NFC Adalah: Ini Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Berdasarkan laman Wikipedia, Field Communication atau NFC adalah teknologi yang memungkinkan perangkat berdekatan untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa kontak. Teknologi NFC ini disematkan pada smartphone, kartu pembayaran, dan smart band.

Teknologi NFC mungkin telah banyak dibicarakan akhir-akhir ini, tetapi teknologi tersebut bukanlah hal yang baru. Sejak tahun lalu, beberapa produsen smartphone di dunia telah menyematkan teknologi NFC ini di beberapa smartphone kelas menengah atau di smartphone flagship.

NFC pada smartphone mungkin tidak berkembang sebanyak beberapa tahun yang lalu, tetapi sekarang NFC semakin berkembang karena perkembangan teknologi lainnya. Misalnya, kartu tol elektronik wajib bagi pengemudi yang ingin masuk gardu tol membuat smartphone NFC laris manis.

Smartphone NFC memungkinkan pemegang kartu tol elektronik untuk mengisi dan memperbarui saldo tol elektronik mereka.

Pengertian NFC Adalah

Seperti disebutkan di atas, teknologi Near Field Communication atau NFC adalah suatu teknologi yang memungkinkan dua perangkat teknologi NFC untuk berkomunikasi satu sama lain jika mereka berada dalam jarak yang dekat.

Satu perangkat akan bertindak sebagai pemancar, dan yang lain akan bertindak sebagai penerima. Kedua perangkat harus kompatibel satu sama lain menggunakan Near Field Communication, misalnya kartu elektronik/kripto dan perangkat lain yang bertindak sebagai pemancar.

Baca juga: Cloud Storage Adalah Platform Penyimpanan yang Lebih Aman, Ini Penjelasannya!

Bagaimana fungsi NFC pada ponsel?

Keunggulan NFC adalah pada kecepatan koneksinya. Dalam waktu kurang dari 10 detik, dua perangkat dapat terhubung menggunakan Near Field Communication, yang lebih cepat dari bluetooth. Saat ini, Near Field Communication masih terbatas pada smartphone kelas menengah dan smartphone flagship.

Meskipun NFC banyak tersedia di smartphone, Anda dapat menikmati fungsinya sebagai berikut:

1. Pembayaran/Contactless Payments

Smartphone NFC dapat melakukan pembayaran hanya dengan memberikan jarak yang lebih dekat dengan kantor pos. Misalnya, pembuat ponsel Android Samsung memiliki jalur pembayaran Samsung Pay. Aplikasi Samsung Pay awalnya dibuat untuk ponsel dengan Near Field Communication. Tanpa ponsel Near Field Communication, Samsung Pay tidak akan banyak berguna.

Bergunannya Samsung Pay dan NFC, hebatnya pengguna bisa dapat melakukan pembayaran tanpa kontak. Masukkan data kartu kredit atau debit Anda ke Samsung Pay, ketika Anda ingin membayar kasir, cukup buka Samsung Pay dan tempelkan atau dekatkan ponsel Anda ke reader.

2. Membaca saldo elektronik/crypto

Jika Anda sering menggunakan nomor telepon atau dompet elektronik, ponsel dengan Near Field Communication akan sangat berguna. Pasalnya, Anda tidak perlu ke ATM atau ke Indomaret dan Alfamart untuk cek saldo.

3. Mentransfer data ke PC

Beberapa PC saat ini bahkan sudah dilengkapi dengan teknologi Near Field Communication. Nah, jika ponsel Anda juga memiliki NFC, maka Anda dapat menggunakannya untuk mentransfer data dari ponsel Anda ke PC tanpa kabel, tanpa Bluetooth, cukup Near Field Communication.

4. Koneksi wifi

Saat ini terdapat alat Wi-Fi porter yang sangat berguna sehingga Anda dapat langsung mengakses Wifi publik tanpa memasukkan kata sandi. Anda bisa colokkan ponsel Anda yang sudah ada Near Field Communication, lalu ke porter Wi-Fi dan voila! Anda terhubung langsung ke wifi. Masih banyak fungsi Near Field Communication lainnya.

Cara Kerja NFC

Cara kerja sebuah Near Field Communication adalah dengan mendekatkan dua perangkat, Anda juga harus mengingatkan pada Bluetooth dan wifi, yang keduanya mengandalkan gelombang radio untuk mengirimkan informasi.

Lebih uniknya lagi, jenis teknologi yang digunakan adalah jenis identifikasi frekuensi radio lama menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.

Near Field Communication pada perangkat yang aktif, misalnya NFC pada smartphone, dapat menginduksi arus listrik pada perangkat pasif untuk keperluan transmisi data.

Oleh karena itu, teknologi Near Field Communication pada perangkat pasif tidak memerlukan daya untuk keperluan transmisi data. Dengan demikian, kita dapat melihat bahwa kartu elektronik/e-money tidak memiliki baterai tetapi masih dapat berkomunikasi dengan perangkat Near Field Communication aktif seperti smartphone.

Berkat teknologi Near Field Communication, kartu elektronik/crypto kini biasa digunakan untuk membayar bus, masuk gerbang tol, membayar belanjaan dan masih banyak kartu lainnya. Cukup sekali tap, maka transaksi sudah bisa dilakukan.

Electronic PBX/cryptocurrency menjadi solusi pembayaran contactless yang sangat direkomendasikan di masa pandemi ini, karena dapat meminimalisir penyebaran virus dengan cara menyentuh atau bersentuhan dengan barang.

Agar dua perangkat dengan Near Field Communication dapat berkomunikasi satu sama lain, kedua perangkat harus cukup dekat, tidak lebih dari 10 cm. Lain lagi dengan Bluetooth yang masih bisa menjangkau jarak 10 meter untuk komunikasi data.

Apakah teknologi NFC aman?

Penggunaan NFC semakin umum, tetapi apakah kehadiran Near Field Communication dijamin keamanannya? patut Anda pahami, karena fitur ini telah melewati banyak tes keamanan yang berbeda, sehingga sangat aman untuk digunakan.

Bahkan, fitur Near Field Communication juga disertifikasi khusus saat mengunduh data melalui TSM untuk melindungi semua data milik konsumen.

Baca Juga: Kriptografi Adalah Sistem yang Mampu Melindungi Data Penting Anda

Penutup

Nah itu dia penjelasan dari apa itu NFC beserta fungsi dan cara kerjannya. Anda perlu tahu juga bahwa Near Field Communication selain di ponsel, teknologi Near Field Communication juga terdapat di perangkat lainnya seperti kamera mirrorless atau semacamnya.

Di sini NFC berguna untuk menghubungkan ponsel dan kamera agar pengguna dapat mengakses kamera dari ponsel seperti melihat hasil foto atau video di dalam memori kamera, mengubah pengaturan, hingga menjadikan layar ponsel sebagai viewfinder kamera.

NFC juga sudah banyak diaplikasikan di dalam speaker Bluetooth agar proses penghubungan ponsel dan speaker jauh lebih praktis dan menghemat waktu.

Apakah Anda memerlukan software akuntansi untuk memantau keuangan bisnismu? Atau Anda belum pernah pakai software dari Accurate Online? Karena Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga Anda bisa mengelola keuangan secara tepat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dibekali dengan berbagai fitur dan modul yang sangat berguna untuk menciptakan bisnis yang lebih efisien. Sehingga, Anda tinggal fokus saja dalam mengembangkan bisnis.

Tertarik? Klik banner di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!Accurate-

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.