Apa itu Endorse? Ini pengertian, dan Kelebihan dari Endorse

Di zaman yang penuh dengan digitalisasi seperti saat ini, kegiatan endorse bukanlah hal yang sulit untuk kita temui. Kegiatan ini sering dilakukan oleh hampir seluruh akun artis atau selebgram di sosial media. Mereka melakukan promosi dari berbagai macam produk barang dan jasa. Namun, apa itu endorse?

Kegiatan endorse ini bisa dilakukan secara terang-terangan yang dibalut dengan caption berisikan kalimat bersifat persuasif. Tapi, ada banyak juga perusahaan atau brand yang meminta artis untuk melakukan kegiatan endorse secara natural atau yang sering disebut dengan soft selling. Mereka menggunakan kekuatan dari artis atau selebgram tersebut untuk melakukan kegiatan promosi.

Sebenarnya, Apa itu Endorse?

Lantas, apa itu endorse, dan bagaimana penerapannya? Jadi, pada dasarnya endorse itu sendiri diserap dari bahasa Inggris yang artinya dukungan, pengesahan atau persetujuan atas segala sesuatu. Dalam praktik pelaksanaannya.

Kegiatan endorse ini menjadi bagian dari aktivitas promosi iklan yang memanfaatkan pihak lain untuk mendukung dan juga memasarkan suatu produk barang atau jasa, yang di dalamnya juga termasuk menjadi bagian dari digital marketing.

Kegiatan ini semakin ramai dilakukan seiring dengan perkembangan tekonologi sosial media di zaman digital seperti saat ini. Bahkan, saat ini sudah banyak penjual yang memilih kegiatan endorsement sebagai bentuk kegiatan promosi agar produk barang atau jasanya menjadi laris di pasar.

Terlebih lagi, kegiatan ini juga tidak memerlukan banyak waktu, biaya dan peraturan lainnya, tapi hasilnya akan sangat mempengaruhi kegiatan penjualan.

Kegiatan endorsement ini juga tidaklah rumit. Baik pihak penjual dan pihak yang melakukan endorse juga bisa melakukan kegiatan transaksi dengan pesan singkat atau bahkan fitur direct message yang ada pada media sosial itu sendiri. Setelah menyetujui aturan yang dibuat oleh pihak artis, maka penjual hanya harus mengirimkan foto ataupun video serta caption yang ingin ditampilkan di dalam postingan si artis.

Tingkat keefektifitasan dari kegiatan endorsement ini juga dinilai lebih baik apabila dibandingkan dengan berbagai promosi lainnya, khususnya apabila dibandingkan dengan kegiatan tradisional biasa seperti pemasangan flyer atau membagikan selebaran.

Jadi, dilihat berdasarkan praktiknya ini, ada beberapa jenis endorsement yang biasa dilakukan oleh para artis dan juga selebgram, yaitu mereka yang tidak terikat pada suatu brand atau produk tertentu dan mereka menjadi brand ambassador. Keduanya sudah tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri.

Cara kerja kegiatan endorsement ini pun pada umumnya hampir mirip dengan pembagian selebaran iklan atau lewat flyer. Perbedaannya adalah platform yang digunakan di endorse ini adalah media sosial.

Hal ini dilakukan karena pengguna sosial media di Indonesia ini tergolong tinggi, untuk itu, endorsement memiliki keefektivitasannya sendiri karena semakin banyak orang yang melihat maka akan semakin baik.

Baca juga: Customer Experience Adalah: Pengertian, Faktor, dan Cara Membangun Customer Experience 

Tujuan Endorsement

Masing-masing produsen atau pebisnis tentunya memiliki tujuannya tersendiri kenapa harus melakukan endorsement untuk kegiatan promosinya. Tapi pada intinya, tujuan utama yang mereka lakukan pada akhirnya adalah demi meningkatkan penjualan pada produknya.

Manfaat lain dari melakukan kegiatan iklan melalui endorse adalah pengenalan produk, branding, sampai mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen karena menggunakan nama artis tersebut.

Mereka yang melakukan promosi lewat endorsement ini bukan hanya dari kalangan perusahaan besar saja, karena para pemilik usaha kecil juga bisa melakukan endorsement dengan mudah untuk meningkatkan penjualannya.

Siapa yang Bisa di Endorse?

Sejatinya, seluruh pebisnis bebas untuk menentukan siapa saja yang akan mereka manfaatkan untuk kegiatan endorse. Tapi, tentunya mereka akan memiliki banyak pertimbangan yang harus dipikirkan jika kegiatan endorsementnya ini ingin berjalan sukses. Untuk itu, jika Anda adalah salah satu pebisnis yang ingin melakukan endorsement, maka ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Jumlah Follower

Jumlah followers tentu saja akan memberikan dampak yang besar pada jumlah viewers di media sosial. Jadi, jika Anda melakukan endorse dengan artis ataupun selebgram yang jumlahnya satu juta, ada kemungkinan iklan Anda tersebut akan dilihat oleh satu juta orang.

  • Engagement Rate

Kenyataan dilapangan membuktikan bahwa tidak semua followers artis atau selebgram mau melihat produk atau jasa yang Anda iklankan. Karena, algoritma dari suatu post di sosial media tidak bisa ditentukan oleh banyaknya jumlah followers, tetapi lewat engagement rate.

Jadi, engagement rate adalah nilai persentase antara jumlah followers yang aktif berinteraksi dengan akun media sosial dengan dibandingkan total jumlah followers.

Semakin tinggi engagement rate maka akan semakin besar juga peluang iklan Anda untuk dilihat oleh banyak orang. Untuk itu, sebelum Anda mempromosikan produk Anda kepada artis atau selebgram, ada baiknya Anda menanyakan terlebih dahulu terkait engagement akunnya.

Selain itu, engagement rate juga bisa menyelamatkan Anda dari jumlah akun yang followers nya fake, palsu atau pasif. Karena banyak juga arti atau selebgram yang membeli followers untuk meningkatkan harga endorsement nya.

  • Sosok Representatif

Anda juga harus memperhatikan sosok yang akan Anda endorse. Mereka yang pantas untuk di endorse adalah mereka yang sesuai dengan pangsa produk Anda. Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa melihat dari intensitas postingan yang disajikan oleh pemilik akun tersebut.

Jadi, jika misalnya Anda memiliki produk make up dan ingin melakukan endorse, maka pilihlah akun artis atau selebgram yang memiliki keterkaitan pada produk make up.

Karena pemilik akun artis atau selebgram tersebut mempunyai keterkaitan pada make up, hampir bisa dipastikan followers mereka juga mempunyai keterkaitan pada hal yang sama. Sehingga, kegiatan endorse yang Anda lakukan akan menjadi tepat sasaran.

Hasil tersebut tidak akan bisa Anda dapatkan pada pemilik akun artis atau selebgram yang menyukai otomotif, karena kemungkinan besar followersnya tidak suka atau tidak tertarik dengan produk Anda.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan rata-rata usia dan jenis kelamin followers artis atau selebgram yang Anda akan manfaatkan. Karena, hal tersebut juga akan mempengaruhi keefektifitasan promosi yang akan Anda lakukan.

  • Harga

Bila Anda sudah mempertimbangkan hal tersebut, maka hal selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah harganya. Setiap artis atau selebgram tentu memiliki rate harga yang berbeda-beda. Bisanya, artis atau selebgram yang memiliki engagement rate tinggi akan mematok harga yang lebih tinggi pula. Dari hal tersebut, Anda harus menyesuaikan anggaran dan juga keinginan yang akan Anda capai

Kelebihan Promosi dengan Cara Endorse

Setelah kita membahas tentang pengertian endorse, maka kita harus mengetahui apa saja kelebihan dari metode pemasaran ini, berikut ini adalah kelebihan iklan dengan menggunakan cara endorse.

1. Kegiatan Promosi Sangat Efektif

Seperti yang sebelumnya sudah kita bahas, bahwa setiap akun artis atau orang terkenal biasanya mempunyai followers yang selalu memperhatikan kegiatan mereka. Selain itu, berbagai hal yang sifatnya pribadi pun sering kali mereka unggah ke media sosial untuk menjadi konsumsi masyarakat.

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Selain efektif, kegiatan pemasaran menggunakan endorsement juga biasanya lebih hemat. Artinya, dana yang dikeluarkan akan jauh lebih hemat dan akan berdampak besar daripada menggunakan media lain seperti tv, atau radio.

3. Meningkatkan Penjualan dan Jumlah Followers

Kebanyakan artis pasti memiliki banyak fans yang mengikuti gaya dan juga menggunakan produk apapun yang digunakan oleh artis tersebut. Saat ingin memposting  suatu produk kecantikan, hampir bisa dipastikan banyak followers dari artis tersebut yang ingin menggunakan produk seperti yang digunakan oleh artisnya, dan hal tersebut tentunya akan membuat produk Anda laris manis.

Baca juga: Inbound Marketing Adalah: Pengertian, Tahapan, Dan Bedanya Dengan Outbound Marketing

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, apa itu endorse? Endorse adalah bagian dari aktivitas promosi iklan yang memanfaatkan pihak lain untuk mendukung dan juga memasarkan suatu produk barang atau jasa, yang di dalamnya juga termasuk menjadi bagian dari digital marketing.

Anda tidak bisa menentukan artis atau selebgram yang ingin Anda endorse hanya dengan memperhatikan jumlah followersnya saja. Karena, mereka yang memiliki jumlah followers kecil terkadang mempunyai engagement rate yang lebih tinggi dan lebih cocok untuk mengiklankan produk dari pada mereka yang memiliki jumlah followers banyak.

Dengan begitu, keuntungan atau laba yang Anda dapatkan pun tentunya akan menjadi lebih banyak dan bisnis Anda pun bisa menjadi lebih sukses. Namun, Anda harus mampu mencatat laba rugi bisnis Anda secara maksimal sebelum agar bisnis Anda sukses. Nah, untuk memudahkan Anda dalam melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan program akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi akuntansi yang akan memudahkan setiap pengusaha dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari pembuatan laporan laba rugi, hingga laporan keuangan yang penuh dengan perhitungan akuntansi.

Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Jadi, Anda bisa mencatat seluruh transaksi laporan keuangan Anda dengan cepat. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

1 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!