Strategi Pemasaran 4P: Pengertian, Penerapan dan Contohnya

Pada tahun 1950-an Neil Borden mempopulerkan istilah bauran pemasaran atau marketing mix yang mengandung lebih dari sepuluh unsur pemasaran. Yang mendasar di antara mereka adalah strategi pemasaran 4p.

Kemudian di tahun 1960-an, Jerome McCarthy merancang model 7 P, menyempurnakan hal-hal penting dari bauran pemasaran. Seiring waktu, banyak P telah mengkristal seperti 5P, 8P, dll.

Tetapi strategi pemasaran 4P seperti kristal paling murni yang menjadi inti dari pengembangan model pemasaran. Setiap model-P lainnya merupakan perluasan atau modifikasi dari 4P yang asli. Karenanya, ini adalah fondasi pemasaran dalam bentuk apa pun.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan strategi pemasaran 4p dan mengapa 4P sangat diperlukan bagi eksekutif pemasaran saat ini dan bagaimana mereka masih menjadi faktor penting dalam pemasaran produk tidak berwujud dan berwujud:

Apa itu Marketing Mix atau Bauran Pemasaran?

Tujuan utama dari pemasaran adalah membuat pelanggan Anda  menyadari produk Anda dan membelinya. Bauran pemasaran adalah kumpulan faktor-faktor yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk membuat konsumen membeli produknya.

Seperti istilahnya, ini memang campuran dari banyak alat pemasaran taktis. Peran eksekutif pemasaran adalah mempersiapkan kombinasi yang tepat untuk menghasilkan sinergi yang sangat baik antara produk dan audiens yang ditargetkan.

Bauran pemasaran biasanya mengacu pada himpunan 4P yaitu. Product (produk), Price (harga), Promotion (promosi), dan Place (tempat).

Peran bauran pemasaran adalah untuk mensintesis kualitas produk yang terlihat dan tidak terlihat dengan aspirasi klien yang ditargetkan. Bauran pemasaran untuk produk manufaktur akan berbeda dari produk sebagai layanan.

Siapa yang menemukan strategi pemasaran 4p?

Neil Borden-lah yang pertama kali mempopulerkan gagasan bauran pemasaran pada 1950-an. Borden mendefinisikan eksekutif pemasaran sebagai seseorang yang memadukan bahan-bahan untuk membuat resep yang tepat untuk memasarkan suatu produk. Kemudian, E. Jerome McCarthy yang menyublimasikan konsep 4P pemasaran dari ide-ide bauran pemasaran Borden.

McCarthy telah menyoroti bahwa 4P yaitu. Produk, harga, promosi, dan tempat merupakan elemen kontrol awal yang tersedia untuk membentuk rencana pemasaran. Dia juga mengartikulasikan perubahan saldo variabel-variabel ini dalam perspektif jangka panjang dengan produk yang paling sulit diubah.

Baca juga: 10 Tips Negosiasi Bisnis yang Efektif dan Saling Menguntungkan

Faktor apa yang menentukan bauran pemasaran?

Setiap perusahaan yang berniat untuk menemukan penawaran yang tepat untuk produk mereka perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum mulai melakukannya. Bauran pemasaran untuk setiap produk akan ditentukan oleh dua faktor yaitu.

Faktor internal

Ini mencakup faktor-faktor yang ada di dalam organisasi atau yang berkaitan dengan suasana dalam perusahaan. Faktor internal utamanya adalah:

  • Sifat produk
  • Tahapan produk dalam siklus hidupnya secara keseluruhan
  • Ketersediaan dana
  • Tujuan perusahaan

Faktor eksternal

Faktor Eksternal berkaitan dengan faktor di luar organisasi. Mereka mencakup aspek-aspek berikut:

  • Tingkat persaingan
  • Efisiensi saluran
  • Perilaku membeli konsumen
  • Kontrol dari sisi pemerintah

Baca juga: 10 Tips Negosiasi Bisnis yang Efektif dan Saling Menguntungkan

strategi pemasaran 4p 2

Elemen dari Strategi Pemasaran 4P

1. Product (Produk)

Produk adalah jantung dari bauran pemasaran. Semua aktivitas pemasaran dimulai dengan produk. Produk bukanlah entitas fisik saja; itu menangkap seluruh aspek berwujud dan tidak berwujud seperti layanan, kepribadian, organisasi, dan ide.

