5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Mudah

oleh | Okt 3, 2023

source envato.

5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Mudah

Meningkatkan kepuasan pelanggan pastinya merupakan sebuah misi utama dari seluruh perusahaan atau bisnis.

Pada kesempatan ini, akan dibahas cara meningkatkan kepuasan pelanggan. Semakin puas pelanggan, maka akan semakin bagus pula pelayanan dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Pelanggan yang puas akan mencerminkan tolak ukur keberhasilan atau kesuksesan dari suatu bisnis. Dengan terus meningkatkan kepuasan pelanggan, sebuah perusahaan atau bisnis pastinya berkesempatan untuk meraih lebih banyak pelanggan.

Lakukan Hal Ini sebagai Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

ilustrasi cara meningkatkan kepuasan pelanggan. source envato

Untuk itu, wajar jika kepuasan pelanggan adalah hal yang diutamakan dalam sebuah bisnis. Lagipula, pelanggan yang puas ini tak hanya berpotensi akan kembali menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan saja.

Melainkan berpotensi mengajak orang sekitarnya untuk menggunakan jasa atau produk yang sama juga. Ada banyak langkah yang bisa dilakukan oleh perusahaan, berikut merupakan beberapa cara meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca juga : Pasar Monopoli : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Ciri, dan Contohnya

1. Memberikan Fasilitas dan Pelayanan dengan Lebih Ekstra

Fasilitas dan layanan ekstra

ilustrasi cara meningkatkan kepuasan pelanggan. source envato

Ada beragam jenis pelayanan yang bisa ditawarkan oleh sebuah bisnis, dan hal ini tergantung pada jenis bisnis yang dijalankan.

Dari banyaknya jenis bisnis yang sudah ada, bisa disimpulkan bahwa fasilitas yang didapat langsung oleh pelanggan lah yang mengambil peran.

Membership adalah salah satu cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang sudah banyak dicoba oleh perusahaan. Sistem membership ini berupa sistem keanggotaan yang sifatnya akan memberikan diskon atau promosi khusus bagi pelanggan yang memilikinya.

Anda bisa menambahkan fasilitas dari membership ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Fasilitas lebih ini bisa apa saja, semisal free product, diskon khusus untuk beberapa produk, dan lain sebagainya.

2. Pelayanan yang Jelas dan Tidak Bertele-Tele

Ini biasanya berlaku untuk perusahaan yang menawarkan jasa. Ada perusahaan jasa yang sepertinya belum berani mengatakan tidak di saat tidak bisa memenuhi permintaan pelanggannya.

Meskipun terdengar mengecewakan di awal, perusahaan disarankan untuk berani berkata tidak atau tak sanggup jika memang begitulah keadaannya.

Tidak apa-apa untuk mengatakan hal ini di awal, karena tak semua permintaan pelanggan bisa dikabulkan oleh perusahaan.

Jika di awal perusahaan tidak berani berkata tidak padahal tak bisa memenuhinya. Hal ini dapat berujung dengan menurunnya tingkat kepuasan pelanggan ketika pelanggan sudah menyadarinya dan akhirnya sebuah harapan palsu saja yang mereka terima.

3. Berada Dekat dengan Pelanggan

Dekat dengan Pelanggan

ilustrasi cara meningkatkan kepuasan pelanggan. source envato

Apapun layanan yang ditawarkan perusahaan,  berada dekat dengan pelanggan dapat menjadi cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang efektif.

Pelanggan dapat menjangkau layanan bisnis kita dengan mudah. Terlebih, jika perusahaan memiliki tim yang sanggup mendatangi pelanggan atau berada dekat dengan pelanggan maka ini menjadi poin plus.

Pelanggan tidak akan kesulitan untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka inginkan, dan bagi perusahaan sendiri hal ini bisa dijamin memberikan keuntungan berkali-kali lipat. Meskipun demikian, perusahaan tetap disarankan untuk profesional dalam pendekatan ini.

Baca juga: Pengertian Customer Validation dan 8 Pendekatan Efektifnya

4. Menerima Saran dan Menampung Keluhan Pelanggan

Pelanggan pasti akan mengatakan yang sejujurnya terkait produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.

Terkadang komplain pelanggan akan produk atau jasa yang ditawarkan terkesan mengesalkan, namun justru dengan keluhan perusahaan bisa mengetahui hal apa yang diinginkan oleh pelanggan sehingga dapat menjadi cara meningkatkan kepuasan pelanggan.

Jika terkabul sudah, pastilah produk atau jasa yang ditawarkan ini akan menjadi lebih baik dan berpotensi mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Tak hanya keluhan saja, saran dari pelanggan pun juga seyogyanya didengarkan dan diterima. Karena saran inilah yang bisa membangun perusahaan menjadi perusahaan yang lebih baik di kemudian hari.

5. Meningkatkan Kualitas Produk Atau Jasa

Hal terakhir yang bisa dikerjakan oleh perusahaan sebagai cara meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan menjaga atau meningkatkan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Pelanggan yang memang sudah berlangganan produk atau jasa pastinya akan kecewa jika suatu saat ia menemukan produk atau jasa ini menjadi semakin buruk, ini adalah satu hal yang pasti.

Oleh karena itu, produk atau jasa yang ditawarkan harus terus dijaga kualitasnya. Akan lebih baik lagi jika produk atau jasa yang ditawarkan ini ditingkatkan kualitasnya.

6. Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Program loyalitas adalah sebuah program yang diadakan oleh perusahaan dengan memberikan benefit khusus bagi para pelanggan dengan kriteria tertentu yang dapat menguntungkan bisnis.

Dengan membuat program loyalitas, bisnis dapat meningkatkan pendapatan dengan mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitasnya. Hal ini dilakukan dengan banyak hal salah satunya dengan memberikan promosi secara khusus untuk pelanggan tertentu.

Membuat program loyalitas bukanlah hal yang mudah, tapi tenang Anda tidak perlu bingung-bingung membuat program sendiri, Anda dapat menggunakan Aplikasi Bliss Loyalty Program yang berbentuk aplikasi smartphone sehingga mudah digunakan dan disimpan pelanggan.

Baca juga: Fitur Unggulan Aplikasi Loyalty Program untuk Mempertahankan Pelanggan

Kesimpulan

Lima cara di atas adalah cara sederhana yang dapat Anda lakukan sebagai cara meningkatkan kepuasan pelanggan yang bermanfaat bagi bisnis Anda.

Semakin tinggi kepuasan pelanggan, semakin besar pula potensi perusahaan mendapat pemasukan yang lebih baik. Jika itu sudah terjadi, langkah selanjutnya adalah Anda mencatat semua keuntungan dan pengeluaran secara terperinci pada pembukuan yang benar.

Mengalami kesulitan menggunakan pembukuan yang benar, atau membuat laporan keuangan? Anda bisa mencoba Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online.

Hanya dengan 200 ribu perbulan Anda bisa merasakan semua fitur terbaik yang tidak akan Anda dapatkan pada software akuntansi lain seperti penghitungan pajak terlengkap, penghitungan aset, penghitungan gaji, dan masih banyak lagi fitur Accurate Online.

Tertarik menggunakan Accurate Online untuk pembukuan bisnis yang lebih baik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah!

marketingmanajemenbanner
sidebarPromo
Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait