6 Perbedaan Efektif dan Efisien yang Penting dalam Berbisnis

oleh | Agu 10, 2023

source envato.

6 Perbedaan Efektif dan Efisien yang Penting dalam Berbisnis

Dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, baik di dalam kehidupan pribadi maupun di dunia bisnis, dua kata yang sering kali muncul adalah perbedaan efektif dan efisien.

Meskipun kedua kata tersebut terdengar serupa dan sering digunakan secara bergantian, kenyataannya, keduanya memiliki arti dan konsep yang berbeda. Memahami perbedaan antara efektif dan efisien merupakan langkah penting dalam mencapai hasil yang diinginkan secara optimal.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan dengan jelas perbedaan mendasar antara kedua konsep tersebut.

Pengertian Efektif

accurate.id Pengertian Efisien

Berdasarkan Wikitionary, efektif merujuk pada kemampuan untuk mencapai tujuan atau hasil yang diinginkan. Suatu tindakan atau kegiatan dikatakan efektif jika dapat menghasilkan hasil yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Efektivitas berfokus pada akhir yang diinginkan, yaitu pencapaian tujuan atau hasil yang diharapkan.

Dalam konteks efektivitas, penting untuk mengevaluasi sejauh mana tindakan atau kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pencapaian tujuan. Fokusnya adalah pada hasil yang dicapai dan dampak yang dihasilkan.

Efektivitas melibatkan pemilihan tindakan atau strategi yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, serta mengukur keberhasilan dalam mencapai tujuan tersebut.

Penting juga untuk dicatat bahwa efektivitas tidak hanya berkaitan dengan mencapai tujuan secara umum, tetapi juga mencakup kemampuan untuk menghasilkan hasil yang diinginkan secara efektif, seperti meningkatkan kualitas produk atau layanan, mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi, atau mencapai pertumbuhan yang signifikan dalam bisnis.

Dalam rangka mencapai efektivitas, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan yang ingin dicapai dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencapainya. Evaluasi terus-menerus dan perbaikan diri juga merupakan elemen penting dalam mencapai efektivitas yang berkelanjutan.

Secara singkat, efektifitas adalah tentang mencapai hasil yang diinginkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara yang efektif dan berdampak positif.

Baca juga: Apa Itu Manajemen? Berikut Pengertian, Fungsi, Unsur, Gaya, Jenis, Dan Karakteristiknya

Pengertian Efisien

accurate.id Pengertian Efektif

Merujuk pada laman Detik, efisiensi merujuk pada penggunaan sumber daya yang ada dengan cara yang paling hemat dan optimal untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Konsep efisiensi berkaitan dengan bagaimana sumber daya seperti waktu, tenaga, dan biaya digunakan secara efektif, sehingga dapat menghasilkan output atau hasil yang maksimal.

Dalam konteks efisiensi, penting untuk meminimalkan pemborosan sumber daya dan memaksimalkan penggunaannya. Hal ini melibatkan identifikasi dan penghapusan segala bentuk pemborosan, termasuk waktu yang tidak produktif, penggunaan tenaga yang berlebihan, atau pengeluaran yang tidak perlu.

Efisiensi melibatkan proses penilaian terhadap cara-cara yang lebih baik, lebih cepat, atau lebih efektif dalam mencapai tujuan.

Tujuan dari mencapai efisiensi adalah untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja secara keseluruhan dengan menggunakan sumber daya yang ada dengan cara yang optimal. Efisiensi mendorong peningkatan efektivitas dengan memfokuskan pada penggunaan sumber daya yang cerdas dan terukur.

Penting untuk diingat bahwa efisiensi bukan hanya tentang melakukan sesuatu dengan cepat atau dengan biaya yang rendah. Lebih penting lagi, efisiensi melibatkan pemikiran kritis tentang cara melakukan sesuatu secara lebih baik, dengan mengurangi pemborosan dan meningkatkan hasil yang dicapai.

Dalam konteks bisnis, efisiensi dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti penggunaan waktu yang efektif, pengelolaan stok yang efisien, penggunaan teknologi yang tepat, atau pengaturan proses yang optimal. Dengan meningkatkan efisiensi, perusahaan dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam hal produktivitas, keuntungan, dan kepuasan pelanggan.

Secara singkat, efisiensi adalah tentang penggunaan sumber daya yang ada secara optimal untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan cara yang paling hemat, mengurangi pemborosan, dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Baca juga: Pengertian Kualitas dan Unsur-Unsurnya Dalam Manajemen

Perbedaan Efektif dan Efisien

accurate.id Perbedaan Efektif dan Efisien

Berikut adalah beberapa perbedaan  efektif dan efisien:

1. Fokus Utama

Perbedaan efektif dan efisien yang pertama bisa dilihat dari fokus utamanya. Fokus utama efektif adalah mencapai tujuan atau hasil yang diinginkan. Ini berkaitan dengan akhir yang diinginkan dan kesesuaian dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Di sisi lain, fokus utama efisien adalah penggunaan sumber daya yang ada dengan cara yang paling hemat dan optimal. Ini berkaitan dengan cara mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya secara efektif.

