Ide Game Team Building untuk Membangun Kekompakkan Karyawan

Demi membangun interaksi dan kekompakkan pada tiap karyawan, seringkali perusahaan mengadakan outing ataupun menyelenggarakan permainan yang dikenal dengan game team building.

Permainan seperti ini sangat bermanfaat sekali untuk bisa memancing interaksi pada tiap karyawan yang berada di dalam perusahaan.

Permainan ini juga sangat efektif dilakukan oleh setiap karyawan, baik itu karyawan lama ataupun karyawan baru, agar mereka bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan perusahaan.

Nah, agar bisa membantu menjalin interaksi yang menyenangkan dan juga hangat, Anda bisa menggunakan beberapa game team building yang akan kami bahas di bawah ini.

10+ Ide Game Team Building

Terdapat setidaknya 10 game team building yang bisa Anda lakukan di dalam ruangan perusahaan, yaitu:

1. Game Team Building Menulis dengan Benang

Cara memainkan game team building ini sangat mudah. Pertama, ikatlah beberapa tali atau benang pada spidol dari area tutup hingga belakangnya.

Setiap akhir benang atau tali tersebut harus dipegang oleh satu orang anggota, lalu semua anggota harus bergerak menyebar ke berbagai arah.

Tujuannya adalah agar bisa menulis suatu kata pada selembar kertas dengan membuat setiap anggota tim mengendalikan tarik-ulur benang tersebut bersama-sama.

Tapi anggota tim tidak diberikan izin untuk melakukan interaksi bicara dengan rekannya. Tim yang berhasil menulis kata paling baik atau paling cepat dan bisa dibaca akan dianggap sebagai pemenang.

Manfaat game team building ini adalah agar karyawan mampu menyelesaikan masalah dengan kreatif dan komunikatif.

Baca juga: On The Job Training: Ini Pengertian dan Manfaatnya

2. Game Team Building Menuntun Si ‘Buta’

Mata setiap anggota tim akan ditutup secara bergantian, sementara anggota lainnya akan memandu rekan tim yang matanya ditutup secara lisan agar mencapai suatu tujuan tertentu.

Tujuan tersebut bisa berbentuk lokasi khusus di dalam kantor, mengambil sebuah objek, atau agar bisa menyelesaikan tantangan tertentu.

Bila tujuan tersebut berhasil dicapai, maka anggota yang matanya ditutup tersebut harus bergantian memandu rekan anggota tim lainnya. setiap anggota yang tidak berpartisipasi di dalam permainan tidak diperkenankan untuk memberi instruksi.

Manfaat permainan ini adalah agar bisa membangun rasa kepercayaan dan kepemimpinan yang kuat.

3. Game Team Building Office Trivia

Buatlah beberapa kuesioner tertentu untuk menguji pengetahuan tim Anda terkait berbagai topik yang ada di perusahaan, seperti dengan berbagai pertanyaan pribadi dan umum terkait anggota tim, contohnya transportasi yang digunakan, hobi, makanan favorit, jumlah saudara, atau barang yang mempunyai arti khusus bagi mereka.

Namun, hindarilah berbagai topik yang berkaitan dengan pekerjaan. Lakukanlah permainan ini secara rutin, seperti 3 bulan atau 6 bulan sekali.

Hal tersebut akan mampu mendukung para anggota untuk bisa saling kenal antar satu dengan yang lainnya, dan pada saat yang bersamaan akan mampu meningkatkan pengetahuan pada setiap tim tanpa harus merasa canggung.

Selain itu, manfaat dari mengadakan permainan ini adalah team bonding dan ice breaking.

4. Letakkan Diri Di Posisi Orang Lain

Kosongkanlah semua atau sebagian jadwal kerja dari seorang karyawan, dan mintalah dirinya untuk duduk dengan pegawai lain yang berada pada divisi berbeda, disarankan untuk duduk dengan orang yang berhubungan dengannya dalam hal alur kerja.

Jelaskanlah pada karyawan tersebut tentang alur kerja di dalam rutinitas sehari-hari divisi tersebut, serta tantangan yang sedang dan sering mereka hadapi. Tujuannya adalah agar bisa membuat pegawai tersebut lebih mudah dalam memahami cara kerja dan tugas divisi yang sedang dikunjunginya.

Permainan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan rasa pengertian, empati, dan apresiasi.

5. Gambar Tanpa Suara

Secara bergiliran, setiap anggota tim harus mengambil selembar kartu yang ada di dalam toples. Lalu, anggota tersebut harus menggambarkan apa yang ada di dalam kartu tersebut.

Tingkat kesulitannya bisa diatur dengan berdasarkan penggunaan suara atau petunjuk kata yang secara tidak langsung tentu akan membocorkan jawabannya.

Manfaat dari game team building ini adalah untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan rasa pengertian.

6. Game Team Building Golongkan Dia

Mintalah anggota tim untuk mengumpulkan berbagai benda yang terdapat di kantor sebanyak 25 sampai 35 benda. Lalu, kategorikan setiap benda tersebut menjadi 4 atau 5 jenis benda dengan berdasarkan warna, fungsi, komposisi, atau kemiripan bentuknya.

Manfaat dari permainan ini adalah untuk melatih pola pikir yang kreatif dan kerjasama tim.

7. Game Team Building Good Riddance

Buatlah kesepakatan dari tiap anggota tim bahwa membuat kesalahan adalah suatu hal yang wajar. Setiap orang mempunyai kekurangannya masing-masing dan hal tersebut bisa diperbaiki dengan baik.

Mintalah setiap anggota untuk mencatat salah satu kekurangan mereka alam selembar kertas, lalu tunjukan pada anggota lainnya dan mintalah saran untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Metode ini bisa dilakukan sepanjang jam kerja kantor dengan adanya pengingat yang lembut dari tiap kolega dan tetapkanlah durasi waktu yang mana kekurangan tersebut harus bisa diperbaiki.

Manfaat dari dilakukannya permainan ini adalah untuk menumbuhkan rasa empati, pengembangan diri, serta kerendahan hati.

8. Secret Santa

Tulislah nama semua anggota tim dalam beberapa kertas yang berbeda dan masukkanlah dalam sebuah toples. Lalu, mintalah setiap anggota untuk mengambil suatu nama dan merahasiakan nama yang sudah didapatnya.

Setiap anggota tim harus bersikap baik pada anggota yang namanya sudah dia pilih selama jangka waktu tertentu, seperti seminggu, dua minggu, atau satu bulan.

Tentukanlah suatu lokasi yang tidak sering diakses oleh setiap anggota untuk menempatkan hadiah pada pasangannya, dan suatu toples untuk menempatkan pujian.

Tujuan dari adanya permainan ini adalah untuk membentuk apresiasi dan meningkatkan kebahagiaan di tempat kerja.

9. Back-To-Back Drawing

Setiap tim yang menjadi pasangan harus duduk secara berpunggungan. Satu anggota akan dipilih untuk diperlihatkan sebuah gambar, lalu dia harus bisa menjelaskan bentuk, warna, dan tampilan dari gambar tersebut tanpa menyebutkan nama. Pasangannya harus menggambarkan penjelasan tersebut di secarik kertas.

Manfaat dari permainan ini adalah meningkatkan komunikasi verbal, kemampuan mendengarkan, dan meningkatkan daya nalar.

10. Lights, Camera, Action!

Bagilah karyawan menjadi beberapa tim yang mana tiap anggotanya berasal dari divisi yang berbeda-beda. Mintalah mereka untuk mengarang dan membuat suatu sketsa sinematik selama 5 hingga 10 menit untuk ditampilkan di acara makan malam perusahaan. Berikanlah pada mereka waktu selama 4-8 hal untuk mempersiapkan hal tersebut.

Manfaat dari adanya permainan ini adalah agar bisa menjalin kerja sama, perencanaan, hubungan, dan kepemimpinan.

11. Tebak Kata

Setiap anggota harus secara bergantian menjadi pemeran atau aktor. Sang aktor akan diberi suatu kata atau kalimat untuk bisa diperagakan pada anggota lain. Anggota tim lain memiliki tugas dalam menebak kata atau kalimat yang diperagakan tersebut.

Bila ada anggota tim yang berhasil menebak kata dengan benar, maka anggota lainnya akan menggantikan sang aktor tersebut.

Manfaat dari game team building ini adalah melatih kreativitas karyawan.

12. Kartu Bohong

Gunakanlah satu deck kartu remi atau kartu permainan lainnya, lalu bagikanlah satu kartu pada setiap anggota tim. Setiap tim harus memperlihatkan kartunya pada pemain lain kecuali pada dirinya sendiri dan menempelkan kartu tersebut di dahinya sendiri.

Setiap pemain harus bertanya pada tiga rekannya untuk menanyakan kartu yang tertempel di dahinya. Dua rekan kerja akan memberikan jawaban yang salah, sedangkan satu orang lainnya akan memberikan jawaban yang benar.

Pemain tersebut harus memilih rekan mana yang bisa dirinya percayai. Bila pilihannya benar, maka pemain tersebut bisa melepaskan kartu dari dahinya dan memilih kartu baru.

Sebaliknya, bila pemain tersebut lebih percaya pada orang yang salah, maka pemain tersebut harus melewatkan satu putaran permainan. Permainan akan berakhir saat ke 52 kartu memang sudah habis digunakan. Pemenangnya adalah pemain yang berhasil menebak kartu paling banyak.

Manfaat dari melakukan permainan ini adalah menjalin hubungan dengan setiap tim.

Baca juga: Manfaat Manajemen Waktu dan Tips Efektif Mengelola Manajemen Waktu

Penutup

Game team building yang sudah kami sampaikan di atas adalah beberapa permainan sederhana yang bisa Anda terapkan di dalam ruangan kantor.

Permainan tersebut akan mampu meningkatkan kekompakan serta memberikan data terbaru terkait karakter dan potensi dari setiap karyawan.

Pengelolaan karyawan memang adalah suatu hal yang penting yang harus dilakukan perusahaan. Tapi, pengelolaan dana dan keuangan pun sama pentingnya bagi manajemen perusahaan.

Nah saat ini, Anda bisa mengelola keduanya secara mudah dengan menggunakan satu aplikasi saja, yaitu Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis ini mampu menyajikan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat, dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat fitur khusus yang membuat Anda bisa melakukan pengaturan karyawan dan payroll pada karyawan.

Lebih menariknya lagi, software akuntansi berbasis cloud ini sudah digunakan oleh lebih dari 370 ribu pebisnis di tanah air dan terbukti mampu membantu mereka dalam mengelola bisnisnya secara lebih efektif serta efisien.

Anda pun bisa menikmati seluruh fitur dan keunggulan dari Accurate Online dengan biaya investasi yang sangat terjangkau.

Tapi, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu selama 30 hari gratis hanya dengan klik banner di bawah ini.accurate1

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.