Sales Promotion Adalah: Ini Cara Membuat Kegiatan Promotion yang Efektif

Pada dasarnya, sales promotion adalah salah satu komponen penting dari marketing mix atau bauran pemasaran yang bisa digunakan agar bisa memperkenalkan suatu produk baru, sehingga akan mampu meningkatkan angka penjualan dari setiap produk yang dihasilkan oleh pihak perusahaan.

Sales promotion ini mampu menarik minat target pasar dengan cara meningkatkan daya tarik atas produk yang dijual.

Membuat strategi sales promotion yang bisa berjalan dengan efektif akan menjadi tugas penting untuk para sales marketing. Hal ini pun sangat penting untuk Anda yang baru mulai meniti karir pada bidang marketing. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara lengkap khusus untuk Anda.

Apa Itu Sales Promotion?

Sales promotion adalah suatu program promosi penjualan yang dilakukan dengan menawarkan produk yang dibuat untuk meningkatkan daya tarik konsumen.

Tujuan utama dari sales promotion adalah agar bisa memikat hati para konsumen dan mampu meningkatkan penjualan.

Secara umum, sales promotion adalah suatu strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan agar penjualan suatu produk bisa ditingkatkan dengan cepat. Sehingga, sales promotion menjadi bagian dari strategi pemasaran yang sudah disusun dan dikerjakan untuk periode waktu tertentu.

Kegiatan ini seringkali dilakukan saat awal tahun dengan tema “promo tahun baru” atau pada akhir tahun dengan tajuk “cuci gudang” atau “clearance sale” agar bisa menghabiskan stok persediaan di gudang.

Baca juga: Audience Adalah: Ini Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

Kekurangan dan Kelebihan Sales Promotion

Kelebihan yang pertama dari sales promotion adalah mampu meningkatkan penjualan dalam kurun waktu yang singkat. Dengan adanya bantuan sales promotion pun perusahaan mampu meningkatkan respon secara lebih terarah daripada hanya menggunakan iklan saja.

Selain itu, strategi ini pun mampu menyesuaikan penawaran yang perusahaan berikan pada target konsumen untuk jangka waktu singkat. Sehingga akan mampu membuat konsumen tertarik pada produk baru.

Tapi, kekurangan yang utama dari sales promotion adalah tidak mempunyai efek jangka panjang atau jarang sekali mampu berhasil mendorong loyalitas dari konsumen baru karena mereka hanya akan memanfaatkan promo yang saat itu diadakan.

Tujuan dari Sales promotion

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan melakukan sales promotion, maka perusahaan mampu meningkatkan brand awareness-nya, yang mana hal tersebut akan berdampak pada penjualan produk karena brand nantinya akan semakin banyak dikenal oleh para konsumen.

2. Ada Pasar untuk Produk Baru

Produk baru akan semakin dikenal di pasar, sehingga pihak perusahaan akan mengetahui target pasar tentang siapa saja dan kapan saja konsumen bisa membelinya. Dengan begitu, maka perusahaan akan memperoleh berbagai data lengkap terkait produk tersebut, seperti data target konsumen yang tepat.

3. Menjaga Produk atau Brand Tetap Kompetitif di Pasaran

Dengan melakukan kegiatan promosi, maka Anda bisa membuat produk atau brand untuk tetap kompetitif di pasaran. Sehingga, tidak akan layu serta tergerus oleh produk atau brand dari kompetitor Anda.

4. Loyalitas Konsumen

Setiap konsumen juga akan memperoleh keuntungan ketika membeli produk yang dipromosikan, seperti bisa memperoleh bonus atau diskon. Sehingga, mereka akan lebih loyal pada brand.

Cara Menyusun Sales promotion yang Efektif

Bila Anda tertarik untuk mengaplikasikan strategi sales promotion, maka kami menyarankan untuk melakukannya dengan strategi yang baik.

Berbagai hal di dalamnya harus bisa Anda rencanakan secara matang agar bisa berjalan secara efektif dan mencapai tujuan. Sebagai salah seorang sales marketing yang kompeten, beberapa poin berikut ini harus bisa Anda pertimbangkan dengan baik ketika membuat sales promotion.

1. Target Pasar

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah target pasar dari bisnis Anda. Target pasar yang tepat akan mampu memberikan keuntungan yang sangat besar. Lantas, bagaimana cara yang tepat dalam menentukan target pasar? Caranya adalah dengan melakukan analisa dan memahami database para pelanggan Anda.

Berdasarkan database tersebut, nantinya Anda bisa melakukan identifikasi terkait beberapa permasalahan yang bisa diselesaikan dengan menggunakan produk yang Anda jual.

Sehingga, Anda akan mempunyai target yang berasal dari target segmentasi, umur dan masalah yang mereka hadapi. Data tersebut akan menjadi panduan bagi Anda dalam membuat sales promotion yang tepat.

2. Pencapaian

Saat membuat sales promotion, Anda harus mengetahui tujuan, goals, atau pencapaian yang ingin Anda dapatkan. Hal tersebut akan membuat kegiatan promosi Anda bisa lebih terukur dan spesifik.

Sebisa mungkin, hindarilah membuat tujuan atau goals yang sifatnya terlalu umum, seperti misalnya meningkatkan penjualan. Anda bisa membuatnya lebih spesifik dengan cara meningkatkan penjualan atau mendapatkan konsumen baru.

3. Menentukan Waktu Pelaksanaan

Pemilihan waktu menjadi sangat penting dalam membuat program sales promotion. Hal tersebut berkaitan erat dengan momentum yang sedang berlangsung di tengah-tengah konsumen.

Suatu promosi akan mampu memberikan hasil yang baik bila didalamnya terkandung unsur urgensi tertentu. Contohnya adalah seperti memberikan diskon menjelang hari raya lebaran atau hari raya lainnya.

Contoh Sales promotion

Terdapat beberapa contoh strategi sales promotion yang bisa Anda aplikasikan sebagai seorang sales marketing, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Voucher

Voucher dan kupon mampu memberikan kesan yang ekslusif ketika Anda memberikannya pada beberapa orang. Dengan menambahkan batas waktu tertentu pada voucher, maka pelanggan akan merasa sangat harus menggunakannya sebelum tanggalnya kadaluarsa.

2. Buy 1 Get 1

Jenis kegiatan sales promotion ini termasuk jenis yang paling banyak digunakan agar bisa meningkatkan minat pembelian.

Anda bisa membuat promosi ini secara langsung dengan menggabungkannya pada produk lain. Contohnya dengan membeli produk A maka pelanggan akan mendapatkan produk B, cara ini akan mampu memainkan psikologi para pelanggan.

3. Sample Gratis

Setiap konsumen akan merasa sangat senang jika mereka bisa memperoleh segala hal secara gratis. Dengan memberikan sampel yang gratis ini maka akan membuat konsumen mau membeli produk yang Anda jual. Bahkan, mereka tidak kepikiran untuk membeli produk Anda sebelumnya.

4. Diskon

Diskon adalah salah satu trik sales promotion yang hampir selalu berhasil dalam meningkatkan pembelian. Konsumen akan merasa senang bila mereka bisa mendapatkan produk yang mereka inginkan dengan harga yang lebih murah, dan strategi ini selalu berhasil mampu mendorong pembelian.

5. Hadiah Gratis

Memberikan hadiah secara gratis bisa Anda jadikan sebagai salah satu strategi sales promotion. Hadiah gratis yang masih berkaitan dengan produk tidak hanya mampu meningkatkan jumlah pembelian, namun juga mampu meningkatkan nilai produk di mata para konsumen.

Baca juga: Strategi Mendapatkan Daftar Email Demi Dapatkan Prospek

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang sales promotion dan beberapa tujuan serta contohnya. Dengan penjelasan diatas, semoga Anda terbantu untuk mengetahui strategi promotion apa yang cocok dengan brand Anda.

Perlu Anda perhatikan dengan seksama bahwa bisnis adalah suatu hal yang harus Anda rawat seperti halnya anak Anda sendiri dengan penuh semangat perjuangan.

Jangan lupa juga untuk mencatat berbagai aliran transaksi pemasukan ataupun pengeluaran pada bisnis Anda di dalam pembukuan secara tepat agar bisa menghasilkan laporan keuangan serta data keuangan untuk membuat keputusan bisnis yang baik di masa depan.

Namun, bila Anda masih menggunakan cara yang manual dalam mencatat kegiatan transaksi dan membuat laporan keuangan, tentu Anda akan sangat kerepotan. Terlebih lagi prosesnya yang sangat memakan banyak waktu dan sering terjadi kesalahan.

Untuk itu, beralihlah dari cara yang manual tersebut dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Software akuntansi yang dikembangkan dengan basis cloud ini sudah dipercaya oleh lebih dari 370 ribu pebisnis di Indonesia dan memenangkan penghargaan TOP Brand Awards sebanyak 6 kali berturut-turut, dari tahun 2016 hingga tahun 2021.

Accurate Online mampu menyajikan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan pembukuan, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan lainnya secara otomatis, cepat serta akurat. Anda pun bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun Anda perlukan secara aman.

Accurate Online juga sudah dibekali dengan berbagai fitur, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur, dan fitur lainnya yang mampu membuat setiap lini bisnis Anda bergerak lebih efisien.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur menarik tersebut bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, dan Anda pun bisa mencobanya terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate1

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.