2. Pertanyaan yang Diajukan

Perbedaan  efektif dan efisien yang selanjutnya adalah pertanyaan yang sering diajukan. Pertanyaan yang diajukan dalam efektif adalah “Apakah tindakan atau kegiatan ini dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan?”

Sedangkan oertanyaan yang diajukan dalam efisien adalah “Bagaimana kita dapat menggunakan sumber daya yang ada dengan cara yang paling hemat untuk mencapai tujuan tersebut?”

3. Fokus pada Hasil vs. Penggunaan Sumber Daya

Ketiga, perbedaan efektif dan efisien adalah pada hasil dan penggunaan sumber daya. Fokus utama efektif adalah mencapai hasil yang diinginkan. Efektifitas berfokus pada akhir yang diinginkan, yaitu pencapaian tujuan atau hasil yang diharapkan.

Di sisi lain, fokus utama dari efisien adalah penggunaan sumber daya yang ada dengan cara yang paling hemat dan optimal. Efisiensi melibatkan penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4. Pertimbangan Pemborosan

Lalu, perbedaan efektif dan efisien bisa kita lihat dari pertimbangan pemborosan. Pada efektif, tidak ada pemborosan jika tindakan atau kegiatan berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan.

Namun jika dilihat dari efisien, di dalamnya akan mengevaluasi dan mengurangi pemborosan sumber daya seperti waktu, tenaga, atau biaya dalam rangka mencapai tujuan dengan cara yang lebih optimal.

5. Pengukuran

Kelima, perbedaan efektif dan efisien berada pada pengukuaran keberhasilan. Pada efektif, tingkat keberhasilannya diukur berdasarkan pencapaian tujuan atau hasil yang diinginkan. Sedangkan pada efisien, keberhasilan akan diukur berdasarkan penggunaan sumber daya yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.

6. Keterkaitan

Terakhir, perbedaan efektif dan efisien adalah keterkaitannya. Efektivitas berkaitan dengan mencapai hasil yang diinginkan. Efektivitas merupakan prasyarat untuk mencapai kesuksesan.

Di sisi lain, efisiensi berkaitan dengan cara mencapai hasil yang diinginkan. Efisiensi meningkatkan produktivitas dan kinerja secara keseluruhan.

Perlu diingat bahwa efektif dan efisien adalah dua konsep yang saling melengkapi dan keduanya penting dalam mencapai kesuksesan. Keseimbangan antara efektivitas dan efisiensi adalah kunci untuk mencapai hasil yang diinginkan dengan penggunaan sumber daya yang optimal.

Baca juga: Perencanaan Adalah: Ini Tujuan, dan Berbagai Jenisnya

Penutup

Jadi, penting untuk memahami perbedaan efektif dan efisien. Meskipun kedua konsep tersebut sering digunakan secara bergantian, mereka memiliki arti dan fokus yang berbeda. Berikut adalah kesimpulan dari perbedaan efektif dan efisien

  • Efektif berkaitan dengan mencapai tujuan atau hasil yang diinginkan, sementara efisien berkaitan dengan penggunaan sumber daya yang ada dengan cara yang paling hemat dan optimal.
  • Efektif berfokus pada hasil yang diinginkan dan kesesuaian dengan tujuan yang telah ditetapkan, sementara efisien berfokus pada penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien.
  • Efektif mengevaluasi apakah tindakan atau kegiatan dapat mencapai tujuan yang ditetapkan, sedangkan efisien mengevaluasi bagaimana sumber daya dapat digunakan secara paling hemat untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Efektifitas melibatkan akhir yang diinginkan dan kesesuaian dengan tujuan, sedangkan efisiensi melibatkan penggunaan sumber daya dengan cara yang paling optimal dan efektif.
  • Efektifitas diukur berdasarkan pencapaian tujuan atau hasil yang diinginkan, sedangkan efisiensi diukur berdasarkan penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien.

Untuk mencapai kesuksesan yang optimal, penting untuk mencapai keseimbangan antara efektivitas dan efisiensi. Menjadi efektif berarti mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sementara menjadi efisien berarti menggunakan sumber daya yang ada secara optimal.

Dengan memahami perbedaan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi pemborosan, dan mencapai hasil yang lebih baik secara keseluruhan.

Namun untuk mencapai efektivitas dan juga efisiensi, Anda harus terlebih dahulu menerapkan manajemen bisnis yang baik, dan Anda bisa memilikinya dengan menggunakan Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis ini akan membantu Anda dalam mengelola bisnis secara menyeluruh. Anda bisa mengelola persediaan dengan mudah, mendapatkan 200 jenis laporan keuangan, melakukan penjualan dan pembelian, dan masih banyak lagi.

Masih ragu dengan Accurate Online? klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya secara gratis selama 30 hari.

marketingmanajemenbanner
sidebarPromo
Anggi
Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.

Artikel Terkait