Rekomendasi Penyedia Domain Gratis untuk Membuat Website Pribadi

Untuk sebagian besar masyarakat, memperoleh penyedia domain gratis tentunya adalah hal yang sangat diinginkan. Terlebih lagi bila mereka ingin membuat suatu situs dengan anggaran yang terbatas.

Sebenarnya, terdapat banyak sekali domain yang tersebar di dunia internet, baik itu yang gratis ataupun yang sifatnya berbayar.

Kebanyakan orang kemungkinan akan tergiur untuk menggunakan domain gratis. Tapi, harus selalu diperhatikan bahwa pada dasarnya terdapat beberapa kekurangan yang akan Anda peroleh bila menggunakan domain gratis. Salah satu kekurangannya adalah nama domain tersebut tidak terkenal.

Tentunya akan beda ceritanya bila Anda menggunakan domain .com yang sangat terkenal dan harus membayar demi bisa menggunakannya.

Walaupun demikian, Anda masih tetap bisa menggunakan domain gratis, khususnya untuk para pemula yang ingin membuat website pribadi.

Lalu, apa saja penyedia domain gratis yang bagus dan bisa digunakan? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Berbagai Penyedia Domain Gratis Khusus Untuk Anda

1. Biz.nf

Jika Anda sedang mencari penyedia domain gratis dengan kualitas yang baik, maka Anda bisa mencoba layanan yang dihadirkan oleh Biz.nf.

Berdasarkan situs PR Checker, Biz.nf adalah salah satu penyedia domain dan hosting gratis yang bisa membuat Anda untuk melakukan pendaftaran domain gratis dengan ekstensi domain berupa .co.nf. Jadi, nantinya nama domain Anda adalah www.domainanda.co.nf.

Biz.nf sudah menjalankan bisnisnya dari tahun 2008 lalu, dan mereka menawarkan layanan hosting yang lebih ramah dan juga mudah untuk digunakan, sehingga sangat pas digunakan untuk para pemula.

Baca juga: Cookies Adalah Sesuatu yang Sering Muncul Saat Mengunjungi Situs, Ini Cara Mengelolanya!

2. Freenom

Selain Bis.nf, terdapat domain gratis lainnya yang bisa Anda coba gunakan, yaitu Freenom. Dsengan aplikasi ini, Anda bisa memperoleh berbagai ekstensi domain, seperti .ml, .cf, .ga, .tk, dan .gq.

Berdasarkan laman Build This, Freenom memanfaatkan domain .tk yang merupakan nama domain di pulau kecil yang memiliki nama Tokelau, suatu negara kecil yang hanya memiliki jumlah penduduk sekitar 1.500 jiwa saja.

Jika Anda ingin memperoleh domain gratis yang terkenal, Anda bisa menggunakan aplikasi ini, karena domain .tk adalah ekstensi domain paling besar kelima di seluruh dunia.

Untuk mendapatkan domain dari Freenom juga sangat mudah. Anda hanya harus mengunjungi situs Freenom dan mengikuti langkah demi langkah panduan yang sudah ada di halaman situs mereka.

3. Dot.tk

Selain Freenom, Anda juga bisa menggunakan salah satu ekstensi domain paling baik di dunia, .tk, melalui salah satu penyedia domain gratis Dot.tk.

Dot.tk sendiri adalah suatu perusahaan yang berlokasi di Tokelau, seperti Freenom, dan mampu menyediakan domain gratis dengan ekstensi .tk.

Saat Anda mendaftar domain di dot.tk, nantinya nama ekstensi domain situs Anda adalah www.situsanda.tk.

Mereka sudah menyediakan domain gratis ini dari tahun 2001 lalu. Namun, seperti yang sebelumnya sudah kita bahas bersama, domain gratis memiliki kekurangan tersendiri. Contohnya, dot.tk ini yang miliki performa server lambat.

4. TMDHosting

Masih berdasarkan laman Build This, TMD Hosting adalah salah satu perusahaan penyedia domain gratis veteran. Mereka sangat unggul dalam keamanan, keandalan, serta kecepatan.

Selain domain gratis, TMDhosting pun menyediakan beberapa paket hosting yang bisa Anda gunakan untuk website Anda. Jika Anda tertarik, kami sarankan untuk membeli paket hosting dari TMD agar keamanan situs Anda lebih terjamin.

Mereka menyediakan paket TMDHosting mulai dari Rp 42,071 perbulan. Jadi, tidak ada salahnya untuk menggunakan hosting dari mereka untuk menjaga keamanan situs Anda.

5. Biz.ly

Salah satu penyedia domain gratis ini bisa Anda jadikan pilihan bila sedang memerlukan domain yang baik untuk situs web Anda. Berdasarkan laman PR Checker, Biz.ly mampu menyediakan domain gratis yang sangat singkat dengan nama domain .biz.ly yang mempunyai arti bisnis.

Dengan menggunakan layanan ini, maka nantinya nama situs web Anda adalah www.webanda.biz.ly.

Mereka sebenarnya sudah menyediakan layanan domain gratis dari tahun 2002. Layanan yang mereka hadirkan juga cukup simple, sehingga para pemula pun bisa menggunakannya dengan sangat mudah.

6. Wix

Penyedia domain gratis lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Wix. Kini, banyak yang mengklaim bahwa Wix adalah rajanya pembuat situs web. Kenapa? Karena mereka menyediakan paket level awal domain gratis yang telah dilengkapi dengan subdomain untuk aksesibilitas ke situs web.

