Apa itu CorelDraw? Apa saja Keunggulannya?

Setiap desainer grafis tentunya memiliki software pilihan masing-masing yang nyaman untuk digunakan. CorelDraw adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk kebutuhan desain grafis.

Diketahui bahwa setiap software atau aplikasi grafis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan CorelDraw yang jelas banyak digunakan karena menawarkan manfaat yang berbeda dengan software sejenis lainnya. Lalu apa kelebihan CorelDraw dibandingkan aplikasi sejenis lainnya, simak penjelasannya di artikel ini?

Pengertian Coreldraw Adalah

CorelDraw adalah aplikasi pengolah gambar vektor yang banyak digunakan oleh pengguna PC. Karena berbagai kemudahan dan manfaat yang dimiliki CorelDraw, aplikasi ini sering digunakan untuk penerbitan komputer, percetakan, dan area lain yang membutuhkan pemrosesan visual.

Keuntungan dari pengolahan citra vektor adalah ukuran akhir dari hasil dapat ditekan seminimal mungkin, namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan citra raster atau bitmap. Inilah sebabnya mengapa desain grafis vektor dan pemrosesan gambar sangat banyak digunakan untuk DTP, percetakan dan bidang lain yang membutuhkan pemrosesan visual.

Sebenarnya ada banyak software pengolah gambar dan grafik vektor yang bisa kita gunakan, seperti Coreldraw, Photoshop, Freehand, Adobe Illustrator, dll. Namun CorelDraw adalah program paling populer yang sering digunakan. Selain user-friendly dan mudah dipelajari, aplikasi ini juga memiliki manfaat lain yang sangat bermanfaat.

Beberapa keunggulan CorelDraw, di antaranya CorelDraw, sangat baik dalam mengerjakan teks dan gambar.

Meskipun Photoshop bisa dilakukan, lebih mudah dengan CorelDraw. Selain itu, keunggulan aplikasi ini jarang dimiliki oleh aplikasi desain grafis dan pengolah gambar lainnya adalah dukungan untuk forum dan komunitas CorelDraw yang banyak dan beragam, sehingga kita dapat dengan mudah menemukan tutorial, tips dan berbagi pengetahuan dengan pengguna CorelDraw lainnya di daerah bahkan dunia.

Baca juga: Google Chrome Extension: Ini Rekomendasi dan Cara memasangnya

Keunggulan CorelDraw

Jika Anda ingin belajar desain grafis, biasanya disarankan untuk menggunakan aplikasi ini. Hal ini tentunya karena Corel memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Berikut beberapa manfaat CorelDraw yang harus Anda ketahui.

1. User Friendly

Tak heran jika setiap orang yang ingin belajar desain grafis pasti diarahkan untuk menggunakan CorelDraw. Hal ini karena software ini cukup user friendly. Soalnya tampilan Corel terlihat sederhana, sehingga tidak butuh waktu lama bagi Anda untuk beradaptasi dengannya.

Bahkan tata letak dan warnanya tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word. Jadi ketika Anda membuka software ini, Anda tidak akan merasa terlalu bingung. Selain itu, fungsi AI juga relatif kompleks dan tersembunyi.

2. Resolusi Yang Tinggi

Untuk perusahaan yang bergerak di bidang desain grafis dan pencetakan gambar skala besar, resolusi tinggi sangat penting. Anda bisa mendapatkan ini di aplikasi ini, yang memungkinkan resolusi tinggi atau kapasitas gambar. Mulai dari ukuran inci, millimeter, sentimeter hingga kilometer. Jadi Anda bisa bebas berkreasi dengan jaminan hasil yang memuaskan.

3. Format Import Dan Export Yang Lengkap

Format penyimpanan data yang simple dan lengkap. Format yang ditawarkan untuk kebutuhan impor dan ekspor data cukup beragam. Aplikasi ini juga menyediakan format AI dimana data yang Anda buat di aplikasi ini dapat dibuka menggunakan Adobe Illustrator.

4. Mudah Dicetak

Ini adalah keunggulan CorelDraw dalam hal pencetakan. Dimana software yang di install di komputer anda berupa corel. Namun, akan berbeda jika Anda mentransfer file ke printer Adobe. Perusahaan percetakan biasanya akan menolaknya dan mengembalikannya kepada Anda agar dapat dimodifikasi sesuai dengan software pada komputer percetakan.

5. Bisa Mengkolaborasikan Gambar Dan Teks

Terkadang Anda perlu bekerja antara gambar dan teks dalam sebuah desain. Oleh karena itu, CorelDraw merupakan software yang paling cocok dan mampu menghasilkan tampilan yang bagus.

6. Penyediaan Beragam Tools

Perangkat lunak ini menyediakan berbagai alat yang sangat berguna untuk membantu Anda menggunakan aplikasi ini. Tools tersebut berupa Edit, Selection, Effects dan masih banyak lagi.

Anda dapat menggunakan alat ini untuk membuat penyesuaian terbaik. Bahkan saat menggunakan alat ini, itu tidak akan mempengaruhi kualitas gambar.

7. Harga Yang Ramah di Kantong

Anda tidak perlu mengeluarkan dompet untuk menggunakan CorelDraw. Karena Corel sendiri menawarkan harga yang relatif terjangkau dengan sejumlah fitur yang lengkap sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda bahkan dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis, tetapi dengan fitur yang terbatas. Namun, fitur yang disertakan cukup membantu Anda melakukan penyesuaian dengan hasil yang memuaskan.

Dengan beberapa keunggulan dari aplikasi ini, sudah cukup untuk memastikan bahwa software ini sangat handal dalam melakukan berbagai proses desain dengan kualitas hasil yang tidak akan mengecewakan.

Baca juga: Cloud Storage Adalah Platform Penyimpanan yang Lebih Aman, Ini Penjelasannya!

Penutup

Intinya, penjelasan dari CorelDraw adalah desain grafis yang diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis komunikasi lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan (mendesain) atau pun produk yang dihasilkan (desain/rancangan).

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik – yang sering kali disebut sebagai “desain interaktif” (interactive design), atau “desain multimedia” (multimedia design’)

Tak hanya itu, CorelDraw merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC, untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual. Keunggulan mengolah gambar berbasis vector adalah ukuran hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap.

Bagi Anda yang ingin mempelajari tentang akuntansi, dan ingin menggambar sebuah grafik di CorelDraw bisa banget dengan mencobanya. Pahami dulu yang ingin Anda buat dan sesuaikan dengan bidang keahlianmu di akuntansi dalam pembuatan grafik.

Nah, untuk memudahkan pekerjaan Anda di bidang akuntansi, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan Anda secara otomatis, cepat, dan akurat. Sehingga, pekerjaan akuntansi Anda akan lebih cepat selesai dan Anda pun akan bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, berbagai fitur dan modul yang disediakan di dalamnya juga akan membuat bisnis Anda bergerak lebih cepat, efektif dan efisien.

Anda bisa mencoba seluruh keunggulan dan fitur menarik dari Accurate Online selama 30 hari gratis dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate 2 banner bawah

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.