Apa itu Burden Rate? Berikut Pengertian Lengkap dan Cara Hitungnya

Burden rate atau tingkat beban adalah jumlah yang mempertimbangkan biaya tidak langsung untuk mempertahankan bisnis, seperti mempekerjakan karyawan dan menyimpan barang dagangan.

Menghitung tingkat beban memperlihatkan berapa banyak bisnis Anda kehilangan dan menghasilkan uang setelah membayar biaya yang diperlukan. Memahami tingkat beban membantu Anda mengetahui berapa banyak biaya untuk suatu produk atau layanan.

Pada artikel ini, kami menjelaskan apa itu burden rate atau tingkat beban, mengapa penting dan memberi tahu Anda cara menghitung burden rate dalam bisnis.

Apa itu burden rate?

Burden rate atau tingkat beban adalah biaya tidak langsung untuk menjaga fungsi bisnis. Beberapa contoh biaya tidak langsung termasuk pajak gaji, cuti berbayar, biaya perjalanan dan tunjangan perusahaan. Tingkat beban memberikan pemahaman yang lebih lengkap tentang biaya untuk mempertahankan karyawan di luar penggajian.

Menggunakan tarif beban memberi Anda representasi akurat dari total biaya yang diserap. Biaya yang diserap adalah pertimbangan penuh dari tingkat beban tenaga kerja dan persediaan.

Untuk memastikan keakuratan tingkat beban, akan sangat membantu jika menghitungnya menggunakan persamaan tertentu. Setelah Anda menghitung tingkat beban, Anda tahu berapa banyak keuntungan yang dihasilkan bisnis Anda.

Ada dua jenis tingkat beban: tingkat beban tenaga kerja dan tingkat beban persediaan.

Burden rate tenaga kerja

Tingkat beban kerja mengacu pada imbalan kerja. Angka ini menunjukkan berapa biaya untuk mempertahankan karyawan ini di luar gaji mereka. Beberapa faktor tingkat beban kerja antara lain sebagai berikut:

  • Kompensasi pekerja
  • Asuransi pengemudi
  • Waktu liburan
  • Cuti berbayar
  • Gaji sakit
  • Pelatihan karyawan
  • Asuransi kesehatan, termasuk gigi dan penglihatan
  • Penggantian biaya kuliah
  • Asuransi
  • Bantuan hutang pinjaman mahasiswa
  • Rencana pensiun

Baca juga: Pendanaan dan Hutang: Pengertian Lengkap dan Perbedaannya

Burden rate persediaan

Tingkat beban persediaan mengacu pada biaya untuk memproduksi, menyimpan dan mendistribusikan persediaan bisnis. Beberapa aspek yang termasuk dalam tingkat beban persediaan meliputi:

  • Menjalankan mesin
  • Operasi fasilitas
  • Peralatan
  • Bahan:
  • Stocking dan penyimpanan
  • Pemeliharaan gedung

Mengapa burden rate itu penting?

Menghitung burden rate sangat penting bagi bisnis karena memberikan pemahaman yang lebih baik kepada manajemen tentang berapa banyak yang harus dibebankan untuk produk atau layanan untuk menghasilkan keuntungan.

Burden rate  juga menunjukkan berapa banyak pengeluaran perusahaan untuk pengeluaran, seperti menyewa lokasi atau menggunakan mesin. Pemimpin perusahaan dapat menggunakan informasi ini untuk melihat apakah mereka dapat menurunkan biaya dengan menyewa atau membeli lokasi yang lebih murah.

Tingkat beban juga menawarkan manfaat berikut:

Memahami biaya karyawan

Ketika Anda mengetahui tingkat beban bisnis Anda, Anda lebih sadar berapa biaya untuk memiliki karyawan. Anda mungkin lebih cenderung mempekerjakan jumlah orang yang tepat dan memberikan gaji yang sesuai. Memahami biaya memiliki karyawan juga menjelaskan berapa banyak manfaat yang dapat ditawarkan perusahaan Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Performance Budget? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Persiapan keuangan

Tarif beban memberi Anda informasi keuangan penting yang Anda butuhkan untuk mempersiapkan pengeluaran di masa depan. Menjadi siap secara finansial membantu Anda menghemat dan membelanjakan jumlah uang yang tepat untuk bisnis Anda. Dengan mengakui tingkat beban tenaga kerja dan persediaan, perusahaan Anda dapat mempersiapkan biaya tak terduga.

Mengambil keputusan berdasarkan informasi

Menghitung tingkat beban sangat penting bagi perusahaan yang perlu membuat keputusan bisnis yang signifikan. Beberapa pertanyaan yang menantang untuk dijawab termasuk memberhentikan karyawan, memperluas bisnis atau mempekerjakan staf tambahan.

Dengan mengetahui tingkat beban, manajemen lebih terinformasi dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang posisi keuangan bisnis. Akibatnya, pengusaha membuat keputusan yang lebih tepat dan bijaksana karena data tambahan yang diberikan oleh tingkat beban.

Rumus untuk menghitung burden rate

Rumus untuk menghitung tingkat beban tenaga kerja dan tingkat beban persediaan adalah sebagai berikut:

Tingkat beban tenaga kerja

Tingkat beban tenaga kerja adalah persamaan ringkas yang mempertimbangkan biaya beban tenaga kerja dan biaya penggajian. Dalam perhitungan ini, biaya beban kerja mengacu pada semua biaya tambahan untuk karyawan di luar gaji pokoknya.

Sementara itu, biaya penggajian mengacu pada pendapatan karyawan yang dihargai untuk pekerjaan mereka. Gunakan rumus di bawah ini untuk menghitung tingkat beban kerja perusahaan Anda:

Biaya beban tenaga kerja / biaya penggajian = tingkat beban tenaga kerja

Baca juga: Profit dan Income: Pengertian dan Perbedaannya dalam Akuntansi

Tingkat beban persediaan

Mirip dengan tingkat beban tenaga kerja, tingkat beban persediaan adalah persamaan sederhana. Perbedaan utama adalah pertimbangan ukuran aktivitas. Ukuran aktivitas adalah jumlah waktu bisnis Anda beroperasi.

Biaya overhead pabrik  atau manufacturing overhead cost (MOH), juga dikenal sebagai beban pabrik, mengacu pada biaya tidak langsung yang dihasilkan dari produksi. Contoh biaya produksi yang terdengar adalah tagihan listrik perusahaan. Gunakan rumus di bawah ini untuk menghitung tingkat beban inventaris bisnis Anda:

Biaya overhead pabrik / ukuran aktivitas = tingkat beban persediaan

Contoh kasus menghitung burden rate

Perhatikan contoh penghitungan tarif beban berikut:

Tingkat beban tenaga kerja

Anda memiliki bisnis konstruksi di mana karyawan Anda memperoleh gaji 35.000.000 per tahun. Selain gaji mereka, perusahaan Anda menanggung tunjangan kesehatan mereka, yang menelan biaya 10.000.000 per tahun. Perhitungan tarif beban kerja untuk skenario ini adalah sebagai berikut:

10.000.000 / 35.000.000 = 0,29

Untuk setiap rupiah yang Anda belanjakan untuk karyawan Anda, Anda juga membayar tambahan $0,2 untuk menutupi biaya tambahan memiliki anggota tim ini.

Tingkat beban persediaan

Dengan menggunakan contoh bisnis konstruksi yang sama, asumsikan Anda membayar$500.000 sebulan untuk menggunakan truk untuk memindahkan peralatan. Perusahaan Anda menggunakan truk ini 100 jam setiap bulannya. Perhitungan tingkat beban persediaan untuk skenario ini adalah sebagai berikut:

500.000 / 100 = 5000

Perusahaan Anda dikenakan tambahan 5000 untuk setiap jam menggunakan truk.

Baca juga: Cara Membuat Anggaran Bisnis yang Efektif

Tips untuk menghitung burden rate

Pertimbangkan saran berikut saat menghitung tarif beban bisnis Anda:

Periksa tarif beban secara teratur

Perhitungan tingkat beban melibatkan beberapa angka yang berubah dari waktu ke waktu. Pastikan Anda menghitung tarif beban Anda secara teratur untuk memastikan Anda bekerja dengan angka terbaru.

Rekam dan simpan data

Pastikan untuk mencatat semua tarif beban untuk bisnis Anda dengan menggunakan sistem dokumentasi formal. Anda dapat membuat spreadsheet dan menambahkan tab baru setiap kali Anda menghitung tingkat beban, lalu mengunjungi kembali nomor Anda dari waktu ke waktu.

Periksa kembali nomor Anda

Biasanya, tingkat beban melibatkan banyak peralatan, biaya atau gaji. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, sebaiknya tinjau setiap pengeluaran yang Anda tambahkan ke rumus sebelum membuat perhitungan akhir.

Untuk proses pencatatan biaya da n beban yang lebih mudah dan praktis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online yang memiliki fitur terbaik dengan harga yang terjangkau.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur pencatatan pembukuan terlengkap, fitur manajemen aset dan persediaan, pengelolaan dan pembayaran pajak, otomatisasi 200 jenis lapora keuangan, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan