Lead Adalah: Pengertian dan Cara Ampuh Mendapatkan Lead

Pada dasarnya, lead adalah orang yang sudah terindikasi dengan produk ataupun layanan dari perusahaan Anda, baik itu karena cara Anda memasarkannya ataupun karena kualitas dari produk atau layanan Anda.

Sebagai contoh sederhana, Anda bisa melakukan survey online untuk bisa mengetahui lebih banyak informasi terkait cara merawat mobil. Lalu, Anda menerima email dari perusahaan mobil yang melakukan survey dari website mereka terkait bagaimana cara mereka untuk bisa membantu Anda dalam merawat mobil.

Untuk itu, tidak akan mungkin bagi mereka untuk menghubungi Anda begitu saja tanpa harus mengetahui bila Anda tertarik dengan kegiatan pemeliharaan mobil.

Perusahaan mobil tentang Anda dari jawab survey akan turut membantu mereka untuk menjadi lebih kenal dalam hal membuka komunikasi dalam memenuhi keperluan dari klien yang dianggap potensial.

Banyak ahli marketing di sekitar kita yang membagikan tips tentang cara meningkatkan lead, termasuk cara dan juga media yang paling ampuh untuk bisa menemukan pelanggan potensial.

Media sosial menjadi suatu media yang sangat penting saat kita membahas tentang cara terbaik dalam meningkatkan lead dan penjualan ataupun menemukan pelanggan baru.

Namun, suatu penelitian menemukan bahwa platform media seperti halnya Facebook, Twitter, linkedin, dan pinterest ternyata tidak terlalu efektif dalam menghasilkan lead sales yang berkualitas tinggi.

Disisi lain, walaupun trade show dan juga webinar tergolong baik untuk suatu organisasi ataupun perusahaan tertentu, namun lebih banyak masyarakat yang menyukai linkedIn dan Facebook. Namun intinya, saat kita membahas tentang lead generation, maka tidak ada satu metode pun yang bisa cocok dan sesuai untuk dijalankan oleh semua perusahaan.

Lantas, bagaimana cara terbaik dalam menentukan metode atau media apa yang paling bagus untuk bisa mendapatkan pelanggan baru? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang lead ini hingga selesai.

Pengertian Lead Adalah

Jadi, sederhananya lead adalah mereka yang memiliki potensi yang besar untuk bisa diproses menjadi pelanggan. Umumnya, mereka akan diminta untuk bisa meninggalkan kontak tertentu agar bisa dihubungi secara leluasa. Dengan bekal kontak itulah perusahaan bisa mengirimkan informasi terkait promo ataupun perilisan suatu produk baru.

Tapi, lead tidak bisa diperoleh dengan mudah. Anda memerlukan lead generation agar mampu memperoleh lead yang lebih berkualitas. Jadi, lead generation adalah suatu proses menarik banyak orang dan memprosesnya menjadi pelanggan Anda. Beberapa cara dalam memperoleh lead generation adalah dengan lewat blog, freebies, kupon dll.

Baca juga: Aspek Pemasaran, Faktor Penting Keberhasilan Perusahaan

Cara Ampuh untuk Mendapatkan Lead Adalah

Setelah kita memahami bersama tentang apa pengertian leads, maka saat ini kita harus mengetahui cara terampuh dan terbaik untuk memperoleh leads. Cara terampuh untuk memperoleh lead adalah sebagai berikut:

1. Membuat Landing Page

Landing page adalah suatu halaman khusus pada website perusahaan Anda yang memiliki isi berbentuk form untuk bisa mengumpulkan leads. Umumnya, halaman ini juga berisi informasi lengkap terkait produk ataupun bisnis yang ditawarkan perusahaan.

Dengan membuat landing page, Anda bisa mendapatkan leads yang banyak. Dengan bekal website yang memiliki halaman khusus, maka upaya Anda dalam memperoleh leads akan menjadi tampak elegan.

Selain itu, Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan lead secara terus menerus. Kenapa? Karena landing page Anda akan terus ada di website tanpa adanya batasan waktu. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengarahkan setiap audiens untuk mengunjungi website dan landing page Anda.

Strategi ini juga dinilai sangat fleksibel untuk bisa digabungkan dengan cara memperoleh leads lainnya.

2. Membagikan Ebook

Anda bisa memperoleh leads dengan cara membuat ebook dan membagikannya secara gratis kepada pelanggan potensial Anda. Metode ini menjadi metode yang paling banyak digunakan oleh bisnis B2B.

Hal tersebut dikarenakan bisnis B2B umumnya tidak akan terjadi dalam satu kali pertemuan saja, dan karena transaksi bisnis di dalamnya sangatlah besar. Sehingga, diperlukan waktu yang agak lama agar pembeli yakin dan suap untuk membeli ataupun menggunakan layanan dari perusahaan.

Ebook bisa menjadi seperti “oleh-oleh” untuk calon pelanggan potensial Anda. Dengan membagikan ebook, Anda bisa meninggalkan kesan sebagai bisnis yang terpercaya, paling ahli dan juga mempunyai reputasi yang bagus. Terlebih lagi, bila Anda memiliki sifat bisnis yang sangat teknis.

Sehingga, setiap calon pelanggan bisa memperoleh nilai tambah dan juga pengetahuan baru terkait bisnis yang Anda jalankan. Agar ebook Anda bisa lebih diminati oleh para calon pelanggan potensial Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Pilihlah topik yang lebih spesifik. Jika Anda mempunyai beberapa lini produk maupun layanan, maka jangan terburu-buru untuk memasukkan seluruh topik yang berkaitan dengan satu buku. Hal ini dilakukan agar Anda bisa memperoleh lead dalam jumlah yang lebih banyak dan juga lebih spesifik.
  • Buatlah outline untuk memetakan konten ebook. Agar konten yang ditulis bisa lebih mudah untuk dipahami pembaca, maka pastikanlah untuk memetakan konten secara urut, logis, dan baik.
  • Desain ebook dengan tampilan yang menarik. Tampilan ebook yang menarik akan mampu membantu pembaca dalam menikmati konten yang Anda sajikan.
  • Tambahkanlah beberapa elemen dekoratif pada ebook. Tempatkanlah gambar, foto, quote, data, diagram atau elemen apapun untuk menambah estetika. Akan lebih baik lagi bila Anda mengubah seluruh elemen dekoratif tersebut guna membantu pembaca dalam memahami konten ebook.

Jika Ebook Anda sudah mampu memenuhi elemen di atas, Anda hanya tinggal mempromosikannya saja, dan Anda akan memperoleh lead dari mereka yang berminat pada ebook Anda.

3. Freebies

Freebies adalah sebuah konten yang sengaja dibuat dan dibagikan dengan gratis. Namun, konten ini berbeda dengan blog atau video. Freebies ini biasanya bisa didownload dan juga di print di atas kertas, seperti worksheet, checklist, ebook, panduan singkat, ebook, poster, dan masih banyak lagi.

Bila dibandingkan dengan cara memperoleh leads melalui ebook, maka freebies ini bisa dibilang lebih efektif lagi. Karena, Anda bisa membuat suatu konten dalam kurun waktu yang lebih singkat. Pastinya, format konten seperti ini juga akan lebih menghemat tenaga.

Karena, Anda bisa lebih menghabiskan sisa waktu dan tenaga ANda untuk memperoleh lalu lintas lead yang lebih berkualitas lagi.

4. Buat Konten Premium

Jika Anda memiliki konten yang berkualitas super dan memiliki basis massa yang loyal, maka Anda bisa membuat konten premium. Cara ini dijamin akan mampu mendatangkan lead yang berkualitas tinggi. Karena, mereka sudah sesuai dengan target pasar Anda.

Strategi seperti ini sebenarnya lebih banyak dilakukan oleh beberapa portal berita dan juga majalah online. Khususnya oleh media yang berbasis di luar negeri atau yang sudah memiliki jaringan internasional. Namun, belum banyak dilakukan di Indonesia.

5. Beri Opsi Subscribe Konten

Metode ini wajib untuk Anda coba, terutama untuk Anda yang sudah menjalankan blog untuk berbisnis. Dengan cara memberikan update konten eksklusif, maka Anda akan memperoleh nama dan juga alamat email setiap pengunjung secara mudah.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan form subscribe pada setiap halaman konten blog Anda. sehingga, setiap pengunjung nantinya akan selalu ditawari untuk subscribe blog. Jadi, kemungkinan untuk bisa memperoleh leads juga akan semakin besar.

6. Sediakan Live Chat Di Website

Fitur live chat juga ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kredibilitas suatu bisnis dan tidak sekedar memberikan kemudahan bagi pembeli untuk bisa menghubungi Anda. terdapat alasan lain yang mengharuskan Anda untuk menambahkan fitur ini pada website Anda. Karena, fitur ini juga mampu menambah leads Anda, terutama bila Anda menyediakan form kontak.

7. Manfaatkan Media Sosial 

Usaha untuk bisa memperoleh leads juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan juga Instagram. Syaratnya adalah Anda harus memiliki nilai tambah ataupun konten eksklusif yang mampu menarik calon pelanggan.

Setelahnya, Anda bisa membuat suatu konten pengumuman di media sosial. Isi dari konten tersebut bisa menginformasikan bahwa Anda ingin membagikan sesuatu konten eksklusif secara gratis. Caranya, mereka hanya harus memberikan alamat emailnya.

Bila Anda ingin memperoleh leads yang lebih banyak, Anda hanya harus menambahkan persyaratan tertentu. Strategi seperti ini sudah banyak digunakan oleh para perusahaan besar untuk memperoleh banyak lead.

Baca juga: Pemasaran Holistik: Pengertian, keunggulan, dan cara menerapkannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang lead. Jadi, bisa kita simpulkan bersama bahwa lead adalah mereka yang memiliki potensi yang besar untuk bisa diproses menjadi pelanggan.

Cara terbaik dan terampuh untuk meningkatkan lead adalah membuat landing page, membagikan ebook, membagikan freebies, membuat konten premium, memberikan opsi subscribe konten, menyediakan live chat di website, dan memanfaatkan media sosial.

Anda bisa mengkombinasikan cara diatas agar bisa mendapatkan lead secara maksimal. Sehingga, keuntungan bisnis perusahaan Anda akan meningkat dengan cepat.

Namun, jangan lupa untuk mencatat keuntungan tersebut pada laporan keuangan Anda. Kenapa? karena jika Anda tidak mencatatnya secara akurat dan rapi pada laporan laba rugi, maka Anda tidak akan mengetahui berapa keuntungan dan kerugian yang sudah Anda peroleh.

Agar bisa memudahkan Anda dalam membuat laporan laba rugi, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Software Akuntansi ini akan membantu Anda menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fitur yang lengkap dari Accurate Online yang tentu saja akan semakin memudahkan kegiatan Anda dalam berbisnis.

Seluruh keunggulan dari Accurate Online ini bisa langsung Anda nikmati secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate1