Pasar Monopoli : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Ciri, dan Contohnya

Pengertian Pasar Monopoli

Perusahaan-perusahaan yang bisa menghidupi banyak hajat hidup masyarakat dengan produk yang mereka buat dan tidak ada pihak lain yang memproduksi atau menyainginya disebut sebagai pasar monopoli. Jadi bisa diartikan kalau pasar monopoli adalah sebuah perusahaan atau bentuk pasar yang hanya satu saja namun produk atau jasanya ini dibutuhkan atau digunakan banyak orang tanpa kompetitor di produk yang sama.

Dengan adanya satu perusahaan saja yang memproduksi produk atau jasa tersebut menjadikan pengendali pasar dan kemungkinan bisa menjadi pengendali harga.

Baca juga : Apa itu Aset? Berikut adalah Pengertian Aset dan Jenisnya dalam Bisnis

Kelebihan Pasar Monopoli

Kelebihan pertamanya adalah pasar jenis ini bisa melindungi hak kekayaan dari seorang individu saja yang mana ada potensi untuk mengembangkan inovasi yang juga dibutuhkan nantinya.

Selain itu, jenis pasar ini juga pemerintah bisa mengambil peran untuk melindungi sumber daya alam negara yang mana sangat dibutuhkan masyarakat. Pasar jenis ini dinilai bisa menjaga kestabilan ekonomi dan efisiensi sebuah produk atau jasa. Oleh karena itu, adanya perusahaan lain yang juga menawarkan produk atau jasa yang sama hanya akan membuat siklus ekonomi menjadi tidak stabil saja.

Kelebihan terakhir adalah perusahaan dengan jenis pasar ini tak perlu mengeluarkan banyak modal hanya untuk berpromosi. Hal ini dikarenakan produk atau jasa yang ditawarkan dekat dengan masyarakat dan sudah pasti dibutuhkan.

Kekurangan Pasar Monopoli

Konsumen dari pasar jenis ini tentunya tak memiliki pilihan lain selain membeli produk atau jasa tersebut, hal ini akhirnya membuat keuntungan terpusat untuk perusahaan yang menerapkan jenis pasar ini.

Perusahaan dengan jenis pasar ini dinilai bisa-bisa saja menaikkan harga jualnya karena pelanggan tak bisa berpindah ke perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhannya. Ada kemungkinan perusahaan tidak memberikan layanan secara efisien dan optimal karena perusahaan ini bisa mengurangi dan menetapkan harga jualnya.

Ciri Pasar Monopoli

Meskipun hadir dengan definisi yang cukup jelas dan bisa diartikan, namun ada beberapa ciri yang harus dipenuhi suatu pasar untuk bisa disebut sebagai pasar monopoli.

Ciri pertama adalah adanya satu produsen atau perusahaan yang bisa menarik daya beli banyak orang. Ini terjadi karena mau tidak mau orang harus membeli produk tersebut karena untuk memenuhi hajat hidup yang ada meskipun harganya mungkin merugikan.Kurva yang ada di pasar menyatakan hal yang sama dengan kurva yang ada di pasar monopoli.

Ciri lain dari jenis pasar ini antara lain perusahaan baru pasti akan menemukan hambatan jika harus membuat produk atau layanan yang serupa, produsen bisa menentukan harga jual sesuka hati, dan tidak ada barang pengganti yang bisa dipilih orang.

Baca juga : 5 Tips Evaluasi Kinerja Untuk Pengembangan Bisnis Berkelanjutan

Sebab Pasar Monopoli

Sejauh ini diketahui ada beberapa sumber atau sebab yang membuat pasar jenis ini telah berjalan di Indonesia. Sumber pertama adalah berasal dari hukum yang berlaku. Di negara kita ini ada sebuah perundangan yang mengatur perusahaan yang memproduksi atau memberikan layanan sebagai hajat hidup segenap masyarakat.

Pasar jenis ini juga bisa tercipta karena lisensi, yaitu ada sebuah hak cipta atau hak paten yang didaftarkan. Tak menutup kemungkinan juga ada hak lain yang membuat pasar jenis ini ada, yaitu hak kekayaan intelektual.

Selain hukum dan lisensi, pasar jenis ini juga bisa ada karena sebab alamiah, yaitu tercipta dengan sendirinya karena tidak ada pesaing atau industri lain yang lebih efisien untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebagaimana yang telah dijelaskan pada pengertian pasar.

Contoh Pasar Monopoli

Terdapat banyak contoh pasar monopoli yang ada di berbagai negara termasuk di Indonesia. Beberapa contoh perusahaan monopoli di Indonesia yang pasti pernah Anda gunakan adalah contohnya seperti layanan kereta api dari perusahaan KAI, menikmati layanan listrik dari PLN, atau layanan pesawat telepon dari Telkom.

Di luar negeri sendiri mungkin Anda akan akrab dengan Facebook, Google, atau Instagram yang memonopoli layanan media sosial, mesin pencari, dan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi lainnya.

Kesimpulan

Dengan mengetahui lebih jauh pasar monopoli, Anda bisa mencari kesempatan dalam membangun bisnis yang memiliki ruang lebih luas untuk bisnis Anda berkembang. Pilihlah pasar dimana belum ada perusahaan yang memonopoli suatu produk, akan lebih baik jika Anda yang membuat pasar pada produk yang Anda jual.

Baca juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis

Lakukan juga pembukuan yang benar pada bisnis Anda. Pembukuan yang baik akan membuat bisnis Anda menjadi lebih terencana dengan laporan keuangan yang berisikan arus keuangan perusahaan Anda.

Untuk solusi pembukuan yang mudah dan meminimalisir kesalahan pada penghitungan akhir, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi bisnis Anda. Accurate Online adalah software akuntansi buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis mulai dari UKM sampai perusahaan besar.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.