Apa itu Kas dan Setara Kas? Ini Pengertian dan Perbedaannya!

Sebagai seorang pebisnis, apakah Anda sudah mengetahui perbedaan yang terdapat pada kas dan setara kas. Dalam ilmu dasar akuntansi, keduanya adalah instrumen aset yang dikelola oleh perusahaan.

Akan lebih mudah untuk mengetahui kas dan setara kas bila Anda memahami siklus akuntansi perusahaan dalam kurun waktu tertentu. Umumnya, dalam kurun waktu bulanan atau selama masa periode yang ditentukan oleh pihak perusahaan.

Di dalam laporan buku kas, Anda akan bisa mengetahui berapa nominal piutang dan juga nominal debit serta kredit yang dimiliki perusahaan secara detail.

Apa itu Kas dan Setara Kas?

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang kas dan setara kas yang terdapat di dalam akuntansi.

1. Kas

Berdasarkan laman Investopedia, kas adalah salah satu bagian di dalam aset perusahaan yang paling mudah untuk dicairkan atau digunakan untuk bisa memenuhi kebutuhan perusahaan. Kas juga adalah aset lancar. Bahkan, kas juga akan selalu berada di urutan paling atas di dalam laporan neraca keuangan. Setelah itu, diikuti dengan akun piutang pendapatan suatu bisnis, serta akun lainnya dengan berdasarkan nominal likuiditas perusahaan.

Berdasarkan bentuknya, kas perusahaan bisa dalam bentuk uang kertas ataupun uang logam. Selain itu, kas juga adalah sejumlah uang yang disimpan di lembaga keuangan bank agar pihak perusahaan bisa menggunakannya sewaktu-waktu ketika diperlukan. Beberapa contoh sederhana dari kas adalah cek pribadi, cek kasir, wesel bank, cek sertifikat, dan wesel pos.  Namun, harus Anda garis bawahi bahwa perangko tidak termasuk ke dalam kas.

Terdapat sejumlah biaya yang harus dibayar dimuka oleh perusahaan. Namun, umumnya perusahaan akan membagi kas menjadi dua golongan, yaitu uang yang tersimpan di kasir perusahaan, dan uang yang tersimpan di dalam lembaga keuangan bank.

Perusahaan akan menggunakan kas untuk digunakan belanja dan memenuhi kebutuhan operasional sehari-hari perusahaan. Biasanya, kas yang tersimpan di kasir perusahaan memiliki nominal yang relatif lebih kecil.

Baca juga: Pengertian Kas Menurut Para Ahli, Jenis, dan Karakteristiknya

2. Setara Kas

Selanjutnya, pengertian kas dan setara kas serta perbedaannya akan bisa kita lihat dari penjelasan ini.

Masih berdasarkan laman Investopedia, setara kas adalah investasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam kurun waktu singkat dan mudah untuk dicairkan ataupun digunakan oleh perusahaan.

Setara kas juga dikenal sebagai investasi jangka pendek, karena setara kas adalah kas yang sangat mendekati tenggat waktu pembayaran perusahaan. sehingga, akan hampir tidak mempunyai risiko apapun atas adanya perubahan bunga uang.

Setara kas bisa dilihat dari jangka waktu atau kurun waktunya, contohnya seperti dalam kurun waktu 3 bulan, 2 bulan, atau satu bulan. Contoh sederhana dari setara kas adalah surat perbendaharaan negara atau yang banyak dikenal dengan SPN.

SPN sebagai utang negara hanya memiliki batas waktu investasi yang cenderung singkat, yakni kurang dari waktu dua belas bulan atau satu tahun saja.

Contoh setara kas yang lainnya adalah dana pasar uang, dan surat berharga atau commercial paper. Beberapa perusahaan pun banyak yang menjadikan satu antara kas dan investasi secara sementara.

Hal tersebut bisa dilihat dengan mudah dari laporan neraca atau laporan posisi keuangan perusahaan. Sehingga, bila nantinya terdapat suatu kasus, perusahaan bisa menjelaskan dan melaporkan nominal investasi dengan cara mencantumkan angka dalam kurung yang berada di dalam laporan keuangan.

Baca juga: Kas Kecil: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Dan Metode Yang Perlu Diketahui

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang kas dan setara kas. Jadi, saat kita membahas tentang laporan keuangan, di dalamnya terdapat laporan kas dan setara kas yang memerlukan tingkat ketelitian tinggi dan keahlian akuntansi yang memadai.

Tapi, tentu Anda akan kesulitan bila melakukan hal tersebut secara manual. Karena, akan banyak sekali memakan waktu dan juga rentan terjadi kesalahan. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis khusus dari Accurate Online.

Aplikasi yang dibuat oleh anak bangsa ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing dan sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang tinggi. Tampilan dashboard di dalamnya pun didesain dengan sangat sederhana. Sehingga, siapa saja bisa menggunakan dan mengakses Accurate Online secara aman, mudah, dan juga nyaman.

Accurate Online pun telah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016. Terbukti, aplikasi ini sudah dipercaya oleh ratusan pebisnis yang ada di Indonesia, mulai dari pebisnis UMKM hingga pebisnis besar.

Dengan menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan. Anda juga bisa melakukan rekonsiliasi bank secara otomatis, menggunakan smart invoicing, dan melakukan berbagai kegiatan akuntansi lainnya secara mudah hanya sekali klik.

Accurate online pun telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul luar biasa yang akan membantu Anda dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang dan bahan baku di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan tanpa telat, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis secara mudah.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa yang dihadirkan oleh Accurate Online bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sekitar 200 ribuan saja perbulan.

Bila Anda masih juga ragu dalam menggunakan Accurate Online, tenang saja. Karena, kami akan memberikan kesempatan pada Anda untuk mencoba seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online selama 30 hari gratis dengan hanya klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Lala

Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.