Budget Plan atau Perencanaan Anggaran: Pengertian dan Tipsnya

Jika Anda ingin mengontrol pengeluaran dan bekerja untuk mencapai tujuan keuangan Anda, Anda memerlukan budget plan atau perencanaan anggaran.

Anggaran pribadi atau rumah tangga adalah ringkasan yang membandingkan dan melacak pendapatan dan pengeluaran Anda untuk periode tertentu, biasanya satu bulan.1 Meskipun kata “anggaran” sering dikaitkan dengan pengeluaran terbatas, anggaran tidak harus dibatasi agar efektif .

Anggaran akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak uang yang ingin Anda hasilkan, kemudian bandingkan dengan pengeluaran yang Anda butuhkan – seperti sewa dan asuransi – dan pengeluaran tidak penting Anda, seperti hiburan atau makan di luar. Alih-alih memandang anggaran sebagai negatif, Anda dapat melihatnya sebagai alat untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Ingin mengetahui tentang budget plan atau perencanaan anggaran lebih detail? Anda bisa membaca artikel ini sampai habis.

Apa itu Budget Plan?

Budget plan atau rencana anggaran adalah bagan yang menunjukkan aliran uang dalam kehidupan sehari-hari Anda. Anggaran dapat membantu Anda menentukan di mana Anda melakukan pengeluaran berlebihan serta membantu Anda menyesuaikan kebiasaan pengeluaran yang buruk.

Dengan melakukan sedikit penyesuaian pada anggaran Anda, Anda mungkin memiliki kemampuan untuk menabung lebih banyak atau melakukan pembayaran yang lebih besar atas hutang Anda.

Mengapa Anda Membutuhkan Budget Plan?

Setiap hari, ribuan konsumen menghadapi krisis keuangan. Ini dapat disebabkan oleh kebiasaan pribadi atau keluarga, atau kehilangan pekerjaan, tetapi penyebab paling umum adalah pengeluaran berlebihan. Dengan melacak pengeluaran Anda, Anda akan tahu persis kemana perginya uang Anda.

Tren saat ini telah mendorong konsumen untuk “membeli sekarang, membayar nanti”, menawarkan kartu kredit dan kenyamanan untuk membelanjakan lebih banyak di mana pun kita melihat. Inilah sebabnya mengapa sangat mudah terbawa oleh pengeluaran, dan akhirnya berakhir dengan “hutang setinggi langit”.

Anggaran dirancang untuk membantu konsumen mendapatkan kendali atas pengeluaran mereka, dan dengan perencanaan yang tepat dapat membantu memperbaiki situasi keuangan Anda.

Bagaimana Membuat Budget Plan?

Mulailah dengan melacak semua biaya hidup bulanan Anda dan tagihan bulanan lainnya. Ada banyak pilihan software penganggaran di luar sana, tetapi semuanya membutuhkan biaya. Membuat anggaran dapat dilakukan hanya dengan menggunakan spreadsheet di komputer, atau merekam di selembar kertas.

Namun jika Anda adalah pemilik bisnis, membuat rencana anggaran adalah hal yang sangat menentukan hidup dan mati bisnis Anda. Pastikan Anda melakukan perencanaan anggaran secara detail agar tidak ada pengeluaran yang terbuang dan sia sia. Untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur anggaran untuk kemudahan proses pengelolaan keuangan yag menyeluruh.

Baca juga: Pengertian Laporan Tahunan, Isi, Fungsi dan Perbedaannya dengan Laporan Keuangan

Tips Mengembangkan Bugget Plan yang Efektif

1. Nol-kan nilai pendapatan Anda sebelum memulai anggaran

Sebelum bulan dimulai, Anda harus membuat rencana dan menamai setiap pos pengeluaran Anda dengan nilai nol. Ini disebut anggaran berbasis nol. Ini bukan berarti Anda memiliki nol rupiah di rekening bank Anda. Itu hanya berarti pendapatan Anda dikurangi semua pengeluaran Anda (biaya) sama dengan nol.

2. Rencanakan anggaran bersama

Jika Anda sudah menikah, duduklah sebulan sekali dan adakan malam anggaran keluarga. Buat itu menyenangkan! Ambil beberapa camilan favorit Anda dan masukkan daftar putar yang bagus untuk membantu Anda fokus.

Anda harus memiliki pemikiran yang sama dengan uang, jadi tetapkan tujuan bersama dan bermimpi tentang seperti apa masa depan nantinya.

Ingat: Jika Anda berdua adalah satu, rekening bank Anda juga harus menjadi satu! Itu bukan lagi uang Anda atau uang saya — itu uang kami.

Dan jika Anda lajang, temukan seseorang yang dapat bertindak sebagai mitra akuntabilitas Anda dan membantu Anda tetap berpegang pada tujuan Anda!

Baca juga: Manajemen Biaya: Pengertian, Konsep, Macam, dan Alur Manajemen Biaya

3. Setiap bulan itu berbeda

Beberapa bulan Anda harus menganggarkan dana untuk hal-hal seperti perlengkapan kembali ke sekolah atau perawatan rutin lainnya. Bulan-bulan lain Anda akan menabung untuk hal-hal seperti liburan, ulang tahun, dan hari libur.

Terlepas dari kesempatannya, pastikan Anda mempersiapkan pengeluaran tersebut dalam anggaran. Jangan biarkan acara-acara khusus ini mengganggu Anda.

Pastikan untuk menyesuaikan anggaran Anda setiap bulan jika ada perubahan. Buat dana tabungan untuk menyimpan uang tunai sepanjang tahun. Jika Anda tidak punya rencana, Anda akan stres. Dan itu menghilangkan semua kesenangan dari memberi dan merayakan.

4. Mulailah dengan kategori yang paling penting terlebih dahulu

Memberi dan menabung berada di urutan teratas daftar, dan kemudian muncul empat kebutuhan pokok— makanan, tempat berteduh dan utilitas, pakaian pokok dan transportasi. Setelah kebutuhan Anda yang sebenarnya terpenuhi, Anda dapat mengisi kategori lainnya dalam anggaran Anda.

5. Lunasi hutang Anda

Jika Anda memiliki hutang, melunasinya perlu menjadi prioritas utama. Gunakan metode debt snowball dan baby step untuk menyingkirkan hutang secepat Anda bisa. Berhentilah membiarkan hutang merampas hal yang membantu Anda menang dengan uang  penghasilan Anda.

6. Jangan takut untuk memangkas anggaran

Persiapkan dirimu! Mungkin sudah waktunya untuk beberapa pemotongan anggaran dalam hidup Anda. Jika keadaan sulit saat ini, Anda dapat menghemat uang dengan cepat dengan membatalkan langganan tv kabel Anda, mengurangi makan di luar, dan berbelanja di toko pakaian dan toko bahan makanan berdiskon.

Ingat, pemotongan anggaran Anda hanya bersifat sementara. Anda selalu dapat melakukan penyesuaian di kemudian hari.

Baca juga: Ingin Menjadi Akuntan? Ketahui Kode Etik Akuntan Terlebih Dulu!

7. Buatlah jadwal (dan patuhi itu)

Saat Anda menjadikan anggaran sebagai bagian dari rutinitas bulanan Anda, mengapa tidak memilih tanggal tertentu untuk pengeluaran lain? Siapkan draf otomatis dari rekening giro Anda untuk membayar tagihan, dan beli bahan makanan Anda pada hari yang ditentukan setiap minggu atau dua kali sebulan.

Ketika Anda tahu apa yang diharapkan dan kapan mengharapkannya, Anda menghilangkan banyak stres dan potensi jebakan dari gambar.

budget plan 2

8. Lacak setiap kemajuan Anda

Penting untuk memeriksa kemajuan Anda dari waktu ke waktu. Jika Anda sudah menikah, lacak pengeluaran dan pembelian Anda bersama-sama sehingga tujuan Anda berdua tetap terlihat.

Lihat kembali anggaran Anda sebelumnya untuk melihat seberapa jauh pencapaian Anda. Dan jangan lupa rayakan kemenangan kecil.

9. Buat biaya tidak terduga dalam anggaran Anda

Sisihkan sedikit uang untuk pengeluaran tak terduga sepanjang bulan. Beri label ini sebagai kategori lain-lain dalam anggaran Anda. Dengan begitu, ketika ada sesuatu yang muncul, Anda dapat menutupinya tanpa mengambil uang yang sudah Anda simpan di tempat lain.

Catat pengeluaran yang sering kali termasuk dalam kategori ini. Akhirnya, Anda bahkan mungkin ingin mempromosikannya ke tempat permanen di daftar anggaran.

Baca juga: Bill of Material: Pengertian, Jenis, Elemen dan Contohnya

10. Gunting kartu kredit Anda

Jika Anda benar-benar berkomitmen untuk berpegang pada anggaran dan keluar dari utang, Anda perlu membuang kartu kredit itu untuk selamanya. Berhenti menggunakannya! Potong, sobek, atau bahkan buat proyek kerajinan tangan! Apa pun yang Anda lakukan — singkirkan mereka dari hidup Anda.

Tidak memiliki hutang kartu kredit berarti tidak ada lagi pembayaran minimum untuk ditambahkan ke anggaran, tidak ada kerumitan dengan biaya atau suku bunga tinggi, dan lebih sedikit stres dan kekhawatiran!

Tetap gunakan kartu debit Anda (dan bahkan uang tunai!). Tahukah Anda apa keunggulan kartu debit? Uang itu langsung keluar dari rekening bank Anda! Tidak ada perantara yang membebankan bunga 15% kepada Anda.

11. Gunakan uang tunai untuk kategori anggaran tertentu

Jika Anda terus-menerus mengeluarkan uang berlebihan untuk anggaran belanjaan atau uang kesenangan, tariklah kategori tersebut dan gunakan sistem amplop untuk meminta pertanggungjawaban Anda. Cukup pergi ke bank dan tarik jumlah tunai yang telah Anda anggarkan untuk kategori itu. Setelah uang tunai habis, berhentilah berbelanja! Itu adalah budget plan personal yang efektif.

12. Coba alat anggaran

Jika pena dan kertas (atau spreadsheet) bukan keahlian Anda, sekarang saatnya untuk memudahkan pencatatan anggaran dengan alat yang tepat.

Ada banyak aplikasi pengatur anggaran yang gratis dan berbayar yang bisa Anda dapatkan di playstore atau app store. Anda dapat fokus pada perencanaan anggaran dan melacak pengeluaran Anda dari kenyamanan ponsel Anda! Plus, Anda dapat menyelaraskan anggaran Anda dengan pasangan Anda, yang bagus untuk menjaga komunikasi tetap terbuka.

Jika Anda pemilik bisnis, seperti yang kami bilang di awal artikel, pertimbangkanlah menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur anggaran yang bisa Anda coba secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga: Pengertian Amortisasi: Contoh, dan Cara Menghitungnya

13. Bersikaplah puas dan hentikan perbandingan

Anda memiliki lebih dari yang Anda sadari. Jangan bandingkan situasi Anda dengan orang lain. Perbandingan tidak hanya akan merampas kegembiraan Anda, tetapi juga gaji Anda. Terus bergerak maju dan lakukan apa yang terbaik untuk keluarga Anda.

14. Memiliki tujuan

Baik Anda melunasi pinjaman, mengumpulkan dana darurat, atau melunasi KPR, Anda perlu berfokus pada alasannya. Apa alasan Anda melakukan pengorbanan ini?

15. Hargai Setiap Pendapatan Anda

Biasanya dibutuhkan waktu tiga hingga empat bulan untuk menangani seluruh masalah penganggaran ini. Itu tidak akan sempurna untuk pertama atau kedua. Tapi Anda akan sampai di sana!

Tip Membuat Budget Plan untuk Mereka yang Memiliki Pendapatan yang Tidak Konsisten

Anda juga dapat membuat anggaran dengan pendapatan yang tidak konsisten atau tidak teratur. Aturan praktis yang baik adalah menganggarkan berdasarkan seperti apa bulan berpenghasilan rendah bagi Anda. Ini akan menjadi pendapatan penganggaran Anda.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar semua hal yang akan Anda masukkan ke dalam anggaran normal (memberi, menabung, memenuhi 4 keadaan dasar, dll).

Kemudian tanyakan pada diri Anda, Jika kita mengalami bulan yang mengerikan dan kita hanya punya cukup uang untuk melakukan satu hal dalam daftar ini — apakah itu?

Letakkan “1” di sebelah item itu. Kemudian buat daftar prioritas kedua Anda dan lanjutkan melalui anggaran Anda. Dengan cara itu, tandai item berdasarkan kepentingan. Pastikan untuk mengurus kebutuhan terlebih dahulu. Dengan begitu, ketika Anda dibayar, Anda tahu persis ke mana seharusnya uang Anda dipergunakan.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Sederhana dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Melakukan budget plan sangat penting bagi Anda secara individu maupun pemilik bisnis. Dengan melakukan proses perencanaan anggaran yang baik, tentu akan memudahkan Anda dalam menindaklanjuti rencana yang Anda buat dan mengetahui kemajuan proses dari rencana Anda secara menyeluruh.

Jika Anda pemiliki bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur anggaran seperti Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda tidak hanya akan mendapatkan kemudahan proses budget plan dengan mudah, namun juga akan mendapatkan proses pembukuan yang lebih baik, pengelolaan manajemen inventori dan aset yang lebih praktis, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan, pengelolaan dan pelaporan perpajakan kapanpun dan dimanapun Anda mau dan fitur lainnya yang akan memudahkan Anda.

Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3