Ice Breaking Adalah Kegiatan yang Dilakukan Untuk Mencairkan Suasana di Kantor

Pekerjaan kantor yang kian menumpuk dan juga beberapa target yang memang harus diselesaikan membuat setiap karyawan tentu merasa jenuh. Nah, ice breaking adalah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa jenuh dan juga menyegarkan kembali pikiran serta tenaga disela waktu kerja.

Lantas, apa itu ice breaking? Apa saja manfaatnya? Dan apa saja kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Ice BReaking? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang ice breaking ini hingga selesai.

Apa itu Ice Breaking?

Ice Breaking adalah suatu kegiatan yang dilakukan agar bisa mencairkan suasana yang ada. Istilah ini berasal dari dua suku kata bahasa inggris, yang mempunyai arti pemecah es. Frasa ini sering digunakan di dalam suatu kegiatan agar mampu menghilangkan berbagai kejenuhan yang ada.

Kegiatan ice breaking adalah kegiatan yang bisa dilakukan pada kegiatan seminar, lingkungan kantor ataupun organisasi. Kegiatan ice breaking ini mampu memecah suasana dan kondisi yang mencengkam serta mampu meningkatkan kualitas antar setiap rekan kerja ataupun peserta acara seminar.

Baca juga: Apa itu Koordinasi Proyek dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Waktu yang Tepat untuk Ice Breaking

Biasanya, jam kerja kantor akan dimulai dari pukul 08.00 hingga 17.00. Nah, ice breaking bisa dilakukan di sela-sela waktu makan siang, sekitar jam 12.00 atau setelah makan siang berlangsung. Sebelum karyawan melanjutkan pekerjaannya kembali, kegiatan ice breaking ini bisa dilakukan agar bisa meningkatkan semangat kerja karyawan kembali.

Manfaat Ice Breaking Di Dalam Kantor

Beberapa manfaat ice breaking adalah sebagai berikut:

  • Menciptakan berbagai ide yang lebih kreatif
  • Mengembangkan dan juga memaksimalkan performa kerja karyawan
  • Melatih karyawan agar bisa melakukan interaksi dengan baik.
  • Melatih kerja sama tim
  • Melatih berpikir kritis dan sistematis dalam memecahkan berbagai masalah
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Melatih strategi kerja
  • Meningkatkan  daya konsentrasi
  • Serta membentuk jiwa pemimpin.

10 Games Ice Breaking Yang Wajib Dicoba

Terdapat banyak sekali aktivitas ice breaking yang bisa dilakukan di lingkungan kerja atau di perusahaan. Anda bisa mencoba beberapa permainan sederhana dan seru. Nah, beberapa games ice breaking adalah sebagai berikut.

1. Tebak Logo Produk

Tebak gambar dalam permainan ice breaking adalah permainan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan terkait logo produk yang umumnya mereka kenakan atau mereka lihat.

Cara bermainnya adalah dengan menyiapkan beberapa logo produk atau gambar yang bisa diprint atau dimunculkan pada proyektor. Lalu, berikan arahan pada karyawan untuk membentuk satu baris.

Selanjutnya, tampilkanlah logo tersebut dan biarkan karyawan menebaknya sampai benar. Bila ada yang berhasil menebak gambar dengan rapat, maka orang tersebut bisa dipersilahkan duduk. Tapi jika ada yang salah, maka diberi hukuman seperti mencoret mukanya dengan spidol dan tidak boleh dihapus hingga jam kerja selesai.

2. Sambung Kata

Permainan sambung kata ice breaking adalah permainan yang mewajibkan setiap karyawan membuat kalimat dari kata yang sebelumnya sudah disebutkan pada setiap karyawan.

Untuk cara memainkannya, silahkan kumpulkan semua karyawan dalam satu ruangan atau bisa juga dilakukan di tempat kerja mereka. Arahkan salah satu karyawan untuk mengucapkan satu kata.

Setelah itu, karyawan selanjutnya harus menyebutkan setiap kata yang sebelumnya sudah di ucapkan dan mengatakan satu kata sampai berhasil membuat satu kalimat. Bila ada yang salah dalam menyebutkan kata, maka orang tersebut harus diberikan hukuman.

Permainan ini akan mampu melatih daya konsentrasi dan juga daya ingat para karyawan.

3. Games ‘Bos Berkata’

Dalam permainan ini, setiap karyawan akan dilatih agar bisa menyimak dan juga berkonsentrasi pada 1 perintah suara saja. Permainan ini memerlukan satu orang pemandu yang berperan sebagai raja.

Cara bermainnya adalah dengan menunjuk satu orang yang berperan menjadi bos lalu memberikan satu perintah tertentu. Karyawan akan diminta untuk melakukan perintah dari bos bila hanya di awal tersebut memiliki kata bos berkata. Contohnya seperti “bos berkata pegang telinga” maka karyawan harus memegang telinganya.

Jika perintah tersebut tidak diawali dengan kata “Bos berkata” maka karyawan tersebut tidak boleh melakukan perintah yang dikatakan bos.

4. Siapa Dia

Permainan ice breaking adalah permainan yang akan membuat karyawan setiap rekan kerja lebih mengenal antara satu sama lain.

Cara memainkannya adalah dengan mengajak seorang karyawan untuk memperkenalkan nama dan divisi tempatnya bekerja. Lalu, karyawan selanjutnya akan diminta untuk menyebutkan nama dan divisi karyawan sebelumnya lalu disambungkan dengan memperkenalkan nama dan divisinya juga.

Bila ada salah seorang karyawan yang tidak mampu menyebutkan nama rekan kerja ataupun divisinya, maka dia harus bertanya pada karyawan tersebut secara langsung.

5. Rumus Benar-Salah

Permainan ice breaking ini akan lebih mengandalkan satu orang yang berperan sebagai pemandu dan akan melatih tingkat konsentrasi karyawan.

Cara memainkannya adalah dengan fokus pada rumus benar-salah. Satu orang yang ditunjuk akan memandu permainan dan menerangkan permainan ini. setiap karyawan akan diminta untuk menghadap pada pemandu yang ada di depan.

Jika pemandu tersebut mengatakan “buka tutup”, maka setiap karyawan harus menjawabnya dengan kata “buka-buka” kenapa? karena rumus permaian ini adalah “benar-salah”. Setiap pemandu berhak mengganti rumusnya sesuai keinginan, untuk itu permainan ini akan melatih konsentrasi karyawan.

6. Berhitung

Permainan berhitung ice breaking adalah permainan yang tidak meminta karyawan untuk menyelesaikan soal matematika, namun akan meminta karyawan untuk mengganti angka dengan kelipatan dua menjadi kata door.

Cara memainkannya, kumpulkanlah semua karyawan dalam satu karyawan dalam pandu mereka untuk mengikuti instruksi. Pinta mereka untuk mulai menghitung dari angka 1, namun jika ada angka yang mempunyai kelipatan dua, maka harus diganti dengan “door”.

Contohnya seperti karyawan pertama akan diminta berhitung dari angka satu dan karyawan selanjutnya diminta untuk mengucapkan kata “door”, lalu karyawan selanjutnya bisa melanjutkan hitungan. Pemandu bisa dengan bebas mengubah angka kelipatan, seperti tiga atau empat.

7. Kata Kunci

Tujuan dari permainan kata kunci ice breaking adalah untuk menguji tingkat ketelitian karyawan dengan mendengarkan cerita dari pihak pemandu dan mendengarkan kata kunci yang sudah disebutkan oleh pemandu.

Cara memainkannya, berikanlah perintah pada satu orang karyawan untuk menghadap ke pemandu yang akan bercerita. Sebelumnya, pemandu harus memberikan suatu kata kunci yang jika disebutkan para karyawan harus menjawab “bisa, bisa yes”

Contohnya kata kuncinya adalah “berkembang”, maka pada setiap kata tersebut diucapkan oleh pemandu, maka setiap karyawan harus bisa menjawab kata kunci yang sebelumnya sudah diarahkan.

8. Mengisi Tic Tac Toe

Permainan tic tac toe ice breaking adalah permainan yang dimainkan dalam selembar kertas dan dilakukan oleh dua orang saja. Namun agar bisa dimainkan dalam ice breaking, maka permainan ini bisa diubah agar bisa diikuti oleh banyak orang.

Cara memainkannya adalah dengan membagi dua kelompok menjadi kelompok X dan kelompok O yang berjumlah 5 sampai 6 orang. Mintalah satu orang sebagai juru bicara pada setiap kelompok, dan orang tersebut harus menyiapkan tabel tic tac toe yang ada di papan tulis atau pada suatu kertas.

Untuk bisa mengisi tabel ini, maka setiap kelompok harus menjawab setiap soal yang diberikan oleh pemandu. Kelompok yang paling cepat dan mampu menjawab dengan benar dipersilahkan untuk mengisi tabel sesuai nama kelompok yang diberikan.

Pemenang dari permainan ini adalah kelompok yang sudah berhasil mengisi tabel secara horizontal, diagonal, ataupun vertikal.

9. Ucapkan Objek

Permainan ucapkan objek ini adalah permainan yang mewajibkan setiap pesertanya untuk menyebut suatu objek yang sudah ditentukan.

Cara memainkannya adalah dengan mengumpulkan semua karyawan terlebih dahulu. Setelah itu, para pemandu akan menyebutkan sebuah objek yang selanjutnya para karyawan harus bisa menyebutkan komponen yang terdapat di dalam objek tersebut.

Contohnya pemandu menyebutkan objek hewan, maka setiap karyawan harus menyebutkan nama-nama hewan, seperti kelinci, kucing, jerapah, singa, dll.

Setiap karyawan harus menyebutkan nama objek sesuai dengan huruf akhir yang disebutkan oleh karyawan sebelumnya. Contohnya karyawan pertama menyebut hewan kucing, maka orang selanjutnya harus menyebut nama hewan yang diawali dengan huruf G, seperti Gajah.

Waktu yang diberikan untuk mengucapkan objek tersebut harus singkat, seperti 5 atau 10 detik.

10. Bercermin

Permainan ice breaking bercermin adalah permainan yang akan menyampaikan pesan yang disampaikan dari pergerakan yang nantinya akan dilakukan.

Cara memainkannya adalah dengan membuat dua kelompok menjadi kelompok bayangan dan kelompok objek yang di dalamnya berisi 3 hingga 5 orang.

Tunjuklah satu orang pada setiap kelompok untuk menjadi bayangan dan juga objek cermin. Nantinya, pemandu harus memberikan sebuah pesan yang berisi suatu kegiatan sehari-hari.

Misalnnya, pemandu akan memberikan pesan “minum kopi panas”, nah kelompok objek harus bisa melakukan gerakan layaknya orang yang sedang minum secangkir kopi panas lengkap dengan ekspresinya.

Perwakilan dari kelompok bayangan harus mampu mengikuti gerakan pihak kelompok objek dan juga harus menjawab pesan yang saat itu sedang dilakukan dari kelompok bayangan.

Baca juga: Apa itu Coaching Leadership dan Kapan Menggunakan Gaya Kepemimpinan Ini?

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang ice breaking. Jadi, ice breaking adalah suatu kegiatan yang dilakukan agar bisa mencairkan suasana yang ada dan umumnya dilakukan di kegiatan seminar, lingkungan kantor ataupun organisasi.

Dengan melakukan kegiatan ini, maka setiap karyawan tidak akan merasa jenuh dan bisa lebih semangat dalam melakukan tugasnya. Sehingga, tingkat produktivitas mereka akan meningkat dan memberikan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan.

Namun, hal penting yang harus dilakukan perusahaan adalah dengan selalu mencatat setiap keuntungan tersebut pada laporan laba rugi. Tapi, membuat laporan laba rugi secara manual hanya akan membuang banyak waktu dan rentan terjadi kesalahan. Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan software akuntansi ini, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa diakses dimana saja secara otomatis, cepat, dan juga tepat. Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis secara mudah dan efisien.

Tertarik? Silahkan coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate1