15 Cara Efektif dan Mudah Untuk Promosikan Produk Secara Online

Anda sedang bersiap untuk meluncurkan produk baru atau ingin mempromosikan produk yang sudah ada, tetapi Anda tidak yakin dengan rencana dan cara melakukukan promosikan pada produk Anda. Ini bisa membuat frustasi jika Anda tidak yakin dengan ide pemasaran apa yang akan efektif.

Melakukan trial and error? Studi mengungkapkan bahwa 30% hingga 80% produk baru gagal. Bayangkan semua waktu dan uang Anda akan terbuang percuma jika Anda hanya mempromosikan produk Anda secara membabi buta.

Jangan panik, kami membantu Anda. Untuk memberikan perhatian yang layak pada produk Anda tanpa risiko, kami telah menyiapkan daftar cara yang sangat efektif tentang cara mempromosikan produk secara online dan memberikan tips untuk memastikan keberhasilan pada produk.

Tips ini akan membantu Anda untuk membuat cara promosikan produk yang berhasil, meningkatkan lalu lintas rujukan Anda, dan membangun keakraban merek – membuatnya jauh lebih mudah bagi Anda untuk mendorong pelanggan potensial Anda ke dalam konversi yang sukses.

1.  Tarik perhatian pengunjung dengan pop up

Jangan biarkan pelanggan mencari di tempat lain, semuanya harus ada di depan pintu Anda sendiri. Saat pengunjung Anda memasuki situs web Anda, ini adalah peluang sempurna bagi Anda untuk mempromosikan produk Anda.

Menggunakan pop up dengan penyertaan produk yang ingin Anda promosikan dapat ditampilkan saat pertama kali calon pelanggan mengunjungi situs Anda untuk menarik perhatian mereka. Ini adalah cara promosikan produk yang cerdik untuk secara langsung menarik pengunjung ke produk promosi, mengharuskan mereka menyadarinya saat mereka memasuki situs Anda.

Jangan takut untuk berkreasi dengan popup entri Anda. Anda juga dapat memasukkan diskon yang tidak dapat ditolak pengunjung Anda, membuat popup entri Anda lebih efektif untuk konversi. Bahkan jika pengunjung Anda tidak segera bertindak atas penawaran Anda, setidaknya mereka sudah mengetahui produk Anda.

2. Targetkan ulang pengunjung di situs terlebih dahulu dengan exit offers

Alternatif untuk popup yang muncul saat pengguna pertama kali mengunjungi website Anda adalah membiarkan pengunjung menjelajahi situs web Anda terlebih dahulu dan kemudian menargetkan ulang mereka dengan produk yang telah mereka jelajahi sebelum mereka meninggalkan situs web Anda.

Penggunaan strategi penargetan ulang di tempat adalah cara yang sangat efektif untuk promosikan produk yang telah dijelajahi oleh pengunjung tetapi tidak berhasil dibeli. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan penawaran keluar atau exit offer.

Ini sangat mirip dengan penawaran di awal tetapi waktu dan penargetannya berbeda. Penawaran keluar hanya akan dipicu setelah pembeli akan meninggalkan situs web Anda tanpa membeli produk. Merupakan strategi yang baik untuk terus mengingatkan pengunjung Anda tentang produk yang mereka minati selama tahap penjelajahan mereka.

Baca juga: Mengetahui Secara Mendalam Komunikasi Pemasaran Terintegrasi

3. Iklankan produk Anda di  Google Shopping

Dengan pertumbuhan 31% Y / Y dalam pembelanjaan iklan pada Kuartal 2 tahun lalu, Google Shopping telah menghasilkan 59% dari semua klik iklan penelusuran Google, terus menang melawan iklan teks dan saluran pemasaran online lainnya.

Google Shopping berbeda dari iklan teks biasa. Dengan iklan teks, Anda memilih kata kunci yang ditargetkan yang akan memicu kapan iklan akan muncul. Namun dengan Google Shopping, Google mengontrol kueri penelusuran yang akan meminta iklan Anda ditampilkan.

Representasi visual dari Iklan Belanja Google Dengan iklan Google Shopping, Anda membantu pembeli menemukan produk Anda lebih cepat saat mereka menelusuri di Google. Meskipun memiliki kemiripan yang mencolok dengan pengoptimalan mesin telusur atau SEO, Google Shopping sebenarnya membantu Anda hanya membayar klik yang paling relevan bagi Anda.

4. Manfaatkan Instagram semaksimal mungkin

Instagram tidak diragukan lagi adalah salah satu saluran pemasaran yang paling cocok untuk pemasar yang cerdas karena narasi yang sangat visual yang diberikannya.

Ini adalah hal yang baik karena orang-orang, terutama pembeli, sangat bergantung pada visual produk saat membuat keputusan pembelian.

Dan, penggunaan isyarat visual apa yang lebih efektif daripada mempromosikan produk Anda di Instagram? Anda dapat menggunakan kiriman yang dapat dibeli untuk menandai produk Anda di Instagram dengan menggunakan label produk di kiriman mereka dan stiker produk di Stories.

Jadi, setiap kali pengguna Instagram mengetuk tag produk, mereka dapat melihat gambar produk, deskripsi produk, harga, dan tautan untuk mengarahkan mereka ke situs web produk. Beriklan di IG Stories juga menarik perhatian pemasar dan penjual online karena sifatnya yang dinamis dan menarik

Baca juga: Brand Identity: Pengertian, Manfaat Dan Tips Dalam Membangunnya

5. Kirim sampel produk ke influencer

Pemasaran influencer telah mengukir posisinya sebagai salah satu cara paling efektif tentang cara promosikan produk secara online karena terbukti menghasilkan tingkat retensi pelanggan 37% lebih tinggi dibandingkan dengan saluran akuisisi lainnya.

Mega influencer bisa mahal, sebagai alternatif, Anda dapat menjangkau influencer khusus untuk membantu Anda mempromosikan produk Anda.

Influencer khusus tidak memiliki banyak pengikut dibandingkan dengan mega influencer, tetapi mereka sangat dihormati dalam industri niche oleh target pasar tertentu – membuat kampanye Anda lebih efektif dan berdampak.

Niche influencer biasanya tidak memerlukan pembayaran moneter untuk postingan produk. Tapi, mereka meminta sampel gratis sebagai pembayaran alternatif. Anda juga dapat menggunakan kode promo influencer yang dapat mereka bagikan dengan pengikut mereka.

Kode-kode ini dapat digunakan oleh pengikut mereka saat membeli produk di situs Anda. Influencer kemudian diberi hadiah untuk setiap pembayaran yang dilakukan menggunakan kode tersebut.

6. Gunakan upselling dan cross-selling untuk mempromosikan produk

Teknik upselling dan cross-selling dapat membantu Anda memukul dua burung dengan satu batu. Dengan hanya menjual atau menjual silang produk selain dari apa yang dilihat pelanggan Anda saat ini, Anda sudah mempromosikan produk upsell / cross-sell sambil meningkatkan nilai pesanan rata-rata.

Pemasar dan penjual yang cerdas memanfaatkan minat dan perilaku pembelian pembeli untuk merekomendasikan produk yang serupa atau melengkapi apa yang baru dilihat pelanggan mereka. Ada banyak cara untuk menggunakan penawaran upselling dan cross-selling seperti merekomendasikannya di halaman keranjang pembeli.

Baca juga: Blue Ocean Strategy: Pengertian, Cara Mengembangkan, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya

7. Mulai blogging dengan niche tertentu

Membuat blog niche tertentu adalah strategi jangka menengah hingga panjang tentang cara promosikan produk secara online. Blogging khusus memungkinkan Anda menghasilkan konten khusus yang sangat relevan dengan audiens target Anda. Seperti blog di Accurate Online ini.

Pada blog Accurate Online, kami membahas dan membuat postingan blog dengan niche tertarget seperti tema tentang software akuntansi, ilmu akuntansi, pemasaran, bisnis dan sejenisnya yang bisa meningkatkan pengunjung yang membutuhkan pengetahuan seputar hal tersebut dan sesuai dengan target kami.

Dengan demikian, ini memastikan bahwa Anda menarik pengunjung berkualitas. Anda dapat mempromosikan produk Anda di blog niche Anda dengan menyebutkannya di konten Anda. Ini menjadi pintu gerbang bagi pelanggan potensial Anda untuk memperhatikan dan menyadari apa yang Anda tawarkan.

cara promosikan produk 2

8. Bermitra untuk posting tamu

Selain memiliki blog dengan niche sendiri, Anda juga dapat menjangkau blogger atau bisnis lain untuk bermitra untuk beberapa posting tamu atau guest post.

Blogging tamu adalah cara terbaik untuk memperkenalkan produk Anda kepada audiens baru dengan memanfaatkan pengunjung blog mitra Anda yang sudah ada.

Banyak bloger sudah memiliki pengikut mapan yang relevan dengan niche Anda sehingga ketika Anda berkontribusi kepada mereka, audiens mereka cenderung sama dengan jenis pelanggan yang tertarik dengan produk Anda.

Pilih blog yang memiliki peran di industri yang kuat dan unik, pengikut berkualitas, keterlibatan tinggi, dan relevansi merek. Tulis topik yang unik dan menarik untuk membangkitkan minat pembaca Anda. Kemudian, sebutkan produk Anda secara halus tanpa harus “berjualan”. Pastikan promosi produk terdengar organik dan sesuai dengan topiknya.

Baca juga: STP Marketing: Pengertian dan Cara Tepat untuk Menerapkannya

9. Mempromosikan produk menggunakan bundel

Dua barang akan lebih baik daripada satu? Dalam kasus bundling produk, itu pasti ya. Seni bundling produk mungkin tampak seperti strategi untuk memaksimalkan nilai pesanan rata-rata, tetapi sebenarnya lebih dari itu.

Paket produk terjadi ketika Anda mengelompokkan item individual yang dapat dijual secara terpisah menjadi satu barang dagangan untuk dijual.

Sekarang, Anda dapat menggunakan bundling untuk mempromosikan produk yang relatif baru atau mungkin kurang dikenal. Yang dapat Anda lakukan adalah memasangkan item terlaris Anda dan menggunakan popularitasnya untuk menyoroti produk yang baru ditambahkan atau bergerak lambat.

Jika Anda benar-benar memikirkannya, itulah cara cerdas untuk promosikan produk lain yang biasanya tidak diperhatikan atau dicari orang. Selain itu, pembeli menganggap produk yang dibundel lebih berharga karena dianggap sebagai keuntungan tambahan.

10. Ajak orang untuk berbagi

Program rujukan yang kuat dapat meningkatkan kekuatan promosi dari mulut ke mulut yang benar-benar berfungsi dengan baik saat Anda ingin memperkenalkan produk Anda kepada orang lain yang mungkin belum pernah mendengarnya sebelumnya.

Yang Anda inginkan adalah orang-orang mulai membagikan produk Anda ke teman, keluarga, dan kolega mereka. Secara umum, orang-orang mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal sehingga Anda ingin mengarahkan pelanggan dan pengunjung untuk mulai membicarakan produk Anda kepada orang yang mereka cintai.

Secara tradisional, Anda dapat memberi insentif kepada orang yang merujuk produk Anda, tetapi Anda bahkan dapat meningkatkannya dengan memberi penghargaan kepada orang yang merujuk dan orang yang dirujuk. Jika Anda memiliki produk untuk dipamerkan, Anda juga dapat menggunakannya sebagai insentif rujukan.

Baca juga: Apa Itu Ceruk Pasar? Berikut Adalah Pengertian dan Tips Mengoptimalkannya

11. Jalankan kontes giveaway produk gratis

Hadiah produk adalah cara yang menyenangkan dan menarik tentang cara promosikan produk secara online. Karena elemen kontesnya, orang bisa bersemangat dan mulai membicarakan merek dan produk Anda. Dengan demikian, ini dapat membantu Anda memperkenalkan produk Anda kepada audiens baru dengan biaya yang relatif rendah.

Kontes giveaway yang khas menggunakan produk gratis sebagai hadiah sebagai ganti alamat email atau mengikuti media sosial. Siapa yang tidak suka mendapatkan produk secara gratis? Tapi, pastikan Anda memasukkan faktor viral dalam mekanisme kontes Anda seperti meminta mereka membagikan kontes kepada teman dan keluarga mereka.

Semakin banyak orang melihat kontes Anda, semakin banyak produk dan merek Anda diekspos ke audiens baru.

12. Mendorong konten yang dibuat pengguna

Konten buatan pengguna atau user generated content (UGC) adalah segala sesuatu yang diposting pelanggan secara online seperti ulasan, foto, video, atau testimonial tentang suatu merek atau produk.

Yang paling menarik dari UGC adalah keasliannya. Karena pelanggan membuat komentar mereka sendiri tentang produk Anda, mereka lebih dapat dipercaya dibandingkan dengan posting bermerek.

Anda ingin mendorong pelanggan Anda untuk membagikan ulasan positif tentang produk Anda secara online, terutama di postingan media sosial mereka. Dengan cara ini ketika mereka memposting umpan balik yang baik tentang produk Anda, pengikut mereka akan mengetahui fitur dan manfaat produk Anda.

Baca juga: Engagement Rate Adalah : Pengertian, Faktor, dan Cara Mengukurnya

13. Manfaatkan pemberian hadiah

Pemberian hadiah sangat populer selama liburan karena ini adalah musim pemberian hadiah. Orang-orang mencari ide hadiah, oleh karena itu, panduan hadiah adalah konten yang berguna untuk mereka.

Tetapi Anda juga dapat menggunakan taktik ini sebagai cara untuk mempromosikan produk secara online sepanjang tahun.

Anda dapat membuat panduan hadiah Anda sendiri, memasukkan produk Anda ke dalam campuran. Kemudian, promosikan di situs web Anda. Selain itu, Anda juga dapat menemukan kurator pemandu hadiah terkemuka yang memiliki audiens yang mirip dengan profil pelanggan target Anda.

Sebagian besar kurator panduan hadiah membutuhkan sampel produk untuk dikirimkan sebagai imbalan agar produk Anda ditampilkan di panduan hadiah mereka. Anda dapat dengan mudah menemukannya dengan melakukan pencarian Google sederhana. Pilih kurator pemandu hadiah berdasarkan jenis dan ukuran audiens, tingkat keterlibatan, reputasi, dan relevansi merek mereka.

14. Jawab pertanyaan di situs Tanya Jawab

Jika Anda sudah familiar dengan Quora, maka Anda sudah memiliki gambaran tentang apa itu situs Q&A. Situs web tanya jawab sangat populer bagi pengguna online saat ini karena memungkinkan mereka untuk mengajukan pertanyaan acak, ingin mendapatkan jawaban dari pengguna lain.

Anda juga dapat menggunakan situs Tanya Jawab ini untuk mempromosikan produk Anda. Bagaimana? Dengan hanya mencari pertanyaan yang terkait dengan merek Anda, Anda dapat menjawabnya dengan tulus dengan solusi praktis untuk masalah mereka. Kemudian, Anda dapat merekomendasikan produk Anda dengan selera tinggi dalam jawaban Anda.

Baca juga: 11 Strategi Internet Marketing Yang Mudah Dilakukan dan Efektif

15. Kirim email yang dipersonalisasi

Jika Anda mencari cara efektif tentang cara mempromosikan produk secara online, pemasaran email tidak boleh diabaikan. Email masih memiliki ROI pemasaran terbaik dengan rata-rata 4400% , melebihi penelusuran sosial, tv, dan berbayar.

Namun, pemasaran email tradisional tidak akan ada gunanya sekarang mengingat volume email yang diterima oleh pelanggan setiap hari. Jadi, pertimbangkan untuk menyiapkan kampanye email yang dipersonalisasi.

Kampanye email yang efektif adalah rangkaian email otomatis yang dipicu oleh tindakan pengguna tertentu yang dapat dikirim berdasarkan garis waktu yang telah ditentukan seperti email selamat datang, pengingat pengabaian keranjang, konfirmasi pesanan, dll. Ini biasa juga disebut email drips.


Itulah beberapa cara promosikan produk yang efektif dan bisa diadaptasikan oleh bisnis Anda yang sedang berencana untuk meluncurkan produk.

Strategi promosi harus sejalan dengan perencanaan dan tujuan bisnis Anda secara keseluruhan, pastikan juga Anda menyiapkan anggaran yang cukup dan sesuai rencana yang Anda buat agar tujuan bisnis Anda tercapai.

Untuk memudahkan penganggaran dan pembukuan bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk efisiensi dalam proses bisnis.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu