Belajar Dasar Akuntansi Pertanian untuk Bisnis Anda

oleh | Okt 3, 2023

source envato.

Belajar Dasar Akuntansi Pertanian untuk Bisnis Anda

Agrobisnis atau lebih dikenal dengan bisnis pertanian merupakan sebuah usaha yang menjadikan hasil alam sebagai sumber pendapatan mereka, apakah itu buah-buahan/sayur-mayur. Hal ini membuat akuntansi pertanian lebih kompleks daripada bisnis lain dalam hal aset, kewajiban, biaya, dan pendapatan.

Bergantung pada negara tempat Anda tinggal, pertanian bisa menjadi industri yang diatur regulasinya dan disubsidi. Lalu ada faktor cuaca yang dapat memiliki efek yang krusial pada untung dan rugi pertanian Anda.

Mengingat itu, akuntansi secara umum saja jauh dari kata mudah, apalagi dengan akuntansi pertanian.

Nyatanya, hanya perlu sedikit pemikiran dan perencanaan, Anda bisa dengan baik mengelola keuangan untuk setiap aspek operasi pada kegiatan pertanian Anda, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan software akuntansi Accurate Online 

Tantangan Akuntansi Pertanian pada Bisnis

Tantangan Akuntansi Pertanian pada Bisnis

ilustrasi akuntansi pertanian. source envato

Aset pada Bisnis Pertanian

Lahan pertanian yang dikelola dengan benar seharusnya tidak mengalami depresiasi, bahkan nilainya akan naik. Namun bagaimana dengan alat penunjang bisnis pertanian Anda?

Kebanyakan para pemilik bisnis tidak menghitung biaya depresiasi aset penunjang pada akuntansi pertanian. Beberapa aset yang biasanya ada pada kebanyakan pertanian dan mengalami depresiasi adalah seperti dibawah ini :

Traktor, truk, peralatan panen dan mesin pertanian lainnya

Semua alat ini dirancang untuk tahan lama, tetapi penggunaan secara terus menerus dan perubahan cuaca pasti akan membuat kehausan pada berbagai alat tersebut.

Peralatan berkualitas baik mungkin memiliki nilai tinggi, tetapi teknologi telah bergerak cepat. Hal ini membuat mesin yang lebih tua akan terdepresiasi.

Perangkat komputer

Semakin penting untuk mengelola pertanian secara efisien, komputer terdepresiasi lebih cepat daripada hampir semua jenis peralatan lainnya.

Perkakas tangan, perkakas mesin dan peralatan perbaikan

Seringkali banyak pemilik bisnis tidak menyadari bahwa alat-alat ini merupakan penunjang untuk menghasilkan panen yang baik.

Perkakas tangan seperti pacul, alat pestisida, atau apapun itu merupakan aset penting yang harus ada pada bisnis pertanian dan harus Anda hitung depresiasinya pada akuntansi pertanian.

Hitung Aset Akuntasi Pertanian lebih Mudah dengan Accurate Online

Mengingat pentingnya penghitungan aset pada akuntansi pertanian, sudah seharusnya Anda melakukan penghitungan aset secara terperinci untuk menghasilkan laporan keuangan yang menyeluruh dari segala aspek pada bisnis Anda.

aset tetap pertanian

Accurate Online memiliki fitur aset yang dapat anda gunakan untuk memudahkan pencatatan akuntansi pertanian yaitu dengan mencatat data-data aset tetap yang Anda miliki.

Tujuan dimasukan kedalam fitur ini agar Accurate dapat melakukan penyusutan secara otomatis yang dapat Anda lihat pada laporan akhir bulan.

Tidak hanya penyusunan, Anda juga dapat melakukan disposisi aset, memasukan kategori aset tetap pajak, hingga penghitungan  data aset perlokasi.

Baca juga : Eco-Farming dan Manfaatnya Bagi Dunia Pertanian Indonesia

Perhatikan selalu Stok Anda

Sebagian besar petani akan tahu berapa banyak bibit yang mereka miliki, dari jenis apa, dan umur panen, hingga berapa persen keuntungan yang akan didapatkan.

Tetapi saat bisnis Anda berhadapan langsung dengan alam dan cuaca, akan ada bibit yang tumbuh dan mati, sehingga jumlahnya tidak akan tetap statis.

Ingat kata pepatah lama di mana ada ladang dan ternak, pasti juga juga wabah dan kegagalan. Dan ini masih berlaku, terutama selama musim dingin, musim penghujan, atau musim kemarau.

Jadi pemantauan stok Anda akan berubah dari waktu ke waktu dan penting untuk mencatat perubahan ini dalam akuntansi pertanian Anda. Setiap stok memiliki nilai, dan nilai itu harus dicatat.

Menu Persediaan yang Cocok untuk segala Jenis Pertanian

persediaan pertanian

Accurate Online memiliki menu persediaan terlengkap dari software akuntansi yang ada di Indonesia.

Menu ini berisikan berbagai fitur mulai dari pencatatan barang dan jasa, perintah stok opname, penyesuaian persediaan, pendataan barang pergudang, dana masih banyak lagi fitur mengenai persediaan yang akan memudahkan pengelolaan stok pada akuntansi pertanian bisnis Anda.

Selalu Pantau Profitabilitas Anda

Keuntungan pertanian bisa sangat sulit terukur dikarenakan kendala yang sering terjadi seperti hama atau cuaca.

Anda juga akan dihadapkan dengan perbedaan harga pada komoditas tertentu. Misalnya saat musim hujan Anda menanam tumbuhan yang memerlukan banyak air, tentu harganya tidak akan sama saat Anda menanam palawija pada musim kemarau.

Satu-satunya cara untuk benar-benar memahami keuntungan pertanian dari waktu ke waktu adalah dengan melakukan pencatatan akuntansi pertanian dengan perangkat software akuntansi yang berkualitas.

Manfaat tambahan dari melakukan ini adalah Anda dapat menggunakannya untuk membuat perkiraan dan prediksi berdasarkan tren histori masa lampau pada akuntansi pertanian Anda.

Laporan Keuangan Terlengkap di Accurate Online

Laporan keuangan adalah inti pada akuntansi utamanya akuntasi pertanian bisnis Anda, berfungsi untuk mengambil keputusan penting dalam pengembangan bisnis Anda.

Jika Anda menggunakan akuntansi manual tentu akan banyak waktu yang terbuang dan juga rentan mengalami kesalahan, maka dari itu disnilah software akuntansi menjadi pembeda untuk itu semua.

keuangan pertanianAccurate Online adalah software akuntansi buatan Indonesia yang memiliki laporan keuangan terlengkap dan paling terperinci.

Anda bisa melihat laporan keuangan percabang, laporan komisi, laba rugi per-departemen, anggaran, rincian nilai persediaan, perubahan ekuitas pemilik, dan masih banyak lagi laporan yang bisa memudahkan pencatatan akuntansi pertanian Anda jika menggunakan Accurate Online.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan dengan Accurate Online

Kesimpulan

Seperti yang telah kita lihat, akuntansi pertanian memiliki ciri khas tersendiri. Setiap bisnis pertanian berbeda, baik dari produk yang dihasilkan dan juga teknologi yang digunakan dan masih banyak lagi keunikan sekaligus tantangan pada jenis bisnis kebanggaan Indonesia ini.

Untungnya, bagi petani yang ingin melakukan akuntansi pertanian pada bisnis sekarang ada serangkaian software akuntansi berkualitas baik, untuk membantu menyederhanakan proses akuntansi pertanian pada bisnis Anda, seperti Accurate Online.

Bahkan jika Anda menyewa seorang akuntan, Anda masih perlu menyimpan beberapa informasi keuangan penting di ujung jari Anda. Ketika Anda dan akuntan bekerja bersama di cloud sehingga Anda berdua dapat mengakses angka-angka, dan ini akan membantu bisnis pertanian Anda berjalan jauh lebih efisien.

Jika Anda bukan petani tidak usah khawatir, Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online juga cocok untuk semua jenis bisnis di Indonesia. Tidak percaya?

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini!

akuntansibanner
sidebarPromo

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Khaula Senastri
Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.

Artikel Terkait