8 Manfaat dan Rekomendasi Aplikasi Akuntansi UKM Terbaik

oleh | Nov 28, 2023

source envato.

8 Manfaat dan Rekomendasi Aplikasi Akuntansi UKM Terbaik

Pada dasarnya, akuntansi bukan sekadar rangkaian angka dan catatan keuangan, melainkan fondasi yang mendasari pengambilan keputusan yang cerdas dan strategis. Penerapan praktik akuntansi UKM yang baik akan pemahaman yang lebih mendalam terkait kesehatan finansial perusahaan mereka, memungkinkan identifikasi potensi risiko, dan memberikan landasan yang kuat untuk perencanaan ke depan.

Dalam konteks UKM, akuntansi tidak hanya merupakan kewajiban perundang-undangan, tetapi juga merupakan alat yang sangat berguna dalam mengelola sumber daya secara efisien.

Melalui pencatatan transaksi keuangan dengan teliti, pemilik UKM dapat melacak aliran kas, memonitor kinerja keuangan, dan menganalisis profitabilitas bisnis. Hal ini memberikan dasar yang solid untuk pengambilan keputusan yang dapat membantu mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Selain itu, akuntansi UKM juga menjadi kunci dalam memenuhi kebutuhan pelaporan kepada pihak-pihak terkait, seperti pemegang saham, pihak perbankan, dan lembaga pemerintah.

Pemahaman yang baik terhadap prinsip-prinsip akuntansi tidak hanya mendukung kredibilitas perusahaan di mata pihak eksternal, tetapi juga dapat membuka pintu akses terhadap peluang-peluang pendanaan dan kerjasama bisnis yang lebih besar.

Nah, artikel ini akan mengeksplorasi lebih dalam peran penting akuntansi dalam mendukung keberhasilan dan pertumbuhan UKM di Indonesia.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana akuntansi dapat menjadi aset berharga bagi UKM, diharapkan para pemilik usaha dapat lebih proaktif dalam menerapkan praktik-praktik akuntansi yang efektif demi mengoptimalkan kinerja bisnis mereka.

Jadi, ayo baca terus artikel tentang Akuntansi UKM di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Akuntansi UKM?

Apa itu Akuntansi UKM?

ilustrasi akuntansi UKM. source envato

Akuntansi UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah sistem pencatatan, pengukuran, dan pelaporan transaksi keuangan yang spesifik untuk usaha kecil dan menengah. Tujuan utama dari akuntansi UKM adalah memberikan informasi yang akurat dan relevan mengenai kesehatan finansial perusahaan kepada pemilik, pihak eksternal, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Berbeda dengan perusahaan besar yang mungkin memiliki departemen keuangan yang besar dan kompleks, UKM cenderung memiliki skala operasional yang lebih kecil sehingga tuntutan akuntansi untuk UKM biasanya lebih sederhana namun tetap penting.

Beberapa karakteristik akuntansi UKM adalah sebagai berikut:

1. Sederhana dan Efisien

Sistem akuntansi UKM dirancang agar mudah dipahami dan dikelola oleh pemilik usaha yang mungkin tidak memiliki latar belakang keuangan formal. Pencatatan transaksi harus sederhana dan efisien agar tidak membebani waktu dan sumber daya yang terbatas.

2. Fokus pada Pemenuhan Kewajiban Hukum

Akuntansi UKM biasanya difokuskan pada pemenuhan kewajiban perpajakan dan hukum lainnya yang berkaitan dengan laporan keuangan. Hal ini melibatkan pencatatan pendapatan, biaya, dan kewajiban pajak.

3. Analisis Biaya dan Pendapatan

Akuntansi UKM membantu pemilik untuk memahami struktur biaya dan sumber pendapatan. Dengan pemahaman ini, pemilik dapat membuat keputusan strategis untuk mengoptimalkan laba dan mengelola keuangan dengan lebih baik.

4. Pelaporan Keuangan yang Kredibel

Meskipun sederhana, pelaporan keuangan yang akurat dan kredibel tetap penting untuk menjaga hubungan baik dengan pihak eksternal seperti bank, pemasok, dan investor potensial.

5. Pengelolaan Kas

Akuntansi UKM membantu dalam melacak arus kas harian dan memastikan ketersediaan dana yang cukup untuk memenuhi kewajiban saat jatuh tempo.

Dengan menerapkan akuntansi UKM yang baik, pemilik UKM dapat memiliki visibilitas yang lebih baik terhadap kinerja keuangan mereka, membuat keputusan yang lebih informasional, dan meningkatkan kemungkinan kesuksesan jangka panjang bagi bisnis mereka.

Baca juga: Apa Saja Tujuan Sistem Informasi Akuntansi? Dapatkan Jawabannya di Sinsi!

Manfaat Akuntansi untuk UKM?

Manfaat Akuntansi untuk UKM?

Akuntansi memberikan sejumlah manfaat penting bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Dirangkum dari laman Forbes, berikut adalah beberapa manfaat utama dari penerapan akuntansi untuk UKM:

1. Memantau Keuangan

Akuntansi membantu menciptakan transparansi dalam keuangan UKM. Pemilik usaha dapat melihat dengan jelas pendapatan, biaya, dan keuntungan, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik.

2. Perencanaan dan Penganggaran

Akuntansi memungkinkan pemilik UKM untuk merencanakan keuangan mereka dengan lebih baik. Dengan pemahaman yang baik tentang aliran kas dan posisi keuangan, pemilik dapat membuat anggaran yang realistis dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan pengelolaan lebih lanjut.

3. Analisis Kinerja

Akuntansi membantu dalam menganalisis profitabilitas bisnis. Pemilik dapat mengevaluasi produk atau layanan yang paling menguntungkan, mengidentifikasi area penghematan, dan mengoptimalkan struktur biaya.

4. Pengambilan Keputusan Penting

Dengan data keuangan yang akurat, pemilik UKM dapat membuat keputusan strategis yang lebih cerdas. Ini termasuk keputusan terkait ekspansi bisnis, investasi, atau restrukturisasi keuangan.

5. Mematuhi Hukum dan Pajak

Akuntansi membantu UKM untuk memenuhi kewajiban pajak secara tepat waktu dan akurat. Ini menghindari potensi masalah hukum dan denda yang dapat timbul akibat kelalaian perpajakan.

6. Akses ke Pendanaan

Laporan keuangan yang baik dapat meningkatkan kredibilitas UKM di mata pihak eksternal, seperti bank atau investor potensial. Hal ini dapat membuka pintu untuk mendapatkan akses lebih baik ke sumber-sumber pendanaan.

7. Manajemen Risiko

Akuntansi membantu dalam mengidentifikasi potensi risiko keuangan. Pemilik dapat memahami risiko-risiko yang mungkin dihadapi bisnis mereka dan mengambil langkah-langkah untuk mengelolanya.

8. Pengelolaan Persediaan dan Piutang

Dengan pencatatan akuntansi yang baik, UKM dapat mengelola persediaan dengan lebih efisien, menghindari overstock atau kekurangan stok yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis.

Dengan menerapkan praktik akuntansi yang baik, setiap pemilik UKM dapat meraih manfaat ini dan meningkatkan kemungkinan kesuksesan jangka panjang mereka dalam lingkungan bisnis yang kompetitif.

Baca juga: Pengertian Adjustment dalam Akuntansi dan Cara Melakukannya

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi UKM

Aplikasi Akuntansi UKM

Terdapat berbagai aplikasi akuntansi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan Usaha Kecil Menengah (UKM). Berikut beberapa rekomendasi aplikasi akuntansi UKM:

1. Wave Financial

Wave Financial adalah aplikasi akuntansi gratis yang mencakup fitur pencatatan pendapatan dan pengeluaran, pembuatan faktur, dan pelaporan pajak. Cocok untuk UKM yang baru memulai atau memiliki anggaran terbatas.

2. Zoho Books

Zoho Books adalah aplikasi akuntansi berbasis cloud yang menawarkan berbagai fitur, termasuk pencatatan transaksi, manajemen persediaan, dan laporan keuangan. Zoho Books juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi Zoho lainnya.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

3. QuickBooks Online

QuickBooks Online adalah salah satu aplikasi akuntansi terkemuka yang menyediakan berbagai fitur untuk UKM, termasuk pencatatan transaksi, manajemen pajak, dan pelaporan keuangan. QuickBooks Online juga memiliki versi mobile untuk akses yang lebih mudah.

4. Accurate Online

Accurate Online merupakan software akuntansi berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk mengakses data keuangan dari mana saja. Aplikasi ini mencakup fitur pencatatan transaksi, pelaporan keuangan, manajemen stok, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan Accurate Online, bukan hanya kegiatan akuntansi Anda saja yang akan efisien, namun seluruh operasional bisnis Anda juga akan berjalan jauh lebih efektif dan efisien.

Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan bersaing di pasar.

Penasaran dengan Accurate Online? Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

13 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait