Bisnis Fesyen Besar Dimulai dari Pembukuan Yang Benar

oleh | Okt 12, 2023

source envato.

Bisnis Fesyen Besar Dimulai dari Pembukuan yang Benar

Bisnis fesyen, sebagai salah satu pilar utama dalam industri global, telah menjadi sebuah entitas yang tak dapat diabaikan dalam perekonomian dunia. Sejak zaman dahulu, fesyen telah menjadi cerminan peradaban manusia, mengalami perubahan seiring waktu, dan mencerminkan nilai-nilai budaya yang ada.

Di era ini, bisnis fesyen bukan sekadar sebuah komoditas untuk menutupi tubuh, namun juga menjadi ekspresi pribadi, gaya hidup, dan status sosial.

Tantangan dan peluang di dunia bisnis fesyen terus berkembang, menciptakan dinamika yang tak pernah surut. Seiring dengan perkembangan teknologi, sosial media, dan pergeseran tren konsumen, pemain dalam industri fesyen harus senantiasa beradaptasi dan menggali peluang yang muncul.

Pada kesempatan kali ini, mari kita pelajari bersama tentang bisnis fesyen dan proses pembukan di dalamnya.

Mengenal Bisnis Fesyen

mengenal bisnis fesyen

ilustrasi bisnis fesyen. source envato

Berdasarkan laman Collins Dictionary, bisnis fesyen adalah sektor industri yang berfokus pada perancangan, produksi, pemasaran, dan distribusi pakaian, aksesoris, serta produk-produk gaya hidup yang mencerminkan tren dan gaya tertentu pada suatu periode waktu tertentu.

Bisnis fesyen mencakup seluruh tahap dalam rantai pasokan, mulai dari perancangan produk hingga akhirnya mencapai konsumen akhir melalui penjualan ritel.

Dalam bisnis fesyen, unsur-unsur seperti estetika, desain, kualitas, merek, dan inovasi memainkan peran penting. Bisnis ini juga sangat dipengaruhi oleh perubahan tren dan selera konsumen yang berubah seiring waktu, sehingga perusahaan fesyen harus selalu beradaptasi agar tetap relevan dan kompetitif.

Bisnis fesyen dapat mencakup berbagai jenis pakaian, termasuk pakaian pria, wanita, dan anak-anak, serta aksesoris seperti tas, sepatu, perhiasan, dan produk-produk lain yang berhubungan dengan gaya dan penampilan.

Bisnis fesyen juga mencakup berbagai segmen, mulai dari fesyen high-end atau mewah hingga fesyen yang lebih terjangkau, serta fesyen berdasarkan tren atau kebutuhan tertentu. Bisnis ini memiliki dampak besar pada ekonomi global dan terus berkembang seiring dengan perubahan gaya hidup, teknologi, dan perkembangan sosial.

Baca juga: 10+ Strategi Marketing Bisnis Fesyen Terampuh dan Terbaru

Mengapa Pembukuan Penting untuk Bisnis Fesyen?

Mengapa Pembukuan Penting untuk Bisnis Fesyen?

ilustrasi bisnis fesyen. source envato

Pembukuan memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis fesyen, seperti halnya dalam hampir semua jenis bisnis. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pembukuan sangat penting dalam bisnis fesyen:

1. Pemantauan Keuangan

Pembukuan memungkinkan bisnis fesyen untuk melacak semua transaksi keuangan, termasuk pemasukan dan pengeluaran. Ini memungkinkan pemilik bisnis untuk memahami keadaan finansial mereka dengan jelas, mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan, dan mengidentifikasi area-area di mana pengeluaran dapat dikurangi.

2. Perencanaan Anggaran

Dengan catatan keuangan yang akurat, bisnis fesyen dapat merencanakan anggaran dengan lebih baik. Mereka dapat menentukan berapa banyak yang dapat mereka alokasikan untuk berbagai keperluan, seperti produksi, pemasaran, inventaris, dan gaji karyawan.

3. Pengukuran Kinerja

Pembukuan membantu dalam mengukur kinerja bisnis fesyen. Dengan data keuangan yang tersedia, bisnis dapat menilai apakah mereka mencapai target penjualan, profitabilitas, dan pertumbuhan yang diinginkan. Ini membantu dalam pengambilan keputusan yang informasional.

4. Pajak dan Kepatuhan Hukum

Pembukuan yang tepat sangat penting untuk kepatuhan hukum dan perpajakan. Bisnis fesyen harus memenuhi kewajiban pajaknya, dan pembukuan yang baik memudahkan mereka untuk melaporkan pendapatan dan pembayaran pajak dengan benar.

5. Manajemen Stok

Bagi bisnis fesyen yang memiliki inventaris barang, pembukuan membantu dalam mengelola stok dengan efisien. Ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mengetahui seberapa banyak barang yang harus dipesan, kapan saatnya untuk mengurangi stok tertentu, dan bagaimana menghindari overstock atau understock.

6. Pengambilan Keputusan

Data keuangan yang didokumentasikan dengan baik dalam pembukuan membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat. Bisnis fesyen dapat menggunakan informasi ini untuk mengevaluasi keuntungan dan kerugian dari keputusan tertentu, seperti ekspansi toko atau peluncuran produk baru.

7. Pemantauan Utang dan Piutang

Bisnis fesyen sering kali berurusan dengan piutang dari pelanggan dan utang kepada pemasok. Pembukuan memungkinkan bisnis untuk memantau utang dan piutang ini, mengingatkan pada jatuh tempo pembayaran, dan memastikan likuiditas keuangan yang stabil.

8. Kredibilitas

Pembukuan yang baik dapat meningkatkan kredibilitas bisnis di mata pihak luar, seperti investor, bank, dan pihak berwenang. Mereka cenderung lebih percaya pada bisnis yang memiliki catatan keuangan yang rapi dan transparan.

jadi, pembukuan adalah landasan yang sangat penting untuk manajemen bisnis fesyen yang efisien dan berkelanjutan. Hal ini akan membantu dalam pengelolaan sumber daya finansial dengan bijak dan menjaga kesehatan finansial bisnis dalam jangka panjang.

Baca juga: Laporan Keuangan: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya Untuk Bisnis Anda

Accurate Online sebagai Solusi Pembukuan Bisnis Fesyen

Setelah mengetahui pentingnya pembukuan pada bisnis Anda, akan lebih bijak jika Anda melakukan pembukuan sekarang pada bisnis Anda. Hal yang perlu Anda ingat adalah dengan banyak kesalahan pada pencatatan keuangan bisnis akan membuat Anda kehilangan uang atau mungkin perusahaan Anda.

Salah satu solusi terbaik yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk kemudahan pembukuan bisnis Anda. Accurate Online adalah software akuntansi yang memiliki fitur terbaik yang cocok untuk pengembangang bisnis fesyen Anda.

Berikut adalah beberapa fitur pada Accurate Online yang bisa Anda gunakan :

1. Pantau Persediaan dan Dapatkan Seluruh Laporan Keuangan dengan Mudah

Accurate Online memiliki menu persediaan yang berisikan fitur terlengkap untuk pengelolaan stok dan persediaan pada bisnis fesyen Anda. Diantara lain adalah penyesuaian persediaan, permintaaan barang, perintah stok opname, dan masih banyak lagi fitur persediaan yang akan memudahkan Anda untuk pengelolaan inventori bisnis Anda.

bisnis fesyen 1

Dengan begitu, Anda bisa melakukan pemenuhan pesanan secara optimal karena ketersediaan stok selalu terpantau dan up to date setiap waktu.

Hal lain yang Anda dapatkan saat menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi bisnis, Anda bisa mebuat laporan keuangan secara terperinci, lengkap, cepat, dan tepat. Accurate Online sendiri adalah software akuntansi buatan Indonesia yang memiliki laporan keuangan terlengkap dibandingkan dengan software akuntansi lainnya.

laporan bisnis fesyen

Contoh laporan yang Anda dapatkan adalah seperti : laporan laba rugi, proyeksi ketersediaan kas, rasio keuangan, laporan ekuitas, fokus keuangan, neraca, arus kas, dan masih banyak ratusan laporan yang bisa Anda hasilkan dengan Accurate Online guna pengambilan keputusan untuk pengembangan bisnis yang lebih baik.

Baca juga: Pengertian Aset: Jenis, Klasifikasi, dan Berbagai Sifatnya yang Harus Anda Ketahui

2. Kelola Cabang Dimanapun dengan Fitur Multi Cabang

Saat bisnis fesyen berkembang, hal yang biasanya banyak dilakukan pemilik bisnis adalah membuka cabang di tempat strategis lain. Itu berarti ini akan menambah pekerjaan Anda sebagai pemilik bisnis, yaitu memantau keuangan cabang terbaru.

Mungkin saat Anda membuka cabang, berarti bisnis Anda sudah mampu untuk membayar seorang akuntan untuk mengelola seluruh pembukuan di seluruh cabang. Namun akan lebih baik jika Anda memiliki pengetahuan tentang seberapa sehat keuangan bisnis Anda dengan ikut memantau kegiatan transaksi di setiap cabang.

perusahaan bisnis fesyen

Dengan menggunakan Accurate Online Anda bisa melakukan pemantauan dan analisa bagi setiap cabang di bisnis Anda. Fitur multi cabang adalah fitur di Accurate Online yang memungkinkan Anda dapat mengelola unit bisnis yang berada di lokasi lain dalam satu database. Cabang tersebut dapat Anda buat pembatasan terhadap akses pengguna, penomoran, akun, dan hal-hal lainnya.

Untuk mengetahui lebih jauh fitur ini, Anda dapat membacanya melalui artikel ini.

3. Smartlink Ecommerce untuk Efisiensi Penjualan di Marketplace

Pada zaman sekarang, adakah yang tidak pernah berbelanja melalui ecommerce seperti bukalapak, tokopedia, lazada, atau shopee? Saat ini bebelanja melalui marketplace menjadi kebiasaan hampir setiap orang, dan ini menjadi kesempatan untuk menjual produk Anda melalui marketplace. Menurut laman Commonobjective, barang fesyen adalah barang yang mendominasi dan banyak dicari melalui daring.

Mungkin sebagian dari Anda sudah memasarkan produk Anda ke barbagai marketplace atau ecommerce, dan hal yang menyulitkan dan memakan waktu adalah mencatat setiap transaksi yang terjadi satu persatu. Belum lagi jika Anda tidak bisa memenuhi pesanan karena stok barang yang kosong dan Anda tidak melakukan update stok pada akun Anda, ini akan membuat jelek reputasi toko online Anda bukan?

Dengan fitur smartlink ecommerce pada Accurate Online Anda bisa melakukan pencatatan transaksi dan stok dalam satu tempat dari berbagai marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada, elevania, blibli, dan jd.id.

Fitur ini mengimport transaksi penjualan dari apikasi secara semi otomatis. Penarikan data dilakukan dengan cara import dan export file excel/csv dari marketplace ke Accurate Online melalui fitu faktur penjualan. Fitur ini juga sangat berguna bagi Anda penjual Online untuk meminimalisir penolakan pesanan pada akun toko online Anda akibat laporan stok yang tidak up to date.

Baca juga : Accurate Online Memudahkan Akuntansi pada Peternakan Anda

Pembukuan Terencana, Bisnis Digdaya

Dengan pemilihan software pembukuan yang benar akan menjadikan bisnis fesyen Anda lebih cepat berkembang. Accurate Online adalah software akutnansi yang sangat cocok untuk pembukuan segala jenis bisnis, termasuk bisnis fesyen.

Dengan segudang fitur terbaik, tentunya Anda bisa melakukan pembukuan lebih cepat dan akan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan transaksi Anda. Accurate Online sendiri adalah software akuntansi yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan telah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

476 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait