Pembukuan Barbershop Lebih Optimal dengan Accurate Online

Sebagian besar pemilik usaha barbershop lebih suka fokus pada membangun bisnis mereka daripada berurusan dengan pembukuan. Mereka tahu bahwa penting untuk memiliki laporan keuangan yang benar sebagai dasar pengambilan keputusan. Mereka tahu mereka perlu mengajukan dan membayar pajak mereka secara akurat dan tepat waktu. Tetapi banyak yang mengabaikan pembukuan karena mereka berpikir barbershop mereka belum besar.

Pembukuan dan pengembangan bisnis adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Dengan pembukuan yang baik setiap usaha pasti akan berjalan lebih baik, karena semua aliran keuangan tepantau sehingga pemilik bisnis bisa melakukan keputusan yang tepat dalam bisnis, contohnya adalah penghematan pada pos pengeluaran yang tidak perlu.

Baca juga : Accurate Online Memudahkan Pembukuan Usaha Penjualan Pulsa Anda

Pentingnya Pembukuan pada Barbershop

Kembali pada kasus barbershop. Pembukuan pada usaha barbershop sangat penting untuk dilakukan, hal ini dikarenakan bisnis barbershop sendiri merupakan jenis bisnis jasa yang memiliki banyak proses pembukuan yang memakan waktu seperti proses rekonsiliasi bank, penghitungan beban, membuat laporan keuangan, dan masih banyak lagi, belum lagi jika babershop yang telah memiliki banyak cabang dan produk atau jenis layanan perawatan lainnya.

Dengan mengetahui banyaknya kegiatan pembukuan diatas, tentu akan memakan banyak waktu. Mungkin tidak menjadi masalah jika Anda menggunakan pembukuan manual selama transaksi yang terjadi pada barbershop Anda belum terlalu banyak dan tidak mengganggu kegiatan operasional bisnis.

Atau Anda mungkin memiliki akuntan yang menangani seluruh kegiatan akuntansi dan perpajakan bisnis, namun yang perlu diperhatikan, Anda mengeluarkan biaya dan tetap memeriksa setiap laporan keuangan yang telah dibuat akuntan Anda.

Solusi lainnya adalah Anda menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan, murah, dan memiliki fitur lengkap seperti Accurate Online.

Fitur Terbaik untuk Pengembangan Barbershop yang lebih Baik

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis yang tentunya juga cocok untuk bisnis barbershop dengan segala fitur didalamnya. Untuk mengetahui lebih jauh apa yang bisa dilakukan Accurate Online untuk barbershop Anda, mari kita bahas lebih jauh sebagian fiturnya :

Fitur Pencatatan Beban untuk Pencatatan yang Lebih Efisien

Bisnis barbershop merupakan bisnis yang memiliki penghitungan dan pencatatan beban yang cukup banyak, seperti tagihan listrik dan air, penggajian karyawan, atau beban iklan atau lainnya. Semakin besar barbershop Anda, maka akan semakin banyak beban yang harus Anda catat.

beban barbershop

Akan sangat merepotkan dan menghabiskan banyak waktu jika harus menghitung beban usaha setiap bulan secara manual, terlebih jika Anda sudah membuka banyak cabang barbershop.

Accurate Online sendiri memiliki fitur pencatatan beban yang  digunakan sebagai tempat mencatat transaksi-transaksi beban. Setelah diakui pada fitur Pencatatan Beban maka Anda dapat melakukan pelunasan pada fitur pembayaran.

Baca juga : Solusi Pembukuan Usaha Laundry Dengan Accurate Online

Laporan Keuangan dan Perhitungan Pajak Terlengkap

Bisnis yang berkembang dimulai dari laporan keuangan yang rapi dan minim kesalahan, hal ini juga akan memudahkan Anda dalam pelaporan pajak usaha Anda. Semakin besar usaha Anda, maka akan semakin banyak jenis laporan keuangan yang bisa Anda gunakan untuk membantu pengembangan usaha Anda.

laporan pembukuan barbershop

Misalnya, pada saat memulai usaha, mungkin Anda tidak memerlukan laporan perubahan ekuitas, namun saat ada pihak lain yang menanamkan modal pada usaha Anda atau mungkin Anda ingin mengajukan kredit lunak pada bank guna pengembangan bisnis, maka laporan keuangan lain seperti laporan perubahan ekuitas, neraca, atau laporan kas sangat berguna untuk Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi yang memiliki fitur laporan dan penghitungan pajak terlengkap. Dengan lebih dari 200 laporan yang meliputi laporan keuangan, hutang piutang, stok, sampai laporan aset Anda. Untuk penghitungan pajak, Anda bisa menghitung PPN, PPNbM, SPT PPH ps 23, SPT PPH Ps 15, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika terjadi audit pada barbershop Anda, maka semua itu bisa dipertanggungjawabkan dengan laporan keuangan yang terperinci dan lengkap, dan secara tidak langsung ini akan membuat pelaporan pajak Anda lebih optimal.

Kelola Cabang Menjadi lebih Mudah

Dengan pelayanan yang baik, kemungkinan barbershop akan berkembang dan Anda mungkin akan beberapa membuka cabang di tempat lain yang memiliki prospek yang cerah. Namun yang perlu Anda ingat, makin besar sebuah bisnis, makin besar tantangan yang akan Anda hadapi, termasuk dengan pembukuan barbershop Anda.

cabang barbershop

Anda akan mengurus lebih banyak laporan keuangan, lebih banyak transaksi, dan secara otomatis lebih banyak beban. Jika Anda menggunakan Accurate Online, tentunya semua akan berjalan lebih efisien.

Accurate Online memiliki fitur cabang yang bisa memudahkan Anda dalam mengelola laporan keuangan dan operasional dari berbagai cabang secara efektif. Fitur ini juga memungkinkan Anda  mengelola unit bisnis yang berada di lokasi lain dalam satu database. Dengan fitur cabang ini Anda juga bisa membuat pembatasan terhadap akses pengguna, penomoran, akun, dan hal-hal lainnya.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang fitur ini, Anda dapat mempelajarinya lebih jauh melalui link ini.

Kesimpulan

Memilih untuk membangun bisnis barbershop adalah keputusan yang tepat bagi Anda yang memiliki ketertarikan pada bidang mode. Namun Anda juga harus memperhatikan segala detail pada bisnis, tidak terkecuali pada pembukuan. Dengan pembukuan, Anda bisa memantau kesehatan arus keuangan barbershop dan dapat mengambil keputusan penting berdasarkan laporan keuangan yang tersaji.

Baca juga : Bisnis Fesyen Besar Dimulai Dari Pembukuan Yang Benar

Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi barbershop Anda. Accurate Online sendiri adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. Telah dikembangkan sejak tahun 20 tahun lalu, dan telah memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini