Pendanaan dan Hutang: Pengertian Lengkap dan Perbedaannya

Sebagian besar waktu, pemilik bisnis membutuhkan sumber daya keuangan tambahan untuk dapat mengembangkan perusahaan mereka, apakah itu melalui membangun lebih banyak toko atau mempekerjakan lebih banyak karyawan penjualan untuk mengamankan pelanggan setia. Dengan jumlah uang yang tepat, pemilik bisnis dapat membeli peralatan baru, menyewa ruang kantor, memperluas lini produk mereka, dan mengembangkan tim mereka. Ada beberapa pilihan pembiayaan yang tersedia untuk pemilik bisnis yang membutuhkannya, terutama pembiayaan ekuitas atau pendanaan dan pembiayaan hutang.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa yang dimaksud dengan istilah pendanaan ekuitas dan pembiayaan hutang, membandingkan keduanya dan berbagi keuntungan dan kerugian keduanya.

Apa itu pembiayaan ekuitas?

Pembiayaan ekuitas atau pendanaan ekuitas adalah ketika Anda menjual sebagian kepemilikan perusahaan Anda kepada investor dengan imbalan modal untuk membantu Anda mengembangkan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda membuat dan mendistribusikan kaos dan ingin membeli gudang untuk menyimpan inventaris dan digunakan untuk pengemasan, Anda mungkin hanya dapat melakukannya dengan uang tambahan.

Anda dapat menjual 5% kepemilikan di perusahaan kaos Anda kepada investor yang bersedia memberikan modal yang dibutuhkan perusahaan untuk memperluas operasinya. Dalam hal ini, investor memiliki 5% dari perusahaan dan memiliki suara dalam keputusan bisnis yang penting.

Jenis pendanaan ekuitas

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak uang untuk bisnis Anda, penting untuk mengetahui berbagai jenis pembiayaan ekuitas yang tersedia untuk Anda. Mereka termasuk:

  • Penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO): IPO adalah saat perusahaan Anda go public di New York Stock Exchange (NYSE) dan investor dapat membeli saham di perusahaan Anda.
  • Angel investor: Angel investor adalah seseorang yang ingin membantu startup mendapatkan uang yang mereka butuhkan untuk membuat dan membangun bisnis mereka. Mereka biasanya mencari bisnis yang mereka rasa akan memberikan pengembalian yang besar atas investasi mereka. Investor malaikat menerima ekuitas di perusahaan sebagai imbalan atas investasi modal mereka dan pengetahuan yang mereka bawa ke bisnis.
  • Modal ventura: Anda dapat memperoleh modal ventura dari perusahaan yang terdiri dari investor yang menggabungkan uang mereka untuk diinvestasikan di perusahaan rintisan atau usaha kecil.
  • Crowdfunding ekuitas: Crowdfunding ekuitas adalah saat Anda meminta uang dari audiens target Anda dengan imbalan ekuitas atau janji barang atau jasa setelah bisnis Anda mencapai tujuan pembiayaannya.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Performance Budget? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Apa itu pembiayaan utang?

Pembiayaan hutang adalah ketika Anda meminjam uang untuk memperluas operasi bisnis Anda, tetapi harus membayarnya kembali dengan bunga. Sebuah perusahaan bisa mendapatkan pembiayaan utang melalui bank atau investor, yang berbeda dari pembiayaan ekuitas di mana investor menerima persentase kepemilikan.

Jika Anda masuk ke pembiayaan utang, penting untuk mencoba mempertahankan rasio utang terhadap ekuitas yang rendah sehingga Anda bisa mendapatkan uang dari kreditur saat Anda membutuhkannya.

Jenis pembiayaan utang

Ada banyak jenis pembiayaan utang yang tersedia untuk pemilik bisnis. Mereka termasuk:

  • Pinjaman pribadi: Jika Anda harus menggunakan aset Anda sendiri atau jika perusahaan Anda masih baru, Anda mungkin perlu mendapatkan pinjaman pribadi untuk memulai.
  • Pinjaman Administrasi Bisnis Kecil (SBA): Anda juga dapat memperoleh pembiayaan dengan agen federal ini, yang didedikasikan untuk membantu pemilik usaha kecil dengan pembiayaan dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk membuat bisnis mereka sukses. Meskipun SBA tidak secara langsung memberikan pinjaman kepada pemilik bisnis, mereka memiliki banyak program pinjaman untuk dipilih bekerja sama dengan pemberi pinjaman.
  • Jalur kredit: Jalur kredit adalah saat Anda memiliki akses langsung ke dana tertentu yang dapat Anda gunakan saat Anda membutuhkannya. Pemberi pinjaman Anda hanya akan memberikan jumlah maksimum yang Anda setujui, jadi tidak ada bahaya meminjam lebih dari yang mereka izinkan. Meskipun dana tersedia, Anda hanya membayar bunga atas uang yang Anda gunakan.
  • Kartu kredit: Sama seperti kartu kredit pribadi, Anda dapat mengajukan dan menerima persetujuan untuk kartu kredit bisnis. Kartu kredit ini juga tunduk pada beberapa persyaratan yang sama dengan kartu kredit pribadi, termasuk jadwal pembayaran dan tingkat bunga.
  • Pinjaman konvensional: Dengan pinjaman konvensional, Anda biasanya menerima sejumlah uang yang Anda butuhkan dan Anda harus membayar kembali uang tersebut, dengan bunga, dalam jumlah waktu yang telah ditentukan.
  • Pinjaman arus kas: Ini adalah jenis lain dari pembiayaan utang yang melibatkan Anda menerima sejumlah uang berdasarkan pendapatan Anda saat ini.

Baca juga: Profit dan Income: Pengertian dan Perbedaannya dalam Akuntansi

Contoh untuk menggambarkan pendanaan ekuitas dan pembiayaan hutang

Bayangkan Anda memiliki perusahaan sepeda dan Anda perlu mengamankan pabrik yang memungkinkan Anda merakit sepeda lebih cepat sehingga Anda dapat memenuhi permintaan sepeda dan aksesori yang terus meningkat.

Anda mungkin juga perlu mempekerjakan karyawan untuk bekerja di pabrik dan peralatan pabrik tambahan untuk mempertahankan operasi. Untuk melakukan ini, Anda mengetahui bahwa Anda membutuhkan modal $ 10 juta. Untuk mendapatkan uang yang Anda butuhkan, Anda dapat memilih pembiayaan ekuitas, pembiayaan utang atau kombinasi keduanya.

Dengan pendanaan ekuitas, Anda dapat mendekati dan mengajukan investor untuk modal $ 10 juta dengan imbalan kepemilikan ekuitas 20% dalam bisnis sepeda Anda. Investor ini sekarang memiliki 20% dari perusahaan Anda dan dapat membuat keputusan bisnis bersama pemilik lainnya, termasuk Anda sendiri. Mereka juga bisa mendapatkan keuntungan dari kesuksesan masa depan perusahaan.

Jika alih-alih pembiayaan ekuitas, Anda memilih untuk menggunakan pembiayaan utang untuk mendapatkan $10 juta yang Anda butuhkan untuk pabrik dan biaya tambahan, Anda dapat mendekati bank dan mengambil pinjaman $10 juta dengan tingkat bunga 2% yang harus Anda bayar kembali dalam waktu lima tahun.

Namun, jika Anda memutuskan untuk menggabungkan dua jenis pembiayaan, Anda bisa mendapatkan investor untuk memberikan kontribusi $ 5 juta sebagai ganti 10% kepemilikan di perusahaan Anda, serta $ 5 juta dari pemberi pinjaman untuk hutang yang harus Anda bayar kembali dalam tiga tahun. .

Baca juga: Pengertian dan Perbedaan Profit Center dan Cost Center

Bagaimana memilih pendanaan ekuitas dan pembiayaan hutang

Ketika Anda tahu Anda akan membutuhkan pembiayaan untuk mengembangkan bisnis Anda, sangat penting untuk memikirkan situasi unik Anda. Perhitungkan arus kas Anda saat ini dan opsi pembiayaan mana yang lebih mudah Anda peroleh. Anda juga harus memutuskan betapa pentingnya mempertahankan kepemilikan di perusahaan Anda.

Jika Anda adalah satu-satunya pemilik, Anda harus menentukan apakah Anda setuju dengan investor yang menjadi mitra bisnis Anda. Jika ada pemilik lain dalam bisnis, setiap orang harus mencapai kesepakatan apakah mereka ingin memberikan ekuitas kepemilikan kepada investor.

Keuntungan dan kerugian dari opsi pendanaan ekuitas dan hutang

Pelajari lebih lanjut tentang pro dan kontra dari setiap jenis opsi pembiayaan:

Keuntungan dan kerugian pembiayaan ekuitas

Keuntungan menggunakan pembiayaan ekuitas meliputi:

  • Anda tidak perlu membayar kembali uang yang diberikan investor. Karena Anda menjual sebagian saham perusahaan Anda, itu adalah pertukaran modal dan ekuitas yang seimbang.
  • Pembiayaan ekuitas tidak memberatkan secara finansial. Karena Anda tidak perlu membayar kembali investor, dan Anda tidak memiliki biaya bunga terkait, perusahaan Anda tidak mengambil hutang tambahan.
  • Anda memiliki kemampuan untuk segera mengembangkan bisnis Anda. Dengan pembiayaan ekuitas, modal yang Anda terima dapat digunakan untuk operasi bisnis Anda, memungkinkan Anda untuk berkembang dengan cara yang mungkin tidak Anda miliki.

Kerugian menggunakan pembiayaan ekuitas meliputi:

  • Anda harus menjual sebagian dari perusahaan Anda. Ini bisa sulit dilakukan oleh banyak pemilik usaha kecil, terutama jika perusahaan belum menghasilkan keuntungan.
  • Orang lain memiliki suara dalam cara Anda menjalankan perusahaan. Investor dengan persentase kepemilikan di perusahaan sekarang dapat berkontribusi pada keputusan bisnis yang sangat penting.
  • Kemungkinan Anda akan melakukan buyback dengan harga tinggi. Jika bisnis Anda berjalan dengan baik dan Anda ingin mendapatkan kembali persentase kepemilikan yang dimiliki investor, kemungkinan besar Anda akan dikenakan biaya lebih banyak daripada apa yang diberikan investor sebagai modal di tempat pertama.

Keuntungan dan kerugian pembiayaan hutang

Keuntungan menggunakan pembiayaan utang antara lain:

  • Anda mempertahankan kendali atas bisnis Anda. Tidak peduli siapa pemberi pinjamannya, mereka tidak memiliki bagian apa pun dari bisnis Anda di bawah model pembiayaan utang. Anda hanya menjalin hubungan dengan pemberi pinjaman selama jangka waktu pinjaman.
  • Bunga Anda dapat dikurangkan dari pajak. Anda dapat mengklaim pembayaran bunga atas pajak bisnis Anda, yang juga berarti bahwa total biaya pinjaman Anda lebih sedikit.
  • Lebih mudah untuk merencanakan pengeluaran di masa depan. Pembayaran bulanan Anda untuk pinjaman Anda seharusnya tidak berfluktuasi sama sekali selama masa pinjaman Anda, jadi Anda akan tahu persis berapa banyak Anda harus membayar setiap bulan dan dapat merencanakan pengeluaran lainnya.

Kerugian menggunakan pembiayaan utang meliputi:

  • Anda harus membayar kembali pinjaman Anda apa pun yang terjadi. Bahkan jika perusahaan Anda runtuh, Anda masih berutang hutang yang Anda ambil dan harus membayarnya kembali dengan bunga. Namun, jika ini terjadi, mungkin ada baiknya untuk berbicara dengan pemberi pinjaman Anda tentang opsi lain untuk membuat pembayaran Anda lebih mudah dikelola.
  • Anda mungkin harus menggunakan keuangan pribadi Anda untuk menjamin pinjaman Anda. Meskipun Anda adalah sebuah perusahaan dan perusahaan mengambil hutang, beberapa pemberi pinjaman mungkin mengharuskan mereka meninjau keuangan pribadi Anda dan Anda menggunakan aset pribadi Anda untuk mengamankan dan menjamin pinjaman.
  • Pengeluaran bulanan Anda lebih tinggi. Karena dengan pembiayaan utang Anda akan memiliki pembayaran bulanan yang harus Anda lakukan, pengeluaran bisnis Anda lebih tinggi, yang berarti Anda akan memiliki lebih sedikit uang tunai yang tersedia untuk keadaan darurat atau pengeluaran lainnya.
  • Pemberi pinjaman dapat memberlakukan pembatasan. Sudah umum bagi pemberi pinjaman Anda untuk membatasi aktivitas perusahaan Anda yang dapat memengaruhi mereka sebagai pemberi pinjaman Anda. Misalnya, mereka mungkin tidak mengizinkan Anda mencari opsi pembiayaan tambahan di tempat lain.

Baca juga: Valuasi Bisnis: Pengertian Lengkap dan Metode dalam Penghitungannya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai pendanaan ekuitas dan pembiyaan melalui hutang. Dalam melakukan pengembangan bisnis, mencari modal memang merupakan sebuah tantangan. Anda memerlukan modal agar bisnis Anda tetap berkembang, namun disisi lain ada risiko dari setiap keputusan yang Anda ambil untuk masalah pendanaan.

Sebagai solusi terbaik, pastikan Anda mengetahui setiap risiko dan kemampuan bisnis Anda dalam mengelola pendanaan atau hutang yang Anda dapatkan dari investor Anda secara bijak dengan proses keuangan yang jelas, transparan, dan selalu memperhatikan setiap detail.

Untuk proses pengelolaan keuangan dan pembukuan yang lebih baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan.

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Jadi apalagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah