Strategi Produk: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Untuk mengubah ide hebat menjadi produk yang sukses, Anda harus bisa berpikir kritis tentang mengapa Anda ingin menjual produk, kepada siapa Anda ingin menjualnya, dan apa yang diinginkan pelanggan tersebut. Mampu mengembangkan strategi produk yang terperinci adalah keterampilan utama dalam pemasaran, periklanan, dan pengembangan produk.

Pada artikel ini, kami akan memberikan ikhtisar tentang apa yang masuk ke dalam strategi produk dalam pemasaran dan bagaimana mengembangkannya untuk tim Anda.

Apa itu Strategi Produk?

Strategi produk atau product strategy adalah rencana yang mengidentifikasi maksud dan tujuan suatu produk kemudian menjelaskan visi untuk mencapai tujuan tersebut. Ini membantu menghubungkan visi proyek dengan metode aktual yang digunakan untuk mengimplementasikannya.

Strategi produk memetakan tolok ukur utama untuk melakukan kreasi, pemasaran, dan distribusi konsep apa pun yang Anda rencanakan untuk dijual. Mereka juga menyediakan rencana sentral yang dapat dirujuk oleh orang-orang di seluruh bisnis untuk memandu upaya mereka dan menyempurnakan strategi bisnis mereka secara keseluruhan.

Mengapa Strategi Produk itu Penting?

Strategi produk adalah bagian penting dari pemasaran, desain, atau peran terkait produksi. Terlepas dari posisi yang Anda pegang di sebuah perusahaan, Anda dapat menggunakan dokumen product strategy untuk memandu pengambilan keputusan Anda dan memastikan bahwa Anda berorientasi pada tujuan dan produktif dengan waktu Anda.

Strategi produk yang kuat adalah alat penting di setiap perusahaan yang digerakkan oleh produk karena alasan utama ini:

Panduan siklus hidup produk

Sebelum produk masuk ke pasar, strategi produk memberi anggota tim gagasan tentang nilai utamanya bagi pelanggan dan bagaimana mulai membangun reputasi dan membangkitkan minat.

Sepanjang pengembangan dan peluncuran, product strategy memandu bagaimana tim Anda merespons tantangan dan perubahan permintaan. Ini juga menetapkan tujuan tahap akhir bagi produk untuk memenuhi dan menyediakan kerangka kerja untuk menetapkan tujuan masa depan. Jika strategi produk tidak menghasilkan dampak yang diharapkan, Anda dapat meninjau strategi untuk area perbaikan.

Mengembangkan kerja tim

Strategi produk harus didefinisikan dengan jelas dan dibagikan ke seluruh perusahaan untuk membantu semua orang dalam tim menyelaraskan tujuan dan perilaku mereka. Strategi produk dapat berkembang dari waktu ke waktu berdasarkan dampak tim, menjadikannya alat kolaboratif yang mendorong brainstorming dan kerja tim.

Strategi produk yang jelas terhubung langsung dengan visi perusahaan, memberikan arahan bagi perilaku karyawan. Ini membantu menjembatani hambatan komunikasi antar departemen dan mengembangkan kemitraan yang kuat antara semua bidang pembangunan.

Prioritaskan sumber daya

Membuat dan meninjau product strategy membantu Anda mengidentifikasi bagian terpenting dari rencana implementasi Anda, memungkinkan Anda mengalokasikan sumber daya dengan cerdas dan mendapatkan hasil maksimal dari waktu dan uang yang Anda investasikan.

Pikirkan tentang berbagai aset yang Anda miliki yang dapat membantu Anda memenuhi setiap sasaran berdasarkan prioritas keseluruhan Anda. Saat memutuskan rencana anggaran, pertimbangkan bagaimana setiap pengeluaran berkontribusi pada product strategy secara keseluruhan.

Menumbuhkan pemikiran kritis

Strategi produk mendorong pemikiran kritis ketika memilih taktik pemasaran dan penjualan. Strategi produk yang dikembangkan dengan baik bertindak sebagai tolok ukur yang kuat untuk membuat perubahan, mengembangkan metode, dan memperbarui praktik terbaik.

Ini membantu Anda melihat bagaimana sumber daya, garis waktu, dan reputasi Anda semuanya berinteraksi untuk menarik pelanggan dan membangun model penjualan yang menguntungkan secara konsisten. Menjaga product strategy asli di tangan dan membandingkannya dengan tindakan perusahaan yang sebenarnya dapat membantu Anda memperbaiki strategi Anda dan membuat proyeksi yang lebih akurat di masa depan.

Menjadika tolok ukur untuk sukses

Strategi produk tidak hanya menjelaskan bagaimana suatu produk akan diproduksi dan didistribusikan, tetapi juga membahas rencana jangka panjang untuk produk tersebut, termasuk kemungkinan strategi keluar.

Generasi masa depan produk, pembaruan, merek ulang atau penghentian semua dapat menjadi bagian dari product strategy. Perusahaan yang menargetkan ceruk pasar dengan produk eksklusif dan edisi terbatas akan memiliki tolok ukur keberhasilan yang berbeda dengan perusahaan yang ingin menjual satu produk seluas mungkin.

Dengan mengingat tujuan akhir ini, Anda dapat memahami garis waktu proyek dan pencapaian utama yang ingin Anda capai di sepanjang jalan.

Elemen yang Harus ada dalam Membangun Strategi Produk

Strategi produk terdiri dari beberapa elemen kunci yang menguraikan pengaruh utama keberhasilan produk. Kategori ini adalah:

Sasaran pasar

Mengidentifikasi target pasar pelanggan yang ingin Anda jangkau dan mengapa mereka menggunakan produk Anda. Buat daftar kepada siapa Anda berencana untuk menjual dan jelaskan atribut apa yang membuat mereka menjadi pelanggan yang ideal.

Bagian dari product strategy ini sering kali mencakup persona pembeli, yang merupakan profil yang menggambarkan orang-orang hipotetis yang mewakili pasar utama yang berbeda.

Strategi produk juga harus memperhatikan faktor pasar lainnya, seperti kondisi ekonomi, kejenuhan pasar, dan kemungkinan pesaing. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi di mana suatu produk memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan pijakan dan memperluas basis pelanggannya.

Metode penetapan harga

Untuk menutupi biaya operasi, menghasilkan keuntungan dan mendapatkan modal yang cukup untuk diinvestasikan kembali dalam produksi, strategi produk menguraikan metode penetapan harga.

Ini dapat mencakup margin keuntungan ideal produk, analisis struktur harga yang berbeda dan perkiraan berapa banyak pelanggan akan membayar untuk memecahkan masalah tertentu.

Beberapa perusahaan memiliki beberapa versi produk serupa dengan harga berbeda berdasarkan fitur untuk menangkap pasar yang lebih luas. Yang lain berspesialisasi dan bertujuan untuk mendapatkan harga terendah untuk titik kualitas mereka atau harga premium sebagai ganti nilai merek, layanan pelanggan, dan peningkatan fungsi.

Proposisi nilai

Proposisi nilai suatu produk menjelaskan mengapa pelanggan akan memilih produk tersebut dibandingkan dengan pilihan lain di pasar. Bagian ini mengidentifikasi masalah apa yang dipecahkan produk Anda dan menyoroti keunikan produk Anda dari solusi lain.

Uraikan manfaat yang terkait dengan penggunaan produk Anda dan manfaatkan informasi tersebut untuk menciptakan taktik penjualan dan pengembangan yang lebih baik. Proposisi nilai yang baik mampu mengidentifikasi kebutuhan yang kurang terlayani dan menjelaskan bagaimana produk mereka mengisi kesenjangan itu.

Produk yang berorientasi pada tujuan

Sasaran tentang penggunaan produk, kinerja, dan penjualan mendorong sisa strategi produk. Sasaran ini dapat didasarkan pada jumlah pendapatan tertentu yang ingin Anda hasilkan, ulasan pengguna, dan bentuk informasi kualitatif dan kuantitatif lainnya.

Sasaran ini mengambil informasi tentang produk dan pasar Anda dan mulai menggunakannya untuk membuat proyeksi yang masuk akal tentang bagaimana kinerja produk.

Inisiatif

Inisiatif adalah tujuan yang lebih spesifik yang memandu perilaku perusahaan Anda. Mereka membahas berbagai elemen bisnis yang dapat memengaruhi apakah Anda mencapai tujuan penjualan atau tidak.

Inisiatif dapat mencakup mendidik pelanggan, meningkatkan penjualan, meningkatkan retensi pelanggan, dan menjelajahi saluran penjualan baru.

Linimasa

Strategi produk lebih efektif ketika Anda memiliki garis waktu untuk melaksanakan inisiatif baru dan mencapai tujuan. Strategi produk harus mengidentifikasi kapan setiap bagian dari rencana pengembangan dan pemasaran harus dilakukan. Ini akan membantu Anda merencanakan untuk menutupi biaya operasional dan menghasilkan umpan balik yang dapat Anda gunakan untuk membentuk rencana strategis masa depan.

Cara Membuat Strategi Produk yang Efektif

Membuat strategi produk mengharuskan Anda memperhatikan detail sekaligus memahami gambaran besar misi perusahaan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengembangkan strategi produk yang komprehensif untuk tim Anda:

1. Pelajari pasar Anda

Sebelum Anda mulai mengembangkan dokumen strategi produk, kumpulkan riset pasar yang relevan dan pelajari pelanggan ideal Anda. Bicaralah dengan orang-orang di pasar sasaran Anda dan adakan kelompok fokus untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang keinginan dan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh produk Anda.

2. Mengartikulasikan visi Anda

Memiliki misi yang pasti yang dapat dihubungkan dan dipahami orang lain akan memandu pengembangan strategi produk Anda. Setelah Anda mengidentifikasi nilai-nilai inti yang diwakili produk Anda, Anda dapat menemukan cara untuk memanfaatkan nilai-nilai tersebut, menangkap ceruk pasar, membangun komunitas, dan menciptakan produk yang sukses.

Ceritakan sebuah kisah tentang dampak produk yang dibayangkan dan bagaimana produk itu dapat berkembang dari waktu ke waktu untuk menjalankan misi yang lebih besar.

3. Fokus pada solusi

Saat Anda menuliskan tujuan dan inisiatif, pastikan Anda dapat mengaitkannya kembali dengan fungsi inti produk Anda dan masalah yang mereka pecahkan untuk pelanggan.

Strategi produk membantu menghubungkan ide-ide yang luas ke dalam tugas-tugas yang dapat ditindaklanjuti, sehingga menghubungkan kembali ke tujuan bersama sangat penting untuk menjaga semua tugas tetap selaras.

4. Berkolaborasi

Strategi produk memengaruhi operasi di semua bagian bisnis, jadi carilah masukan dari kolega Anda dan terapkan keahlian mereka ke dalam rencana strategis. Bekerja sebagai tim lintas departemen membantu semua orang merasa terlibat dalam proyek, membuat mereka lebih berdedikasi untuk melaksanakan inisiatif strategis baru.

Berkolaborasi dengan orang lain juga dapat membantu Anda menilai masalah dari berbagai perspektif dan mengidentifikasi potensi masalah dan hambatan untuk sukses sebelum berdampak pada bisnis.

5. Lakukan penyesuaian secara teratur

Jadwalkan waktu untuk merenungkan strategi produk secara teratur dan temukan cara untuk memasukkan umpan balik, fluktuasi pasar, informasi penjualan, dan metrik lain yang Anda gunakan untuk menilai keberhasilan produk.

Jika Anda melebihi harapan Anda, tetapkan tujuan yang lebih ambisius untuk terus mendorong misi perusahaan. Terus perbarui riset pasar Anda, dengan fokus pada bagaimana pola pasar dibandingkan dengan proyeksi Anda sebelumnya.

Kesimpulan

Itulah pembahsan tentang strategi produk dan tahapan dalam mengadaptasikannya dalam bisnis Anda. Pastikan Anda meneliti setiap elemen yang kami jabarkan agar strategi produk Anda berjalan baik dan menghasilkan yang terbaik.

Selain itu, pastikan juga Anda mencatat setiap biaya yang terjadi saat Anda membangun strategi ini dan pengeluaran lain pada bisnis Anda lewat software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan memiliki harga terjangkau yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis yang ada di Indonesia.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, penghitungan dan pelaporan pajak, manajemen multi gudang dan cabang, dan masih banyak lagi fitur Accurate Online yang akan membantu Anda dalam pengelolaan bisnis yang lebih baik.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu