.

  • Menjaga Komunikasi

Komunikasi harus tetap dilakukan secara berkala untuk menjaga hubungan yang harmonis. Umumnya, penjual dalam hal ini akan meminta saran terkait produk atau layanan, hingga peran customer support yang disediakan oleh perusahaan.

  • Memberikan Garansi

Garansi adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam menjalankan layanan after sales service. Garansi bisa dilakukan untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang mereka terima bebas dari perusahaan, dalam keadaan baik, atau bebas dari ketidak telitian ataupun penggunaan material yang kurang baik.

  • Menyediakan Spare Part

Menyediakan suku cadang dalam upaya menjalankan layanan after sales service adalah hal yang penting, karena tanpa adanya suku cadang pada kerusakan produk, maka produk tersebut akan menjadi tidak bisa digunakan lagi oleh pembeli. Selain itu, hal ini juga sangat penting untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.

  • Memberikan Pelayanan Pemeliharaan dan Perbaikan

Poin akan penting bila suatu produk memiliki waktu konsumsi yang lama dan juga memerlukan perawatan yang teratur. Hal ini diperlukan agar produk bisa selalu berfungsi dengan baik dan juga melakukan perbaikan atas berbagai kerusakan yang terjadi pada produk selama penggunaannya.

  • Menyediakan Fasilitas dan Perlengkapan

Salah satu sarana yang penting dalam kegiatan ini adalah fasilitas dan juga perlengkapan produk. Dengan adanya poin ini, maka akan mampu menentukan kelancaran pelayanan para petugas dalam hal menjalankan pemeliharaan dan juga perbaikan produk.

Baca juga: Perilaku Pembelian Konsumen: Pengertian, Faktor, dan Jenis Pembeli

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang pengertian dan  peran penting after sales service dalam suatu perusahaan. Jadi, after sales service adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pihak produsen setelah produk diserahkan kepada pihak konsumen atas pembeliannya selama konsumen memiliki ikatan ataupun layanan atau juga hubungan dalam suatu aktivitas.

Berbagai strategi, tips dan contoh dari after sales service  diatas adalah demi menciptakan loyalitas pelanggan, sehingga mereka dengan rela mau merekomendasikan produk atau jasa perusahaan ke kerabatnya, atau melakukan pembelian ulang.

Pada akhirnya, perusahaan akan mendapatkan laba yang tinggi dan perusahaan bisa mencapai tujuannya dengan lancar. Namun, diperlukan laporan laba rugi yang tepat dan akurat untuk memastikan bahwa perusahaan mendapatkan profit yang tinggi.

Nah, untuk membantu Anda dalam membuat laporan keuangan tersebut, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terbaik seperti otomasi pembukuan, manajemen aset, pembuatan laporan keuangan, penghitungan dan pelaporan pajak, multi gudang, proses rekonsiliasi otomatis dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi bisnis Anda secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1