Efisien Adalah Hal yang Diimpikan dalam Bisnis, Ini Pengertiannya!

Efisien adalah salah satu kata yang mungkin sudah sering kita dengar. Beberapa dari kita juga mungkin sudah mengetahui arti dari kata efisien tersebut. Tapi, setiap orang memiliki pengertian efisiennya masing-masing. Karena, setiap orang mempunyai sudut pandang dan pemikiran yang berbeda-beda dengan yang lainnya.

Seringkali kata efisien ini dikaitkan dengan waktu oleh sebagian orang. Beberapa yang lainnya juga ada yang menganggap bahwa kata efisien adalah segala sesuatu yang bisa dicapai dan diwujudkan dengan berdasarkan keinginan. Lantas, apakah kata efisien ini selalu melekat dan berkaitan dengan waktu? Atau tidak?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan pengertian tentang efisien, dan perbedaan kata efisien dengan kata efektif. Oleh karena itu itu, bacalah artikel tentang efisien di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Efisien Adalah

Efisien adalah salah satu cara yang dilakukan agar bisa mencapai suatu tujuan yang sebelumnya sudah ditentukan secara optimal (cepat dan tepat) serta sesuai dengan keinginan, dengan cara menekan sumber daya yang harus dikeluarkan.

Sumber daya dalam hal ini adalah uang, waktu, dan tenaga. Fungsinya adalah agar bisa menghindari pemborosan yang merugikan perusahaan. Bekerja secara efisien adalah bekerja dengan cara menggunakan sumber daya yang ada secara sesuai.

Pada pengertian efisien sebelumnya, ada yang menganggap bahwa efisien berhubungan dengan waktu. Hal tersebut bisa dikatakan tepat, karena seorang karyawan yang bekerja akan secara tidak langsung memperhitungkan berbagai aspek, termasuk di dalamnya waktu.

Selain itu, pengertian lain dari efisien adalah manage control atau mengelola kontrol terhadap segara situasi dan kondisi.

Baca juga: Pengertian Surat Resmi dan Berbagai Fungsinya Untuk Bisnis

Pengertian Efisien Menurut Para Ahli

Para ahli mempunyai pandangan sendiri terkait pengertian dari kata efisien. Nah, menurut para ahli, pengertian efisien adalah sebagai berikut.

  • Efisien adalah suatu upaya agar bisa mencapai suatu tujuan secara maksimal dengan cara menekan pengeluaran sumber daya yang dimiliki.
  • Efisien adalah menggunakan sumber daya, seperti waktu, uang dan tenaga, agar bisa mencapai tujuan dalam melakukan suatu kegiatan tertentu.
  • Efisien adalah suatu kemampuan agar bisa mengimplementasikan suatu usaha atau kegiatan dengan cara mengeluarkan sedikit waktu, uang dan tenaga agar bisa mencapai target atau hasil secara maksimal.
  • Efisien adalah suatu kemampuan atau cara agar bisa memperoleh hasil dengan tujuan yang maksimal, tapi dengan hanya menggunakan sumber daya yang minim atau sedikit. Sehingga, pada prosesnya tidak mengeluarkan tenaga, biaya dan waktu yang terlalu banyak.
  • Efisien adalah suatu cara yang tepat agar bisa menghasilkan tujuan secara maksimal, sesuai dengan apa yang diinginkan atau yang dikehendaki.
  • Efisien adalah suatu metode agar bisa mencapai suatu tujuan yang sebelumnya sudah dirancang dengan biaya dan jumlah yang sama, tapi tujuan atau hasilnya bisa maksimal.

Itulah pengertian efisien berdasarkan pandangan para ahli. Anda bisa membuat atau memiliki pengertian efisien Anda sendiri dengan berdasarkan keenam pendapat para ahli di atas.

Baca juga: Pengertian Sistem dan Jenisnya Dalam Manajemen Perusahaan

Perbedaan Efektif dan Efisien

Harus kita akui bersama bahwa masih ada sebagian orang diantara kita yang masih bingung atau salah dalam mengartikan kata efektif dan efisien. Kedua kata tersebut sering kali dianggap mempunyai arti yang sama.

Terlebih lagi di dalam dunia kerja, kata efektif dan efisien ini seringkali digunakan untuk menilai performa seorang karyawan. Oleh karena itu, kedua kata ini sudah seperti melekat dan jadi sulit untuk dipisahkan. Padahal keduanya jelas mempunyai arti yang berbeda.

Dari sisi aksi atau pekerjaan, efektif adalah bekerja secara tepat dengan apa yang sebelumnya sudah direncanakan. Sedangkan efisien adalah melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya dan energi yang sesuai tanpa adanya pemborosan.

Dari sisi mencapai tujuan, efektif adalah mencapai tujuan secara maksimal sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Sedangkan efisien adalah mampu memperoleh suatu hasil secara lebih maksimal dengan menghemat tenaga, sumber daya, dan juga waktu.

Jadi, setiap upaya ataupun proses yang dilakukan secara efektif belum tentu menghasilkan output yang efisien, bahkan sebaliknya. Untuk itu, keduanya harus diselaraskan, yaitu bekerja secara efektif dan efisien. Agar setiap tujuan perusahaan atau individu bisa tercapai sesuai dengan apa yang sebelumnya telah direncanakan.

Baca juga: Pengertian Kualitas dan Unsur-Unsurnya Dalam Manajemen

Contoh Bekerja Secara Efisien

Pekerjaan yang efisien ini bisa Anda rasakan sehari-hari. Contohnya seperti Anda bisa mengelola waktu, tenaga dan uang secara baik. Setiap pekerjaan yang Anda lakukan tentunya harus lebih terkonsep dan lebih efisien. Nah, contoh efisien adalah sebagai berikut:

  1. Sebuah pekerjaan bisa Anda selesaikan dengan menggunakan cara 1 dan 2. Cara 1 bisa Anda lakukan dengan kurun waktu satu jam. Sedangkan cara 2 bisa Anda lakukan dengan memakan waktu kurang lebih dua jam. Nah dalam hal ini, cara 1 adalah cara yang tepat dan efisien daripada cara 2.
  2. Pada suatu hari, Ani dan Dina ditugaskan oleh gurunya untuk membuat artikel. Ani mencari referensinya di perpustakaan. Sedangkan Dina mencari sumber referensi melalui website, dalam hal ini Dina membuka situs informasi yang lengkap seperti Wikipedia. Cara yang dilakukan oleh Dina dianggap paling efisien karena tidak lagi perlu membuang banyak tenaga untuk pergi ke perpustakaan.
  3. Doni pergi ke kota Yogyakarta jam 9 malam dengan menggunakan kereta ekonomi yang tiketnya dibandrol dengan harga 80 ribu rupiah dan akan tiba di tujuan jam 6 pagi, yang artinya akan memakan waktu 9 jam.

Sedangkan Fani pergi ke Yogyakarta pada jam yang sama dengan Doni, namun menggunakan kereta kelas bisnis yang tiketnya dibandrol dengan harga 200 ribu rupiah dan akan tiba di tujuan pada jam 5 pagi, yang artinya akan memakan waktu 8 jam. Nah, dalam hal ini, kedua perjalanan yang ditempuh Doni dan Fani sama-sama dikatakan efisien, kenapa?

  • Perjalanan yang dilakukan oleh Doni adalah perjalanan yang efisien karena Doni bisa menghemat biaya lebih banyak dan perbedaan waktu perjalanannya hanya satu jam saja.
  • Perjalanan yang dilakukan oleh Fani juga bisa dianggap efisien, karena Fani mampu menghemat waktu 1 jam dan memiliki fasilitas yang lebih baik daripada kereta ekonomi. Walaupun memang Fani harus membayar tiket lebih mahal 120 ribu untuk satu jam yang berharga dan fasilitas yang mewah.

Jadi untuk bisa menentukan efisiensi dari suatu pekerjaan harus dilakukan dengan berbagai persiapan yang matang, tujuannya adalah agar bisa mendapatkan efisiensi secara maksimal. Kegiatan yang dilakukan secara efisien sangatlah seru. Karena selain mampu menghemat berbagai aspek, Anda juga akan dikenal sebagai orang yang produktif.

Untuk Anda yang sedang senang untuk bekerja atau menjalankan bisnis, gunakanlah metode yang efisien. Bahkan efisien saja tidak cukup, karena Anda memerlukan efektif dan efisien. Hal tersebut akan bisa meningkatkan performa kerja atau performa bisnis Anda.

Efisien saja akan dirasa kurang komplit bila tidak efektif. Karena ada pepatah yang mengatakan “orang pintar akan kalah dengan orang yang efektif”. Itu artinya, orang yang pintar belum tentu efektif, sedangkan orang yang efektif bisa dipastikan pintar.

Seseorang yang bisa bekerja secara efektif dan efisien akan menyenangi pekerjaan yang mereka anggap sebagai hobi, bahkan mereka bisa mencintainya dengan baik.

Namun sebagai pihak manajemen perusahaan, Anda juga harus bisa memberikan sarana dan prasarana yang baik agar bisa lebih membantu karyawan Anda untuk bisa bekerja secara efektif dan efisien. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan penggunaan teknologi digital, seperti menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate adalah perusahaan penyedia aplikasi bisnis dan akuntansi yang sudah bergerak lebih dari 20 tahun dan sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu lebih pebisnis di Indonesia. Terlebih lagi, Accurate Online juga sudah memperoleh penghargaan TOP Brand Awards dari tahun 2016 hingga tahun 2022 dengan kategori software akuntansi.

Karena dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat, bahkan bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur luar biasa, seperti fitur penjualan, persediaan, pembelian, perpajakan, manufaktur dan masih banyak lagi fitur lainnya yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Sekarang, Anda bisa langsung mencoba seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate Online tersebut selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.