Cara Mudah dalam Meningkatkan Skill Presentasi

Pada titik tertentu dalam karier Anda, kemungkinan besar Anda akan berbicara di depan sekelompok orang. Baik itu saat Anda sedang mempresentasikan proyek baru kepada tim Anda atau memberikan ide kepada klien. Untuk itu, sangat penting untuk memiliki skill presentasi yang baik.

Keterampilan ini dapat membantu Anda menyampaikan pemikiran dan ide Anda dengan jelas dan efektif kepada audiens. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 25 tips untuk meningkatkan skill presentasi Anda dan melibatkan audiens secara efektif.

Apa Itu Skill Presentasi?

Skill atau keterampilan presentasi memungkinkan Anda menyampaikan informasi kepada audiens. Mereka yang memiliki keterampilan presentasi kuat sering kali:

  • Meneliti informasi latar belakang untuk topik mereka
  • Menulis pidato secara terorganisir yang berpusat di sekitar subjek atau topik yang Anda bicarakan
  • Menyiapkan visual yang menarik seperti slide, video, dan grafik
  • Terhubung dengan audiens mereka melalui storytelling yang efektif
  • Menggunakan bahasa tubuh untuk menunjukkan bahwa mereka adalah pembicara yang percaya diri
  • Berinteraksi dengan anggota audiens selama presentasi berlangsung
  • Menyampaikan presentasi dengan cara yang alami dan autentik
  • Menghafalkan poin pembicaraan utama tanpa perlu skrip baris demi baris

Baca juga: Cari Muka dalam Dunia Kerja, Ini Ciri Cari Muka Karyawan Pada Atasan

Bagaimana Cara Meningkatkan Skill Presentasi?

Gunakan tips berikut untuk meningkatkan keterampilan presentasi Anda:

1. Menyajikan Informasi yang Bermanfaat

Saat membuat presentasi, tentukanlah informasi apa saja yang paling berguna bagi audiens Anda.  Misalnya, jika Anda mempresentasikan ide kepada klien Anda, pikirkan tentang aspek proyek apa yang penting bagi mereka.

Anda harus mengenali dan memahami siapa audiens Anda, bahkan sebelum presentasi dimulai. Lakukan riset latar belakang untuk mempelajari siapa yang mungkin melihat presentasi Anda dan pertanyaan atau kekhawatiran apa yang mungkin mereka miliki. Jangan lupa juga untuk menyiapkan jawaban atas potensi pertanyaan yang mungkin akan terjadi di sesi presentasi.

2. Mempelajari Bagaimana Para Ahli Melakukan Presentasi

Meskipun latihan tentu dapat membantu Anda menjadi pembicara yang lebih efektif, Anda juga dapat belajar dari pembicara lain yang lebih ahli.

Luangkan waktu untuk menghadiri presentasi secara langsung atau menonton video di Youtube. Catat apa yang dilakukan pembicara tersebut dengan baik dan apa yang menurut Anda dapat ditingkatkan. Cobalah untuk memasukkan beberapa strategi berbicara yang menurut Anda efektif ke dalam presentasi Anda sendiri.

3. Belajar Melakukan Presentasi Tanpa Catatan

Meskipun Anda dapat memilih untuk menyediakan kartu isyarat, cobalah untuk mengingat semua materi pada presentasi Anda.

Daripada mengingat setiap baris atau skrip, cobalah untuk memberikan presentasi Anda menggunakan garis besar dari materi yang akan Anda sampaikan. Strategi ini dapat membantu Anda mengembangkan proses dan nada berbicara yang lebih alami.

Terkadang, menghafal skrip kata demi kata dapat menyulitkan Anda untuk kembali ke topik atau materi jika Anda lupa satu baris. Itulah mengapa memiliki gambaran umum tentang apa yang mungkin akan Anda katakan akan lebih baik.

4. Berlatih Di Depan Cermin

Saat mempraktikkan presentasi, perhatikanlah diri Anda di cermin untuk melihat bahasa tubuh. Anda bahkan dapat merekam diri sendiri dan menonton rekaman tersebut sesudahnya.

Perhatikanlah postur, kontak mata, dan sikap Anda secara keseluruhan. Selama presentasi, berusahalah untuk terlihat meyakinkan dengan apa yang Anda katakan dan berdirilah tegak.

5. Gunakan Presentasi Anda Sebagai Kesempatan

Daripada merasa khawatir tentang presentasi Anda akan gagal, jadikan ini sebagai peluang yang menarik. Cobalah mencari cara untuk merasa senang bertemu dengan kolega atau klien Anda.

Misalnya, saat mempresentasikan proyek kepada klien, anggaplah hal itu sebagai kesempatan untuk bisa mengesankan mereka. Begitu juga saat bertemu dengan rekan kerja, anggaplah presentasi Anda sebagai cara untuk menyampaikan informasi penting.

6. Beri Diri Anda Waktu Untuk Bersiap

Usahakan sebisa mungkin untuk tiba di ruang presentasi 15 menit lebih awal. Hal ini akan memberi Anda waktu untuk menyiapkan perangkat dan tampilan, serta membiasakan diri dengan pengaturan tersebut.

Memiliki waktu untuk mempersiapkan presentasi juga dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan percaya diri.

7. Gunakanlah Alat Bantu Visual

Selain memicu memori, bantuan visual juga dapat membuat presentasi Anda terlihat lebih menarik. Untuk itu, pertimbangkanlah untuk berbicara di samping tayangan slide.

Saat menyiapkan tayangan slide, gunakanlah teks sesedikit mungkin. Sebagian besar informasi yang Anda bagikan harus berasal dari Anda sendiri. Gunakan juga slide untuk berbagi statistik, data, grafik, dan gambar.

Anda juga bisa menambahkan video tambahan untuk membuat presentasi Anda terlihat lebih menarik dan membuat audiens Anda tetap terlibat.

8. Berlatih Berpikir Positif

Terkadang, diri Anda memiliki ketakutan terbesar atas kemampuan Anda sendiri. Sebelum presentasi, beri diri Anda sedikit pembicaraan.  Ingatkan diri Anda bahwa Anda telah meluangkan waktu dan upaya untuk membuat presentasi yang berkualitas dan Anda akan melakukannya dengan baik.

9. Tetap Pada Topik

Pertahankanlah perhatian audiens dengan tetap pada topik selama presentasi berlangsung. Cobalah untuk membuat presentasi Anda tetap fokus dalam topik, mencakup informasi yang relevan dengan audiens. Anda selalu dapat melakukan presentasi lanjutan jika Anda merasa ada topik penting lainnya yang harus dibicarakan.

10. Ikuti Benang Merah Presentasi

Presentasi Anda membutuhkan proses awal, tengah dan akhir. Gunakan beberapa menit pertama untuk memperkenalkan pada audiens tentang apa yang Anda rencanakan untuk didiskusikan.

Kemudian, Anda bisa masuk ke detail yang lebih besar dan informasi tambahan. Terakhir, akhiri presentasi Anda dengan ringkasan dan waktu untuk pertanyaan.

11. Terhubung Dengan Audiens Anda

Sebelum Anda memulai presentasi, jangan ragu untuk mengobrol dengan audiens.

Hal tersebut dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dan menciptakan hubungan, serta membangun perhatian yang lebih baik dengan audiens.

12. Rilekskan Pikiran Dan Tubuh Anda

Temukan ruang pribadi yang tenang untuk melakukan persiapan mental dan fisik. Anda dapat mempersiapkan mental dengan mengatakan pada diri sendiri dan melakukan afirmasi yang positif.

“Saya bisa melakukan ini”, “Saya seorang pembicara yang baik” dan “Saya memiliki hal-hal menarik untuk dikatakan” adalah afirmasi yang berguna.

Anda dapat mempersiapkan diri secara fisik dengan beberapa pernapasan, peregangan, dan atau mengunyah permen karet.

13. Perhatikan Isyarat Nonverbal

Salah satu cara untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pembicara publik yang percaya diri adalah dengan menyadari isyarat nonverbal.

Sepanjang presentasi Anda, lakukanlah kontak mata dengan audiens. Meskipun boleh saja melirik catatan, gunakanlah sebagian besar waktu presentasi Anda dengan mengalihkan kontak mata dari orang ke orang. Selain kontak mata, usahakan juga untuk tersenyum.

14. Perhatikan Jeda Waktu Dalam Berbicara

Jika Anda kehilangan fokus saat membawakan presentasi, berhentilah sejenak untuk mengingat kembali materi yang Anda bawa. Ini lebih baik daripada mengisi keheningan dengan kata “um” atau “ah.”

15. Berlatih Presentasi ke Kelompok yang Lebih Kecil

Latih skill presentasi Anda dengan sekelompok kecil teman atau anggota keluarga. Ini dapat membantu Anda merasakan hal yang sebenarnya saat Anda membangun prosesnya.

Baca juga: Kutu Loncat Adalah Sifat Buruk yang Harus Dihindari dalam Dunia Kerja, Ini Dampaknya!

Kesimpulan

Memiliki skill presentasi yang mumpuni terkadang menjadi kunci kesuksesan bagi banyak pemilik bisnis. Skill presentasi memungkinkan Anda untuk mengenalkan produk, atau memberikan gambaran rencana kerja kepada klien atau stakeholder dalam bisnis Anda.

Dengan proses presentasi yang baik, informasi yang Anda berikan akan lebih mudah dimengerti, sehingga meningkatkan peluang keberhasilan dalam bisnis.

Salah satu informasi penting yang harus Anda presentasikan para pemilik bisnis adalah data keuangan. Data ini berfungsi untuk perencanaan bisnis kedepannya dan pengambilan keputusan penting dalam sebuah bisnis.

Sayangnya, masih banyak bisnis yang belum memiliki data keuangan yang baik dan proses pencatatan keuangan yang buruk.

Untuk memudahkan bisnis membuat data keuangan dan pencatatan pembukuan yang lebih baik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur pembukuan terlengkap, manajemen aset, multi gudang dan cabang, otomatisasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, pengelolaan dan pencatatan perpajakan, dan masih banyak lagi fitur yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Accurate Online.

Accurate Online juga sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan dipercaya oleh 370 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia. Jadi, apalagi yang masih Anda ragukan?

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:accurate fokus pengembangan