Analisis Anggaran: Pengertian Lengkap dan Cara Melakukannya

Melakukan penganggaran adalah proses penting di sebagian besar bisnis. Anda dapat memaksimalkan manfaat dari proses penganggaran yang baik dengan melakukan analisis anggaran pada periode waktu tertentu.

Analisis anggaran dapat membantu Anda memahami bagaimana menghasilkan uang, ke mana saja uang dibelanjakan, dan bagaimana memaksimalkan keuntungan.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara melakukan analisis anggaran dan memberitahukan tips terbaik untuk melakukan analisis anggaran yang baik.

Apa Itu Analisis Anggaran?

Analisis anggaran adalah strategi untuk mengevaluasi kesehatan finansial suatu bisnis.

Dengan melakukan evaluasi anggaran, Anda dapat mengetahui berapa banyak keuntungan yang dihasilkan bisnis dan membandingkan berapa banyak uang yang dihabiskan dalam jangka waktu tertentu.

Melakukan analisis anggaran dapat membantu para pemilik bisnis membuat keputusan penting tentang pengeluaran dan aliran pendapatan perusahaan.

Banyak bisnis melakukan analisis anggaran setiap bulan, tetapi Anda juga bisa menganalisis anggaran dalam jangka waktu tertentu, seperti setiap tiga bulan, setiap tahun, atau sesuai dengan waktu tutup buku bisnis Anda.

Baca juga: Mengenal 15 Jenis Audit dalam Proses Organisasi

Bagaimana Cara Melakukan Analisis Anggaran?

Jika Anda ingin melakukan analisis anggaran untuk perusahaan, berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Pilih Strategi Penganggaran Anda

Sebelum Anda dapat menganalisis anggaran dalam bisnis, Anda harus terlebih dahulu mengetahui strategi anggaran yang diterapkan dalam bisnis.

Bisnis yang berbeda sering menggunakan strategi penganggaran yang berbeda, seperti anggaran komprehensif, incremental budgeting, atau strategi penganggaran lainnya

Perhatikanlah dengan teliti berbagai metode penganggaran yang ada, lalu pilih salah satu yang paling sesuai untuk situasi dan karakteristik bisnis.

Anda mungkin perlu berkolaborasi dengan rekan dan stakeholder untuk membantu memutuskan metode penganggaran yang akan digunakan.

4 metode penganggaran yang mungkin bisa Anda pertimbangkan dalam bisnis:

1. Incremental Budgeting

Incremental budgeting mengambil angka aktual tahun lalu dan menambah atau mengurangi persentase untuk mendapatkan anggaran pada tahun berjalan. Metode ini adalah metode penganggaran yang paling umum karena sederhana dan mudah dimengerti.

Incremental budgeting sangat cocok digunakan bisnis jika bisnis Anda memiliki biaya utama yang tidak berubah dari tahun ke tahun. Namun, ada beberapa tantangan dalam menggunakan metode ini:

  • Kemungkinan Akan Membuat Inefisiensi Pada Bisnis

Misalnya, jika seorang manajer mengetahui bahwa perusahaan selalu meningkatkan anggarannya sebesar 10% setiap tahun.

Manajer tersebut hanya akan menggunakan kesempatan tersebut untuk mendapatkan anggaran yang lebih besar, tanpa berusaha mencari cara untuk memotong biaya atau menghemat pengeluaran.

  • Memungkinkan Terjadinya Bias Informasi Dalam Proses Penganggaran

Misalnya, seorang manajer akan mengurangi nilai anggaran dalam sebuah divisi, sehingga membuat tim selalu kekurangan anggaran.

  • Metode Ini Juga Cenderung Mengabaikan Perubahan Untuk Perbaikan

Misalnya, ada inflasi yang sangat tinggi dalam biaya produksi tertentu.

Metode ini kurang bisa beradaptasi dengan perubahan operasi yang mendadak dan hanya menggunakan nilai anggaran yang ditetapkan di awal.

2. Activity-Based Budgeting

Penganggaran berbasis aktivitas atau activity-based budgeting adalah pendekatan penganggaran top-down yang menentukan jumlah input yang diperlukan untuk mencapai target produksi atau output yang ditetapkan oleh perusahaan.

Misalnya, sebuah perusahaan menetapkan target dengan nilai sebesar 100 juta dalam pendapatan. Perusahaan perlu terlebih dahulu menentukan kegiatan yang perlu dilakukan untuk memenuhi target penjualan, dan kemudian mencari tahu biaya apa saja yang diperlukan dalam perencanaan kegiatan tersebut.

3. Penganggaran Proposisi Nilai

Dalam penganggaran proposisi nilai, pembuat anggaran harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Mengapa jumlah yang sudah ada dimasukkan dalam anggaran?
  • Apakah aktivitas tersebut menciptakan nilai bagi pelanggan, staf, atau stakeholder lainnya?
  • Apakah nilai barang yang dijual lebih besar daripada biaya yang harus dikeluarkan? Jika tidak, apakah ada alasan lain mengapa biaya tersebut harus ada dalam anggaran?

Penganggaran proposisi nilai benar-benar merupakan pola pikir tentang memastikan bahwa segala sesuatu yang termasuk dalam anggaran memberikan nilai bagi bisnis. Penganggaran proposisi nilai bertujuan untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

4. Zero-Based Budgeting

Sebagai salah satu metode penganggaran yang paling umum digunakan adalah penganggaran berbasis nol atau zero-based budgeting, dimulai dengan asumsi bahwa semua anggaran departemen adalah nol dan harus dibangun kembali dari awal saat perencanaan anggaran.

Manajer harus dapat memeriksa setiap pengeluaran yang terjadi. Tidak ada pengeluaran yang otomatis “disetujui” tanpa detail yang jelas.

Penganggaran berbasis nol sangat ketat. Proses ini bertujuan untuk menghindari setiap pengeluaran yang tidak dianggap penting guna keberhasilan operasi perusahaan.

Zero-based budgeting baik digunakan ketika bisnis memiliki kebutuhan mendesak untuk menghemat biaya. Misalnya, dalam situasi di mana perusahaan sedang melalui restrukturisasi keuangan atau penurunan ekonomi atau pasar besar yang mengharuskannya untuk mengurangi anggaran secara besar-besaran.

Namun, metode penganggaran ini bisa menjadi pendekatan yang sangat memakan waktu, sehingga banyak perusahaan hanya menggunakan pendekatan ini sesekali saja dalam waktu tertentu

  • Tentukan Tenggat Waktu

Setelah Anda memutuskan metode anggaran yang akan digunakan, pikirkan tenggat waktu yang ingin Anda gunakan untuk analisis anggaran Anda.

Umumnya, siklus analisis anggaran terjadi setiap bulan, tetapi Anda dapat memilih periode lain seperti setiap kuartal atau tahun fiskal.

Anda mungkin juga ingin melakukan analisis anggaran di beberapa periode waktu, seperti bulanan dan triwulanan.

Ketika Anda memutuskan tenggat waktu dalam proses tersebut, pastikan juga Anda mempertimbangkan berapa lama Anda bisa mendapatkan informasi keuangan dalam bisnis.

Laporan keuangan ini sangat penting dalam proses analisis anggaran dan mengetahui berapa banyak keuntungan yang Anda dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

  • Periksa Anggaran Anda

Ketika Anda telah menentukan strategi penganggaran dan tenggat waktu, Anda dapat mulai memeriksa informasi dalam anggaran Anda.

Banyak bisnis memilih untuk menggunakan software akuntansi atau teknologi lain untuk menyederhanakan proses ini.

Pastikan untuk melacak pengeluaran dan pendapatan di seluruh bisnis. Banyak metode penganggaran memerlukan perincian pendapatan dan pengeluaran, jadi cobalah untuk memperhatikan detail yang dibutuhkan dalam menentukan strategi anggaran yang baik dan benar.

  • Analisis Hasil Anda

Berdasarkan tenggat waktu yang Anda pilih, lakukanlah evaluasi pada seluruh informasi anggaran Anda.

Ketahui apa yang membuat pengeluaran atau pendapatan Anda lebih besar, dan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Jika Anda menemukan lebih banyak pengeluaran daripada yang pemasukan, pikirkalahn cara untuk membatasi pengeluaran atau meningkatkan pendapatan.

Anda juga dapat menggunakan laporan analisis anggaran Anda sebagai dasar untuk meminta dana tambahan melalui pinjaman atau mencari investor eksternal.

  • Siapkan Untuk Siklus Anggaran Anda Berikutnya

Terakhir, Anda dapat menggunakan informasi dari satu siklus anggaran untuk menyiapkan siklus berikutnya.

Artinya, total nilai akhir pada anggaran Anda di waktu sebelumnya menjadi nilai awal untuk siklus penganggaran berikutnya. Ingatlah untuk membuat perubahan yang diperlukan berdasarkan analisis anggaran Anda.

Tips Dalam Melakukan Analisis Anggaran

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mendukung analisis anggaran Anda:

1. Memanfaatkan Teknologi

Software akuntansi yang memiliki fitur penganggaran seperti Accurate Online dapat membantu Anda melacak pendapatan dan pengeluaran Anda.

Accurate Online juga dapat membantu Anda memahami informasi anggaran dengan mudah dan cepat.

Misalnya, dengan menggunakan Accurate Online Anda bisa mendapatkan berbagai jenis laporan tertentu yang Anda perlukan untuk mengevaluasi pengeluaran dalam kategori atau departemen tertentu.

Hal ini karena Accurate Online memiliki fitur penganggaran, multi departemen, multi cabang, dan berbagai fitur yang akan memudahkan proses pembukuan dan penganggaran bisnis Anda.

2. Berkolaborasi Dengan Tim Anda

Informasi keuangan dapat menjadi hal yang kompleks, terutama dalam bisnis dengan banyak departemen atau divisi.

Anda akan sangat terbantu jika Anda berkolaborasi dengan rekan kerja di departemen Anda sendiri dan atau tim Anda untuk memutuskan jenis anggaran yang harus disiapkan, mengumpulkan informasi anggaran, dan menafsirkan informasi yang Anda kumpulkan dari proses penganggaran.

3. Selalu Mencari Solusi

Bagian terpenting dari analisis anggaran adalah harus memastikan bahwa Anda harus menggunakan laporan analisis tersebut secara efektif.

Ketika Anda menemukan tantangan atau masalah dalam proses penganggaran, ingatlah untuk mencari beberapa solusi.

Brainstorming bersama tim adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan strategi dan pemecahan masalah penganggaran.

Kegiatan tersebut juga dapat membantu Anda dalam membuat informasi keuangan menjadi lebih berguna dan membuat siklus anggaran berikutnya menjadi lebih mudah

4. Tetap Fleksibel

Ingatlah bahwa anggaran Anda harus memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Jika strategi anggaran dan metode analisis Anda tidak dapat memberikan lebih banyak manfaat, pertimbangkan cara lain agar proses Anda dapat berubah menjadi lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda juga bisa menerapkan jadwal evaluasi proses analisis anggaran pada waktu tertentu untuk memastikan sistem Anda tetap produktif.

5. Carilah Bagian Bisnis Yang Terbaik

Terkadang, akan lebih mudah bagi kita fokus pada suatu kejelekan daripada kebaikan, begitupun dalam proses penganggaran bisnis.

Banyak pemilik bisnis yang fokus pada area anggaran dimana pengeluaran melebihi pendapatan, padahal mereka bisa memeriksa bagian atau departemen yang sukses menggunakan anggaran mereka dengan baik.

Cari departemen atau divisi yang berhasil memaksimalkan keuntungan dalam siklus anggaran dan coba cari tahu bagaimana mereka mencapai keberhasilan itu. Lalu, coba terapkan cara tersebut pada bagian bisnis yang memerlukan perbaikan.

6. Selalu Berpikir Tentang Masa Depan

Analisis anggaran dapat menjadi cara yang berguna untuk mengetahui seberapa sehat bisnis secara finansial pada waktu tertentu.

Kegiatan tersebut juga bisa menjadi cara yang berharga untuk membuat prediksi tentang masa depan keuangan bisnis Anda.

Saat Anda menganalisis anggaran, lihat apakah Anda melihat tren yang baik dan tentukan apakah Anda dapat memperkirakan informasi anggaran di masa mendatang berdasarkan data tersebut.

Baca juga: Tips dan Panduan Akuntansi Real Estate

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai analisis anggaran dalam sebuah bisnis dan beberapa tips yang bisa Anda adaptasikan dalam bisnis Anda.

Pastikan juga Anda memilih metode strategi penganggaran yang tepat untuk proses penganggaran yang lebih baik.

Melakukan analisis anggaran adalah langkah pertama, langkah Anda selanjutnya adalah menemukan cara untuk menyimpan semua informasi keuangan ini sehingga Anda dapat membuat keputusan terbaik untuk bisnis Anda.

Accurate Online dapat membantu Anda dengan menyederhanakan seluruh pembukuan dan penganggaran dengan proses yang lebih mudah dan lebih praktis.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau di Indonesia.

Mulai dari proses penganggaran, pembukuan, manajemen stok, pengelolaan pajak, hingga pembuatan laporan keuangan dalam hitungan detik bisa Anda lakukan dengan menggunakan Accurate Online.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-