Publisitas Adalah Pengertian, Manfaat dan Jenis-Jenis Publisitas

Pada dasarnya, publisitas adalah upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan agar bisa terlihat lebih dipercaya dan produknya bisa terus diingat oleh masyarakat luas. Upaya publisitas ini juga mampu memengaruhi suatu perkembangan bisnis.

Ketika perusahaan melakukannya dengan tepat, sudah kesadaran akan suatu brand dari produk yang dipromosikan akan bisa lebih meningkat.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita bahas lebih dalam tentang publisitas, dan upaya apa saja yang dilakukan di dalamnya.

Pengertian Publisitas Adalah

Publisitas adalah suatu upaya dalam meningkatkan kesadaran dari individu, layanan, atau produk agar bisa diperhatikan oleh publik. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena proses untuk membuat suatu produk agar bisa dilihat oleh banyak orang bukanlah suatu hal yang mudah.

Namun, yang menariknya dari proses ini adalah biaya yang lebih sedikit apabila dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya seperti iklan komersial. Walaupun anggaran yang diperlukan lebih sedikit, namun publisitas mampu memberikan manfaat yang sangat baik untuk suatu bisnis.

Kenapa? Karena audiens yang didapat dari publisitas akan lebih luas, dengan begitu akan mampu melahirkan kesadaran akan suatu produk yang lebih cepat.

Namun, publisitas berbeda dengan strategi pemasaran lainnya, karena cara ini dilakukan dengan lebih general, sehingga tidak memiliki target audiens yang lebih khusus. Nah, berikut ini adalah beberapa perbedaan marketing dan publisitas seperti yang dikutip dari laman resmi The Balance Smb:

Publisitas

  • Biasanya membutuhkan biaya atau anggaran yang murah atau bahkan gratis
  • Tujuannya bukan untuk mempromosikan produk atau jasa
  • Tidak memiliki target audiens tertentu

Marketing

  • Dana yang dikeluarkan lebih besar karena harus membayar biaya iklan
  • Marketing dilakukan dengan mempromosikan suatu produk atau jasa
  • Marketing juga memiliki target audiens tertentu

Pada dasarnya, publisitas adalah salah satu bagian dari strategi pemasaran. Tapi, publisitas lebih bersifat general dan dilakukan hanya bisa dikenal lebih luas dimata masyarakat.

Ketika melakukan suatu strategi pemasaran, sudah pasti tujuannya adalah untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk membeli atau menggunakan jasanya.

Untuk itu, bisa disimpulkan bahwa perbedaan utama dari marketing dan publisitas adalah dari tujuannya. Marketing dilakukan untuk membujuk setiap konsumen potensial untuk melakukan pembelian. Sedangkan publisitas dilakukan hanya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Baca juga: Integrated Marketing Communication untuk strategi pemasaran yang lebih maksimal, Ini penjelasannya!

Manfaat Publisitas bagi Perusahaan

Walaupun publisitas tidak terlalu membutuhkan anggaran yang besar, tapi kegiatan ini mampu memberikan dampak positif yang luar biasa untuk perusahaan. Dikutip dari laman Patch, berikut ini adalah beberapa manfaat dari dilakukannya publisitas:

1. Membangun Kredibilitas

Suatu perusahaan atau bisnis harus mampu membangun kredibilitas untuk perusahaannya. Kenapa? Karena, semakin bagus kredibilitas yang dimiliki oleh suatu perusahaan maka akan semakin mudah untuk menarik minat banyak pelanggan.

Untuk suatu produk yang baru dirilis, maka publisitas wajib dilakukan agar masyarakat bisa segera mengenali produk tersebut. Semakin banyak suatu produk dilihat oleh publik, maka akan semakin mudah juga diingat dan akan terlihat kredibel di mata masyarakat.

2. Membuat Bisnis Jadi Perhatian Publik

Manfaat yang kedua dari dilakukannya publisitas adalah membuat suatu bisnis menjadi lebih mampu menarik perhatian masyarakat.

Publisitas yang dilakukan melalui media sosial akan mampu membuat suatu bisnis menjadi lebih cepat dikenal, terlebih lagi jika konten di dalamnya sangat menarik.

Perlu diketahui bahwa suatu brand akan lebih mudah untuk diperhatikan ketika brand tersebut mampu membuat suatu konten yang unik dan menarik.

Untuk itu, suatu perusahaan atau bisnis harus benar-benar memerhatikan media untuk melakukan kegiatan publisitas.

Kekurangan Publisitas

  • Pihak perusahaan tidak bisa mengontrol media
  • Pihak perusahaan juga tidak bisa mengontrol jenis informasi apa yang dibuat oleh media, sehingga apabila informasi yang dibuat oleh media adalah informasi yang menjelekkan perusahaan, maka akan sangat merugikan.
  • Publisitas hanya bisa dilakukan secara satu arah saja, yang mana publik hanya bisa membaca ataupun melihat berita tanpa adanya dialog atau interaksi secara langsung.

Sifat Publisitas

Beberapa sifat utama dari publisitas adalah sebagai berikut:

  • Publisitas memiliki tingkat kebenaran atau kepercayaan yang tinggi, pemberitaan terkait suatu publisitas akan dinilai oleh masyarakat sebagai suatu yang benar dana akan lebih mudah dipercaya.
  • Penggambaran suatu produk. Sama seperti advertensi, publisitas juga mampu menggambarkan suatu produk perusahaan dalam suatu cerita yang lebih jelas dan luas.
  • Maksud dari promosi yang sebenarnya tidak akan diketahui, karena pesan akan disampaikan dalam bentuk berita tanpa adanya maksud penjualan.
  • Publisitas juga akan menggambarkan kondisi suatu produk perusahaan secara jelas dalam berbagai upaya dan bisa di dramatisir dengan sedemikian rupa, sehingga produk akan bisa tergambarkan dengan jelas.
  • Off guard, yaitu berita yang terdapat dalam surat kabar yang dibaca oleh hampir setiap orang, sehingga seluruh hal tentang perusahaan akan bisa dibaca masyarakat luas.

Jenis Publisitas

Kegiatan publisitas ini bisa dilakukan dengan berbagai macam upaya, nah berikut ini adalah beberapa jenis dari publisitas yang harus Anda ketahui.

1. Press Release

Press release atau siaran pers adalah cara termudah dalam melakukan publisitas. Perusahaan bisa mengirimkan suatu press release yang isinya suatu rilisan resmi suatu produk atau dengan melakukan even yang sudah dilakukan.

Buatlah suatu press release secara singkat dan memiliki informasi yang sangat penting. Setelah itu, salurkan press release tersebut ke seluruh media.

2. Media Sosial

Selain dengan membuat siaran pers, publisitas juga bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial. Saat ini ada banyak sekali tempat yang tepat untuk mengenalkan suatu produk ke masyarakat luas, seperti instagram, facebook, twitter, youtube, hingga tik tok.

Agar mampu membentuk kepercayaan yang valid lewat media sosial, saksikanlah konten yang menarik dan juga edukatif.

3. Product Placement

Product placement juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara dalam meningkatkan kesedaran masyarakat pada produk Anda. Cara ini dilakukan dengan mengirimkan produk Anda secara gratis ke blogger, influencer, atau media lain agar bisa di review.

Nantinya, publik akan lebih mudah percaya pada suatu produk apabila telah di review oleh seseorang yang sudah dikenalnya.

4. Melakukan Partnership

Dengan melakukan partnership bersama brand lain, maka akan memungkinkan suatu produk lebih dikenal audiens secara luas. Cara seperti ini juga akan memungkinkan suatu produk bisa dikenal lebih luas.

Bentuk kolaborasi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti misalnya membuat suatu produk khusus yang terbatas, atau membuat bundling produk dari dua brand.

Media Publisitas Gratis

Agar bisa mencapai suatu target publisitas yang memang Anda inginkan, maka Anda bisa menggunakan beberapa alat publisitas, yakni:

  • Google My Business

Tools ini adalah salah satu tools yang bagus seperti halnya direktori online yang mampu memberikan suatu informasi secara lengkap kepada audiens ketika mereka ingin mengetahui produk Anda lebih dalam.

Di dalam Google my business Anda harus mencantumkan nama lengkap toko Anda, alamat, jam operasional, review dari konsumen, foto produk, dan informasi pemesanan.

  • Kalender Acara Lokal

Apabila Anda melakukan suatu acara yang memang memerlukan publisitas, cobalah untuk mengunjungi situs media lokal. Biasanya, suatu organisasi berita memiliki kalender komunitas secara gratis. Nah, Anda bisa mengirimkan secara terperinci dengan mengisi formulir online, sehingga event yang Akan Anda selenggarakan bisa ditambahkan ke acara lokal.

  • Komunitas Media

Dalam hal ini, Anda harus bisa mengelola hubungan baik dengan media, caranya bisa dengan bergabung dengan komunitas media agar Anda lebih mudah dalam menghubungi mereka untuk suatu proses publisitas.

  • Blog Perusahaan

Salah satu alat publisitas yang bisa Anda manfaatkan adalah blog dari perusahaan Anda. Buatlah suatu artikel informasi tentang produk dan layanan di blog perusahaan Anda yang mampu menarik perhatian setiap pelanggan.

Cara Mengukur Tingkat Publisitas

Beckwith menjelaskan bahwa ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengukur dampak publisitas, yaitu:

  • Metode evaluasi : cara ini dilakukan dengan menguji tingkat kesadaran, sikap atau opini audiens.
  • Membandingkan Hasil : Maksudnya, Anda harus membandingkan hasil dengan rencana serta tujuan rencana publisitas yang sebelumnya sudah pernah ada.
  • Menganalisis Konten dan mencari luas cakupan Media yang didapat. Setiap publisitas yang didapatkan, direkam, dianalisa, dan ditulis oleh berbagai media yang membuat berita tentang bisnis Anda. Dari catatan tersebut, Anda bisa melihat cakupan yang sangat luas terkait pemberitaan dan akan bertumpu pada besarnya sirkulasi media dan jenis media yang menayangkan publisitas berita Anda.

Baca juga: Esensi Merek: Pengertian, Manfaat, Karakteristik dan Contohnya

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang publisitas. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa publisitas adalah adalah suatu upaya dalam meningkatkan kesadaran dari individu, layanan, atau produk agar bisa diperhatikan oleh publik.

Jenis-jenis dari publisitas tersebut mencakup press release, media sosial, product placement, melakukan partnership. Publisitas bisa dilakukan dengan berbagai media, seperti google my business, kalender acara lokal, komunitas media, dan blog perusahaan

Manfaat utamanya adalah untuk membangun kredibilitas dan membuat bisnis jadi perhatian publik, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan minat masyarakat luas untuk melakukan pembelian pada produk Anda.

Meskipun publisitas memerlukan anggaran dana yang tidak banyak daripada jenis strategi pemasaran lainnya, namun Anda tetap saja harus melakukan anggaran dana yang baik untuk melakukan proses publisitas.

Nah, agar lebih mudah dalam mengatur anggaran dana di bidang marketing atau di bidang lainnya, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan arus kas, rekonsiliasi bank, laporan perubahan modal, dll. Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Jadi, Anda bisa mencatat seluruh transaksi laporan keuangan Anda dengan cepat.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.