Customer Engagement: Pengertian, Dampak, dan Cara Mengukur Customer Engagement

Customer engagement pada dasarnya adalah salah satu komponen yang sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Namun, tidak semua pebisnis memahami hal ini dan masih kurangnya minat banyak orang untuk menjadi pebisnis.

Untuk sebagian orang, mulai berbisnis adalah suatu kegiatan yang mungkin memiliki tantangan berat untuk dicoba. Sedangkan untuk sebagian lainnya, menjadi pebisnis adalah suatu profesi yang sudah dijalankan dalam kurun waktu tertentu dan sudah menjadi sumber penghasilan utamanya.

Meskipun banyak sekali tantangan dan juga masalah yang harus dilalui, namun berbisnis memiliki seni tersendiri yang membuat para pengusaha dan wirausaha lainnya terus semangat untuk berusaha lebih keras dalam mencapai kesuksesannya.

Dalam berbisnis, tentu ada banyak sekali ilmu yang harus dipelajari, baik itu dari pengalaman pribadi ataupun dari pengalaman orang lain. Salah satu ilmu berbisnis yang juga sangat penting adalah tentang keterikatan atau menjalin hubungan dengan pelanggan, atau biasa disebut dengan customer engagement.

Pemahaman tentang hal ini sangat penting untuk dimiliki karena mempunyai dampak yang sangat penting untuk kesuksesan suatu bisnis.

Customer engagement juga bisa menjadi jembatan yang membuat suatu bisnis mampu memberikan keuntungan sesuai dengan apa yang diharapkan. Sebaliknya, bila Anda memiliki pemahaman yang kurang tentang hal ini, maka jangan heran bila bisnis Anda akan menjadi sulit berkembang dan bahkan bisa merugi.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan customer engagement? Dan apa saja fungsinya untuk perkembangan suatu perusahaan? Temukan jawabannya hanya di artikel ini.

Apa itu Customer Engagement?

Seperti yang sudah kita singgung sedikit di awal paragraf, bahwa customer engagement atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah keterlibatan pelanggan adalah salah satu komponen penting di dalam suatu bisnis. tanpa adanya pemahaman tentang hal ini, maka akan nyaris mustahil seorang pebisnis atau wirausaha mampu mencapai kesuksesan bisnisnya.

Nah, pengertian dari customer engagement,  seperti yang di lansir dari wikipedia,  adalah suatu hubungan ataupun interaksi serta komunikasi yang dibangun oleh pihak perusahaan ataupun produsen dengan para pelanggan atau konsumennya. Hubungan interaksi atau komunikasi ini bisa dilakukan dengan berbagai media dan juga cara, seperti dengan membuat akun media sosial yang berisi tentang identitas bisnis tersebut.

Kondisi ini akan bisa terjadi saat adanya interaksi, pengalaman, efek ataupun reaksi dari apa yang dirasakan oleh pihak konsumen secara menyeluruh pada suatu produk ataupun jasa yang digunakan.

Proses keterlibatan pelanggan ataupun konsumen dalam kegiatan marketing ini bisa dilakukan secara offline ataupun online. Secara offline, maka pelanggan dan juga produsen bisa melakukan kegiatan interaksi secara langsung, seperti saat melakukan kegiatan transaksi.

Adapun secara online, bisa terjadi ketika pihak produsen ataupun perusahaan menggunakan sarana media sosial untuk mampu menjangkau lebih banyak pelanggan dan mengenalkan produk barang atau jasanya secara lebih luas.

Baca juga: Apa sih Penetration Pricing di Dalam Strategi Marketing itu? Ini Penjelasannya

Peran Pentingnya dalam Perkembangan Bisnis

Customer engagement diklaim memiliki pengaruh dan dampak yang sangat besar untuk kesuksesan suatu bisnis. Bahkan, hal ini pun diklaim sebagai kunci penting agar bisnis bisa terus berkembang dan juga mendapatkan penghasilan penjualan dan juga keuntungan yang sebelumnya sudah ditargetkan oleh perusahaan.

Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, karena hal ini sangat berkaitan dengan terjalinnya hubungan yang baik  antara pihak pelanggan dan produsen atau pebisnis.

Ketika hubungan dan juga interaksi ini bisa terjaga dengan baik, maka bisnis akan bisa mengikat pelanggan agar mau melakukan pembelian produk barang atau jasanya secara berkala. Sehingga, walaupun persaingan bisnis sangat ketat, namun risiko pelanggan untuk bisa berpindah akan menjadi sangat kecil.

Dalam hal ini, indikator yang bisa Anda gunakan untuk menilai keberhasilan dalam melakukan keterlibatan pelanggan adalah loyalitas pelanggan pada bisnis Anda. Dalam jangka waktu yang panjang, nantinya jumlah pelanggan akan terus meningkat dan omzet penjualan dan keuntungan juga akan terus bertambah.

Cara Mengukur Customer Engagement Bisnis pada Media Sosial 

Untuk bisa mengukur customer engagement offline, maka cara mengukurnya kemungkinan akan sulit karena Anda tidak bisa mengetahui reaksi pelanggan secara langsung. Tapi, untuk strategi keterlibatan pelanggan yang dilakukan secara online, Anda masih bisa mengetahui reaksi calon pelanggan melalui informasi yang dicantumkan di situs ataupun aplikasi media sosial.

Contoh sederhananya adalah, Anda membuat akun instagram untuk bisnis. Nah, dalam kurun waktu satu bulan, Anda selalu rajin memposting 12 konten yang berkaitan dengan produk ataupun layanan bisnis dan mampu dilihat oleh lebih dari 1000 viewers.

Nah, dari ke 12 postingan tersebut Anda bisa mendapatkan detail respon pelanggan sebagai berikut:

  • 12 komentar atau feedback.
  • 8 kali konten yang dibagikan atau di share.
  • 24 likes.
  • Serta 6 kali klik.

Nah, berdasarkan detail respon di atas, maka bisa diketahui bila nilai keseluruhan respon adalah berjumlah 50 respon. Lalu, untuk memperoleh rasio keterlibatan pelanggan pada 12 postingan Anda, maka Anda bisa menggunakan rumus

(complete activity respons/engagement : jumlah viewers) x 100%

Berdasarkan detail respin diatas, maka perhitungan customer engagement nya adalah sebagai berikut:

(50 : 1000) x 100% = 5%

Jadi, rasio customer engagement  di dalam media sosial bisnis Anda adalah 5%. Nantinya, dari data ini Anda bisa melihat perkembangan customer engagement online Anda.

Metode Customer Engagement

Terdapat banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan customer engagement, hal tersebut tergantung tingkat kreativitas, dan juga tujuan Anda. Dalam hal ini juga Anda bisa bebas menentukan sendiri cara agar customer engagement bisnis Anda bisa meningkat dan membantu perkembangan usaha Anda secara lebih cepat.

Tapi, ada beberapa dasar ide dan cara umum yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Mencari cara baru dan juga unik dalam menarik perhatian setiap calon konsumen Anda di media sosial.
  • Membuat konten yang sangat menarik agar mampu menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka mau membeli produk ataupun layanan Anda.
  • Mengelola postingan di media sosial secara konsisten dan juga lebih terencana.
  • Membuat situs website profesional terkait bisnis.
  • Menyapa pelanggan melalui email
  • Mengirim ucapan selamat pada pelanggan setia di hari spesialnya, seperti saat hari ulang tahun, atau hari spesial lainnya.
  • Mampu bersikap responsif atas adanya feedback yang diberikan oleh pelanggan Anda.
  • Berusaha keras dalam memberikan layanan dan juga pengalaman terbaik pada para pelanggan setia atau pelanggan baru.
  • Mengajak pelanggan untuk lebih akrab dengan tim bisnis yang sedang Anda kelola.
  • Manjakan pelanggan dengan berbagai promo spesial dan menarik untuk menjaga loyalitas dan juga meningkatkan penjualan yang berpotensi mampu menarik minat pelanggan baru.

Namun, Anda tidak harus berpatokan pada ide di atas. Setiap pebisnis bisa menerapkan metodenya sendiri yang sesuai untuk meningkatkan customer engagement sesuai dengan kondisi bisnis, tingkat kreativitas, dan tujuan yang ingin dicapainya.

Menjaga Customer Engagement

Dengan adanya penerapan customer engagement yang sudah terencana dengan baik, maka suatu bisnis akan mempunyai keterkaitan yang erat dengan pelanggan, dan mampu menciptakan loyalitas konsumen agar mau terus membeli produk ataupun menggunakan jasa yang sudah ditawarkannya.

Selain itu, dengan mengukur rasio customer engagement dan selalu bereksperimen menggunakan metode customer engagement yang baru untuk membantu Anda mengetahui cara yang paling baik dalam mempertahankan pelanggan serta menarik banyak konsumen baru.

Anda juga bisa bergabung dengan komunitas bisnis lain yang ada di kota Anda agar bisa saling berbagi tips dan trik dalam meningkatkan customer engagement bersama para anggota komunitas bisnis lainnya. Sehingga, Anda bisa memperoleh ilmu dan juga pengalaman yang baru yang mungkin tidak akan bisa Anda peroleh secara otodidak saja.

Baca juga: Random Sampling Adalah Salah Satu Metode Untuk Melakukan Riset Pasar. Ini Penjelasannya!

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap kami tentang customer engagement. Jadi, bisa kita tarik kesimpulan bahwa customer engagement adalah suatu hubungan ataupun interaksi serta komunikasi yang dibangun oleh pihak perusahaan maupun produsen dengan para pelanggan atau konsumennya.

Setiap pebisnis bisa melakukan berbagai cara yang efektif untuk meningkatkan customer engagement berdasarkan pengalaman, pengetahuan, ataupun ilmu yang sudah didapatkan dari pengalaman orang lain ataupun pribadi.

Namun, satu hal yang penting dalam meningkatkan customer engagement, adalah kegiatan ini memerlukan anggara pemasaran yang cukup agar hasilnya lebih maksimal. Untuk itu, diperlukan pengelolaan keuangan yang tepat dan rapi untuk mendukung hal tersebut.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan perusahaan secara tepat, rapi dan akurat, gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, Anda bisa mengelola dan mengerjakan kegiatan akuntansi Anda secara mudah. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan laporan keuangan bisnis Anda secara real-time dimanapun dan kapanpun.

Tertarik? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate berhenti membuang waktu

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.