Tanpa suatu produk, kita tidak memiliki harga, promosi atau tempat. Karenanya, dari semua 4 P, Produknya adalah P yang paling elemental.

Di sini, penting untuk memahami hubunngan tentang produk dan bauran pemasaran. Bauran produk adalah seluruh rangkaian produk yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggannya.

Keputusan mengenai bauran produk akan bergantung pada banyak faktor seperti:

  • Rancangan
  • Fitur
  • Nama merk
  • Variasi produk
  • Kualitas
  • Jasa
  • Pengemasan, pengembalian, dll.

Baca juga: ERP adalah: Pengertian, Manfaat, Fitur, dan Pentingnya Bagi Bisnis Anda

2. Price (Harga)

Harga adalah nilai moneter yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh atau memiliki produk suatu perusahaan. Ini adalah komponen penghasil pendapatan yang penting bagi perusahaan.

Keputusan penetapan harga harus diambil dengan sangat hati-hati, karena ini adalah pedang bermata dua. Jika produk Anda dihargai terlalu tinggi, produk Anda mungkin akan memberikan kesan berkualitas tinggi. Pada saat yang sama, ini akan membuat produk Anda ditempatkan di toko terbatas dan. Jadi, pemasar harus tahu seni menggunakan penetapan harga yang tepat

Keputusan bauran harga perlu mempertimbangkan variabel pemasaran di bawah ini:

  • Metode penetapan harga; kebijakan; strategi
  • Benefit
  • Diskon, rabat
  • Periode pembayaran
  • Kebijakan kredit

Strategi penetapan harga bisnis Anda harus selaras dengan tujuan keseluruhan organisasi Anda agar dapat berbaur dengan lancar. Apakah Anda ingin penetrasi pasar atau membaca sepintas semua ini tergantung pada strategi penetapan harga Anda.

3. Promotion (Promosi)

Salah satu stratefi pemasaran 4P ini bertujuan untuk melayani dua tujuan. Pertama, memberi tahu calon pelanggan tentang produk Anda dan kedua, membujuk mereka untuk membeli produk Anda.

strategi promosi dengan demikian akan mencakup berbagai cara yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan audiens target. Bauran promosi yang efektif akan memastikan penjualan yang baik dan pemasar harus berusaha untuk menciptakan lingkungan yang kondusif.

Elemen utama bauran promosi adalah:

  • Periklanan
  • Penjualan pribadi
  • Hubungan Masyarakat
  • Pemasaran langsung
  • Publisitas -media sosial, cetak, dll.
  • Promosi penjualan

Baca juga: Pengertian Digital Marketing dan Cara Memaksimalkannya dalam Bisnis

4. Place (Tempat) atau Distribusi

Tempat atau distribusi fisik berkaitan dengan pengalihan kepemilikan produk dari produsen ke pelanggan.

Margin keuntungan Anda bergantung pada seberapa cepat Anda dapat menyerahkan barang. Semakin cepat produk mencapai titik penjualan, semakin besar kemungkinannya untuk memuaskan pelanggan dan meningkatkan loyalitas merek. Karenanya, faktor Tempat sangat penting dalam memastikan daya saing produk Anda di pasar.

Berikut ini adalah elemen-elemen campuran distribusi:

  • Saluran distribusi
  • Keputusan pergudangan
  • Penanganan produk
  • Logistik
  • Kontrol inventaris
  • Proses pemesanan
  • Cakupan

Pentingnya Strategi Pemasaran 4P

Dasar-dasar bauran pemasaran berdasarkan strategi pemasaran 40 akan meningkatkan kesuksesan produk Anda dengan meemberikan manfaat seperti  berikut:

Menciptakan sinergi

Strategi pemasaran 4P: Produk, Harga, Promosi, Tempat bila dikombinasikan dengan benar menciptakan koordinasi yang memberikan promosi yang tepat untuk produk.

Loyalitas dan nilai merek

Karena pendekatan ini berfokus pada kebutuhan pelanggan dan kepuasan mereka, produk tersebut akan menghasilkan loyalitas dan brand awareness yang baik di mata konsumen.

Bergungsi untuk mendekatkan pelanggan

Fitur produk, harga, dan tempat berusaha untuk memperhitungkan harapan pelanggan. Aspek promosi memberikan kepada pelanggan apa yang ditawarkan perusahaan Anda dan dengan demikian memposisikan produk dengan lebih baik. Nantinya, akan ada hubungan yang terjalin dengan baik antara konsumen dan organisasi bisnis Anda.

Memungkinkan integrasi yang tepat

Perancangan strategi pemasaran 4P membutuhkan pemikiran kritis dan persepsi. Jika digabungkan dengan benar, produk Anda akan menemukan ruang unik di benak pelanggan.

Penduan dalam mengambil keputusan yang tepat

Saling ketergantungan dan sifat menyeluruh dari satu elemen di atas yang lain memandu Anda dalam pengambilan keputusan.

Misalnya: jika harga produk Anda tinggi, maka dalam aktivitas promosi Anda, Anda harus menargetkan pelanggan dengan demografi yang memiliki penghasilan tinggi, dan desain produk Anda harus berdasarkan kualitas. Saluran distribusi dan lokasi, dll. Juga akan dipandu oleh keputusan ini.

Volume penjualan lebih tinggi

Hasil dari semua upaya tersebut adalah kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan pangsa pasar yang lebih besar yang diperparah dengan peningkatan penjualan produk.

Baca juga: Mengetahui Pentingnya Bargaining Power pada Sebuah Bisnis

Contoh Strategi Pemasaran 4P

Jika Anda merasa pembahasan strategi pemasaran 4p terlalu rumit, mari kita lihat beberapa contohnya.

P pertama adalah singkatan dari Product. Contoh, produk ayam KFC akan menyertakan tampilan makanan, ember merah mengilap dengan wajah Colonel Sanders yang tersenyum, kata-kata pada paket kombo seperti “Friendship Bucket” atau  “Triple Treat”.

P kedua, strategi penetapan harga memiliki digunakan oleh perusahaan Spotify di Indonesia untuk mendapatkan penetrasi terbaik Ini hampir menghapus semua kaset fisik.

P ketiga adalah Promosi, misalnya, Coca cola memanfaatkan piala Dunia 2010 dan lagu tema K’naan sedemikian rupa sehingga, Coca Cola dan sepak bola semuanya menjadi identik.

Tempat atau Distribusi adalah P. keempat Contoh: iPhone Apple ditemukan dengan mudah di toko e-commerce terkenal seperti Amazon dan bukan di toko online yang menjual bahan bangunan.

Baca juga: 7 Tips untuk Mendapatkan Banyak Pelanggan dalam Bisnis

Kesimpulan

Pemasaran adalah disiplin berbasis konteks. Internet telah mendiversifikasi pendekatan tradisional untuk pemasaran. Teknologi berbasis internet memfasilitasi penetrasi yang lebih dalam ke individu.

Tetapi inti dari pemasaran dan tujuannya tetap sama, dan strategi pemasaran 40pdengan demikian merupakan titik awal untuk setiap bisnis baru, besar atau kecil.

Dalam dunia startup saat ini, strategi ini menjadi sangat penting.

Sekarang, setelah kita mengetahui 4P yang memerlukan proses pemasaran, sekarang saatnya untuk menunjukkan dengan tepat mana yang dapat membuat  bisnis Anda berhasil atau malah menghancurkannya.

Beberapa manajer pemasaran merasa bahwa promosi adalah kunci untuk meningkatkan penjualan. Tetapi periklanan adalah tentang menyajikan utilitas. Jika Anda memiliki bisnis makanan cepat saji misaln ya, Anda tidak dapat meningkatkan kesehatan melalui produk junk food.

Penetapan harga pada kenyataannya adalah soal kualitas dan distribusi juga tergantung dari target konsumennya. Tetapi target pelanggan menentukan kualitas produk dan harganya, tetapi apa yang menjadi inti dalam melakukan identifikasi target pelanggan? Itu adalah ide produk Anda!

Produk yang telah Anda bayangkan. Ini adalah titik awal dari semua proses berpikir, karenanya yang terpenting dari semua P.

accurate 2