NLP Adalah Kemampuan Program Komputer untuk Memahami Bahasa Manusia

Natural Language Processing atau NLP adalah kemampuan program komputer untuk memahami bahasa manusia seperti yang pada umumnya diucapkan sebagai bahasa alami.

NLP (Natural Language Processing) sering sekali kita temui di kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika Anda memesan ojek online, Anda harus memilih titik di peta sesuai lokasi. Dengan bantuan NLP, pemilihan titik lokasi menjadi lebih sesuai dan tepat.

Dengan semakin meningkatnya jumlah data tidak terstruktur dalam bentuk teks, suara dan video setiap harinya, NLP akan menjadi semakin penting untuk memahami data yang beredar di antara kita.

Peningkatan kemampuan teknologi membuat NLP dapat diterapkan serta dikembangkan ke berbagai aplikasi penting lainnya untuk meningkatkan produktivitas manusia. Mengenai hal tersebut, pada artikel kali ini, kami akan ulas lebih detail dan lengkap apa yang dimaksud dengan data modeling, serta penggunaanya.

Pengertian NLP Adalah

Jadi, Natural Language Processing atau NLP adalah kemampuan program komputer untuk memahami bahasa manusia yang pada penjelasannya diucapkan dan disebut sebagai bahasa alami.

Cara kerja NLP adalah dengan menggabungkan linguistik komputasi sampai pemodelan bahasa manusia, hingga berbasis aturan dengan model statistik, machine learning (pembelajaran mesin), juga deep learning (pembelajaran mendalam).

Dalam sebuah perusahaan, NLP dapat membantu meningkatkan wawasan dan mendapatkan lebih banyak visibilitas ke semua aspek operasi yang dihadapi pelanggan daripada sebelumnya.

Berdasarkan laporan yang didapat oleh Statista tahun 2019, diperkirakan pasar NLP mengalami peningkatan menjadi lebih dari $43 miliar pada tahun 2025.

Teknologi NLP di era digital saat ini sangat dapat membantu perusahaan dan organisasi dari banyak industri yang pada tepatnya memberikan keuntungan terhadap suatu bisnis, seperti mengoptimalkan efisiensi serta mengumpulkan wawasan baru dari data.

Baca juga: Data Modeling: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaatnya

Penggunaan NLP

Beberapa contoh penggunaan NLP adalah sebagai berikut:

1. Perangkat Smart Home

Perangkat smart home pada umumnya, seperti Alexa dan Google Home, saat ini semakin populer, terutama di kalangan generasi muda. Dilansir oleh Digitized House, sebanyak 58% generasi muda saat ini banyak memiliki perangkat smart home dengan kemampuan kontrol suara.

Smart home mudah digunakan untuk keperluan multitasking seperti Anda ingin memutar musik. Tak cuma itu, Anda sibuk memasak makan malam misalnya, Anda cukup menginstruksikan Google Home untuk mengaktifkan daftar memutar musik favorit Anda, kemudian perangkat itu akan melakukannya segera.

2. Chatbot

Kebutuhan NLP pada chatbot dapat lebih efisien dan ringkas dengan hasil yang mampu beradaptasi. Karena sistem chatbot telah dilatih dengan model dan dataset yang berkaitan dengan konteks penggunaannya, sehingga pengetahuan chatbot tersebut dapat terus berkembang layaknya manusia.

Jika kita kembali ke masa lalu ketika penggunaan internet dan teknologi belum merajalela seperti sekarang, sudah biasa perusahaan menyewa layanan pelanggan khusus untuk menangani keluhan pelanggan.

Namun seiring berjalannya waktu, permintaan pelanggan pasti meningkat. Pelanggan menginginkan pelayanan yang perlu direspon secara cepat, dan tentunya layanan pelanggan memiliki batasan energi dalam bekerja.

Saat ini beberapa perusahaan sudah menerapkan dan mengandalkan chatbot, dimana chatbot dapat merespon setiap keluhan pelanggan dengan baik selama 24 jam sehari. Saat ini, mungkin chatbot belum sempurna dan belum dapat menggantikan manusia sepenuhnya.

3. Mesin Pencari

Penggunaan mesin pencari sangat berperan ketika kita menggunakan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Opera dan lain-lain.

Sebagai contoh, saat mencari ‘guitar electric’ di Google Search, kemudian Google Search akan secara otomatis menampilkan beberapa kalimat yang berhubungan dengan apa yang dicari.

4. Alat Penerjemah

Jika Anda bepergian ke tempat yang bahasa Inggrisnya tidak umum digunakan atau dipahami, maka Anda bisa memanfaatkan alat terjemahan di smartphone untuk berkomunikasi.

Sejauh ini, alat yang paling populer adalah Google Terjemahan, yang digunakan 500 juta orang setiap hari untuk memahami lebih dari 100 bahasa di seluruh dunia.

Google Terjemahan bekerja di atas NLP untuk memahami frasa atau istilah yang coba diterjemahkan oleh penggunanya, dan hal yang sama berlaku untuk semua alat terjemahan alternatif lain yang tersedia.

5. Chat Otomatis

Jika Anda sering mengirim chat saat bepergian, atau mungkin Anda memiliki jempol berukuran agak besar yang menyulitkan Anda untuk mengetik pada keyboard smartphone, maka fitur koreksi otomatis isi chat sangat membantu.

Nah, fitur koreksi isi chat otomatis ini bergantung pada teknologi NLP. Dalam hal ini, NLP mengidentifikasi kemungkinan istilah terdekat dari kata salah eja yang Anda ketik, dan secara otomatis mengubahnya menjadi ejaan yang akurat.

6. Filter Pesan Spam di Email

Menurut laporan Propeller, spam menyumbang 45% dari semua email yang dikirim dan sekitar 14,5 miliar email spam dikirim setiap hari.

Melihat data di atas, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda tidak menerima lebih banyak pesan spam. Ya, itu karena layanan email saat ini, seperti Gmail dan Yahoo Mail, sudah memiliki filter spam yang bagus untuk menandai email sebagai spam dan mencegahnya masuk ke kotak masuk utama Anda.

Bagaimana cara kerja filter spam ini? perlu diketahui, filter ini menggunakan teknologi NLP untuk menganalisis subjek dan isi email.

Dari sini, cukup mudah bagi layanan email untuk menentukan apa itu spam dan apa itu spam email yang banyak mengandung teks dan perkataan seperti ‘gratis’, ‘promosi’, ‘beli sekarang’, dan email lainnya, yang berpeluang besar menjadi spam

7. Pemantauan Media Sosial

Jika Anda pernah menggunakan alat pemantauan media sosial seperti Hootsuite atau Buffer, pada dasarnya mereka dibuat menggunakan teknologi NLP.

Alat ini membantu Anda memantau saluran media sosial untuk menyebutkan dan memberi tahu ketika ada orang lain yang membicarakan brand Anda.

Seperti yang diketahui banyak pemasar dan pemilik bisnis, memiliki ulasan negatif yang menjadi viral di media sosial dapat menghancurkan reputasi brand dalam sekejap saja

Penting bagi perusahaan untuk berpartisipasi dalam memantau media sosial dan pastikan dengan menangani potensi krisis, segera secara cepat di waktu yang tepat.

8. Perawatan Pesawat

Bagaimana NLP membantu perawatan pesawat? Pertama dan terpenting, dengan memanfaatkan teknologi NLP, mekanik dapat dengan mudah mengumpulkan informasi dari pesawat.

Selain itu, perusahaan pesawat juga dapat menggunakan NLP untuk menganalisis laporan yang disampaikan oleh pilot atau personel pesawat lainnya, dan tentunya meningkatkan proses pada sebuah sistem.

9. Memperlancar Informasi Pasien di Rumah Sakit

Di sebagian besar rumah sakit atau klinik, pasien akan memberikan informasi tentang gejala mereka kepada perawat atau staf di konter, dan mereka akan membuat catatan untuk dibagikan ke dokter ahlinya untuk ditindaklanjuti secara.

Faktanya, banyak rumah sakit atau klinik sekarang menggunakan NLP untuk merampingkan informasi pasien dan mengotomatiskan proses memahami kondisi pasien. Untuk melakukan ini dengan menggunakan NLP, biasanya rumah sakit atau klinik memungkinkan pasien berbagi pesan informasi dengan lebih cepat dan mudah.

Sebelum berkonsultasi dengan dokter, pasien dapat mengirim SMS tentang riwayat dan kondisi medisnya ke aplikasi. Lalu, menyederhanakan informasi yang relevan dan menyajikannya pesan informasi yang simple kepada dokter.

Baca juga: Pengertian GIT Adalah: Ini Fitur dan berbagai Fungsinya

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang NLP. Jadi berdasarkan penjelasan lengkap di atas, bisa kita simpulkan bahwa NLP adalah cabang dari artificial intelligence yang melakukan interaksi antara manusia dan komputer dengan menggunakan bahasa ilmiah

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, serta diiringi dengan penggunaan internet yang sudah semakin menjamur, NLP memiliki peran dalam mendukung interaksi antar manusia dan mesin di kehidupan sehari-hari.

Dimulai dari kegiatan sehari-hari hingga tugas-tugas dalam industri tertentu seperti kesehatan dan informasi teknologi, NLP dapat juga dipelajari oleh bahasa manusia dengan cara analisis sintaksis dan skematik.

NLP saat ini sudah ada di berbagai lini bisnis, termasuk dalam lini keuangan. Di dalamnya memerlukan pengelolaan keuangan yang tepat agar operasional perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

Untuk itu, saat ini banyak pengusaha yang mulai memanfaatkan software akuntansi yang terintegrasi dengan berbagai lini bisnis. Salah satu software akuntansi yang banyak digunakan oleh para pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan lainnya, secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu membuat berbagai lini industri bergerak lebih efisien dan efektif.

Anda bisa mencoba semua kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online tersebut dengan hanya klik banner di bawah ini.

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.