Selain itu, melalui blog resminya sendiri, Wix mengklaim bahwa kredibilitas situs Anda akan meningkat dan tampilan halaman situs Anda juga akan terlihat lebih profesional secara instan karena kualitas yang mereka hadirkan sudah terkenal di seluruh negara.

Tips Mencari Nama Domain Dengan Rekomendasi Domain generator

1. Name Mesh

Rekomendasi domain generator gratis pertama yang bisa Anda gunakan untuk mencari nama blog adalah Name Mesh. Situs ini mampu menyajikan berbagai nama domain yang berasal dari berbagai kategori.

Contohnya common, domain yang berada dalam kategori ini akan menggunakan ekstensi yang paling umum digunakan, seperti .org dan .com. Lalu, ada juga kategori Short, yang mampu menampilkan nama domain dengan jumlah karakter yang sedikit.

Selain itu, terdapat beberapa kategori lainnya juga, seperti SEO, Mic, New, Extra, dan lain sebagainya.

2. Name Generator

Name Generator adalah situs penyedia domain generator terbaik dan paling terkenal. Kemampuannya dalam memberikan saran nama domain yang menarik, orisinil dan unik membuat banyak orang menyukai situs ini.

Saat Anda menggunakan situs ini, maka Anda nantinya harus memasukkan beberapa informasi penting terkait blog Anda. Contohnya, jika blog Anda berisi tips memasak atau resep makanan, Anda bisa menulis cooking, baking, dan lain-lain.

Lalu, Anda akan memperoleh nama domain yang unik dan beragam agar bisa Anda gunakan sesuai selera Anda.

3. Lean Domain Search

Terkenal akan fitur kemudahannya membuat situs, Lean Domain Search cukup populer dikalangan para webmaster. Setiap pengguna hanya harus mencantumkan keyword yang berkaitan dengan situs web atau blog nya sendiri.

Lalu, situs ini nantinya akan menampilkan berbagai saran nama domain yang cukup menarik. Setiap pengguna juga nantinya akan lebih dipermudah dalam mendapatkan hasilnya dengan memilih filter berdasarkan alfabet, panjang karakter, hingga tingkat popularitas.

Dengan tampilannya yang sangat sederhana, Lean Domain Search menjadi situs domain generator yang mudah digunakan, sehingga Anda tidak lagi khawatir akan kebingungan dalam menggunakannya.

4. Domain Wheel

Domain Wheel juga menyediakan domain generator dengan tampilan yang sederhana dan tentunya sangat mudah untuk digunakan. Anda hanya perlu mencantumkan kata kunci yang sesuai dengan situs Anda.

Contohnya, Anda mempunyai situs web ataupun blog yang di dalamnya berisi tentang kegiatan berlibur yang pernah Anda lakukan, maka cantumkanlah keyword travelling atau vacation.

Lalu, berikan waktu untuk situs ini bekerja dalam menyediakan varian nama domain yang unik dan terbaik untuk situs atau blog Anda.

5. Panabee

Kelebihan penting dari domain generator ini adalah tampilannya yang sangat menarik dan pastinya sangat sederhana.

Para pengguna tidak lagi akan dibuat kebingungan ketika akan mencari nama domain, kenapa? karena Panabee langsung menyediakan kotak pencarian di tampilan awal websitenya.

Selanjutnya, Anda hanya harus memasukkan satu hingga dua kata kunci yang berkaitan dengan konten situs web atau blog Anda sendiri.

Kemudian, domain generator ini nantinya akan menampilkan saran nama domain yang banyak dan menarik untuk Anda.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh situs ini adalah fiturnya yang bisa mengetahui nama domain yang Anda pilih sudah tersedia atau belum.

Jadi, bila nama domain yang sudah Anda pilih sesuai dengan selera Anda dan masih belum digunakan oleh orang lain, maka Anda bisa langsung menggunakannya untuk blog atau situs web Anda.

Baca juga: URL adalah Alamat Website, Ini pengertian dan Fungsinya!

Penutup

Demikianlah rekomendasi layanan penyedia domain gratis terbaik dan tips dalam memilih nama situs yang bisa Anda gunakan sebagai seorang pemula di dalam dunia website.

Catatlah selalu bahwa domain gratis bisa mendatangkan beberapa kekurangan yang tentunya bisa merugikan situs web Anda. Untuk itu, bila Anda memiliki anggaran keuangan yang cukup, lebih baik menggunakan domain dan hosting berbayar.

Namun, anggaran tersebut harus bisa Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan bisnis Anda terlebih dahulu, dan Anda harus mencatatnya di dalam laporan keuangan agar operasional lainnya tidak terganggu.

Tapi, membuat laporan keuangan secara manual menggunakan excel, spreadsheet, atau ditulis tangan, tentunya akan memakan banyak waktu, belum lagi dalam prosesnya juga sangat rentan terjadi banyak kesalahan, sehingga akan sangat memakan banyak sumber daya.

Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online yang mampu menyajikan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat, dan akurat. Terlebih lagi, Anda bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun Anda perlukan.

Seluruh kegiatan bisnis Anda juga akan berjalan lebih efisien dan efektif, karena Accurate Online sudah dibekali dengan berbagai fitur dan modul, seperti fitur penjualan, pembelian, perpajakan, persediaan, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Menariknya, seluruh keunggulan dan fitur dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat minim dan tidak ada layanan software akuntansi lain yang menyediakan biaya investasi seminim Accurate Online.

Anda pun bisa mencobanya terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate1