Testimoni Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Mudah Mendapatkannya

Sebagian besar dari Anda yang melakukan kegiatan marketing atau pemasaran online pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya testimoni. Pada dasarnya, testimoni adalah suatu bentuk kesaksian konsumen yang merasa puas atau kecewa dengan produk yang sudah dibelinya.

Tapi, walaupun istilah ini sudah sering sekali digunakan, tapi masih banyak dari kita yang belum mengetahui arti sebenarnya dari testimoni dan manfaatnya dalam kegiatan pemasaran bisnis.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas lebih lengkap tentang testimoni dan beberapa tips mudah untuk mendapatkan testimoni yang baik dari pelanggan.

Testimoni Adalah

Jadi, dalam suatu kegiatan pemasaran atau promosi, testimoni adalah suatu bentuk kesaksian yang dilakukan oleh konsumen yang sudah merasa puas atau kecewa atas produk atau jasa yang sudah mereka beli.

Artinya, testimoni adalah bentuk pernyataan atau pesan dari pelanggan terkait pengalamannya bertransaksi dengan penjual dalam hal pelayanan ataupun kualitas barang atau jasa yang sudah mereka beli.

Mari kita ambil contoh seseorang yang ingin membeli produk herbal di suatu toko online atau marketplace. Jadi, selama melakukan transaksi, komunikasi, pembayaran, dan barang tiba di tempat konsumen ternyata berjalan dengan lancar, terlebih lagi konsumen pun sudah merasakan manfaatnya.

Beberapa waktu kemudian, konsumen pun mengirimkan suatu pesan kepada penjual tersebut lalu membagikan pengalamannya yang merasa puas atas kualitas dan pelayanan yang diberikan penjual. Nah, pesan tersebutlah yang kita sebut dengan testimoni. Lantas, kenapa testimoni itu sangat penting bagi suatu perusahaan?

Baca juga: 15 Cara Efektif dan Mudah Untuk Promosikan Produk Secara Online

Manfaat Testimoni Bagi Bisnis

Biasanya, kebanyakan orang akan bersikap ragu atas produk yang belum pernah mereka beli atau gunakan sebelumnya. Khususnya untuk beberapa produk yang mampu memengaruhi kehidupan, seperti produk kesehatan, produk kecantikan, dll.

Seluruh pebisnis tentu menyadari hal tersebut. Itulah kenapa para pebisnis biasanya akan menempatkan testimoni dari pengguna di halaman penjualan agar pernyataan dari pengguna tersebut mampu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan lain atas produk yang dia jual.

Berdasarkan penjelasan tersebut bisa kita tarik kesimpulan bahwa testimoni memiliki peran yang sangat penting dalam proses pemasaran atas suatu produk, dan berikut ini manfaat lain dari testimoni:

1. Meningkatkan Rasa Percaya Konsumen Baru

Biasanya, testimoni yang berasal dari pelanggan sebelumnya sangat mampu memengaruhi emosi atau pikiran para pelanggan baru. Sehingga, mereka akan bisa lebih percaya atas suatu produk yang dijual oleh penjual. Kita tentu sudah paham bahwa kepercayaan konsumen dan calon konsumen baru adalah kunci utama untuk mengembangkan suatu bisnis.

Dengan menempatkan testimoni positif yang berasal dari konsumen sebelumnya, maka nilai reputasi suatu bisnis tentu akan semakin baik pula di mata calon pelanggan. Pebisnis yang mempunyai reputasi baik pastinya akan mampu meningkatkan kepercayaan konsumen dalam melakukan kegiatan transaksi.

2. Media Pemasaran Gratis

Pada dasarnya, testimoni adalah strategi pemasaran yang sangat efektif untuk diterapkan di semua bidang bisnis. Testimoni mampu meningkatkan kepercayaan calon pembeli baru dan sebagai alat pemasaran bisnis yang gratis. Jadi, pada dasarnya testimoni adalah salah satu bentuk pemasaran dari mulut ke mulut.

Testimoni in seringkali diutarakan pada kerabat, keluarga, dan orang-orang terdekat pembeli, sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh penjual bisa menyebar lebih luas.

3. Sebagai Bahan Materi Iklan

Hadirnya satu testimoni yang positif akan mampu memberikan efek yang sangat besar dalam strategi pemasaran di dalam suatu bisnis. Salah satunya ialah bisa dijadikan sebagai bahan iklan.

Testimoni yang telah diberikan oleh pembeli lama sebelumnya yang berupa pesan teks, update story, email, dll. bisa dijadikan sebagai bahan pemasaran yang unik dan mampu memberikan efek yang lebih baik dalam suatu proses pemasaran.

4. Sebagai Bahan Evaluasi

Sudah selayaknya kita pahami bersama bahwa tidak semua konsumen akan rela memberikan ulasan atau testimoni yang positif. Beberapa pembeli pasti ada saja yang memberikan  respon negatif, seperti kritik kemasan atau proses pengiriman yang lambat.

Namun, hal tersebut bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki hal apa saja yang memang harus diperbaiki.

Jadi, sebenarnya testimoni negatif itu tidak terlalu buruk, tinggal bagaimana Anda menyikapi dan memperbaiki hal tersebut agar bisa meningkatkan kemajuan bisnis di masa depan.

5. Bentuk Apresiasi Kepada Konsumen

Pada umumnya, setiap manusia pasti sangat suka untuk mendapatkan perhatian atau apresiasi dari manusia lainnya. Faktanya, banyak sekali pembeli yang suka membaca hasil testimoninya sendiri pada suatu toko online. Dengan menampilkan hal tersebut, maka Anda akan dianggap menghargai atau mengapresiasi pembeli Anda.

Konsumen yang sudah merasa puas dan merasa dihargai akan secara otomatis menjadi royal dengan Anda, sehingga akan memungkinkan adanya pembelian kembali.

Cara Mendapatkan Testimoni Positif dari Konsumen

Pada prinsipnya, testimoni yang positif pasti akan selalu diawali dengan adanya rasa puas yang dialami oleh konsumen setelah berbelanja atau menggunakan produk yang mereka beli. Jika pengalaman tersebut tidak bisa didapatkan oleh pembeli, maka jangan berharap Anda bisa mendapatkan testimoni yang baik dari pembeli.

Dilansir dari situs SearchEngineLand.com, sekitar 88% pembeli online akan memutuskan untuk membeli lagi suatu produk setelah mereka melihat ulasan dan testimoni dari pengguna sebelumnya. Oleh karena itu, setiap pebisnis harus tahu bagaimana cara mendapatkan testimoni yang positif. Berikut ini adalah caranya:

1. Berinteraksi Dengan Konsumen

Produk yang berkualitas baik memang awal yang sempurna dalam menjual suatu produk. Tapi, akan sangat tidak maksimal jika tidak diiringi dengan gaya komunikasi yang baik.

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan follow up dan meminta testimoni dari mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari aplikasi chatting, telepon atau email. Selain untuk mendapatkan testimoni mereka, interaksi yang baik adalah bentuk perhatian Anda kepada konsumen Anda.

2. Hargai Setiap Testimoni Konsumen

Setiap testimoni yang dikirimkan oleh konsumen memiliki dampak yang besar dalam hal pemasaran. Untuk itu, sangat disarankan untuk bisa menghargai setiap testimoni dari pelanggan. Bentuk penghargaan yang bisa Anda berikan bisa berupa bonus atau hadiah kepada konsumen yang mampu memberikan testimoni secara jujur.

3. Merespon Positif Terhadap Testimoni Negatif

Kita sudah singgung sebelumnya bahwa akan ada beberapa konsumen yang memberikan testimoni negatif atas produk yang Anda jual. Walaupun begitu, ada baiknya untuk tidak merespon hal tersebut dengan yang negatif dengan membatasi diri dari berbagai pembelaan yang ada.

Cara terbaik untuk menghadapi respon negatif tersebut adalah dengan meminta maaf dan menyelesaikan masalah yang dialami pembeli sesegera mungkin. Dengan begitu, ada kemungkinan mereka akan mengubah testimoni negatifnya menjadi positif.

4. Aktif di Media Sosial

Pada umumnya, konsumen sangat suka memberikan pengalamannya di media sosialnya masing-masing, termasuk ketika mereka melakukan belanja online. Untuk itu, Anda memerlukan media sosial online yang terkenal untuk bisa mendapatkan dan mengumpulkan lebih banyak testimoni dari konsumen Anda.

Proses pemasaran Anda akan menjadi lebih murah dan bahkan gratis jika Anda mampu membangun interaksi yang baik dengan konsumen.

Baca juga: Mengetahui Secara Mendalam Komunikasi Pemasaran Terintegrasi

Penutup

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa testimoni adalah adalah suatu bentuk kesaksian yang dilakukan oleh konsumen yang sudah merasa puas atau kecewa atas produk atau jasa yang sudah mereka beli.

Testimoni memiliki peranan yang penting dalam perkembangan suatu perusahaan. Efeknya Pun bahkan mampu mengubah keputusan calon konsumen Anda. Untuk itu, Anda harus menyikapi setiap testimoni secara baik.

Jadi, jika testimoni positif memiliki peran yang besar untuk kegiatan pemasaran, maka testimoni negatif pun berperan dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas suatu produk dari perusahaan. Oleh karena itu, testimoni harus bisa Anda dapatkan dan Anda sikapi dengan baik untuk bisa meraih tujuan utama perusahaan Anda.

Namun, testimoni adalah satu dari sekian banyaknya strategi marketing yang bisa Anda terapkan. Karena, masih ada banyak lagi strategi marketing yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan perusahaan Anda.

Selain itu, Anda juga harus melakukan manajemen keuangan dan manajemen persediaan dengan baik. Nah, untuk memudahkan Anda dalam melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Jadi, Anda bisa mencatat seluruh transaksi laporan keuangan Anda dengan cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengelola stok barang, aset perusahaan, sampai dengan mengelola utang-piutang perusahaan secara instan.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan