Mengenal Neraca Komparasi, Fungsi Dan Contohnya

Neraca komparasi menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam laporan keuangan. Setiap pebisnis harus bisa melihat minimal dua tahun neraca perusahaannya dan membandingkan perbedaan antar keduanya agar bisa mengembangkan pernyataan arus kas.

Neraca komparasi ini disajikan dengan menggunakan format standar tertentu, sehingga bisa dengan mudah dibandingkan.

Dalam melakukan analisa laporan keuangan, setiap bisnis juga memerlukan lebih banyak informasi terkait laporan dan juga komponen neraca. Akuntansi adalah bidang yang sangat penting untuk bisa dikuasai dalam menjalankan suatu bisnis.

Pasalnya, dengan memahami akuntansi, Anda bisa membuat laporan keuangan secara akurat, sehingga Anda bisa mengetahui kondisi bisnis secara real time.

Neraca komparasi menjadi suatu metode dalam membandingkan neraca keuangan yang terjadi saat ini dengan neraca di tahun-tahun sebelumnya. Sehingga, tren keuangan dari setiap waktunya bisa diidentifikasi secara baik.

Neraca komparasi ini diperlukan untuk menyajikan informasi yang berkaitan dengan aset, kewajiban, dan juga ekuitas di beberapa titik waktu. Contohnya, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir atau dalam lima tahun terakhir.

Dalam format laporan perusahaan TBK, neraca komparasi ini bisa disajikan selama dua periode, walaupun untuk kasus tertentu bisa lebih dari dua periode waktu.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang neraca komparasi? Ayo baca artikel tentang neraca komparasi di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Neraca Komparasi?

Berdasarkan laman Freshbooks, neraca komparasi atau laporan keuangan komparatif adalah laporan yang disusun agar bisa melakukan perbandingan antar elemen laporan keuangan yang sama dalam beberapa periode secara berurutan.

Metode analisis laporan komparatif dibuat agar bisa mendapatkan gambaran terkait arah dan kecenderungan terkait perubahan yang mungkin bisa terjadi dalam setiap elemen laporan keuangan pada masa depan.

Selain itu, informasi dari hasil analisis komparatif ini sangat berguna untuk memperkirakan berbagai hal yang bisa saja terjadi di setiap elemen laporan keuangan di masa depan.

Dalam analisis laporan keuangan ini, terdapat beberapa  hal lain yang mungkin bisa dibandingkan, seperti neraca lajur, neraca saldo, neraca arus kas, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengenal Korelasi Negatif dan Positif di Dalam Dunia Keuangan

Fungsi Neraca Komparasi

Beberapa fungsi dari neraca komparasi adalah sebagai berikut:

  • Agar bisa mengetahui berbagai perubahan dalam bentuk kenaikan atau penurunan dalam beberapa pos laporan keuangan dalam dua atau lebih periode yang di dalamnya saling dibandingkan.
  • Mendapatkan data yang mampu mendukung keputusan yang akan diambil oleh setiap pihak yang memiliki kepentingan.
  • Menentukan cara setiap bentuk laporan keuangan yang berubah, baik itu yang menguntungkan ataupun yang tidak menguntungkan.
  • Memberikan gambaran terkait kemajuan secara periodik yang dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan yang bersangkutan.
  • Mampu menyajikan data historis secara menyeluruh dari data yang tersedia.
  • Membantu setiap manajer agar bisa mengetahui sifat dan kecenderungan perubahan yang terjadi di dalam perusahaan.
  • Mengetahui keseimbangan neraca saldo perusahaan.

Baca juga: Apa Bedanya Bookkeeping dan Akuntansi? Ini yang Harus Anda Ketahui!

Contoh Analisis Komparatif Laporan Keuangan

Membuat analisis laporan keuangan bisa Anda buat dengan berbagai format yang sederhana secara beragam, baik itu secara vertikal ataupun secara horizontal. Tapi, terdapat unsur yang sangat penting yang tidak boleh Anda lewatkan, seperti unsur aset lancar dan aset tidak lancar perusahaan dalam dua periode atau lebih.

Nah, berikut ini adalah contoh analisis perbandingan atau analisis komparatif keuangan.

Tabel Neraca Komparasi

PT ABC

31 Desember 2018 & 2019

Mengenal Neraca Komparasi, Fungsi Dan Contohnya

Mengenal Neraca Komparasi, Fungsi Dan Contohnya

Baca juga: Laporan Keuangan: Pengertian, Contoh, Dan Fungsinya Untuk Bisnis Anda

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang neraca komparatif beserta contohnya. Jadi, Neraca komparasi atau laporan keuangan komparatif adalah laporan yang disusun agar bisa melakukan perbandingan antar elemen laporan keuangan yang sama dalam beberapa periode secara berurutan.

Setelah mengetahui berbagai hal tentang neraca komparatif, maka kini saatnya bagi Anda untuk bisa memanfaatkan dan mengembangkan bisnis. Kabar baiknya, Anda sudah tidak lagi perlu melakukannya secara manual, tapi Anda bisa menggunakan suatu aplikasi akuntansi dan bisnis yang saling terintegrasi, seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi buatan anak bangsa yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing dan telah dibekali dengan sistem keamanan yang canggih. Aplikasi ini juga didesain secara sederhana, sehingga Anda bisa menggunakannya secara mudah di mana saja dan kapan saja Anda berada.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dan sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award sejak tahun 2016 hingga tahun ini. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi meragukan keandalan dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencatat, menganalisis, dan membuat laporan komparatif serta laporan akuntansi bisnis lainnya secara mudah lewat berbagai fitur atau layanan yang ada di dalamnya.

Tidak hanya itu, Accurate Online juga mampu membuat dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara detail, lengkap dan terintegrasi dengan bagian akuntansi.

Di dalamnya juga sudah dibekali dengan berbagai fitur bisnis luar biasa yang akan membantu Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan, menyederhanakan proses manufaktur, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sekitar 200 ribuan rupiah saja per bulannya.

Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga, atau coba dulu selama 30 hari gratis dengan hanya klik tautan gambar di bawah ini.

Lala

Seorang lulusan S1 ilmu akuntansi yang suka membagikan istilah, rumus, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia akuntansi lewat tulisan.