Proxy Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Jenisnya

Pada dasarnya, proxy adalah suatu tools yang akan memudahkan Anda dalam mengakses alamat IP. Seperti yang kita ketahui bersama, ketika melakukan kegiatan online, perangkat kita harus selalu terkoneksi dengan jaringan internet.

Nah, ketika komputer atau device kita sudah terhubung dan memperoleh akses alamat IP, maka server/router, atau ISP akan memperoleh informasi terkait perangkat yang Anda gunakan, seperti jenis perangkat, lokasi, dan bahkan informasi terkait pengguna tersebut.

Tentunya hal ini menjadi suatu hal yang nyaman bila identitas kita diketahui oleh orang lain. Nah, cara menyembunyikannya adalah dengan menggunakan proxy.

Lantas, apa itu proxy? Bagaimana cara menggunakannya? Tenang, kita akan membahas proxy secara lengkap di bawah ini.

Asal Mula Alamat Internet Protocol (IP)

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang proxy, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang Internet Protocol.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap kali Anda mengakses website, maka secara otomatis internet akan memberikan suatu alamat, nah alamat tersebut dikenal dengan internet protocol atau IP.

IP digunakan agar bisa melakukan identifikasi kemana server harus mengirim konten websitenya. Jadi, perangkat lain atau server akan mengetahui arah suatu informasi dan akan dikirimkan kembali ke device yang Anda gunakan saat itu.

Nah, alamat yang Anda gunakan pada perangkat Anda adalah alamat IP publik yang mana seluruh perangkat hampir dipastikan mempunyainya agar bisa diakses secara online.

Tanpa alamat tersebut, suatu device tidak akan bisa melakukan kegiatan secara online, dan kegiatan online lainnya pun tidak akan bisa dijangkau oleh devide tersebut. Inilah yang membuat kita bisa terkoneksi dengan dunia yang bahkan membuat kita mau terus duduk di atas kursi meja.

Lantas, Apa Itu Proxy?

Nah, proxy adalah sebuah sistem yang membuat Anda untuk mampu mengakses jaringan internet dengan menggunakan IP yang berbeda dengan yang diterima oleh suatu device. Nantinya, sistem ini akan menggunakan proxy server agar bisa bekerja dengan baik.

Sementara itu, proxy server adalah sebuah perangkat ataupun komputer yang digunakan agar bisa menyediakan layanan proxy. Dengan begitu, maka Anda bisa tetap menggunakan internet yang Anda gunakan saat ini dan menghubungkannya via proxy server.

Anda bisa berlangganan beberapa penyedia server, bahkan diantaranya ada juga yang gratis. Tapi sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang cara kerja dan fungsi dari proxy itu sendiri.

Baca juga: Server Adalah Perangkat Penting Untuk Suatu Jaringan, Ini Penjelasannya!

Kenapa Harus Menggunakan Proxy?

Terdapat beberapa alasan yang harus ketahui sebelum Anda menggunakan proxy. Salah satunya adalah akses yang diblokir, sehingga Anda tidak bisa membuka suatu website yang berasal dari negara ataupun IP tertentu.

Nah, beberapa alasan lain sering digunakan oleh pengguna lain:

  • Beberapa pengguna internet ada yang tidak ingin identitasnya diketahui, baik itu lokasi ataupun alamat IP yang mereka gunakan. Sehingga, mereka menyembunyikannya dengan menggunakan proxy.
  • Beberapa sekolah juga ada yang memberikan akses pada suatu situs tertentu ke siswanya. Nah, proxy digunakan oleh para siswa untuk bisa mengakses situs yang diblokir tersebut.
  • Mereka yang pergi ke luar negeri dan melakukan pemblokiran akses di negara asalnya ataupun di rumah Anda.
  • Kantor ataupun layanan penyedia internet di rumah yang melakukan pemblokiran pada situs tertentu.

Jenis-jenis Proxy

1. Transparent Proxy

Jenis proxy ini akan memberikan informasi ke situs bahwa koneksi akan menggunakan proxy server dan tetap akan meneruskan informasi IP yang Anda gunakan.

2. Anonymous Proxy

Anonymous proxy adalah jenis proxy yang akan melakukan identifikasi dirinya sebagai proxy, namun tidak akan meneruskan ataupun mengirimkan alamat IP asli yang Anda gunakan.

3. Distorting Proxy

Distorting Proxy adalah proxy yang akan memberikan alamat IP yang berbeda dari yang sebelumnya Anda gunakan, namun akan tetap melakukan identifikasi dirinya sendiri sebagai proxy server.

4. High Anonymity Proxy

High Anonymity Proxy adalah proxy yang mampu menyembunyikan identitas proxy server dan alamat IP yang digunakan oleh para penggunanya. Pihak website akan melihat alamat IP acak yang akan menghubungkannya, bukan alamat IP yang Anda gunakan.

Fungsi Proxy

1. Meningkatkan Keamanan Pengguna

Manfaat yang pertama dari proxy adalah agar bisa menghalangi website dalam mencatat alamat IP asli Anda, karena yang nantinya akan tercatat oleh website adalah alamat IP server proxy. Jadi, sama saja seperti melakukan suatu koneksi online secara anonim tanpa diketahui situs tersebut.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi alamat IP Anda diketahui oleh banyak orang. seperti yang sudah kita ulas sebelumnya, alamat IP mampu memberikan informasi negara dan bahkan asal kota Anda.

2. Pemantauan Trafik

Fungsi kedua dari proxy adalah Anda bisa melakukan monitoring pengguna internet terkait halaman apa saja yang mereka akses. Hal ini sangat baik untuk diterapkan di berbagai lembaga pendidikan ataupun perusahaan, agar bisa memantau tindak penyalahgunaan internet. Nah, salah satunya adalah dengan menggunakan squid.

3. Mengakses Jaringan atau Website yang Diblokir

Ada kalanya suatu konten disembunyikan oleh pemilik ataupun dibatasi secara geografis, sebagian besar dikarenakan adanya regulasi jaringan dan juga hak cipta. Tapi, server proxy mampu menyembunyikan alamat situs Anda dan kemudian menggunakan alamat server proxy

Bagaimana Cara Kerja Proxy?

Server proxy berperan dalam meneruskan koneksi Anda ke alamat website yang memang ingin Anda buka. Artinya, saat Anda mengetik alamat website accurate.id, maka internet service provider atau ISP akan membuat suatu permintaan pada Anda agar bisa menghubungkannya ke alamat tujuan Anda.

Namun, akan beda kondisinya saat Anda menggunakan proxy. Koneksi yang sebelumnya Anda gunakan tadi akan terhubung terlebih dulu ke server proxy, lalu server proxy nantinya akan melanjutkan permintaan Anda ke alamat tujuan. Cara seperti ini akan membuat alamat IP asli Anda tidak dapat terdeteksi oleh website yang ingin Anda tuju.

Resiko Menggunakan Proxy

Walaupun proxy memang mampu memberikan sistem keamanan yang baik untuk para pengguna server proxy, namun ada beberapa hal yang harus harus Anda ketahui, salah satunya adalah server proxy tidak menawarkan sistem keamanan yang sama.

1. Server Proxy Tidak Melakukan Enkripsi

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa server proxy ada yang tidak mampu melakukan enkripsi, kemungkinan besar ini yang disebut dengan jenis transparent proxy, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Tentunya hal ini tidak terlalu mampu memaksimalkan tujuan dari penggunaan proxy.

Sehingga, identitas dari device Anda untuk melakukan akses halaman website atau situs tertentu masih bisa diketahui secara jelas.

2. Server Proxy Akan Mencatat Riwayat Kegiatan

Walaupun beberapa server proxy ada yang melakukan pemalsuan identitas kita saat sedang menjelajahi internet, namun seringkali server ini menyimpan data pengguna yang memanfaatkan layanan tersebut. Terlebih lagi bila menggunakan server proxy, maka seluruh kegiatan akan dilalui dari server tersebut lebih dulu.

Cara Menggunakan Proxy di Browser

1. Google Chrome

Bila Anda menggunakan google chrome, pertama Anda pilih customize dan pilih control buton yang umumnya berada pada bagian kanan atas tampilan browser Anda. Lalu, di dalam panel pencarian tersebut Anda bisa mencari dengan menggunakan kata kunci “proxy”. Klik Open proxy setting dan pilih LAN Setting.

Jika sudah, silahkan centang use a proxy server for your LAN, lalu Anda tinggal masukkan alamat IP dari server dan port yang nantinya ingin Anda gunakan. Selanjutnya, silahkan klik OK.

Untuk bisa memastikan alamat IP Anda sudah berubah atau belum, silahkan cek dengan mengakses laman Whats My IP.

2. Firefox

Jika Anda menggunakan Firefox, silahkan klik tombol firefox dan pilih option. Lalu, klik option yang ada pada tab baru, klik tab advance, setting, dan pilih manual proxy setting. Dalam HTTP Proxy Box, silahkan Anda masukan alamat IP Server dan juga nomor port nya.

Bila sudah, silahkan klik OK. Pastikan alamat IP Anda sudah berubah dengan mengeceknya di Whats My IP.

Baca juga: Ketahui Perbedaan HTTP dan HTTPS Secara Mendalam

Kesimpulan

Server proxy bisa Anda gunakan agar bisa menyembunyikan beberapa informasi perangkat ketika Anda sedang melakukan mengakses internet, seperti alamat IP Anda ataupun lokasi Anda. Tentunya masih ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan seperti yang sudah kita bahas bersama di atas.

Namun, terdapat beberapa hal lainnya yang harus Anda perhatikan, seperti tidak semua proxy mempunyai tingkat pengaturan yang sama. Konfigurasi pada setiap proxy server juga bisa dilakukan secara sederhana.

Untuk Anda para pebisnis, Anda harus membuat pertimbangan yang matang sebelum menggunakan proxy, karena proxy memiliki kelemahan tertentu yang kemungkinan bisa membuat bisnis Anda jadi rugi.

Namun, hal yang tidak kalah penting lainnya adalah mencatat setiap keuntungan dan juga kerugian bisnis Anda di dalam laporan laba rugi agar Anda bisa mengetahui kondisi keuangan bisnis Anda.

Agar mempermudah Anda dalam membuat laporan keuangan tersebut, maka gunakanlah software akuntansi dan software bisnis Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa diakses dengan mudah dan cepat dimana saja Anda berada. Silahkan katakan selamat tinggal pada kegiatan akuntansi yang rawan akan kesalahan dan memakan waktu yang sangat banyak.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia karena memiliki berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis secara lebih efisien.

Tertarik? Silahkan klik tautan gambar di bawah ini untuk menikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.