Cara Jualan Online Agar Cepat Laku Khusus Untuk Perintis Bisnis

Kita tentu tahu bahwa sejak pandemi, banyak kegiatan orang yang terhambat. Tapi dengan adanya era digital seperti saat ini, sepertinya kita harus berterimakasih. Karena walaupun kegiatan menjadi terhambat, namun kegiatan jual beli online tetap berlangsung. Namun, Anda tetap harus mengetahui cara jualan online agar cepat laku, baik itu di marketplace ataupun di website online shop.

Lalu, bagaimana cara jualan online agar cepat laku? Tenang, kami sudah menyiapkan jawabannya pada Anda di bawah ini.

7 Cara Jualan Online Agar Cepat Laku untuk Perintis dan Pemula

1. Mencari tahu Kebutuhan Pasar

Sebelum mencari tahu cara berjualan online, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan pasar atau target pasar Anda. Contohnya, Anda menjual pakaian wanita yang mana targetnya adalah untuk para pembeli wanita berusia 25 hingga 34 tahun yang mana penghasilannya kurang lebih adalah 5 juta rupiah.

Lalu, berkembanglah tren pakaian baru di Internet. Sehingga, Anda harus mengeluarkan biaya untuk membuat produk yang sedang tren tersebut dan menjualnya dengan harga yang jauh lebih mahal dari harga rata-rata produk yang selama ini Anda jual.

Bila Anda menerapkan cara tersebut, maka kemungkinan tidak banyak orang yang bisa membeli produk berbahan premium tersebut, karena memang belum tentu cocok dan sesuai dengan target pasar Anda, belum tentu dibutuhkan pasar, atau harganya belum tentu cocok karena lebih mahal dari yang biasanya Anda juga.

Agar bisa menghindari hal tersebut, maka Anda harus bisa memperhatikan lagi konsistensi produk dari bisnis Anda dan lakukanlah riset agar Anda bisa mengetahui kebutuhan setiap pelanggan Anda.

2. Pastikan Produk Anda Memiliki Nilai Unik

Cara jualan online agar cepat laku yang selanjutnya adalah memastikan produk Anda mempunyai nilai yang unik. Bila Anda sudah mengetahui apa yang pelanggan Anda butuhkan, kemungkinan produk tersebut sudah ada pendahulu atau pesaingnya. Untuk itu, Anda harus memiliki nilai unik yang ingin Anda jual pada pelanggan, beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • JIka pelanggan membeli produk skincare seharga 500 ribu rupiah, maka Anda akan menggratiskan sheet mask.
  • Menjual sepatu secara online dengan gratis semirnya.
  • Menjual aksesoris smartphone gratis tempered glass.
  • Menyajikan kopi yang berasal dari para petani lokal yang Anda berdayakan, sehingga bisa sama-sama mendapatkan penghasilan.
  • Menu makanan dari bisnis kuliner Anda terbuat dari bahan dasar tumbuhan yang ditanam dan dirawat secara langsung, sehingga kualitasnya bisa terjaga dengan baik.
  • Bila ada pelanggan yang membeli makanan seharga minimal 200 ribu rupiah, maka akan mendapatkan gratis satu menu spesial untuk driver yang mengantarnya.

3. Buatlah Toko Online 

Bila Anda sudah yakin dengan keunikan produk, maka buatlah toko online. Tentukanlah platform apa saja yang ingin Anda gunakan, lalu gunakanlah seluruh fitur dari platform tersebut untuk meningkatkan bisnis Anda agar bisa lebih sukses.

4. Buat Deskripsi Produk yang Menarik 

Meskipun memang terdengar mudah, namun nyatanya hal ini tidak gampang. Memilih berbagai kata menarik agar produk bisa terjual harus banyak dilakukan pertimbangan. Beberapa kata yang bisa Anda gunakan untuk membuat bisnis Anda berkembang adalah khusus, eksklusif, gratis, diskon, dan masih banyak lagi.

Bila Anda mempunyai modal lebih, merekrut copywriter bisa Anda jadikan sebagai investasi yang nantinya akan membuat Anda untung dalam kurun waktu yang singkat.

5. Aktif di Media Sosial 

Bila Anda memiliki target pasar individu yang berumur 18 hingga 34 tahun, maka Anda harus menggunakan media sosial sebagai amunisi bisnis, kenapa? karena kenyataannya sebanyak 95% pengguna media sosial adalah mereka yang berada di rentang usia tersebut.

6. Buatlah promo

Setiap pelanggan pasti sangat menyukai promo. Dengan membuat promosi, Anda bisa menjadi pusat perhatian konsumen, meningkatkan transaksi dan pemasukan, sampai mempererat loyalitas dan hubungan Anda dengan pelanggan.

7. Pahami Data

Cara jualan online agar cepat laku yang terakhir ini sangat penting untuk perusahaan. Jika kita membicarakan tentang data, walaupun memang terdengar membosankan, tapi menjalankan bisnis tanpa memikirkan data hanya akan memberikan hasil yang kurang memuaskan.

Dengan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis online, maka Anda harus mempelajari seluruh data yang berhubungan dengan bisnis Anda, pesaing, dan juga ekonomi secara umum. Pada dasarnya, membaca data akan bisa membantu Anda dalam menentukan strategi bisnis kedepannya.

Data tersebut bisa Anda dapatkan dari Google Analytics untuk memantau performa website dan melihat laporan penjualan. Cobalah mencari tahu produk mana yang kurang laku atau paling laku, kapan waktu ramai pelanggan mengunjungi toko Anda, metode pembayaran apa yang sering digunakan pelanggan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Kesalahan yang Banyak Dilakukan dalam Mengembangakan Bisnis UMKM

Penutup

Demikianlah cara jualan online agar cepat laku yang bisa kami berikan. Anda bisa mengikuti ketujuh cara diatas atau memodifikasinya agar bisa menjadi cara yang baru.

Penerapan teknologi digital pada bisnis di zaman sekarang memang sudah menjadi suatu kewajiban bila Anda ingin terus eksis dan bersaing di tengah persaingan pasar yang semakin pesat.

Bila Anda sudah menerapkan cara diatas, Anda bisa makin melengkapinya dengan menggunakan platform bisnis dari iSeller, yang akan membantu memudahkan Anda dalam menjual produk secara offline ataupun online.

Lebih menariknya lagi, saat ini iSeller pun sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online. Sehingga, setiap transaksi yang terjadi akan tercatat secara otomatis dan instan.

Semua data yang disajikan di dalamnya pun bisa Anda gunakan untuk melakukan analisa bisnis untuk menentukan strategi yang tepat. Sehingga, Anda bisa mengembangkan dan bersaing di tengah persaingan pasar.

Penasaran? Ayo cari tahu informasi lengkap terkait integrasi dari Accurate Online dan iSeller melalui banner menarik di bawah ini.

Accuratexiseller
Baim

Penulis blog lulusan sarjana manajamen bisnis yang mendalami dunia penulisan dan senang membagikan wawasan tentang duna manajemen kepada masyarakat luas.