Contoh Slip Gaji Excel dan Cara Membuatnya

Slip gaji adalah salah satu dokumen yang dapat dibuat dengan mudah di Microsoft Excel. Di mana tersedia berbagai macam tabel dan rumus yang bisa mempercepat pembuatan dan perhitungan gaji. Namun, sudah tahukah komponen apa saja yang terdapat di dalam slip gaji excel?

Secara sederhana, slip gaji adalah sebuah laporan berupa catatan singkat yang berisikan rincian gaji karyawan setiap bulannya. Karena menyangkut hak karyawan, setiap komponen yang terdapat di dalam slip gaji perlu dituliskan secara mendetail dan jelas.

Untuk itu, artikel berikut ini akan menguraikan komponen apa saja yang terdapat di dalam slip gaji, beserta cara membuat slip gaji excel dan contohnya. Namun sebelum itu, mari ketahui lebih lanjut mengenai pengertian dari slip gaji.

Apa Itu Slip Gaji?

Slip gaji atau payslip akan diberikan perusahaan setiap kali hari penggajian karyawan tiba. Pemberian slip gaji ini bersifat wajib karena telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, slip gaji berisikan informasi atau rincian gaji yang diterima oleh karyawan dalam satu periode gaji. Dengan begitu, karyawan dapat mengetahui secara jelas terkait gaji yang diterimanya setiap bulan.

Slip gaji juga terkadang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas transaksional yang membutuhkan keterangan penghasilan, seperti pengambilan cicilan rumah dan melamar pekerjaan baru.

Adapun bagi perusahaan, slip gaji berfungsi sebagai bukti bahwa perusahaan telah melakukan kewajibannya terhadap karyawan. Hal ini juga dapat digunakan sebagai dasar hukum apabila perusahaan harus berurusan dengan hukum yang menyangkut hal tersebut.

Baca juga: Nett Adalah Salah Satu Metode Perhitungan Gaji, Ini Bedanya Dengan Gross dan Gross Up

Komponen yang Terdapat dalam Slip Gaji

Sebelum membuat slip gaji di Microsoft Excel, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu format dan komponen apa saja yang akan dicantumkan di dalamnya. Umumnya, komponen yang harus terdapat di dalam slip gaji excel meliputi hal-hal sebagai berikut.

1. Identitas Perusahaan

Sebagaimana surat resmi yang dikeluarkan perusahaan, slip gaji juga perlu memuat identitas perusahaan secara jelas dan lengkap, mulai dari nama perusahaan, alamat perusahaan, hingga kontak perusahaan.

2. Identitas Karyawan

Selain identitas perusahaan, identitas karyawan juga perlu dicantumkan dalam slip gaji. Nama karyawan, jabatan atau posisi, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah komponen yang paling umum disebutkan dalam identitas karyawan.

3. Periode

Setiap perusahaan menerapkan kebijakan yang berbeda-beda dalam sistem penggajian karyawannya. Di mana ada yang menggaji karyawannya di awal bulan, dan ada juga yang membayarnya di akhir bulan. Karena itu, penting untuk menuliskan periode atau bulan ketika gaji dibayarkan.

4. Rincian Penghasilan

Besaran penghasilan yang diperoleh karyawan juga perlu dirincikan dalam slip gaji, mulai dari nominal gaji pokok, tambahan tunjangan, dan potongan-potongan. Potongan-potongan ini dapat berupa Pajak Penghasilan (PPh), asuransi, jaminan pensiun, hingga ketidakhadiran.

Baca juga: Cara Membuat Slip Gaji Excel dengan Mudah dan Gratis

Cara Membuat Slip Gaji Excel

Setelah mengetahui komponen apa saja yang terdapat di dalam slip gaji, Anda bisa mulai membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Buat Tabel

Dalam membuat slip gaji excel, langkah pertama yang harus dilakukan tentu membuka Microsoft Excel dan menyiapkan tabelnya. Terdapat banyak tabel yang bisa Anda sesuaikan dengan kriteria dari perusahaan, misalnya gaji pokok dan tunjangan. Sebab, setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda, bahkan antara satu jabatan dengan jabatan lainnya.

Adapun untuk memudahkan proses pengerjaan selanjutnya, beri nama sheet ini dengan tulisan seperti “Slip Gaji”.

2. Buat Sheet Baru

Selanjutnya, buatlah sheet baru berjudulkan “Data Karyawan” yang berisikan rincian-rincian, seperti nama karyawan, nomor induk karyawan, jabatan, total pendapatan, dan potongan.

3. Gunakan Rumus VLOOKUP

Secara ringkas, VLOOKUP adalah rumus excel yang digunakan untuk mengambil data atau angka dari suatu tabel tertentu. Dalam kaitannya dengan slip gaji excel, komponen yang dimasukkan yakni meliputi gaji pokok, tunjangan, dan pajak.

Pemberian nama sheet pada tahap sebelum ini bertujuan untuk memudahkan Anda ketika memasukkan rumus VLOOKUP. Di mana pengerjaan akan lebih cepat dan otomatis, termasuk ketika terdapat data yang harus diubah, di mana Anda tidak perlu merevisinya secara manual.

Baca juga: Salary Adalah: Ini Pengertian dan Bedanya Dengan Upah

Contoh Slip Gaji Excel

Sebagai penggambaran, berikut ini contoh slip gaji excel yang dapat Anda jadikan sebagai rujukan atau referensi.

Contoh Slip Gaji Excel dan Cara Membuatnya

Baca juga: Prorate Adalah Salah Satu Sistem Penghitungan Gaji Untuk Karyawan Baru, Ini Cara Menghitungnya!

Kesimpulan

Slip gaji adalah dokumen yang wajib diberikan oleh perusahaan kepada karyawan di setiap bulannya. Dokumen ini berupa catatan singkat mengenai pendapatan yang diperoleh karyawan, termasuk potongan-potongannya.

Dalam hal pembuatan slip gaji, Anda bisa menggunakan Microsoft Excel dengan menyesuaikan tabel sesuai ketentuan dan kriteria dari perusahaan. Di mana umumnya, setiap perusahaan menerapkan kebijakan yang berbeda terkait komponen yang tercantum di dalamnya. Anda pun bisa menggunakan rumus tertentu yang akan mempercepat proses pembuatan secara keseluruhan.

Selain pembuatan slip gaji, proses pengelolaan dan pembuatan laporan keuangan juga sebenarnya bisa dipermudah dan dipercepat menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Ratusan ribu pebisnis di Indonesia dari berbagai sektor usaha juga telah menggunakan Accurate Online yang telah berpengalaman sebagai software akuntansi terbaik dengan pengalaman lebih dari 20 tahun.

Tertarik untuk menggunakannya? Jika iya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

Accurate footer image blog manajemen

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!