Cara Mempersiapkan Anggaran Tahunan untuk Perusahaan

Anggaran tahunan yang direncanakan dengan cermat memungkinkan Anda untuk terus melacak kesehatan keuangan suatu bisnis. Ketika Anda memahami kewajiban dan peluang bisnis, Anda dapat menetapkan prioritas dan tujuan yang lebih baik, membuat komitmen jangka panjang kepada klien dan vendor, dan membuat keputusan perekrutan yang lebih baik. Mengretahui tips untuk menyiapkan anggaran tahunan dapat membantu Anda mempersiapkannya untuk diri sendiri dengan lebih mudah.

Pada artikel ini, kita membahas mengapa anggaran tahunan itu penting, langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyiapkan anggaran dan tips tambahan tentang cara membuat anggaran tahunan.

Mengapa Anggaran Tahunan Penting

Anggaran tahunan penting karena memungkinkan bisnis menetapkan prioritas, sasaran, dan batas pengeluaran. Ini memungkinkan bisnis untuk melacak di mana ia berada secara finansial, yang memungkinkan perencanaan jangka panjang yang lebih efektif.

Membuat anggaran tahunan juga membantu Anda mengenali kapan Anda memiliki kemampuan untuk merekrut karyawan baru, menetapkan sasaran penghasilan baru yang sejalan dengan tujuan perusahaan, dan berinvestasi dalam lini laba baru. Manfaat lain untuk membuat anggaran tahunan meliputi:

  • Kemampuan untuk membuka jalur kredit
  • Sederhanakan persiapan pajak
  • Kemampuan untuk membuat keputusan terdidik tentang biaya overhead, gaji, tunjangan dan bonus

Baca juga: Rumus Perhitungan Biaya Per Unit Beserta Contohnya

Bagaimana Cara Mempersiapkan Anggaran Tahunan untuk Sebuah Perusahaan

Mempersiapkan anggaran tahunan dapat membantu Anda meningkatkan profitabilitas dan memastikan Anda memiliki modal yang cukup untuk menjaga bisnis tetap berjalan sepanjang tahun. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat anggaran tahunan:

1. Tinjau laporan laba rugi

Untuk memulai proses pembuatan anggaran tahunan, mulailah dengan memeriksa laporan laba rugi dari dua tahun terakhir. Hapus pengeluaran tidak biasa yang tidak Anda antisipasi selama tahun mendatang, serta pendapatan satu kali.

Rata-rata angka dari laporan laba rugi dua tahun dan kemudian sesuaikan dengan biaya yang naik selama tahun tersebut. Juga buat modifikasi untuk perubahan margin kotor, investasi satu kali, kondisi pasar, dan pendapatan yang Anda antisipasi selama tahun mendatang. Juga pertimbangkan bagaimana perubahan di beberapa area dapat berdampak pada yang lain.

Misalnya, jika Anda mempekerjakan lebih banyak profesional penjualan, pendapatan Anda akan naik dari penjualan tambahan, tetapi Anda juga akan membelanjakan lebih banyak untuk asuransi kesehatan dan biaya terkait lainnya.

2. Perhatikan pengeluaran lebih dekat

Setelah Anda memiliki gambaran umum tentang pendapatan dan pengeluaran perusahaan Anda untuk tahun ini, Anda harus melihat lebih dekat pada pengeluaran. Beberapa pengeluaran perusahaan Anda adalah biaya tetap seperti asuransi, sewa, sewa, dan layanan lain yang biasa Anda gunakan.

Ini adalah saat yang tepat untuk mempertimbangkan untuk melihat lebih dekat tarif yang Anda bayarkan untuk melihat apakah Anda bisa mendapatkan tarif yang lebih baik untuk asuransi atau layanan lainnya.

Anda juga harus melihat kompensasi karyawan karena harus sejalan dengan pertumbuhan dan pendapatan perusahaan. Anda juga harus melihat apakah Anda perlu merekrut, dampak perekrutan pada area lain dari anggaran Anda dan tingkat pengalaman apa yang Anda perlukan untuk mengoptimalkan operasi.

3. Periksa belanja modal atau capital expenditure

Pengeluaran modal seperti komputer baru, mesin, furnitur dan barang-barang lainnya juga penting untuk dimasukkan dalam anggaran. Jika Anda merekrut karyawan baru, misalnya, mereka akan membutuhkan komputer dan barang-barang lainnya untuk berhasil melakukan pekerjaan mereka.

Pikirkan peralatan apa yang perlu Anda beli untuk karyawan baru. Juga pikirkan tentang peralatan apa pun yang perlu Anda beli atau perbarui untuk menghasilkan produk atau layanan Anda.

Ingatlah bagaimana investasi dapat memengaruhi output. Meskipun mungkin tergoda untuk menunda investasi besar, keputusan ini dapat memengaruhi waktu pengiriman, kualitas produk, dan output, yang dapat berdampak besar pada pendapatan dari waktu ke waktu.

Baca juga: 9 Jenis Akuntansi dan 5 Karir untuk Akuntan

4. Hitung arus kas Anda

Saat Anda membuat anggaran tahunan, penting untuk menjaga pendapatan arus kas. Misalnya, Anda mungkin perlu membeli inventaris sebelum melakukan penjualan dan Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki uang tunai untuk melakukan pembelian yang diperlukan. Dalam kasus seperti ini, Anda dapat membuat laporan arus kas menggunakan laporan laba rugi dan tingkat perputaran AR/P.

5. Masukkan anggaran ke dalam sistem keuangan Anda

nda dapat membagi anggaran tahunan Anda dengan 12 bulan dalam setahun dan kemudian menggunakannya untuk mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda.

Setiap kali Anda meninjau laporan keuangan Anda untuk bulan itu, bandingkan dengan anggaran dan dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa dekat proyeksi Anda. Ini dapat membantu Anda mengendalikan pengeluaran sekaligus membantu Anda membuat anggaran tahunan yang lebih akurat di masa mendatang.

Sebagai solusi pemantauan dan pembuatan anggaran yang lebih baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur anggaran sehingga memudahkan Anda dalam meninjau anggaran secara praktis dan real time. Kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Accurate-

Tips Menyiapkan Anggaran Tahunan

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat Anda gunakan untuk menyiapkan anggaran tahunan untuk sebuah perusahaan:

Konsultasikan dengan departemen lain

Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan departemen lain di perusahaan untuk mendapatkan wawasan dan umpan balik untuk tahun mendatang.

Misalnya, tim penjualan dapat membantu Anda menetapkan ekspektasi yang realistis untuk pendapatan penjualan, tim manufaktur dapat memberikan wawasan tentang pembelian besar untuk memperbarui mesin atau pengeluaran manufaktur lainnya, dan tim penelitian dan pengembangan dapat membantu Anda mempersiapkan rilis produk baru dan biaya untuk mengantisipasinya.

Mendapatkan umpan balik dari semua departemen di perusahaan dapat membantu Anda membuat anggaran tahunan yang lebih akurat dan efektif.

Baca juga: Audit: Pengertian Lengkap, Jenis, Manfaat dan Cara Menjadi Auditor

Tanyakan pada diri Anda apakah anggarannya realistis

Pikirkan tujuan pendapatan Anda dan mengapa Anda menetapkan angka yang Anda lakukan. Misalnya, investasi apa yang Anda buat yang akan menghasilkan peningkatan pendapatan penjualan?

Terkadang saat membuat anggaran, pendapatan diproyeksikan terlalu tinggi dan pengeluaran diproyeksikan terlalu rendah. Jika Anda tidak yakin apakah proyeksi keuangan Anda akurat, pertimbangkan untuk meningkatkan pengeluaran Anda sebesar 10% dan mengurangi pendapatan sebesar 25%. Ini dapat mencegah kekurangan arus kas yang tidak terduga karena Anda meremehkan biaya dan melebih-lebihkan keuntungan.

Mulailah lebih awal

Membuat anggaran tahunan membutuhkan waktu, terutama jika Anda berkonsultasi dengan departemen lain. Biasanya ide yang baik untuk mulai membuat anggaran Anda pada bulan Oktober untuk memberi diri Anda banyak waktu untuk mendapatkan perkiraan terperinci dari proyeksi pendapatan dan pengeluaran Anda.

Ini juga memberi Anda banyak waktu untuk mulai membuat persiapan untuk merekrut karyawan baru di tahun mendatang jika Anda menganggarkan untuk posisi baru.