Pengertian Metode Periodic Review dan Manfaat Membuatnya

oleh | Jan 15, 2024

source envato.

Pengertian Metode Periodic Review dan Manfaat Membuatnya

Dalam era globalisasi ini, di mana kompetisi bisnis semakin ketat, pengelolaan rantai pasokan menjadi elemen kritis bagi kelangsungan operasional suatu perusahaan. Pemilihan metode yang tepat dalam mengelola persediaan menjadi langkah strategis yang tidak dapat diabaikan.

Salah satu pendekatan yang telah terbukti efektif adalah metode periodic review, sebuah sistem yang menggabungkan ketepatan analisis dengan efisiensi operasional.

Metode periodic review tidak hanya sekadar sebuah prosedur, melainkan suatu kerangka kerja yang mengharuskan organisasi untuk secara sistematis mengevaluasi persediaan pada interval waktu tertentu.

Dengan menggunakan pendekatan ini, perusahaan dapat meminimalkan risiko kekurangan atau kelebihan persediaan, mengoptimalkan biaya penyimpanan, dan meningkatkan respons terhadap perubahan pasar.

Gaya manajemen persediaan ini bukanlah sekadar tren sementara, melainkan suatu keharusan bagi perusahaan yang ingin tetap bersaing dalam pasar global yang dinamis.

Melalui artikel ini, kita akan menjelajahi metode periodic review dengan lebih mendalam, membahas keunggulan, strategi implementasi, dan dampak positifnya terhadap efisiensi operasional.

Pengertian Metode Periodic Review

Pengertian Metode Periodic Review

ilustrasi metode periodic review . source envato

Laman resmi LinkedIn menjelaskan bahwa metode periodic review, dalam konteks manajemen persediaan, merujuk pada pendekatan sistematis di mana evaluasi terhadap tingkat persediaan dilakukan pada interval waktu tertentu, bukan secara terus-menerus.

Dalam sistem ini, perusahaan secara berkala mengevaluasi dan menyesuaikan tingkat persediaan mereka sesuai dengan kebutuhan dan permintaan aktual.

Prinsip dasar dari Metode Periodic review adalah sebagai berikut:

  • Evaluasi Berkala: Persediaan tidak dievaluasi secara kontinu, melainkan pada waktu-tiap waktu tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Misalnya, setiap minggu, bulan, atau kuartal, tergantung pada kebutuhan dan karakteristik bisnis.
  • Penentuan Jumlah Pesanan: Pada saat evaluasi berkala, perusahaan menentukan jumlah pesanan baru berdasarkan analisis permintaan aktual, tingkat persediaan yang ada, dan faktor-faktor lain seperti lead time supplier.
  • Penyesuaian Persediaan: Setelah menentukan jumlah pesanan baru, persediaan disesuaikan sesuai dengan pesanan tersebut. Ini dapat melibatkan penambahan persediaan jika stok terlalu rendah atau pengurangan jika stok terlalu tinggi.
  • Optimasi Biaya: Metode ini bertujuan untuk mengoptimalkan biaya persediaan dengan menghindari kelebihan atau kekurangan persediaan yang dapat menyebabkan biaya penyimpanan yang tidak efisien atau hilangnya peluang penjualan.
  • Respons Terhadap Perubahan Pasar: Dengan melakukan evaluasi berkala, perusahaan dapat lebih responsif terhadap perubahan dalam permintaan pasar, tren konsumen, atau perubahan kebijakan bisnis.

Keuntungan dari Metode Periodic review melibatkan pengelolaan persediaan yang lebih efisien, pengurangan biaya penyimpanan, dan peningkatan responsibilitas terhadap dinamika pasar.

Namun, pendekatan ini juga membutuhkan perencanaan yang cermat dan analisis yang teliti untuk menentukan interval waktu yang optimal dan jumlah pesanan yang tepat.

Baca juga: Manajemen Logistik Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Komponen di Dalamnya

Manfaat Metode Periodic Review

Manfaat Metode Periodic Review

ilustrasi metode periodic review . source envato

Metode Periodic review memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan dalam manajemen persediaan mereka. Beberapa manfaat utama melibatkan efisiensi operasional, pengendalian biaya, dan responsibilitas terhadap perubahan pasar.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan Metode Periodic review:

1. Optimasi Persediaan

Metode ini membantu perusahaan untuk mengoptimalkan tingkat persediaan mereka. Dengan mengevaluasi persediaan pada interval waktu tertentu, perusahaan dapat menghindari kelebihan persediaan yang dapat menyebabkan biaya penyimpanan yang tinggi.

2. Pengendalian Biaya

Dengan mengurangi risiko kelebihan persediaan, Metode Periodic review membantu mengendalikan biaya penyimpanan dan potensial obsolesensi persediaan. Ini berdampak positif pada profitabilitas perusahaan.

3. Responsibilitas Terhadap Permintaan Pasar

Metode ini memungkinkan perusahaan untuk lebih responsif terhadap perubahan dalam permintaan pasar. Dengan mengevaluasi persediaan secara berkala, perusahaan dapat menyesuaikan strategi persediaan mereka sesuai dengan tren konsumen dan perubahan pasar.

4. Pengelolaan Risiko Kekurangan Persediaan

Dengan menentukan interval waktu tertentu untuk mengevaluasi persediaan, perusahaan dapat mengelola risiko kekurangan persediaan. Ini membantu memastikan ketersediaan produk ketika dibutuhkan tanpa kehilangan peluang penjualan.

5. Peningkatan Efisiensi Operasional

Metode Periodic review memungkinkan perusahaan untuk fokus pada evaluasi berkala yang terjadwal, mengurangi kebutuhan untuk pemantauan kontinu. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi operasional dan membebaskan sumber daya untuk fokus pada aspek-aspek lain dari manajemen bisnis.

6. Penyesuaian Terhadap Perubahan Supplier atau Lead Time

Dengan mengevaluasi persediaan pada interval waktu tertentu, perusahaan dapat lebih mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan dalam lead time supplier atau perubahan penyedia, meminimalkan risiko gangguan rantai pasokan.

Penerapan Metode Periodic review memerlukan perencanaan yang cermat dan analisis yang tepat, tetapi manfaatnya dapat signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan kinerja rantai pasokan suatu perusahaan.

Baca juga: Pengertian Metode LIFO dan Bedanya dengan Metode FIFO

Analisis Metode Periodic Review

Analisis Metode Periodic Review

ilustrasi metode periodic review . source envato

Analisis Metode Periodic review melibatkan evaluasi mendalam terhadap keefektifan, kelebihan, dan kelemahan pendekatan ini dalam manajemen persediaan. Berikut adalah beberapa aspek yang dapat dianalisis dalam konteks Metode Periodic review:

1. Biaya Persediaan

Analisis perlu dilakukan terhadap biaya persediaan, termasuk biaya penyimpanan dan biaya kekurangan persediaan. Metode Periodic review diharapkan dapat membantu mengoptimalkan biaya ini dengan menghindari kelebihan persediaan dan risiko kekurangan.

2. Responsibilitas Terhadap Perubahan Pasar

Seberapa efektif Metode Periodic review dalam membuat perusahaan responsif terhadap perubahan permintaan pasar dan tren konsumen? Evaluasi ini dapat melibatkan analisis terhadap seberapa cepat perusahaan dapat menyesuaikan strategi persediaan mereka setelah evaluasi berkala dilakukan.

3. Tingkat Layanan Pelanggan

Sejauh mana Metode Periodic review dapat menjaga tingkat layanan pelanggan? Dalam konteks manajemen persediaan, penting untuk mengevaluasi sejauh mana metode ini dapat memastikan ketersediaan produk ketika dibutuhkan oleh pelanggan.

4. Efisiensi Operasional

Bagaimana Metode Periodic review memengaruhi efisiensi operasional perusahaan? Apakah pendekatan ini mengarah pada pemantauan yang lebih efisien dan alokasi sumber daya yang lebih baik?

5. Ketelitian Perencanaan

Seberapa akurat dan teliti perencanaan persediaan yang dihasilkan oleh Metode Periodic review? Analisis ini melibatkan penilaian terhadap sejauh mana perencanaan berdasarkan evaluasi berkala mencerminkan kebutuhan aktual perusahaan.

6 Ketahanan Rantai Pasokan

Dalam konteks keberlanjutan rantai pasokan, sejauh mana Metode Periodic review dapat menjaga ketahanan terhadap perubahan eksternal, seperti perubahan dalam lead time supplier atau perubahan dalam kebijakan perdagangan?

7. Kompleksitas Implementasi

Seberapa mudah atau sulit Metode Periodic review diimplementasikan dalam konteks bisnis yang spesifik? Analisis perlu dilakukan terhadap kompleksitas proses implementasi dan apakah perusahaan memiliki sumber daya yang cukup untuk mengelolanya.

8. Kinerja Keuangan

Bagaimana penggunaan Metode Periodic review memengaruhi kinerja keuangan perusahaan? Analisis ini melibatkan pemantauan terhadap perubahan dalam biaya persediaan, peningkatan efisiensi operasional, dan dampak positif terhadap profitabilitas.

9. Pembanding dengan Metode Lain

Diperlukan perbandingan dengan metode manajemen persediaan lainnya, seperti Metode Continuous Review, untuk menilai apakah Metode Periodic review adalah pilihan terbaik sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Analisis menyeluruh terhadap Metode Periodic review memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang informasional dan memastikan bahwa pendekatan ini sesuai dengan tujuan dan kebutuhan bisnis mereka.

Baca juga: Pengertian Manajemen Persediaan, Fungsi Dan Metode Yang Digunakan

Penutup

Jadi, Metode Periodic review menawarkan sejumlah manfaat dalam manajemen persediaan perusahaan. Penggunaan pendekatan ini dapat membantu mengoptimalkan biaya persediaan, meningkatkan responsibilitas terhadap perubahan pasar, dan memperbaiki efisiensi operasional.

Analisis mendalam terhadap biaya, responsibilitas pasar, dan tingkat layanan pelanggan diperlukan untuk mengevaluasi keefektifan Metode Periodic review.

Meskipun Metode Periodic review menawarkan sejumlah keuntungan, perusahaan perlu mempertimbangkan kompleksitas implementasinya dan membandingkannya dengan metode lain yang mungkin lebih sesuai dengan karakteristik bisnis mereka.

Secara keseluruhan, penggunaan Metode Periodic review dapat menjadi strategi yang cerdas dalam mencapai manajemen persediaan yang efisien dan responsif terhadap dinamika pasar yang terus berubah.

Dengan perencanaan yang cermat dan evaluasi yang teliti, perusahaan dapat memaksimalkan potensi keuntungan dan meningkatkan kinerja rantai pasokan mereka. Namun, hal tersebut harus tetap dikelola dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Accurate POS.

Aplikasi kasir digital ini akan memudahkan Anda melakukan hal tersebut melalui berbagai fitur yang saling terintegrasi di dalamnya. Dengan begitu keuntungan Anda akan lebih maksimal dan performa rantai pasokan akan lebih baik.

Buktikan sendiri dengan mencoba Accurate POS selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

17 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Ayunda

Artikel Terkait