Kuliah Akuntansi? Simak 5 Prospek Kerja Menarik untuk Anda

oleh | Okt 17, 2023

source envato.

Kuliah Akuntansi? Simak 5 Prospek Kerja Menarik untuk Anda

Pilihan jurusan yang diambil selama kuliah adalah langkah awal yang penting dalam membangun karier masa depan.

Bagi banyak mahasiswa yang memilih jurusan akuntansi, pertanyaan yang sering muncul adalah, “Apa prospek pekerjaan setelah lulus?”

Namun, kabar baiknya adalah bahwa lulus dengan gelar akuntansi membuka pintu menuju beragam peluang karier yang menjanjikan.

Menurut laporan Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, pekerjaan akuntan dan auditor diperkirakan akan tumbuh sekitar 4% dari tahun 2022 hingga 2032, lebih cepat dari rata-rata semua pekerjaan.

Hal ini sebagian disebabkan oleh pertumbuhan bisnis yang akan memerlukan lebih banyak layanan akuntansi dan audit.

Selain itu, peran akuntan tidak terbatas pada kantor akuntansi atau perusahaan akuntansi.

Dalam era digital, banyak perusahaan menghargai akuntan dengan keahlian analisis data dan pemahaman teknologi informasi.

Ini memungkinkan para lulusan akuntansi untuk mengejar karier di berbagai industri, termasuk teknologi, keuangan, konsultasi, dan bahkan menjadi pebisnis.

5 Jenis Pekerjaan yang Cocok Untuk Kuliah Akuntansi

5 Jenis Pekerjaan yang Cocok Untuk Kuliah Akuntansi

ilustrasi prospek kuliah akuntansi. source envato

Setelah lulus kuliah akuntansi, lulusan memiliki banyak peluang karier yang menarik di Indonesia.

Gelar akuntansi bukan hanya memberi Anda keterampilan yang sangat dicari dalam perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga memberikan fleksibilitas untuk mengejar beragam jalur karier sesuai minat dan tujuan pribadi Anda.

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia, peluang untuk lulusan kuliah akuntansi semakin cerah. Berikut adalah lima jenis pekerjaan yang cocok untuk lulusan akuntansi:

1. Akuntan Publik

Di urutan pertama, ada profesi akuntan publik. Bekerja untuk perusahaan akuntan publik, umumnya secara paruh waktu atau dengan kontrak jangka pendek.

Upah yang diterima di tahun-tahun pertama berkisar antara 5-10 juta rupiah per bulan.

Tugas seorang akuntan publik di antaranya adalah melakukan audit umum pada laporan keuangan, melaporkan konsekuensi pajak, memeriksa kelayakan sebuah perusahaan, atau memberikan konsultasi mengenai keuangan.

Akuntan publik yang telah bersertifikat memiliki posisi tawar yang lebih tinggi untuk masalah upah.

Kuliah akuntansi untuk program pendalaman profesi akuntan sekaligus ujian sertifikasinya bisa diambil sambil bekerja.

Baca juga : Mengetahui 7 Tugas Akuntan dan Berbagai Pekerjaannya

2. Internal Auditor

Internal Auditor

ilustrasi prospek kuliah akuntansi. source envato

Tidak seperti akuntan publik yang lebih fleksibel, internal auditor terikat pada satu perusahaan. Tugasnya melakukan audit pada kinerja manajemen dan memastikan pada laporan keuangan perusahaan tidak ada penyimpangan-penyimpangan.

Kisaran gaji seorang fresh graduate untuk posisi internal auditor di kota-kota besar sekitar 7-10 juta rupiah per bulan. Jika bekerja di perusahaan asing biasanya gaji yang diterima di atas 10 juta rupiah.

3. Perencana Keuangan

Setelah menyelesaikan kuliah akuntansi, untuk peningkatan karier, baiknya segera mengambil sertifikasi perencanaan keuangan.

Prospek berkarier sebagai seorang perencana keuangan sangat cerah, mengingat kian tingginya kebutuhan masyarakat kelas menengah akan saran-saran seputar pengelolaan keuangan.

Besar upah seorang perencana keuangan bergantung pada jasa konsultasi yang telah diberikan. Tarif konsultasinya antara 250 ribu rupiah hingga 3 juta rupiah per jam.

4. Credit Analyst

Credit Analyst

ilustrasi prospek kuliah akuntansi. source envato

Biasanya bekerja di industri perbankan. Penghasilan seorang credit analyst atau kebanyakan masyarakat mengenalnya dengan sebutan pegawai bagian kredit, bisa mencapai 15 juta rupiah per bulan.

Tugas dari credit analyst ialah memastikan bahwa mereka yang mengajukan kredit memiliki kemampuan untuk membayar cicilan dan bunga per bulan.

Besar nominal yang akan diberikan pada calon debitur pun berasal dari usulan seorang credit analyst.

Jenjang karier tertinggi yang dapat diraih di level manajemen dari posisi credit analyst adalah menjadi Risk Manager.

Posisi credit analyst di Indonesia memang masih kalah populer dibandingkan tiga posisi yang telah diuraikan sebelumnya.

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Tentang Etika Profesi Akuntansi

5. Account Payable

Jika posisi-posisi sebelumnya diisi oleh mereka yang telah menyelesaikan kuliah akuntansi, pada penutup bahasan sengaja ditujukan bagi para lulusan SMK jurusan akuntansi.

Hanya lulusan SMK dan belum berkesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bukan berarti tidak punya peluang untuk memiliki karir  bagus di bidang akuntansi.

Posisi Account payable/ Receivable Clerk bisa menjadi batu loncatan untuk lulusan SMK jurusan akuntansi. Pekerjaan utamanya adalah menangani mengenai proses akuntansi terkait utang/piutang.

Kisaran penghasilannya memang tidak sebesar empat posisi di atas, sekitar 3 sampai 5 juta per bulan di tahun-tahun awal bekerja.

Idealnya untuk peningkatan karier dan tentunya kenaikan penghasilan, sisihkan waktu untuk mengambil kuliah akuntansi khusus kelas karyawan yang memang jadwalnya pada sore atau malam hari.

Baca juga: Laporan Keuangan: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya Untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Prospek pekerjaan di bidang akuntansi bisa dikatakan selalu sangat menjanjikan, tidak terkecuali bagi mereka yang hanya mengantongi ijasah SMK jurusan akuntansi.

Besar penghasilan seorang akuntan berbanding lurus dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang dimiliki. Jadi kesimpulannya, bagi Anda yang tertarik kuliah akuntansi, tidak ada lagi yang perlu diragukan.

Selain itu, seiring kemajuan zaman, Anda harus peka terhadap kemajuan teknologi dan tools yang terus berubah, seperti penggunaan software akuntansi pada banyak perusahaan.

Anda memang harus menguasai akuntansi jika Anda memilih profesi akuntan, namun menguasai hal baru bisa menjadi nilai tambah bagi diri Anda.

Pelajarilah pengoperasian software akuntansi yang telah banyak digunakan oleh berbagai jenis entitas dan skala bisnis seperti Accurate Online.

Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online menggunakan basis cloud dan sudah digunakan oleh lebih dari ratusan ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis yang ada di Indonesia.

Cobalah Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik gambar di bawah!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

158 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

akuntansibanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

Konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Khaula Senastri
Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.

Artikel Terkait