Pemasaran Holistik: Pengertian, Keunggulan, dan Cara Menerapkannya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pemasaran adalah ujung tombak di dalam suatu perusahaan. Strategi pemasaran sendiri pada umumnya memiliki banyak sekali jenis. Salah satu adalah konsep pemasaran holistik.

Sebagai seorang pebisnis, seharusnya Anda sudah memahami tentang konsep pemasaran holistik yang mungkin bisa anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Untuk itu, dalam kesempatan kali ini mari kita bahas secara lengkap tentang konsep pemasaran holistik ini.

Pengertian Pemasaran Holistik

Pada dasarnya, konsep pemasaran adalah suatu ide, filosofi, dan juga cara yang digunakan oleh suatu bisnis untuk bisa mengidentifikasi dan juga memenuhi keperluan setiap pelanggannya, yang mampu menguntungkan pelanggannya, dan juga perusahaan penjual tersebut.

Caranya cukup sederhana, konsep pemasaran adalah sesuatu yang dibuat atau di desain sebelum melakukan aktivitas penjualan. Jadi, konsep pemasaran adalah sesuatu yang sangat vital dalam hal menentukan keberhasilan penjualan pada suatu produk ataupun jasa.

Sedangkan pengertian dari pemasaran holistik adalah suatu cara pemasaran yang menyatukan pengembangan, desain, implementasi dan rangkaian kegiatan pemasaran pada umumnya.

Pengertian lain dari konsep pemasaran holistik adalah suatu konsep pemasaran yang mampu mempertimbangkan bisnis secara lebih menyeluruh, bukan sebagai suatu entitas dengan berbagai bagian yang berbeda-beda.

Jadi, bisa kita tarik kesimpulan bahwa pemasaran holistik adalah suatu strategi pemasaran yang diciptakan dengan menggunakan seluruh unsur bisnis yang ada di dalam suatu perusahaan. hal yang membedakan konsep pemasaran holistik dengan konsep pemasaran lainnya adalah pada segi pendekatannya.

Di dalam konsep pemasaran holistik, pendekatan yang digunakan adalah berdasarkan bagaimana cara mengatasi masalah pemasaran yang sangat kompleks.

Secara prinsip, aktivitas pemasaran dan penjualan pada suatu perusahaan pasti akan saling berkaitan. Seluruh strategi pemasaran, termasuk di dalamnya konsep pemasaran holistik memiliki tujuan dalam meningkatkan penjualan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh pihak perusahaan kepada pembeli.

Contoh pemasaran yang sangat mudah untuk ditemui adalah susu Anlene yang mengajak setiap masyarakat untuk berjalan sebanyak 10 ribu langkah sambil memasarkan produknya.

Contoh pemasaran holistik lainnya adalah perusahaan air minum Aqua yang mendonasikan Rp 10 untuk setiap 1 liter produk air yang sudah mereka jual, yang mana donasi tersebut akan diberikan pada desa yang kesulitan memperoleh air bersih.

Terakhir, ada Perusahaan Taksi Blue Bird yang memberikan penghargaan kepada supir yang sudah bekerja diatas lima tahun.

Baca juga: User Generated Content (UGC), Pengertian dan Tips Menjalankan UGC

Pilar Pemasaran Holistik

Setidaknya ada empat pilar yang menjadi komponen utama dalam pemasaran holistik, yakni:

  • Relationship Marketing (Hubungan Pemasaran)

Tujuan dari konsep pemasaran holistik adalah untuk mengembangkan hubungan jangka panjang dan juga mendalam yang saling memuaskan dengan para konstituen utama, agar bisa memperoleh dan mempertahankan bisnisnya.

  • Integrated Marketing (Pemasaran Terintegrasi) 

Integrasi yang baik akan terjadi saat perusahaan membuat suatu kegiatan dan menyusun program pemasaran untuk bisa diciptakan, berkomunikasi dan juga memberikan nilai untuk konsumennya.

Karena di dalamnya menggabungkan seluruh unsur pemasaran, maka nilai yang akan diberikan ke konsumen pun nantinya akan menjadi lebih besar dan juga lebih menarik.

  • Internal Marketing (Pemasaran Internal)

Komponen internal memiliki tugas untuk melatih, merekrut, dan memberikan motivasi agar setiap karyawan mampu memberikan pelayanan yang baik dengan konsumennya. Perusahaan harus lebih fokus ke dalam perusahaan karena sumber daya yang kompeten adalah aset perusahaan yang sangat berharga.

  • Performance Marketing (Kinerja Pemasaran) 

Performa pemasaran pada suatu pemasaran tidak hanya bisa diukur dari pendapatan saja, namun juga bisa dengan memeriksa scorecard pemasaran dan menyimpulkan apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Adapun performa yang dinilai di dalamnya meliputi pangsa pasar, kepuasan pelanggan, kualitas produk dan juga hukum sosial, etika, dan lingkungan dari suatu aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Keunggulan Pemasaran Holistik

Konsep dari pemasaran holistik ini menjadi salah satu yang paling sering digunakan untuk perusahaan, karena di dalamnya memiliki berbagai kelebihan, yang diantaranya adalah:

1. Menyelaraskan Produk Dengan Pasar

Pemasaran holistik akan sangat berguna untuk membuat produk dan pasar yang berjalan secara beriringan. Produk yang dipasarkan tentu harus sesuai dengan keperluan pasar saat itu agar mampu meningkatkan kemungkinan kesuksesan penjualan.

Baik itu menggunakan strategi pemasaran langsung ataupun tidak langsung, produk yang sudah selaras dengan pasar akan menjadi lebih mudah dan diterima kehadirannya oleh konsumen.

2. Konsep Pemasaran Holistik Bisa Mengeksplorasi Nilai Produk

Maksud dari poin ini adalah pemasaran holistik akan mampu mengeksploitasi nilai produk secara lebih menyeluruh. Aktivitas eksploitasi tersebut mencakup sistem online, periklanan, hubungan masyarakat, dll.

Tujuan dari adanya eksplorasi nilai produk ini adalah untuk bisa membangun pola pikir yang sama pada profile ataupun karakter produk yang nantinya akan dipasarkan.

3. Memiliki Durasi Waktu yang Ideal

Pemasaran dalam hal ini mempunyai sifat yang lebih ideal. Artinya, durasi penerapannya bisa dimodifikasi dengan mudah. Setidaknya ada dua jenis durasi yang terdapat di dalam pemasaran ini, yakni durasi sementara dan permanen.

Dengan cara memperhatikan siapa saja yang akan dituju, maka penerapan pemasaran ini akan bisa diatur secara lebih mudah, bahkan dalam sekali proses pun mampu menjangkau lebih banyak konsumen sekaligus.

Akan menjadi lebih baik lagi bila dalam durasi tersebut tidak melupakan dan membahas terkait sisi dalam dari bisnis yang sedang dijalankan. Pebisnis harus bisa memastikan karyawannya sudah merasa puas dengan kondisi kerja yang dijalankan selama ini.

4. Melibatkan Hubungan Manajemen dengan Masyarakat

Pemasaran masyarakat ini dilakukan agar bisa menciptakan suatu produk bisnis yang sesuai dengan kehidupan masyarakat. Nantinya diharapkan akan tercipta produk yang mampu mendukung keseharian masyarakat, seperti produk yang ramah lingkungan.

Kelebihan ini akan bisa dirasakan secara luas oleh masyarakat. Kabar  tersebut akan bisa kita perhatikan pada media yang ada disekitar Anda. Untuk itu, pebisnis yang baik adalah mereka yang bisa hidup ke dalam kehidupan masyarakat. Seperti dengan dikemas dalam bentuk tanggung jawab sosial.

5. Merupakan Investasi Jangka Panjang

Menerapkan pemasaran holistik harus berpikir dengan jangka panjang. Hal penting lainnya adalah terkait investasi. Untuk itu, cobalah untuk membangun hubungan relasi yang baik dan rutin, sehingga akan bisa menjadi pelanggan tetap yang nantinya akan membantu usaha yang Anda miliki.

Investasi harus berdasarkan pada tingkat kepercayaan dan harus bisa bertahan dalam kurun waktu yang lama. Dalam pemasaran holistik, kelebihan tersebut adalah hasil dari pemasaran hubungan.

Pemasaran hubungan adalah tentang bagaimana menjalin hubungan yang baik atau kerjasama jangka panjang dan menargetkan pemasaran pada mereka yang memiliki tingkat kepentingan yang tinggi. Hal ini dilakukan agar bisa menambah referensi untuk para marketer.

Cara Menerapkan Pemasaran Holistik

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan pemasaran holistik adalah sebagai berikut:

1. Membentuk Tim Pemasaran

Bentuklah tim pemasaran yang terdiri dari beberapa individu. Tim pemasaran ini harus diisi dengan mereka yang mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, karena mereka adalah ujung tombak perusahaan. mereka juga harus bisa mendukung divisi lainnya, kenapa? karena dalam proses pelaksanaannya mereka akan saling berhubungan.

2. Merumuskan Konsep Pemasaran Holistik

Langkah selanjutnya adalah menyusun aktivitas ataupun program pemasaran yang akan dikerjakan. Program harus bisa dibuat secara lebih detail agar jelas dan tidak terjadi salah tafsir untuk menghindari kesalahpahaman yang nantinya mungkin akan terjadi.

3. Melakukan Pengkajian Kebutuhan

Setelah program sudah ditentukan, maka Anda harus mengkaji kembali apa saja yang sebenarnya anda perlukan. Pengkajian ini harus bisa dilakukan secara detail, seperti menampilkan harga, satuan, sumber barang, dll.

Tujuanya adalah agar dalam pelaksanaannya tidak menimbulkan kebingungan. Pengkajian ini juga meliputi kondisi internal, seperti pelatihan dan juga penghargaan pada karyawan yang berprestasi. Jadi, pengkajian harus bisa dilakukan secara lebih menyeluruh dan mendalam.

4. Mengidentifikasi Keterlibatan Lingkungan

Selanjutnya, Anda harus bisa mengidentifikasi keterlibatan lingkungan dalam program yang dibuat. Dengan melakukan hal tersebut, maka aktivitas pemasaran akan mampu memberikan hasil yang lebih efektif. Anda bisa mengadakan suatu kegiatan sosial, menyumbangkan peralatan, melakukan kunjungan pada masyarakat sekitar, dll.

5. Mengawasi dan Mengevaluasi Jalannya Pemasaran

Tahap terakhir adalah melakukan pengawasan dan juga evaluasi pada jalannya pemasaran tersebut. Cobalah untuk mencari tahu apa yang kurang dan juga harus diperbaiki dari kegiatan pemasaran yang dilakukan. Lakukan evaluasi ini agar bisa membuat pemasaran holistik yang lebih baik lagi di masa depan.

Baca juga: Newsletter Adalah: Pengertian, dan Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakannya

Penutup

Sebagai seorang pebisnis, ada baiknya Anda memahami konsep pemasaran holistik ini agar bisa diterapkan dalam aktivitas bisnis Anda.

Selain dari sisi pemasaran, agar bisa membantu bisnis Anda menjadi lebih berkembang, maka finansial usaha Anda juga harus dikelola secara lebih baik. Nah, agar laporan keuangan Anda bisa dibuat lebih cepat dan juga lebih mudah, disarankan Anda berlangganan software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan membantu Anda menyiapkan lebih dari 200 lebih laporan keuangan dengan beragam fiturnya yang sangat lengkap. Selain itu, Anda bisa mengaksesnya dengan mudah dimana saja dan kapan saja, karena software akuntansi ini dikembangkan dengan cloud-system.

Seluruh fitur tersebut dapat Anda nikmati secara gratis selama 30 hari dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.

accurate berhenti membuang waktu