Pembukuan Barbershop Lebih Optimal dengan Accurate Online

oleh | Okt 16, 2023

source envato.

Pembukuan Barbershop Lebih Optimal dengan Accurate Online

Dalam era bisnis yang semakin kompetitif, pengelolaan yang cermat atas setiap aspek usaha menjadi hal yang tak terhindarkan. Di tengah ketatnya persaingan, barbershop atau tempat pangkas rambut telah menjadi salah satu industri yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Keberhasilan bisnis barbershop tidak hanya ditentukan oleh kualitas pelayanan dan kepiawaian tukang cukur, tetapi juga oleh kemampuan dalam mengelola pembukuan yang efisien.

Pembukuan barbershop bukan sekadar catatan keuangan semata, melainkan fondasi yang menguatkan keberlanjutan bisnis.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan mempelajari lebih dalam tentang usaha barbershop dan pentingnya pembukuan dalam menjalankan barbershop dengan sukses.

Dengan pemahaman yang lebih dalam mengenai aspek pembukuan, pemilik barbershop dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijak untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka.

Mengenal Usaha Barbershop

Mengenal Usaha Barbershop

ilustrasi manajemen pembukuan barbershop. source envato

Berdasarkan laman Vocabulary, usaha barbershop adalah jenis usaha yang berfokus pada penyediaan jasa pemangkasan rambut dan perawatan wajah untuk pria. Bisnis ini telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, karena makin banyaknya pria yang mencari layanan perawatan pribadi dan penampilan yang terawat dengan baik.

Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui tentang usaha barbershop:

  • Layanan Utama: Barbershop menawarkan berbagai layanan pemangkasan rambut, seperti potong rambut, mencukur, dan perawatan janggut. Beberapa barbershop juga menawarkan layanan perawatan wajah, termasuk facial, pencabutan alis, dan masker wajah.
  • Klien Utama: Barbershop biasanya melayani pria dari berbagai kelompok usia. Beberapa barbershop khusus melayani pria muda dengan tren gaya rambut terkini, sementara yang lain menargetkan segmen pasar yang lebih tua yang mencari pelayanan tradisional.
  • Peralatan dan Keterampilan: Pemilik barbershop perlu memiliki peralatan pemangkasan rambut yang berkualitas, seperti gunting, sisir, mesin pencukur, dan produk perawatan rambut. Tukang cukur atau barber yang bekerja di barbershop harus memiliki keterampilan pemangkasan yang baik dan kemampuan untuk memberikan pelayanan pelanggan yang ramah.
  • Desain Interior: Barbershop seringkali memiliki desain interior yang maskulin dan vintage. Dekorasi dan tampilan interior yang menarik adalah bagian penting dari pengalaman pelanggan.
  • Kebersihan dan Keamanan: Kesehatan dan kebersihan sangat penting dalam bisnis ini. Seluruh alat-alat harus dibersihkan dan disterilkan secara berkala untuk menghindari penyebaran infeksi. Keamanan pelanggan juga harus diutamakan, terutama dalam layanan yang melibatkan pisau cukur tajam.
  • Pemasaran: Pemasaran dapat menjadi kunci kesuksesan. Menggunakan media sosial, situs web, dan strategi pemasaran lokal dapat membantu menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan setia.
  • Lisensi dan Peraturan: Dalam banyak negara, barber dan barbershop harus memenuhi persyaratan lisensi dan peraturan yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan dan kecantikan. Ini termasuk pelatihan, sanitasi, dan regulasi yang berhubungan dengan produk dan peralatan yang digunakan.

Usaha barbershop dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, terutama jika Anda memiliki minat dalam perawatan pribadi dan industri kecantikan. Namun, seperti dalam bisnis lainnya, kesuksesan bergantung pada manajemen yang baik, pemahaman pasar, dan pelayanan pelanggan yang berkualitas.

Baca juga : Accurate Online Memudahkan Pembukuan Usaha Penjualan Pulsa Anda

Peran Penting Pembukuan Barbershop

Peran Penting Pembukuan Barbershop

ilustrasi manajemen pembukuan barbershop. source envato

Pembukuan memiliki peran penting dalam usaha barbershop, seperti halnya dalam hampir setiap jenis usaha lainnya. Berikut beberapa alasan mengapa pembukuan sangat penting dalam mengelola barbershop:

1. Pemantauan Keuangan

Pembukuan membantu pemilik barbershop untuk melacak pemasukan dan pengeluaran bisnis mereka. Dengan pemantauan keuangan yang baik, pemilik dapat mengidentifikasi tren pendapatan, biaya operasional, dan profitabilitas bisnis mereka. Hal ini memungkinkan pemilik barbarshop untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan barbershop.

2. Perencanaan Anggaran

Dengan pembukuan yang teratur, pemilik barbershop dapat membuat anggaran yang lebih efektif. Hal ini akan membantu dalam perencanaan pengeluaran, seperti pembelian peralatan baru, perawatan salon, dan gaji karyawan.

Dengan anggaran yang jelas, pemilik dapat menghindari pengeluaran yang berlebihan dan mengelola keuangan bisnis dengan lebih baik.

3. Pengukuran Kinerja

Pembukuan memungkinkan pemilik untuk menilai kinerja bisnis secara objektif. Mereka dapat melihat apakah bisnis mereka menguntungkan atau mengalami kerugian. Data yang terdokumentasi dengan baik juga membantu dalam mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan profitabilitas.

4. Pemenuhan Kewajiban Pajak

Pembukuan yang akurat adalah kunci untuk memenuhi kewajiban perpajakan. Pemilik barbershop harus melaporkan pendapatan mereka kepada otoritas pajak dan membayar pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jika pembukuan tidak akurat, hal tersebut dapat menyebabkan masalah perpajakan dan sanksi.

5. Pemantauan Persediaan

Jika barbershop menjual produk perawatan rambut atau produk kecantikan lainnya, pembukuan akan sangat membantu dalam mengelola persediaan dengan lebih efisien. Dengan pemantauan yang baik, pemilik dapat menghindari kekurangan persediaan yang dapat mengganggu layanan pelanggan.

6. Pemantauan Utang dan Piutang

Pembukuan membantu pemilik dalam melacak utang yang harus dibayarkan dan piutang yang harus diterima. Hal ini sangat penting dalam menjaga arus kas yang sehat dan memastikan bahwa semua kewajiban keuangan terpenuhi tepat waktu.

7. Analisis Pelanggan dan Layanan

Dengan data yang terdokumentasi, pemilik barbershop dapat mengidentifikasi layanan yang paling diminati oleh pelanggan dan menyesuaikan strategi bisnis mereka sesuai dengan preferensi pelanggan.

8. Rencana Pengembangan Bisnis

Dengan informasi yang didokumentasikan, pemilik barbershop dapat merencanakan langkah-langkah pengembangan bisnis di masa depan, seperti membuka cabang baru, menambah layanan, atau meningkatkan kapasitas bisnis.

Pembukuan yang tepat dan teratur adalah alat penting dalam mengelola bisnis barbershop dengan efisien dan berkelanjutan. Dengan mengelola keuangan dengan baik, pemilik barbershop seperti Anda dapat meningkatkan profitabilitas dan memastikan pertumbuhan bisnis yang stabil.

Namun, bila Anda kesulitan dalam melakukan pembukuan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Baca juga: Siklus Akuntansi : Pengertian dan Penjelasan yang Lengkap

Fitur Terbaik untuk Pengembangan Barbershop yang lebih Baik

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah digunakan oleh ratusan ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis yang tentunya juga cocok untuk bisnis barbershop dengan segala fitur didalamnya. Untuk mengetahui lebih jauh apa yang bisa dilakukan Accurate Online untuk barbershop Anda, mari kita bahas lebih jauh sebagian fiturnya :

  • Fitur Pencatatan Beban untuk Pencatatan yang Lebih Efisien

Bisnis barbershop merupakan bisnis yang memiliki penghitungan dan pencatatan beban yang cukup banyak, seperti tagihan listrik dan air, penggajian karyawan, atau beban iklan atau lainnya. Semakin besar barbershop Anda, maka akan semakin banyak beban yang harus Anda catat.

pembukuan barbershop accurate online

Akan sangat merepotkan dan menghabiskan banyak waktu jika harus menghitung beban usaha setiap bulan secara manual, terlebih jika Anda sudah membuka banyak cabang barbershop.

Accurate Online sendiri memiliki fitur pencatatan beban yang  digunakan sebagai tempat mencatat transaksi-transaksi beban. Setelah diakui pada fitur Pencatatan Beban maka Anda dapat melakukan pelunasan pada fitur pembayaran.

Baca juga: Solusi Pembukuan Usaha Laundry Dengan Accurate Online

  • Laporan Keuangan dan Perhitungan Pajak Terlengkap

Bisnis yang berkembang dimulai dari laporan keuangan yang rapi dan minim kesalahan, hal ini juga akan memudahkan Anda dalam pelaporan pajak usaha Anda. Semakin besar usaha Anda, maka akan semakin banyak jenis laporan keuangan yang bisa Anda gunakan untuk membantu pengembangan usaha Anda.

pembukuan barbershop 1

Misalnya, pada saat memulai usaha, mungkin Anda tidak memerlukan laporan perubahan ekuitas, namun saat ada pihak lain yang menanamkan modal pada usaha Anda atau mungkin Anda ingin mengajukan kredit lunak pada bank guna pengembangan bisnis, maka laporan keuangan lain seperti laporan perubahan ekuitas, neraca, atau laporan kas sangat berguna untuk Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi yang memiliki fitur laporan dan penghitungan pajak terlengkap. Dengan lebih dari 200 laporan yang meliputi laporan keuangan, hutang piutang, stok, sampai laporan aset Anda. Untuk penghitungan pajak, Anda bisa menghitung PPN, PPNbM, SPT PPH ps 23, SPT PPH Ps 15, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika terjadi audit pada barbershop Anda, maka semua itu bisa dipertanggungjawabkan dengan laporan keuangan yang terperinci dan lengkap, dan secara tidak langsung ini akan membuat pelaporan pajak Anda lebih optimal.

  • Kelola Cabang Menjadi lebih Mudah

Dengan pelayanan yang baik, kemungkinan barbershop akan berkembang dan Anda mungkin akan beberapa membuka cabang di tempat lain yang memiliki prospek yang cerah. Namun yang perlu Anda ingat, makin besar sebuah bisnis, makin besar tantangan yang akan Anda hadapi, termasuk dengan pembukuan barbershop Anda.

pembukuan barbershop 2

Anda akan mengurus lebih banyak laporan keuangan, lebih banyak transaksi, dan secara otomatis lebih banyak beban. Jika Anda menggunakan Accurate Online, tentunya semua akan berjalan lebih efisien.

Accurate Online memiliki fitur cabang yang bisa memudahkan Anda dalam mengelola laporan keuangan dan operasional dari berbagai cabang secara efektif. Fitur ini juga memungkinkan Anda  mengelola unit bisnis yang berada di lokasi lain dalam satu database. Dengan fitur cabang ini Anda juga bisa membuat pembatasan terhadap akses pengguna, penomoran, akun, dan hal-hal lainnya.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang fitur ini, Anda dapat mempelajarinya lebih jauh melalui link ini.

Baca juga: Laporan Keuangan: Pengertian, Contoh, dan Fungsinya Untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Memilih untuk membangun bisnis barbershop adalah keputusan yang tepat bagi Anda yang memiliki ketertarikan pada bidang mode. Namun Anda juga harus memperhatikan segala detail pada bisnis, tidak terkecuali pada pembukuan. Dengan pembukuan, Anda bisa memantau kesehatan arus keuangan barbershop dan dapat mengambil keputusan penting berdasarkan laporan keuangan yang tersaji.

Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi barbershop Anda. Accurate Online sendiri adalah software akuntansi berbasis cloud yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

387 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait