Early Adopter Adalah Strategi Peluncuran Produk Baru, Ini Cara Menerapkannya!

Saat sebuah produk barang atau jasa dirilis, terdapat sebagian pengguna kecil yang akan membantu memasarkan atau mempromosikan produk tersebut. Nah, early adopter adalah sebutan untuk pengguna tersebut.

Tanpa kehadiran early adopter, maka perusahaan akan merasa kesulitan dalam menjangkau populasi pengguna yang lebih luas.

Lalu, apa sebenarnya pengertian dari early adopter? Apa saja peran mereka dalam bisnis Anda? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang early adopter di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Early Adopter

Berdasarkan penjelasan dari Investopedia, early adopter adalah kelompok ataupun individu yang menggunakan produk, teknologi, ataupun inovasi baru sebelum digunakan oleh orang lain dengan populasi yang lebih luas.

Umumnya, early adopter mempunyai status sosial yang tinggi, memiliki akses keuangan yang wajar, mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi, dan pendekatan resiko yang lebih wajar. Early adopter adalah kelompok atau orang yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Kelompok pengguna atau konsumen dengan umur yang relatif lebih muda
  • Mempunyai penghasilan yang biasanya berada di atas rata-rata
  • Terhubung dengan komunitas pengguna secara baik
  • Cenderung lebih progresif
  • Biasanya merupakan kelompok individu yang lebih terpelajar
  • Kerap kali mereka adalah KOL atau key opinion leader di dalam komunitasnya.

Tapi, mereka juga tidak akan mengambil risiko sebanyak para inovator dan lebih cenderung membuat keputusan yang lebih beralasan untuk terlibat atau tidak di dalam produk tertentu.

Mereka akan berusaha untuk mencoba memperoleh informasi yang lebih banyak ketimbang inovator dalam proses pengambilan keputusan.

Kriteria dan juga alasan inilah yang membuat early adopter rela untuk membayar lebih banyak agar bisa menggunakan produk baru tersebut. Mereka akan rela untuk mengeluarkan biaya yang lebih banyak bila memang produk baru tersebut bisa membantu mereka dalam meningkatkan produktivitas ataupun meningkatkan status sosial mereka.

Baca juga: Contoh Surat Cuti Kerja dan Cara Pengajuannya

Peran Penting Early Adopter

Untuk perusahaan startup atau perusahaan rintisan, early adopter mempunyai peran yang sangat penting. Memperoleh early adopter adalah langkah yang sangat penting dalam proses pengembangan dan potensi produk ataupun teknologi tahap awal.

Berdasarkan laman Hubspot, pengalaman dari early adopter sangat penting untuk menentukan apakah sebagian besar populasi bisa menerima produk tersebut atau tidak. Early adopter akan bisa memberikan ulasan atau feedback yang sangat bermanfaat.

Mereka pun bisa memberikan keuntungan pada perusahaan untuk mendanai penelitian dan juga pengembangan yang dibutuhkan agar produk bisa digunakan secara lebih meluas.

Dukungan dan juga promosi yang mereka lakukan adalah agar produk tersebut bisa meningkatkan reputasi. Selain itu, mereka juga bisa membantu perusahaan agar bisa mendapatkan pengguna yang lebih banyak.

Early adopter juga seringkali terlibat di dalam proses beta testing dalam pengembangan fitur produk terbaru. Kenapa? Karena mereka sudah mempunyai pemahaman yang luas tentang produk. Sehingga, mereka bisa memberikan feedback atau ulasan yang lebih rinci dan bermanfaat untuk pengembangan produk.

Baca juga: Contoh Slip Gaji Excel dan Cara Membuatnya

Keuntungan dan Risiko Memiliki Early Adopter

Mempunyai early adopter saat produk baru dirilis ke publik mampu memberikan banyak keuntungan. Nah, keuntungan dari early adopter adalah sebagai berikut:

  • Early adopter akan secara aktif membantu Anda dalam mencari keunggulan yang lebih kompetitif dari produk
  • Early adopter mempunyai kompetensi dalam menemukan kegunaan baru produk yang mungkin belum pernah Anda pikirkan saat proses pengembangan produk
  • Anda juga bisa mendapatkan beta tester melalui mereka
  • Mereka juga akan membantu Anda dalam mempromosikan produk pada kalangan yang lebih luas.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan early adopter sebagai BA atau brand ambassador untuk produk Anda.

Pengetahuan luas yang mereka miliki terkait produk akan membantu para pengguna lainnya untuk bisa memahami produk Anda dan cara menggunakannya.

Tapi sayangnya, mempunyai early adopter untuk produk yang baru dirilis juga mempunyai risiko tertentu. Early adopter bisa menikmati berbagai keistimewaan dengan menjadi yang pertama dalam menggunakan produk Anda

Tapi, mereka juga akan menghadapi kemungkinan bahwa akan ada produk baru dengan berbagai fitur yang lebih canggih yang bisa menggantikan produk tersebut. Oleh karena itu, early adopter berisiko tidak menjadi pengguna tetap atau pengguna setia dari suatu produk.

Mereka akan lebih cenderung memilih produk yang paling memenuhi kebutuhan dan juga keinginan mereka. Early adopter akan memainkan peran penting mereka dalam membawa produk dari suatu hype menjadi kenyataan.

Baca juga: User Persona Adalah: Pengertian & Tips Membangunnya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang early adopter. Tanpa kehadiran early adopter, maka populasi pengguna yang lebih luas tidak akan bisa mengenal atau mengetahui produk Anda dengan baik.

Bila Anda baru saja mengembangkan suatu produk terbaru, cobalah untuk merekrut sekelompok early adopter yang lebih setia. Sehingga, Anda bisa menjangkau populasi pengguna yang jauh lebih luas.

Anda bisa mulai merekrut para early adopter dengan mengikuti berbagai forum pengguna. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai strategi pemasaran yang baik untuk bisa mendapatkannya.

Bila early adopter sudah bisa memberikan banyak keuntungan untuk toko fisik atau toko online Anda, maka Anda harus bisa mencatat berbagai keuntungan tersebut secara tepat. Untungnya, saat ini sudah ada sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Dengan menggunakan Accurate POS, maka Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan mencatat setiap keuntungan yang Anda dapatkan secara otomatis, cepat serta akurat.

Terlebih lagi, Accurate POS juga akan memudahkan Anda dalam mengelola penjualan, pembelian, persediaan, pelanggan, serta karyawan. Sehingga, efisiensi bisnis Anda bisa lebih meningkat.

Ayo gunakan Accurate POS sekarang juga selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.