Apa itu Laporan Realisasi Anggaran?

Pada dasarnya, laporan realisasi anggaran adalah suatu laporan yang menampilkan informasi tentang anggaran keuangan, hal ini sesuai dengan yang dijelaskan dalam laman Kemenkeu. Untuk memenuhi kewajiban seperti yang telah diatur di dalam undang-undang, pihak pemerintah harus membuat laporan keuangan, salah satunya adalah laporan realisasi anggaran.

Selain pemerintah, perusahaan atau bisnis pun disarankan mempunyai laporan tersebut agar bisa menyesuaikan anggaran dan jumlah yang sudah direalisasikan di lapangan. Pasalnya, laporan ini sangat berguna sebagai penyedia informasi yang berhubungan dengan anggaran serta realisasi entitas pelaporan.

Tutorial Video

Ingin mencari tahu lebih lanjut dengan cara yang lebih mudah? silahkan tonton video kami di bawah ini melalui audiovisual yang menarik:

Apa yang Dimaksud dengan Laporan Realisasi Anggaran?

Lantas, apa yang dimaksud dengan laporan realisasi anggaran? Laporan realisasi anggaran adalah suatu laporan yang mampu menyediakan beragam informasi terkait realisasi anggaran, belanja, pembiayaan, dan lain sebagainya serta membandingkannya dengan jumlah anggaran yang terdapat di dalam sebuah periode.

Biasanya, laporan tersebut akan menyajikan berbagai jenis hal yang berkaitan dengan anggaran keuangan, seperti alokasi, sumber, dan juga penggunaan sumber daya keuangan yang umumnya dikelola oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Selain itu, perusahaan pun bisa membuat jenis laporan ini untuk tujuan yang sama.

Baca juga: Rencana Anggaran Biaya: Pengertian, Contoh Sederhana dan Cara Membuatnya

Manfaat Laporan Realisasi Anggaran

Laporan ini mampu menampilkan berbagai informasi yang berkaitan dengan transfer, pendapatan, defisit, belanja, surplus, dan juga pembiayaan untuk suatu entitas.

Nantinya, informasi tersebut bisa dijadikan dasar dalam melakukan evaluasi beragam jenis pengambilan keputusan, seperti yang berkaitan dengan pengalokasian sumber daya ekonomi, ketaatan entitas pada laporan anggaran, serta akuntabilitas.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka laporan ini memiliki berbagai keuntungan, yaitu:

  1. Menyajikan informasi terkait sumber, alokasi, dan penggunaan sumber daya ekonomi.
  2. Bisa digunakan untuk memprediksi sumber daya ekonomi untuk pendanaan kegiatan pemerintah pusat atau daerah untuk periode selanjutnya.
  3. Kehadiran data laporan realisasi anggaran bisa juga digunakan untuk melakukan evaluasi oleh pihak pengguna atas keputusan yang nantinya akan dibuat.
  4. Laporan ini juga akan menampilkan catatan kondisi keuangan secara detail dan menyeluruh.
  5. Laporan realisasi anggaran juga bisa digunakan untuk membandingkan pendapatan dari penggunaan budget, apakah memang telah sesuai dengan peraturan atau belum. Laporan ini juga berguna untuk mengambil keputusan terkait alokasi sumber daya ekonomi, lengkap dengan akuntabilitasnya pada masa yang akan datang.

Laporan ini pun akan menampilkan informasi yang berkaitan dengan perolehan dan juga penggunaan sumber daya ekonomi yang telah dilakukan.

Baca juga: Jenis-jenis Anggaran yang Harus Dimiliki Perusahaan

Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran

Tentunya laporan yang baik harus bisa dipahami oleh siapa saja yang membaca atau melihatnya. Selain itu, laporan pun harus bersifat informatif, contohnya seperti laporan yang memiliki bentuk grafik atau chart.

Dengan adanya laporan tersebut, maka para pembacanya akan lebih mudah untuk mengerti dan memahaminya, karena angka tersebut disajikan dengan gambar yang terstruktur. Berikut ini adalah cara membuat laporan realisasi anggaran:

1. Bandingkan Anggaran dan Realisasi Keuangan

Hal utama dalam laporan ini adalah perbandingan antara realisasi keuangan SKPD dan budget SKPD. Laporan yang tersaji dalam bentuk grafik dan tabel ini juga sangat penting. Kenapa? Karena laporan tersebut adalah gambaran performa SKPD yang mana laporannya akan selalu menjadi keutamaan kepala daerah.

2. Membandingkan Anggaran Kas dan Realisasi Keuangan

Berdasarkan pengertiannya, anggaran kas dibuat agar bisa merencanakan arus kas masuk dan arus kas keluar. Anggaran kas ini memiliki peran yang penting karena mampu mendukung kelancaran operasional dari suatu organisasi.

Anggaran kas tersebut mencakup informasi tentang rencana arus kas yang keluar dan digunakan untuk berbelanja ataupun kebutuhan lain, serta arus kas masuk yang diperoleh dari sumber pendapatan lainnya.

3. Perbandingan Komposisi Anggaran dan Realisasi Keuangan

Perbandingan ini akan menjadi salah satu bentuk pengolahan data nyata keuangan yang bisa dilaporkan pada atasan. Prosesnya dilakukan dengan menyajikan perbandingan anggaran pada setiap jenis belanja. Sehingga, hal tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat anggaran pada periode laporan anggaran yang selanjutnya.

4. Membuat Grafik Realisasi Keuangan Bulanan

Dalam hal ini, tujuan dibuatnya grafik adalah agar bisa mengetahui tren penyerapan anggaran ataupun realisasi keuangan dalam setiap periode. Berdasarkan grafik tersebut nantinya bisa diketahui acuan perencanaan kegiatan pada periode laporan anggaran yang selanjutnya.

5. Perbandingan Realisasi Keuangan dengan Progress Fisik Aktivitas

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa laporan anggaran adalah salah satu tolak ukur performa kerja. Tapi, hal tersebut akan lebih lengkap lagi bila laporan ini disertai dengan laporan progress terkait fisik kegiatan atau aktivitas. Jadi, nantinya akan terlihat jelas tentang bagaimana proses kegiatan yang sedang berlangsung tersebut.

Dalam membuat laporan ini, Anda juga harus mencantumkan identifikasi jelas di dalam setiap halaman. Contohnya seperti nama dari entitas ataupun sarana entitas, mata uang yang akan digunakan, cakupan entitas pelaporan, periode cakupan, dan juga satuan angka yang nantinya akan digunakan.

Baca juga: Analisis Anggaran: Pengertian Lengkap dan Cara Melakukannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang laporan realisasi anggaran dan cara membuatnya. Tapi jika Anda masih kesulitan untuk membuat jenis laporan ini atau tidak memiliki waktu untuk membuatnya, Anda bisa mempercayakannya pada aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan. Lebih dari itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul bisnis luar biasa yang akan mempermudah Anda dalam mengelola serta mengembangkan bisnis.

Penasaran dengan Accurate Online? klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya lebih dulu selama 30 hari, Gratis.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Lala

Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.